10 Tempat Wisata di Pulau Samosir dan Sekitar Danau Toba yang Paling Menarik

Posted on

Tempat wisata di Pulau Samosir yang diketahui oleh masyarakat luas pasti masih terbatas Danau Toba saja. Sebagai icon utama Provinsi Sumatera Utara, semua orang pasti sudah hafal betul dengan wisata Danau Toba.

Namun siapa sangka, ternyata disekitar Danau Toba ada berbagai macam obyek wisata tersembunyi yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi selama liburan. Sebut saja Bukit Holbung, Pusuk Buhit, Desa Tomok dan deretan tempat wisata di Parapat ataupun Kabupaten Dairi lainnya yang jaraknya lumayan dekat dari Danau Toba.

Beberapa pilihan tempat wisata di Pulau Samosir berikut ini bisa Anda jadikan sebagai pelengkap liburan, agar semakin berkesan dan menyenangkan. Jangan sampai lupa mampir ke salah satu tempat menarik di bawah jika Anda dan keluarga sedang berkunjung ke Danau Toba.

Tanpa banyak basa-basi, mari disimak ulasan tentang wisata paling ramai dikunjungi di samosir selengkapnya berikut.

Desa Tomok

Desa Tomok

Perjalanan liburan Anda dimulai dengan singgah ke desa wisata Tomok. Tujuan utamanya adalah Kawasan Kampung Batak yang berisi rumah adat dan patung sigale-gale. Desa Tomok mengajak wisatawan untuk menghabiskan liburan dengan belajar budaya peninggalan nenek moyang zaman dahulu.

Tidak perlu khawatir sulit menemukan Desa Tomok, karena ia tergolong sebagai salah satu pintu masuk Pulau Samosir. Selain melihat patung sigale-gale dan rumah adat, di Desa Tomok Anda juga bisa mampir ke Museum Batak dan pemakaman raja Batak.

Jika beruntung, wisatawan akan disambut tarian sigale-gale dan tari tor-tor.

Bukit Holbung

Bukit Holbung

Rekomendasi tempat wisata di Pulau Samosir yang tidak boleh Anda lewatkan selanjutnya adalah Bukit Holbung. Ini merupakan spot terbaik untuk menikmati pesona keindahan Danau Toba. Lukisan alam yang tersaji benar-benar indah. Bukit Holbung berlokasi di Desa Janji Marhatan.

Ketika rumput di Bukit Holbung sedang tumbuh subur, pemandangan yang bisa Anda saksikan adalah hamparan rerumputan hijau. Saat itu juga berubah menjadi Bukit Teletubbies. Dari Bukit Holbung, Anda bisa melihat kemegahan Danau Toba lengkap dengan nelayan pencari ikan.

Kebun Bunga Sapo Juma Tongging

Kebun Bunga Sapo Juma Tongging

Sempat viral di Instagram beberapa waktu belakangan, nama Sapo Juma pasti sudah tidak asing lagi ditelinga Anda. Tempat wisata di Pulau Samosir kali ini sebenarnya merupakan sebuah penginapan yang berada di pinggiran Danau Toba.

Disana wisatawan bisa menjumpai hamparan kebun bunga yang ditumbuhi beragam jenis bunga warna-warni. Pemandangannya semakin ciamik karena dikelilingi oleh deretan pegunungan menghijau. Keasrian kebun Bunga Sapo Juma sangatlah sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Pihak pengelola sudah menyediakan jalan setapak diantara bunga-bunga, sehingga wisatawan bisa bebas hunting foto tanpa khawatir merusak tanaman. Kebun Bunga Sapo Juma berlokasi di Desa Tongging, Kec. Merek, Kabupaten Karo. HTM-nya sebesar Rp. 20.000 per orang.

Lembah Bakkara

Lembah Bakkara

Lembah Bakkara merupakan tanah kelahiran Raja Sisingamangaraja XII, tokoh pahlawan nasional Sumatera Utara yang berperang melawan penjajah Belanda. Disini Anda akan dibuat kagum oleh pemandangan alam yang keindahannya sungguh luar biasa.

Dua aliran sungai besar dan berdebit deras membelah Lembah Bakkara menjadi dua bagian. Sungai terbesar disebut Aek Silang dan sungai lebih kecil disebut Aek Simangira. Kedua sungai tersebut mengaliri beberapa desa dan berakhir di Danau Toba.

Dari atas bukit, Lembah Bakkara yang diapit oleh perbukitan hijau dan berlatar belakang Danau Toba, terlihat begitu dramatis. Cocok banget dijadikan spot foto.

