10 Tempat Wisata di Simalungun yang Paling Keren dan Wajib Disambangi

Posted on

Tempat wisata di Simalungun merupakan salah satu bukti keindahan alam Sumatera Utara yang sungguh luar biasa. Selain Danau Toba, masih ada banyak tempat indah yang siap memanjakan mata Anda selama liburan. Simalungun cocok sekali dipilih sebagai destinasi utama jika Anda sedang ingin liburan berkonsep kembali ke alam.

Simalungun adalah sebuah kabupaten di Sumatera Utara, dekat dengan Parapat, Pematang Siantar dan Asahan. Sektor pariwisata di Kabupaten Simalungun bisa dikatakan berkembang sangat pesat, terbukti dengan semakin banyaknya obyek wisata terbaru dan ngehits.

Meskipun banyak orang yang menganggap sama, namun tempat wisata di Simalungun dan Siantar sebenarnya berbeda. Hanya saja lokasi keduanya berdekatan, sehingga sering dianggap sama.

Perkebunan Teh Bah Butong

Perkebunan Teh Bah Butong

Ini dia tempat wisata di Simalungun yang tidak boleh sampai terlewat, yaitu Perkebunan Teh Bah Butong. Liburan Anda dan keluarga pasti sangat berkesan, karena akan dimanjakan dengan pemandangan eksotis hamparan perkebunan teh yang menghijau.

Sejauh mata memandang, pesona alamnya terlihat sangat asri. Udaranya yang sejuk, selalu sukses membuat wisatawan semakin betah berlama-lama di Perkebunan Teh Bah Butong. Keindahan disana tentu sangat cocok dijadikan spot foto selfie.

Perkebunan Teh Bah Butong berlokasi di Desa Tobasari dan Sidamanik, Kec. Sidamanik, Kabupaten Simalungun.

Umbul Manigom Nauli

Umbul Manigom Nauli

Bagi pengguna aktif sosial media, tempat wisata di Simalungun yang ke-dua ini tentu sudah tidak asing lagi. Nama Umbul Manigom Nauli sempat viral beberapa waktu terakhir dan membuat banyak orang merasa penasaran.

Umbul Manigom Nauli adalah sebuah kolam pemandian alami yang beralaskan bebatuan dan berair sangat jernih. Bukan hanya disukai karena air yang terasa menyegarkan, Umbul Manigom Nauli juga merupakan spot foto instagenic anak-anak muda.

Umbul Manigom Nauli terletak di Desa Nagori Tiga Dolok, Kecamatan Panribuan. Sekitar 5 jam perjalanan dari kota Medan.

Pemandian Bah Damanik

Pemandian Bah Damanik

Jika Umbul Manigom Nauli belum lama dikenal oleh wisatawan, namun Pemandian Bah Damanik sudah lebih dulu populer sejak tahun 2012 silam. Sehingga jumlah pengunjungnya lebih ramai. Siapapun yang liburan ke Simalungun pasti mampir ke Pemandian Bah Damanik.

Kolam pemandiannya memiliki air berwarna biru jernih dan sudah pasti terasa sangat sejuk. Berasal dari sumber alami, membuat siapapun sangat suka berendam di Pemandian Bah Damanik. Lokasinya berada di Desa Ambarisan, Kecamatan Sidamanik.

Harga tiket masuk ke Pemandian Bah Sidamanik adalah Rp. 5.000 dan masih dikenai biaya parkir.

Bukit Senyum

Bukit Senyum

Jika membahas tempat wisata di Simalungun, maka Anda akan segera berkenalan dengan deretan surga tersembunyi. Salah satunya adalah Bukit Senyum. Meski belum begitu populer dikalangan wisatawan, namun pesona keindahan yang ditawarkan sungguh luar biasa.

Sejauh mata memandang, Anda tidak henti-hentinya disuguhkan dengan permukaan Danau Toba yang terlihat seperti permadani. Bukit Senyum adalah spot terbaik untuk menyaksikan sunrise dan sunset.

Ingin lebih lama mengagumi keindahan alam di Bukit Senyum? Anda bisa mendirikan tenda dan camping bersama teman-teman. Lebih keren lagi, harga tiket masuk ke Bukit Senyum itu gratis.

Air Terjun Jambuara

Air Terjun Jambuara

Kurang puas berpetualang di Bukit Senyum? Kalau begitu silahkan berkunjung ke Air Terjun Jambuara. Obyek wisata ini cocok bagi mereka yang memiliki jiwa adventure dan suka tantangan. Lokasinya berada di Desa Aek Komangin, Kecamatan Hatonduhan.

