8 Tempat Wisata Di Tanah Datar Yang Menawarkan Panorama Eksotis Dan Mengagumkan

Posted on

Tempat wisata di Tanah Datar sebenarnya memiliki daya tarik yang sangat tinggi, tidak kalah dari Kabupaten Payakumbuh dan Bukittinggi. Namun karena terbatasnya informasi, sehingga belum banyak wisatawan yang mengetahui potensi wisata dari Tanah Datar.

Tanah Datar adalah salah satu Kabupaten di Sumatera Barat, dengan luas wilayah terkecil kedua. Ibu Kota Tanah Datar adalah Batusangkar yang cukup terkenal dengan keindahan alam dan wisata kuliner.

Tempat wisata di Tanah Datar didominasi oleh situs-situs bersejarah peninggalan masa penjajahan. Seperti istana pagaruyung, gedung indo jolito dan cagar budaya batu batikam. Selain itu, panorama tabek patah dan puncak pato sangat sayang untuk dilewatkan. Keindahannya mampu menghipnotis setiap mata wisatawan yang datang.

Tanpa panjang lebar lagi, silahkan disimak informasi lengkap mengenai objek wisata yang wajib Anda singgahi ketika liburan di Tanah Datar berikut ini.

Gedung Indo Jolito

Gedung Indo Jolito

Gedung Ijo Jolito adalah salah satu bangunan peninggalan pemerintah Hindia Belanda yang berlokasi di Kota Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar. Gedung ini memiliki gaya arsitektur kolonial, yang dibangun pada tahun 1822-1824 ketika terjadi perang paderi.

Pada zaman dahulu, Gedung Ijo Jolito merupakan rumah dinas bagi Bupati Kabupaten Tanah Datar. Bangunan Gedung Ijo Jolito masih terawat dengan baik sampai sekarang, karena ia ditetapkan menjadi Benda Cagar Budaya Provinsi Sumatera Barat.

Anda bisa berkunjung ke sini untuk melihat secara langsung keunikan desain bangunannya. Saat malam hari, Gedung Ijo Jolito kelihatan lebih menarik, karena dihiasi oleh lampu warna-warni.

Benteng Fort van der Capellen

Benteng Fort van der Capellen

Masih bertemakan bangunan bersejarah dan berada di Batusangkar, rekomendasi tempat wisata di Tanah Datar selanjutnya adalah Benteng Fort van der Capellen. Pada tahun 2008-2009, benteng peninggalan Belanda ini direnovasi untuk mengembalikan ke bentuk asalnya.

Karena lokasinya yang dekat dengan pusat Kota Batusangkar, maka jangan lupa mampir ke Benteng Fort van der Capellen untuk mengetahui sejarahnya atau sekedar berburu foto.

Rumah Gadang Kampai Nan Panjang

Rumah Gadang Kampai Nan Panjang

Masih belum puas mengunjungi destinasi wisata sejarah? Sekarang mari kita eksplorasi Rumah Gadang Kampai Nan Panjang. Bangunan bersejarah ini terletak di Nagari Belimbing, Kecamatan Rambatan, Tanah Datar. Dari pusat Kota Batusangkar, jaraknya sekitar 13 kilometer.

Rumah Gadang Kampai Nan Panjang dibangun sekitar 3.000 tahun lalu, oleh Datuk Penghulu Basa. Beliau berasal dari Suku Kampai Nan Panjang.

Bangunan ini memiliki gaya arsitektur khas minang, dengan atap terbuat dari ijuk dan memiliki tujuh buah kamar. Wisatawan yang ingin masuk ke Rumah Gadang Kampai Nan Panjang harus membungkuk, karena pintu masuknya berbentuk oval berukuran kecil. Pintu tersebut sekaligus menjadi satu-satunya akses menuju ke bagian dalam.

Keindahan arsitektur bangunan terlihat berpadu sempurna dengan pesona keindahan alam sekitar yang terlihat masih asri.

Panorama Tabek Patah

Panorama Tabek Patah

Jika diatas sudah ada tiga bangunan bersejarah, sekarang saatnya untuk memanjakan mata dengan pesona keindahan alam Tanah Datar yang sungguh luar biasa. Sebagai tujuan pertama, panorama Tabak Patah bisa menjadi pilihan yang tepat.

Di objek wisata Tabak Patah, pengunjung akan menyaksikan sebuah pemandangan alam yang tidak bisa diungkapkan oleh kata-kata. Saat cuaca cerah, hamparan sawah penduduk sekitar, pepohonan dikiri kanan dan gunung-gunung menjulang tinggi yang jauh disana benar-benar sangat menakjubkan.

