8 Tempat Wisata Di Sawahlunto Yang Paling Keren Dan Instagramable

Posted on

Tempat wisata di Sawahlunto bisa menjadi tujuan Anda di akhir pekan nanti, untuk mencoba keseruan liburan yang antimainstream. Kegiatan liburan Anda di Sawahlunto akan diisi dengan mengunjungi bangunan-bangunan tua peninggalan penjajahan Belanda.

Sawahlunto adalah kota kecil di Sumatera Barat yang menyimpan nilai-nilai sejarah. Pada zaman penjajahan Belanda, kota ini menjadi pusat pertambangan batu-bara. Sampai sekarang, semua peninggalan zaman dahulu masih terawat dengan baik dan berubah menjadi objek wisata favorit.

Selain berwisata sejarah, Sawahlunto masih menyimpan potensi wisata alamnya yang menawarkan spot foto hits dan instagenic. Siapa sangka, ternyata Sawahlunto menjadi surga tersembunyi bagi fotografer dan anak-anak muda pemburu spot foto keren.

Simak beberapa destinasi wisata favorit di Sawahlunto yang sangat sayang untuk dilewatkan berikut ini.

Danau Biru

Danau Biru

Danau Biru adalah tempat wisata di Sawahlunto yang namanya sudah terkenal sampai mancanegara. Sebuah lokasi bekas galian tambang batu bara, yang memiliki air berwarna biru dan dikelilingi oleh pepohonan menghijau, kini berhasil disulap menjadi objek wisata alam yang sungguh menakjubkan.

Setiap wisatawan yang datang ke Danau Biru pasti dibuat keheranan, terlebih lagi ketika pancaran sinar matahari memantul dipermukaan airnya. Pemandangan yang tersaji benar-benar luar biasa.

Bagi kalangan anak muda, Danau Biru adalah spot foto yang tidak boleh dilewatkan. Beberapa waktu lalu, Danau Biru sempat viral di media sosial, yang membuatnya langsung ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.

Sebelum tiba di lokasi Danau Biru, wisatawan harus melakukan perjalanan panjang terlebih dahulu, dengan medan yang cukup menangtang. Dari pusat Kota Sawahlunto, Danau Biru berjarak sekitar 13 kilometer.

Puncak Polan

Puncak Polan

Setelah puas menikmati kecantikan Danau Biru, sekarang Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Puncak Polan. Ini adalah spot terbaik untuk menyaksikan keindahan Kota Sawahlunto. Jajaran rumah penduduk yang diapit oleh gunung-gunung menjulang tinggi disekelilingnya, menjadi pemandangan spesial yang bisa Anda dapatkan di Puncak Polan.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Puncak Polan adalah di pagi hari. Sebab, Anda bisa menyaksikan secara langsung indahnya cahaya matahari yang baru muncul dari ufuk timur. Sunrice di Puncak Polan sangatlah indah sekali.

Agar bisa tiba di Puncak Polan, wisatawan harus menempuh perjalanan selama 2 jam. Lumayan berat, namun lelah Anda berbanding lurus dengan pesona alam yang ditawarkan. Objek wisata Puncak Polan berada di Kecamatan Lembah Segar.

Museum Kereta Api Sawahlunto

Museum Kereta Api Sawahlunto

Museum kereta api adalah tempat wisata di Sawahlunto selanjutnya yang tidak kalah menarik untuk disinggahi. Disana Anda bisa melihat koleksi-koleksi menarik, mulai dari lokomotif uap, gerbong dan dokumentasi kereta api di Sumatera. Sembari jalan-jalan, Anda bisa menambah wawasan baru di Museum Kereta Api Sawahlunto ini.

Sebenarnya, lokasi ini dulunya adalah stasiun Sawahlunto yang terhubung dengan jaringan rel kereta api Sumatera. Namun pada tahun 2005 silam, ia diresmikan menjadi museum kereta api dan dibuka untuk umum.

Museum Kereta Api Sawahlunto merupakan museum kereta api paling tua kedua di Indonesia, sesudah Museum Kereta Api Ambarawa. Waktu terbaik untuk datang berkunjung adalah hari minggu, karena wisatawan bisa naik kereta yang ditarik oleh lokomotif uap Mak Itam. Bagaimana, sangat seru sekali bukan?

Jika datang berkunjung jangan lupa membawa kamera, karena tempatnya yang kelihatan ikonik. Cocok untuk menghiasi feed instagram.

Waterboom Sawahlunto

Waterboom Sawahlunto

Apakah Anda datang ke Sawahlunto bersama keluarga tercinta? Kalau begitu silahkan ajak si buah hati untuk bermain-main di Waterboom Sawahlunto. Wahana permainan ini berlokasi di Desa Muaro Kalaban, Kecamatan Silungkang.

Dari Kota Solok, jaraknya sekitar 40 kilometer. Sedangkan dari Padang, ia berjarak 100 kilometer.

