7 Tempat Wisata Di Sijunjung Bak Surga Tersembunyi Dengan Keindahan Menawan

Posted on

Tempat wisata di Sijunjung keberadaannya memang belum banyak diketahui oleh wisatawan dari luar Sumatera, sehingga wajar apabila jumlah wisatawan yang datang berkunjung tidak sebanyak wisata di Payakumbuh, Padang dan Sawahlunto. Namun jangan salah, Kota Sijunjung memiliki kekayaan alam yang menyimpan potensi pariwisata sangat besar.

Karena belum banyak dijamah oleh wisatawan, sehingga kealamian tempat wisata di Sijunjung masih terjaga dengan sangat baik. Pesona alamnya belum banyak berubah, dengan suana tenang dan damai. Coock sekali untuk menyingkirkan diri sejenak dari segala kesibukan pekerjaan.

Selepas liburan di Sijunjung, tubuh dan pikiran Anda pasti lebih fresh dan memiliki tenaga yang cukup untuk bekerja kembali. Kalau begitu, langsung saja disimak ulasan lengkap mengenai objek wisata di Sijunjung berkut ini.

Ngalau Talago

Ngalau Talago

Seperti yang sudah saya sampaikan diatas, apabila masih ada banyak tempat wisata di Sijunjung yang lokasinya tersembunyi. Oleh sebab itu, Anda harus mau berpetualang dan melakukan perjalanan yang cukup melelahkan, agar bisa mengeksplorasi semua surga tersembunyi di Kota Sijunjung, salah satunya adalah Ngalau Talago.

Dari ibu kota Sijunjung, Muaro Sijunjung, Ngalau Talago bisa Anda tempuh selama 45 menit perjalanan. Untuk tiba di Ngalau Talago, wisatawan harus melakukan trekking sejauh 1,5 kilometer dengan medan jalan yang belum terlalu bagus.

Namun tenang saja, rasa lelah Anda akan segera terbayar lunas begitu tiba di Ngalau Talago. Sebuah gua indah yang terlihat megah, dihiasi oleh stalagmit dan stalagtit yang meneteskan butiran-butiran air jernih.

Keindahannya semakin mempesona, ketika cahaya matahari memantul di air yang berjatuhan dari atas gua. Ini terlihat seperti manik-manik yang elok dipandang. Suasana asri khas alam, akan menamani acara santai Anda di Ngalau Talago.

Puncak Ngalau Posuak

Puncak Ngalau Posuak

Di hari berikutnya, Anda bisa melanjutkan acara liburan mengeksplorasi tempat wisata di Sijunjung dengan mampir ke Puncak Ngalau Posuak. Masih sama seperti sebelumnya, Anda harus melakukan trekking dengan medan jalan yang terjal dan cukup sulit. Bagi anak muda, rasanya ini bukanlah masalah, mengingat view yang ditawarkan benar-benar memanjakan mata.

Di tengah-tengah perjalanan, Anda bisa menemui sebuah gua unik yang menembus perbukitan. Karena sudah sampai disini, maka jangan lupa mengabadikan momen dengan lensa kamera. Pasti spot fotonya terlihat begitu keren.

Dari goa unik ini, Puncak Ngalau Posuak sudah semakin dekat dan hanya membutuhkan waktu singkat. Begitu tiba dilokasi utama, Anda akan disuguhi dengan pemandangan alam berupa deretan perbukitan yang kelihatan seperti punggung naga.

View seperti ini tidak bisa Anda dapatkan ditempat lain, kecuali di Puncak Ngalau Posuak. Membawa kamera adalah syarat wajib yang harus dipenuhi, agar perjalanan Anda bisa diabadikan. Udaranya yang sejuk, sedikit demi sedikit ikut membantu menghilangkan rasa lelah Anda.

Danau Hijau Bukit Bual

Danau Hijau Bukit Bual

Jika Anda ingin liburan yang lebih santai di Sijunjung, maka silahkan singgah ke Danau Hijau Bukit Bual. Untuk mencapai lokasi, wisatawan tidak perlu melakukan trekking yang melelahkan. Sehingga cocok sekali dipilih sebagai tempat rekreasi bersama keluarga.

Danau Hijau Bukit Bual berlokasi di Nagari Bukit Bual, Kec. Kuto VII, Kab. Sijunjung. Akses jalan menuju ke objek wisata ini tergolong mudah, karena karena dari ibukota Muaro Sijunjung bisa ditempuh selama 45 menit dan dari tanjung ampalu hanya memakan waktu 15 menit perjalanan saja.

