10 Tips Menurunkan Berat Badan Secara Alami dan Cepat yang Aman

Posted on

Tips menurunkan berat badan meliputi banyak hal yang terkait dengan kebiasaan sehari-hari, sehingga Anda jangan berpikir prosesnya instan dan mudah. Jika sudah berniat ingin menguruskan badan, maka Anda harus mau konsisten mengubah asupan makanan menjadi lebih sehat, tidak malas olahraga dan rutin mengonsumsi ramuan sehat.

Untuk mendapatkan hasil secara permanen yang dijamin aman, maka diet tanpa obat lebih direkomendasikan. Karena Anda tidak perlu khawatir dengan efek samping berbahaya dan tentu lebih hemat biaya.

Harus diketahui, apabila cara menurunkan berat badan secara alami membutuhkan konsistensi dari pelakunya. Tidak bisa hanya dalam 1 minggu atau 3 hari saja, kalaupun ada pasti membutuhkan usaha lebih keras.

Tanpa panjang lebar, langsung saja disimak tips dan cara menurunkan berat badan dibawah ini.

Kurangi Mengkonsumsi Gula

Kurangi Mengkonsumsi Gula

Di sela-sela kesibukan pekerjaan yang semakin meningkat, sebagian besar orang pasti lebih memilih makanan olahan sebagai santapan sehari-hari. Alasannya karena makanan olahan mudah didapat dan cepat. Apakah Anda salah satunya?

Jika memang berniat menurunkan berat badan, mulai sekarang kurangi deh mengonsumsi makanan olahan. Sebab, jenis makanan ini mengandung kalori kosong dan tinggi kandungan gula.

Diet Jeruk Nipis

Diet Jeruk Nipis

Tips menurunkan berat badan selanjutnya adalah rutin minum air jeruk nipis hangat setiap pagi hari. Jeruk nipis dipilih karena ia mengandung asam sitrat dan Vitamin C dalam jumlah yang cukup besar. Sehingga, buah ini cocok dipilih untuk mengurangi berat badan secara alami.

Perlu diketahui, bahwasannya Vitamin C pada jeruk nipis berfungsi untuk menyerap kalsium didalam sel-sel lemak. Sementara itu, asam sitrat akan bercampur dengan enzim dan asam lain didalam perut. Efek yang ditimbulkannya adalah melancarkan pencernaan.

Sejumlah orang yang sudah mencoba diet jeruk nipis ini mengaku berat badannya turun sebanyak 1 kilogram dalam 1 minggu. Wow, lumayan banget bukan?

Cukupi Kebutuhan Air Tubuh 1,8 Liter Per Hari

Cukupi Kebutuhan Air Tubuh

Saking sibuknya dengan pekerjaan, kebanyakan orang sampai lupa memperhatikan kebutuhan air tubuh yang berperan penting bagi kesehatan. Apalagi di musim panas seperti sekarang, minum jus buah kemasan atau minuman lainnya pasti lebih menyegarkan dibandingkan air putih.

Padahal, air adalah sistem pembilasan internal yang akan membantu membersihkan tumpukan limbah dan sampah tidak perlu dari dalam tubuh. Jika asupan air tidak terpenuhi, maka proses ini tidak akan berjalan secara optimal.

Untuk mengurangi berat badan berlebih, minumlah sebanyak 1,8 liter air putih per hari. Supaya semua limbah dan sampah makanan didalam tubuh bisa dikeluarkan dan tidak tertimbun menjadi lemak.

Selain minum air jeruk, Anda juga bisa mengganti minum air hangat dan lemon baik sebelum atau sesudah bangun tidur. Terapi ini akan mempermudah proses penguraian makanan dan melancarkan metabolisme.

Buah Semangka

Diet Semangka

Jangan bingung mencari buah untuk menurunkan berat badan, karena semangka adalah pilihan paling tepat. Siapa sangka, ternyata semangka yang bercitarasa manis dan menyegarkan ini sangatlah cocok untuk mengusir lemak didalam perut, berkat kandungan mineral alami didalamnya yang mencapai sekitar 91%.

Tidak cukup sampai disitu, semangka juga mengandung magnesium, Vitamin C, Vitamin B6 dan Vitamin B1 yang akan membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Sehingga Anda bisa memasukkan semangka kedalam menu sehat harian. Sudah rasanya lezat, manfaatnya juga sangat ampuh untuk mendapatkan berat badan ideal. Sayang rasanya jika tips menurunkan berat badan satu ini tidak Anda coba.