Membutuhkan 20-30 menit berjalan kaki agar bisa tiba di lokasi. Perjuangan Anda kemudian segera terbayar lunas begitu melihat megahnya Air Terjun Jambuara. Aliran airnya sangat tinggi dan disempurnakan dengan pemandangan hijau disekelilingnya.

Air Terjun Tarak Ni Onggang

Air Terjun Tarak Ni Onggang

Masih bertemakan petualang alam bebas mencari surga tersembunyi, rekomendasi tempat wisata di Simalungun selanjutnya adalah Air Terjun Ni Onggang. Tidak mudah untuk bisa sampai di lokasi, karena pengunjung harus terlebih dahulu menaklukkan trek cukup menantang.

Air Terjun Tarak Ni Onggang berada di Desa Dalig Raya. Dengan ketinggian mencapai 50 meter, pemandangan yang tersaji sangatlah megah. Kecantikan Air Terjun Tarak Ini Onggang semakin sempurna karena dihiasi oleh bebatuan sungai dan tebing hijau menjulang tinggi.

Bawaannya pengen lebih lama disini dan ogah pulang.

Air Terjun Bah Biak

Air Terjun Bah Biak

Bagi Anda yang sebelumnya berkunjung ke Perkebunan Teh Sidamanik, maka jangan sampai lupa untuk mampir sekalian ke Air Terjun Bah Biak. Hal itu dikarenakan keduanya berada di satu lokasi dan sangat berdekatan.

Tidak tanggung-tanggung, setibanya di Air Terjun Bah Biak Anda bisa menyaksikan aliran air yang terlihat layaknya sebuah tirai raksasa. Pemandangan alam sekitar yang masih terawat dan asri, merupakan bonus spesial untuk wisatawan.

Kurang afdol rasanya jika datang ke Air Terjun Bah Biak tapi belum mencoba kesegaran airnya.

Kawah Putih Tinggi Raja

Kawah Putih Tinggi Raja

Siapa bilang kawah putih cantik nan eksotis hanya dimiliki oleh Bandung saja? Hal itu tentu tidak benar, karena tempat wisata di Simalungun juga memiliki sajian yang sama-sama menarik. Kali ini bernama Kawah Putih Tinggi Raja.

Lokasinya berada di Desa Dolok Marawa, Kecamatan Silau Kahean. Membutuhkan usaha lebih agar bisa sampai di Kawah Putih Tinggi Raja dan pengunjung harus puas dengan fasilitas terbatas. Namun disisi lain, panorama alam yang disuguhkan sangat menakjubkan.

Kawah Putih Tinggi Raja cocok sekali dijadikan sebagai spot foto. Banyak kaula muda yang datang kesini hanya untuk berburu foto instagenic dan kekinian.

Tanjung Unta

Tanjung Unta

Tanjung Unta adalah sebuah daratan yang menjorok langsung ke Danau Toba. Disebut demikian, karena memang bentuknya mirip seekor unta yang beristirahat. Lokasinya berada di Desa Sipolha, Kecamatan Sidamanik.

Tanjung Unta menyuguhkan pemandangan alam yang eksotis dan udaranya terasa sangat sejuk. Cocok sekali dijadikan pilihan berakhir pekan bersama orang-orang terkasih, sembari camping, memancing dan lain sebagainya.

Jangan buru-buru pulang, karena saat matahari terbenam pemandangan alam di Tanjung Unta semakin mengesankan. Pada malam hari, Anda bisa menyalakan api unggun di tepi Danau Toba. Pasti menjadi pengalaman liburan yang seru banget.

Jika mampir ke Tanjung Unta, jangan lupa membawa kamera. Sebab, setiap sudutnya sangatlah sayang untuk dilewatkan. Selain anak-anak muda, Tanjung Unta juga banyak disambangi oleh gerombolan keluarga.

Tangkahan Bah Alip

Tangkahan Bah Alip

Tangkahan Bah Alip menjadi rekomendasi tempat wisata di Simalungun yang terakhir sebagai penutup liburan Anda. Ini merupakan kawasan pemandian alam yang berair hijau toscha dan sangat menyegarkan.

Tidak hanya itu, disekeliling lokasi juga dikepung oleh rindangnya pepohonan hijau. Apalagi belum banyak wisatawan yang berkunjung, seolah-olah Anda sedang liburan di pulau pribadi. Sangat pas bagi mereka yang ingin melepas penat dan menenangkan pikiran sejenak.

Demikianlah ulasan singkat mengenai 10 tempat wisata di Simalungun yang paling cocok untuk menghabiskan momen liburan Anda dan keluarga. Daripada hanya jalan-jalan ke mall atau nonton bioskop, mengapa tidak mencoba untuk eksplorasi kembali ke alam yang indah dan asri. Pasti mampu memberikan pengalaman spesial dan berkesan.