10 Tempat Wisata di Siantar yang Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi

Posted on

Tempat wisata di Siantar memiliki keanekaragaman yang bisa dibilang komplit dan sudah pasti sangat menarik untuk menghabiskan waktu liburan. Meski belum begitu ramai diperbincangkan oleh wisatawan, namun daya tariknya tidak kalah dari obyek wisata di Berastagi, Parapat dan Tebing Tinggi Sumatera Utara.

Siantar adalah kota terbesar nomor dua di Provinsi Sumut, dengan luas mencapai 79,97 km2. Dari Medan, Kota Siantar bisa ditempuh dengan perjalanan sejauh 128 kilometer. Wisatawan yang hendak ke Danau Toba pasti melewati Siantar.

Selain dikenal berkat oleh-oleh khasnya, Roti Ganda. Kota Siantar masih menyimpan sejumlah tempat nongkrong yang cocok disambangi wisatawan saat liburan, khususnya destinasi wisata alam. Daripada semakin penasaran, langsung saja disimak ulasan tentang tempat wisata di Siantar selengkapnya berikut.

Pemandian Alam Aek Manik

Pemandian Alam Aek Manik

Pemandian Alam Aek Manik merupakan tempat wisata di Siantar yang menjadi pilihan keluarga untuk menghabiskan waktu akhir pekan. Ini memang tidak salah, karena selain berendam di kolam airnya, wisatawan juga bisa memanjakan mata dengan panorama asri dan sangat indah.

Nama lain dari obyek wisata Pemandian Alam Aek Manik adalah Bah Damink. Meskipun berada di sungai, akan tetapi aliran airnya sangatlah tenang. Bersumber dari mata air alami yang jernih dan bersih, kawasan ini memang cocok digunakan sebagai kolam pemandian.

Begitu menceburkan diri ke dalam kolam, airnya yang dingin akan segera menyegarkan tubuh Anda. Pikiran juga lebih rileks, berkat udaranya yang sangat sejuk. Dijamin nggak bakal kecewa deh.

Kebun Teh Sidamanik

Kebun Teh Sidamanik

Setelah puas bermain air di kolam pemandian alam aek manik, sekarang wisatawan bisa kembali merefresh pikiran di Kebun Teh Sidamanik. Obyek wisata alam ini dikelola secara resmi oleh PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) IV (Persero).

Di Kebun Teh Sidamanik, wisatawan dimanjakan dengan hamparan kebun teh yang terlihat layaknya permadani raksasa. Sejauh mata memandang, hanya terlihat pohon teh yang sangat menyejukkan mata.

Kebun Teh Sidamanik merupakan kebun teh hitam paling besar kedua sesudah Jawa Barat, dengan luas mencapai 8.373 hektar. Spot fotonya juga sayang banget lho untuk dilewatkan.

Patung Dewi Kwan Im

Patung Dewi Kwan Im

Beralih sejenak dari obyek wisata alam, mari kita lanjutkan perjalanan di Kota Pematangsiantar dengan menyambangi salah satu bangunan bertemakan religi. Meski berada di kompleks ibadah orang Tionghoa, akan tetapi Patung Dewi Kwan Im boleh dikunjungi semua orang yang ingin menyaksikan kemegahannya.

Menariknya, Patung Dewi Kwan Im yang ada di Kota Siantar merupakan patung tertinggi di Asia Tenggara. Tidak hanya itu, patung setinggi 22,8 meter ini terbuat dari batu granit yang diimpor langsung dari Negara China.

Berkat kemegahannya, Patung Dewi Kwan Im Siantar diberi penghargaan oleh MURI (Museum Rekor Indonesia). Sehingga wajar, apabila Patung Dewi Kwan Im masuk ke dalam list tempat wisata di Siantar yang tidak boleh terlewatkan.

Air Terjun Jambuara

Air Terjun Jambuara

Belum banyak wisatawan yang mengetahui keberadaan tempat wisata di Siantar satu ini. Padahal, keindahan alam sekitar dan air terjunnya sungguh luar biasa. Setiap wisatawan yang datang berkunjung pasti dibuat terkesima oleh keindahan Air Terjun Jambuara.

Lokasinya berada di Kecamatan Hatondun, Desa Aek Komangin. Untuk mencapai Air Terjun Jambuara, wisatawan harus menaklukkan jalan berbatu di perkebunan PTPN IV dan jalan setapak yang terjal. Membutuhkan tenaga lebih dan kehati-hatian.