Perbukitan Pusuk Buhit

Perbukitan Pusuk Buhit

Jika Lembah Bakkara adalah tempat kelahiran Raja Sisingamangaraja XII, maka Perbukitan Pusuk Buhit juga memiliki cerita tersendiri. Konon, Pusuk Buhit menjadi lokasi asal muasal orang Batak. Ia berada di ketinggian 1.980 mdpl dan tergolong sebagai gunung berapi aktif.

Cobalah mampir ke Pusuk Buhit, saksikan sendiri bagaimana menawannya Pulau Samosir.

Puncak Sidiangkat

Puncak Sidiangkat

Sudah puas menjelajahi wisata Danau Toba namun ingin liburan lebih lama? Kalau begitu mampir saja ke Puncak Sidiangkat. Disini Anda bisa menikmati udara bersih yang menyegarkan pikiran, sekaligus panorama eksotis berlatar belakang keindahan alam tanah Pakpak.

Bagi anak-anak muda, Puncak Sidiangkat adalah tempat wisata di sekitar Danau Toba yang harus masuk ke dalam daftar kunjungan. Sebab ada spot foto unik dan ngehits, berupa sarang burung raksasa dengan latar belakang hijaunya pepohonan.

Jika ingin menginap, sudah tersedia Hotel Nantampuk Pas dengan biaya Rp. 100.000-Rp. 300.000 per malam.

Inna Parapat Hotel

Inna Parapat Hotel

Liburan di Danau Toba rasanya kurang lengkap apabila belum menyempatkan diri untuk mampir ke Inna Parapat Hotel. Ini merupakan hotel legendaris yang selalu menjadi penginapan langganan kontingen Indonesia ketika bertanding di sejumlah kejuaraan nasional atau internasional. Seperti Asian Games, Sea Games dan PON.

Bukan sekedar penginapan, Inna Parapat Hotel mampu menghadirkan suasana yang sangat mengesankan bagi pengunjung. Seperti kolam renang, tiga restoran mewah, area khusus bernuansa Belanda, dan berbagai macam spot foto instagenic.

Pokoknya nggak bakalan rugi jika mampir ke tempat wisata di Pulau Samosir satu ini.

Pemandian Alam Pangururan

Pemandian Alam Pangururan

Tidak hanya sekedar menyuguhkan liburan bernuansa keindahan Danau Toba, tempat wisata di Pulau Samosir tentu memiliki daya tarik lain. Salah satunya adalah pemandian air panas alam pangururan. Disini Anda dan keluarga bisa melemaskan otot-otot tubuh yang kaku dan merileksasikan pikiran.

Lokasi pemandian alam pangururan berada tepat di lereng Gunung Pusuk Buhit. Berenang di kolam air panasnya terasa semakin menyenangkan karena Anda akan ditemani pemandangan alam sekitar yang terlihat masih asri dan sangat menyejukkan mata.

Air Terjun Situmurun

Air Terjun Situmurun

Hobi mengagumi keindahan air terjun? Jika demikian coba deh untuk menuju ke Desa Binanglom, Kecamatan Lumban Julu, Toba Samosir. Agar cepat sampai di lokasi, wisatawan bisa mengikuti rute dari Balige.

Perjalanan ke lokasi Air Terjun Situmurun membutuhkan waktu lumayan lama, karena dari pelabuhan Ajibata saja sudah menghabiskan waktu 2-3 jam. Ini belum dari pusat kota Balige atau Parapat.

Sepanjang perjalanan, keindahan Pulau Samosir siap memanjakan mata wisatawan. Begitu tiba di lokasi, bersiaplah mengagumi kemegahan Air Terjun Situmurun. Anda bisa bermain air, berenang, melompat atau sekedar foto-foto.

Keindahan yang ditawarkan pasti akan segera membius mata Anda dan melunasi rasa lelah selama perjalanan tadi.

Air Terjun Binanga Bolon

Air Terjun Binanga Bolon

Tutup liburan Anda kali ini dengan mengunjungi sebuah air terjun yang memiliki pemandangan sangat indah dan terkihat begitu mengagumkan. Namanya adalah Air Terjun Binanga Bolon yang berada di Kecamatan Haranggaol Nagori Purba Pasir, Simalungun.

Perpaduan antara air terjun yang megah dan keasrian pemandangan alam sekitar benar-benar sukses melukiskan pesona mengagumkan. Debit air terjun yang deras, seolah-olah membantu mengusir rasa penat didalam pikiran.

Ada pula air terjun lain di sekitar yang memiliki ketinggian lebih rendah dan kolam alami. Cocok untuk berendam dan menyegarkan diri.

Demikianlah ulasan singkat mengenai daftar tempat wisata di Pulau Samosir dan sekitar Danau Toba. Semoga bisa membantu Anda menikmati liburan yang lebih berkesan.