Mengkonsumsi Sosis dan Telur

Mengkonsumsi Sosis dan Telur

Selain semangka, masih ada cara lain untuk menurunkan berat badan yang lezat dan tidak menyiksa lidah. Yaitu dengan rutin mengonsumsi sosis dan telur, karena kedua bahan makanan ini mengandung protein yang sangat tinggi.

Kandungan protein pada sosis dan telur bermanfaat untuk membuat kita merasa lebih cepat kenyang. Waktu terbaik untuk mengonsumsi sosis dan telur adalah ketika sarapan pagi dan makan malam.

Tujuannya supaya selera makan tetap terpenuhi, tanpa harus makan banyak karbohidrat.

Mengatur Jam Makan

Mengatur Jam Makan

Cara menurunkan berat badan berikutnya adalah dengan mengatur jam makan. Mungkin kelihatan sepele, namun ini bisa memberikan pengaruh besar pada perubahan berat badan Anda.

Mungkin belum banyak orang yang mengetahi, apabila salah satu penyebab lemak tertimbun didalam perut adalah mengonsumsi makanan dalam porsi banyak sekaligus di waktu tertentu.

Untuk menyiasatinya, Anda bisa mengatur jam makan menjadi 4 kali sehari dengan porsi kecil. Makan sedikit demi sedikit bisa membantu melancarkan metabolisme dan menghindari timbunan lemak berlebih.

Olahraga Minimal 30 Menit Per Hari

Olahraga Minimal 30 Menit Per Hari

Walaupun sekarang ini sudah banyak media yang membagikan cara menurunkan berat badan tanpa olahraga, namun pada kenyataannya hal itu kurang efektif. Karena akan sangat sulit jika Anda ingin mengurangi berat badan tanpa berkeringat.

Idealnya, seseorang harus bergerak selama 30 menit per hari untuk membantu mensukseskan program diet yang sedang dijalaninya. 30 menit itu bisa Anda pakai untuk latihan beban ataupun kardio.

Meski Anda sudah mengonsumsi makanan sehat, minum cukup dan menghindari makanan berlemak, maka proses penurunan berat badan pasti berjalan lebih lambat jika Anda malas olahraga.

Membatasi Asupan Kalori

Membatasi Asupan Kalori

Tips menurunkan berat badan yang paling umum dan hampir diketahui oleh semua orang adalah membatasi asupan kalori. Ketika menginginkan berat badan yang ideal, maka seseorang harus pandai-pandai mengatur kalori yang masuk ke tubuh mereka.

Asupan kalori tidak boleh lebih besar daripada yang dikeluarkan, guna menjaga keseimbangan. Walaupun tidak bisa menghitung dengan pasti, Anda bisa memulai dengan tidak makan camilan disela-sela makan.

Jika Anda sudah terbiasa ngemil, maka bisa menggantinya dengan buah segar atau kacang-kacangan.

Mengonsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi Makanan Sehat

Makanan sehat yang Anda konsumsi sehari-hari bisa membantu menurunkan berat badan secara optimal dan cepat. Karena jika Anda mengonsumsi makanan sembarangan, maka persentase keberhasilan program diet Anda pasti sangatlah kecil.

Jenis makanan yang cocok untuk mengurangi berat badan adalah setiap makanan yang diperkaya kandungan protein dan serat. Seperti keju, kedelai, putih telur, yoghurt dan kacang-kacangan.

Kandungan serat bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sedangkan protein bermanfaat untuk membakar lemak berlebih didalam perut.

Minum Air Kelapa

Minum Air Kelapa

Tips menurunkan berat badan yang terakhir adalah rajin minum air kelapa. Dengan rasanya yang enak, Anda pasti tidak akan merasa keberatan jika harus mengonsumsinya secara rutin. Apalagi saat cuaca sedang panas, segelas es kelapa bisa menjadi teman diet yang tepat.

Air kelapa berkhasiat untuk meningkatkan metabolisme dan menunda rasa lapar. Selain itu, kebutuhan Vitamin B tubuh juga bisa terpenuhi saat Anda mengonsumsi air kelapa. Untuk mendapat hasil maksimal, silahkan minum air kelapa hijau setiap hari.

Jika tidak memungkinkan, bisa juga dengan minum 2-3 hari sekali.

Demikianlah 10 tips menurunkan berat badan secara alami, semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Jangan lupa juga untuk tidur cukup dan menghindari junk food atau gorengan.