Jangan khawatir, usaha Anda akan segera terbayar lunas dengan suguhan pemandangan air terjun megah setinggi 50 meter. Debit airnya sangat deras dan cukup jernih, cocok sekali dijadikan spot foto. Apalagi pemandangan alam sekitar terlihat begitu rimbun dan menghijau. Wisatawan juga bisa sekedar bermain air dan berenang.

Air Terjun Tonduhan

Air Terjun Tonduhan

Masih bertema surga tersembunyi, pilihan tempat wisata di Siantar berikutnya adalah Air Terjun Tonduhan. Memerlukan waktu tempuh sekitar 1,5 jam dari pusat kota Siantar agar bisa sampai di lokasi. Karena belum banyak orang yang tahu, sehingga Anda seolah-olah sedang menikmati liburan di air terjun pribadi.

Wisatawan tidak perlu membayar tiket masuk, namun biaya parkirnya Rp. 5.000 untuk kendaraan bermotor. Air Terjun Tonduhan terlihat begitu megah, dengan pemandangan sekeliling yang masih sangat asri dan rindang. Wisatawan bisa memancing, berfoto, bermain air dan berenang.

Taman Hewan Pematang Siantar

Taman Hewan Pematang Siantar

Berdiri sejak tahun 1936, Taman Hewan Pematang Siantar masih terus eksis sampai sekarang. Dengan luas mencapai 4,5 hektar, disini wisatawan bisa menyaksikan berbagai macam spesies hewan dan fasilitas pendukung yang sangat komplit.

Ini merupakan taman hewan paling lengkap di Provinsi Sumatera Utara. Mulai dari spesies unggas, mamalia dan reptil. Buka mulai 07.00-17.00. Lokasi Taman Hewan Pematang Siantar berada di Jl. Gunung Simanuk-Manuk, Nomor 2, Teladan.

Pemandian Alam Swimbath

Tempat wisata di Siantar

Tempat wisata di Siantar kelihatannya ingin mengajak wisatawan untuk lebih menyatu dengan alam. Buktinya, hampir semua obyek wisata selalu menyuguhkan keindahan alam. Kali ini ada Pemandian Alam Swimbath yang akan membantu menyegarkan tubuh dan pikiran.

Lokasinya berada di Nagori Naga Soppah, Kecamatan Bandar Huluan, Kabupaten Simalungun. Air yang mengisi kolam pemandian berasal dari sumber alam, sehingga kebersihan dan kejernihannya lebih terjamin.

Selain berenang, wisatan juga bisa menyewa ban pelampung. Fasilitasnya sangat komplit dan membuat liburan pengunjung semakin nyaman. Tiket masuk hanya Rp. 5.000 per orang.

Museum Zoologi

Museum Zoologi

Sebenarnya, museum zoologi masih satu lokasi dengan Taman Hewan Pematang Siantar. Ini dijadikan sebagai tempat khusus untuk menyimpan beragam hewan unik dan spesial yang sudah mati.

Beberapa fosil hewan yang bisa pengunjung saksikan antara lain Wildebest, kambing kutub, ular anaconda, domba hitam bertanduk 4, jerapah, beruang hitam dan burung elang. Agar bisa masuk, pengunjung harus membayar tiket masuk Rp. 10.000 per orang.

Pemandian Alam Sejuk

Pemandian Alam Sejuk

Inilah tempat wisata di Siantar dan sekitarnya yang wajib banget masuk ke dalam daftar kunjungan wisatawan selama menikmati waktu liburan. Pemandian Alam Sejuk menghadirkan suasana liburan keluarga yang sangat seru, nyaman dan berkesan.

Anda bisa mengajak buah hati untuk bermain air dan berenang di kolam air yang bersumber dari mata air alami. Airnya terasa begitu sejuk dan menyegarkan. Harga tiket masuk ke Pemandian Alam Sejuk tergolong murah, yaitu Rp. 5.000-Rp. 10.000 per orang.

Museum Simalungun

Museum Simalungun

Rekomendasi tempat wisata di Simalungun yang terakhir adalah Museum Simalungun. Dibangun pada tahun 1939, museum ini menyimpan berbagai macam peninggalan sejarah dan kebudayaan Kota Simalungun. Ada sejumlah arkeologi dan entografi yang mayoritas merupakan peninggalan Kerajaan Simalungun.

Yang paling menarik dari museum ini yaitu rumah adat Simalungun. Buka Senin-Sabtu mulai jam 08.00-17.00, dengan tiket masuk gratis.

Demikianlah sedikit ulasan tentang 10 rekomendasi tempat wisata di Simalungun yang wajib dikunjungi, semoga bisa menjadi bahan referensi Anda dan keluarga selama liburan di Sumatera Utara.