View di Panorama Tabak Patah jangan sampai dilewatkan oleh lensa kamera Anda. Berkunjung di pagi hari nampaknya juga menarik, karena kesejukan udara pagi hari akan membuat tubuh dan pikiran Anda menjadi segar kembali.

Belum cukup sampai disitu, panorama Tabak Patah semakin menarik dengan keberadaan Danau Ai Taganang dan Danau Pakih. Silahkan mampir kesana, karena didanau tersebut ada ikan khas Tabak Patah bernama Ikan Puyu.

Jika Anda sudah lama tidak menikmati alam pedesaan yang sejuk dan asri, maka tempat wisata di Tanah Datar ini akan mengobati kerinduan Anda. Suasana yang tenang, sangat berbeda dengan kehidupan di kota. Penat akibat beban pekerjaan serasa hilang begitu saja oleh udara dingin Tabak Patah.

Bukit Batu Patah

Pilihan tempat wisata di Tanah Datar berikutnya yang cocok untuk refreshing dan memanjakan diri adalah Bukit Batu Patah. Sajian utama yang bisa Anda nikmati berupa bentang alam menghijau yang sungguh menakjubkan. Apalagi udara disini terasa begitu sejuk, karena berada di Gunung Bungsu. Membuat siapapun pasti betah berlama-lama di lokasi ini.

Bukit Batu Patah adalah tempat yang pas untuk menikmati waktu santai bersama keluarga, ditemani pemandangan alam yang eksotis dan udara sejuk. Kokohnya istana Pagaruyung juga bisa Anda saksikan dari sini.

Selain itu, Bukit Batu Patah semakin menarik dengan keberadaan tiga buah sumur yang airnya dingin dan jernih. Berkat keindahan view yang ditawarkan, Bukit Batu Patah menjadi sasaran utama para kaula muda pemburu spot foto kece dan kekinian.

Danau Singkarak – Tanah Datar

Danau Singkarak - Tanah Datar

Di postingan sebelumnya, Danau Singkarak menjadi salah satu objek wisata di Solok yang wajib untuk dikunjungi. Namun saya kembali merekomendasikan Danau Singkarak sebagai tempat wisata di Tanah Datar, karena memang ia berada di dua wilayah. Yaitu Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar.

Danau Singkarak adalah danau terluas nomor dua di Sumatera, sesudah Danau Toba. Pemandangan alam yang ada di Danau Singkarak terlihat sangat eksotis dan menyejukkan mata. Sehingga wajar, apabila ramai sekali wisatawan dari berbagai daerah yang menghabiskan liburan ke Danau Singkarak.

Tidak hanya dikenal oleh seluruh pelosok negeri, Danau Singkarak juga menjadi icon wisata di Sumatera Barat yang terkenal hingga mancanegara. Sejak tahun 2009, ajang balap sepeda kelas internasional mulai diselenggarakan di Danau Singkarak, yang disebut Tour de Singkarak.

Bersepeda di tepian Danau Singkarak mungkin bisa menjadi aktifitas yang seru di akhir pekan nanti. Bagaimana, kapan mau datang ke Kabupaten Tanah Datar?

Tanjung Mutiara

Tanjung Mutiara

Tanjung Mutiara adalah sebuah lokasi cantik yang berada di pinggir Danau Singkarak. Oleh karena itu, Anda jangan sampai lupa untuk mampir ke tempat wisata di Tanah Datar yang satu ini. Dari Tanjung Mutiara, pemandangan indah yang ditawarkan oleh Danau Singkarak terlihat lebih berkesan.

Dijamin Anda tidak akan kecewa mengunjungi Tanjung Mutiara. Digunakan sebagai spot foto? Kenapa tidak. Keindahan alam sekitar siap memberikan background foto yang keren.

Sate Didong

Sate Didong

Sate Didong adalah wisata kuliner Batusangkar yang sudah terkenal sejak tahun 1970-an. Setiap wisatawan yang datang ke Tanah Datar, pasti tidak ingin melewatkan Sate Didong. Anda bisa mencicipi rasanya di pasar Batusangkar, Jalan Soekarno-Hatta.

Baca Juga : 7 Tempat Wisata Di Solok Yang Hits Dan Kekinian Banget

Lengkapi liburan Anda dengan mencicipi wisata kuliner Batusangkar ini, karena bule-bule saja banyak yang tertarik untuk menikmatinya sebelum pulang dari Tanah Datar.

Demikianlah ulasan ringkas tentang 8 tempat wisata di Tanah Datar yang wajib dikunjungi. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk Anda yang sedang berencana ingin menghabiskan akhir pekan atau liburan di Kabupaten Tanah Datar.