Sebelum menjadi salah satu andalan tempat wisata di Sijunjung, lokasi ini dulunya adalah tambang batu bara. Setelah sekian lama ditinggalkan dan sudah tidak digunakan kembali, bekas tambah ini kemudian berubah sebuah danau yang sungguh mempesona.

Bagaimana tidak, air di Danau Hijau Bukit Bual berwarna hijau, yang jarang ditemukan di danau-danau lainnya. Lukisan alam yang tersaji terasa semakin menarik, dengan kehadiran bebatuan di pinggiran danau dan deretah pepohonan yang berjajar rapi.

Setiap mata wisatawan berhasil dimanjakan oleh keindahan yang ada di Danau Hijau Bukit Bual. Tenang dan sejuk, adalah kata paling tepat yang bisa Anda ucapkan begitu tiba di lokasi.

Wahana Telabang Sakti

Wahana Telabang Sakti

Alternatif tempat wisata di Sijunjung lainnya yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga saat akhir pekan dan hari libur adalah Wahana Telabang Sakti. Objek wisata ini menawarkan sebuah kolam pemandian yang dilengkapi berbagai macam wahana permainan air.

Anak-anak pasti merasa senang sekali jika Anda ajak mampir ke Wahana Telabang Sakti. Tidak hanya anak-anak saja yang merasa happy, Anda juga bisa seru-seruan di lokasi outbound yang tidak jauh dari Wahana Telabang Sakti.

Sembari bermain otbound, Anda akan ditemani oleh panorama asli khas alam sekitar. Karena lokasinya mengarah langsung ke hutan. Ini dia kegiatan refreshing yang Anda butuhkan untuk mengusir segala macam beban pikiran.

Lokasi Wahana Telabang Sakti berada di Nagari Kamang, Kec. Kamang Baru, Kab. Sijunjung.

Arung Jeram Sungai Batang Kuantan

Arung Jeram Sungai Batang Kuantan

Jika outbound dirasa masih kurang memacu adrenalin Anda, kalau begitu silahkan menguji keberanian dengan mencoba wahana Arung Jeram. Kali ini akan memanfaatkan aliran Sungai Bantan Kuantan yang dikenal sangat deras dan ekstrim.

Oleh sebab itu, tempat wisata di Sijunjung ini hanya diperuntukkan bagi pecinta arung jeram profesional. Para pemula sebaiknya jangan coba-coba, karena memang trek yang ada cukup berbahaya. Lokasinya berada di Nagari Silokek, Kec. Sijunjung, Kab. Sijunjung.

Namun jika Anda masih merasa penasaran, maka silahkan datang berkunjung. Selain arung jeram, Anda juga bisa memuaskan diri dengan berburu spot foto yang ada di Sungai Bantan Kuantan.

Air Terjun Batang Taye

Air Terjun Batang Taye

Masih berada di Kawasan Wisata Cilokek, obejk wisata menarik lainnya adalah Air Terjun Batang Taye. Jika Anda mengunjungi Sungai Bantan Kuantan, maka jangan sampai lupa untuk mampir menyaksikan keunikan dan keindahannya.

Air Terjun Batang Taye mempunyai 8 tingkatan, yang setiap tingkatan memiliki ciri khas tersendiri. Pesona alam sekitar yang terlihat begitu asri, membuat kunjungan Anda terasa semakin sempurna. Selain berfoto, Anda juga wajib mencoba kesegaran air di Air Terjun Batang Taye ini.

Pasir Putih

Pasir Putih

Rekomendasi tempat wisata di Sijunjung yang terakhir adalah Pasir Putih. Menariknya, Anda tidak akan mengunjungi sebuah pantai, melainkan sungai. Pasir putih ini bisa Anda temukan di tepi Sungai Bantan Kuantan.

Walaupun terletak di pinggir sungai, namun hamparan pasir putihnya tidak kalah cantik dengan pasir putih di tepi pantai. Dengan tekstur yang halus, pasir putih ini cocok sekali untuk tiduran sambil mengagumi keindahan bukit-bukit karang didepan mata yang dipenuhi pepohonan hijau.

Bagi pecinta alam, pasir putih seringkali dijadikan tempat untuk berkemah. Pasti sangat seru sekali ya?

Demikianlah ulasan ringkas saya kali ini mengenai rekomendasi 7 tempat wisata di Sijunjung. Dari penjelasan diatas kita bisa menarik kesimpulan, apabila Kabupaten Sijunjung adalah pilihan liburan terbaik bagi pecinta alam dan mereka yang menyukai tantangan.