Pergi liburan di Waterboom Sawahlunto sangatlah menarik, karena harga tiket masuk hanya Rp. 10.000 di hari biasa dan Rp. 15.000 saat weekend. Fasilitas yang komplit, akan membuat liburan Anda terasa nyaman.

Setiap akhir pekan, ada ratusan keluarga yang menghabiskan waktu santai mereka di Waterboom Sawahlunto. Selain dimanjakan oleh berbagai macam wahana permainan airnya, kesejukan udara disini juga semakin membuat wisatawan merasa lebih tenang.

Disekelilingnya dipadati oleh tumbuhan menghijau, sehingga Anda bisa seru-seruan sekaligus menyegarkan kembali pikiran yang sedang suntuk. Cocok sekali untuk mengusir segala jenis beban pikiran yang mengganggu Anda.

Bagi wisatawan dari luar daerah, disekitar Waterboom Sawahlunto sudah tersedia beberapa hotel sebagai pilihan penginapan.

Puncak Cemara

Puncak Cemara

Bagi kaula muda yang datang ke Sawahlunto hanya untuk berburu spot foto kece dan kekinian, maka wajib hukumnya mampir ke objek wisata Puncak Cemara. View yang ditawarkan oleh Puncak Cemara ini sangatlah mengagumkan, berupa pesona keindahan Kota Sawahlunto dari ketinggian.

Deretan pemukiman warga dan gunung-gunung menjulang tinggi bisa Anda saksikan secara langsung, yang kelihatan berpadu sempurna. Puncak Cemara adalah tempat yang sangat cocok untuk menenangkan diri dan pikiran, karena suasananya yang damai ditambah udara sejuk menyegarkan. Didepan mata Anda sudah tersaji sebuah pemandangan alam yang eksotis.

Dari pusat kota Sawahlunto, Puncak Cemara hanya berjarak 6 kilometer. Tidak seperti Puncak Polan yang minim fasilitas dan aksesnya sulit, Puncak Cemara memiliki fasilitas komplit dan mudah diakses oleh roda dua ataupun roda empat.

Beberapa fasilitas yang ditawarkan oleh tempat wisata di Sawahlunto adalah areal playground, kantin, toilet, mushola dan gazebo. HTM yang harus Anda bayarkan adalah gratis.

Hotel Ombilin Dan Kota Tua

Hotel Ombilin Dan Kota Tua

Pada zaman dahulu, Hotel Ombilin adalah penginapan bagi tamu-tamu kehormatan asal Belanda. Walaupun beberapa bangunan sudah ada yang direnovasi, namun masih ada sebagian yang masih asli. Desain klasiknya yang terlihat begitu unik, cocok sekali dijadikan sebagai background foto Anda.

Dekat dengan Hotel Ombilin, wisatawan bisa mengunjungi pusat kota tua Sawahlunto. Disana Anda akan menemukan beberapa bangunan cagar budaya yang instagramable, sayang sekali rasanya jika sampai luput dari jepretan kamera.

Agar liburan Anda di Kabupaten Sawahlunto semakin berkesan, maka jangan lupa menginap di Hotel Ombilin.

Padang Savana – Kolok

Padang Savana - Kolok

Jika di Payakumbuh ada objek wisata ala New Zaeland, maka di Sawahlunto ada savana khas Sumbawa, yang berlokasi di Desa Kolok. Pemandangan alam yang ada disini kelihatan begitu keren, apalagi dijadikan sebagai spot foto. Dijamin tidak akan mengecewakan.

Sejauh ini admin masih belum mengetahui secara detail rute perjalanan menuju ke tempat wisata di Sawahlunto ini, namun Anda bisa bertanya ke warga sekitar.

Masjid Agung Nurul Islam

Masjid Agung Nurul Islam

Rekomendasi tempat wisata di Sawahlunto yang terakhir adalah Masjid Agung Nurul Islam. Lokasinya berada di Desa Kubang Sirakuak Utara, Kecamatan Lembah Segar. Berbeda dengan masjid-masjid lain pada umumnya, dimasjid ini Anda akan menemukan beberapa hal menarik.

Pertama datang dari arsitekturnya, desain Masjid Agung Nurul Islam terlihat begitu unik dengan empat buah kubah besar dibagian atasnya. Sementara itu, hal menarik kedua datang dari bagian bawah yang terdapat lubang perlindungan.

Lubang perlindungan di Masjid Agung Nurul Islam dulunya menjadi tempat untuk merakit geranat tangan, senjata dan mortir. Karena sudah berdiri sejak zaman penjajahan, Masjid Agung Nurul Islam menjadi salah satu masjid tertua di Indonesia.

Demikianlah informasi singkat mengenai 8 tempat wisata di Sawahlunto yang paling menarik. Semoga bisa bermanfaat, jangan lupa bantu share agar semakin banyak orang yang mengetahui potensi wisata di Sawahlunto.