10 Tempat Wisata di Pemalang Terbaru yang Paling Hits dan Wajib Dikunjungi

Posted on

Tempat wisata di Pemalang yang didominasi oleh pantai-pantai indah dan curug eksotis, kelihatannya wajib masuk ke list kunjungan liburan Anda selama di Jawa Tengah. Dekat dengan Kota Pekalongan dan Kota Tegal, siapa sangka ternyata Pemalang menyimpan kepingan surga tersembunyi yang sayang banget untuk dilewatkan.

Sebenarnya, Kota Pemalang itu diberkati dengan alam yang indah. Mungkin karena belum banyak wisatawan yang mengetahui tempat nongkrong di Pemalang untuk berakhir pekan, sehingga wajar apabila jumlah kunjungan ke kota ini masih sedikit.

Jika membahas deretan tempat wisata di Pemalang, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan Pantai Widuri, Bukit Kukusan, Hutan Mangrove dan Telaga Silating. Untuk memuaskan libur akhir pekan nanti, silahkan datang ke sejumlah destinasi berikut ini.

Pantai Widuri

Pantai Widuri

Pantai Widuri adalah icon tempat wisata di Pemalang yang wajib untuk Anda kunjungi pertama kali. Sebab, lokasinya yang beralamatkan di Desa Widuri berdekatan dengan pusat kota Pemalang dan aksesnya sangat mudah.

Walaupun dekat dengan kawasan perkotaan, namun jangan menganggap sebelah mata keindahan Pantai Widuri. Panorama alam lautnya terlihat begitu eksotis dan memanjakan mata. Bagi anak-anak muda, spot foto disini adalah yang paling hits.

Lebih menarik lagi, Pantai Widuri sudah memiliki fasilitas komplit seperti wahana permainan anak, kolam renang, panggung hiburan dan masih banyak lagi.

Telaga Silating Pemalang

Telaga Silating Pemalang

Setiap akhir pekan tiba, pemuda-pemudi dari seluruh penjuru Kota Pemalang senantiasa berkumpul dan nongkrong seru di Telaga Silating. Tidak hanya telaganya saja yang menawan, namun areal persawahan dan bukit disekelilingnya membuat panorama yang tersaji terasa semakin istemewa.

Apakah tujuan utama muda-mudi itu hanya sekedar nongkrong di Telaga Silating? Tentu saja tidak. Keindahan alamnya yang menarik menjadi target yang pas sebagai spot foto hits dan kekinian. Siapapun yang datang pasti tidak pernah luput mengabadikan momen.

Tempat wisata di Pemalang satu ini juga sudah dilengkapi segudang fasilitas penunjang wisatawan. Lokasi Telaga Silating berada di Desa Sikakus, Kecamatan Belik.

Bukit Kukusan

Bukit Kukusan

Dianugerahi dengan pesona alam yang indah, membuat Kota Pemalang memiliki sejuta suguhan menarik untuk berakhir pekan dan menyatu kembali dengan alam. Salah satu tempat yang sangat direkomendasikan adalah Bukit Kukusan. Lokasinya berada di Desa Cikadu, Kec. Watukumpul.

Dari Bukit Kukusan Anda bisa memuaskan mata dengan lukisan Tuhan yang sungguh luar biasa. Sejauh mata memandang, Anda hanya akan melihat keindahan yang benar-benar asri dan udara sejuk yang membuat pikiran kembali segar.

Bukit Tangkeban Nyalembeng

Bukit Tangkeban Nyalembeng

Masih bertemakan bukit indah, rekomendasi tempat wisata di Pemalang selanjutnya adalah Bukit Tangkeban. Dalam beberapa bulan belakangan, destinasi satu ini menjadi perbincangan hangat di sosial media. Spot fotonya yang kekinian mulai tersebar luas di jagat maya.

Bukit Tangkeban berlokasi di Desa Nyalembeng, Kecamatan Pulosari. Sebelum menjadi salah satu destinasi populer seperti sekarang, Bukit Tangkeban dulunya adalah lokasi yang kurang terawat. Namun semenjak diperbaharui dan ditata ulang, Bukit Tangkeban sukses mendatangkan banyak pengunjung.

Disini sudah tersedia gardu pandang untuk menyaksikan keindahan Gunung Slamet. Bagi kaula muda, spot foto berbagai macam bentuk juga sudah tersedia. Mulai dari berbentuk bintang, sayap dan lain-lain.

Curug Duwur

Curug Duwur

Jika dibandingkan destinasi lainnya, Curug Duwur tergolong sebagai tempat wisata di Pemalang Jawa Tengah yang kurang populer. Masih sedikit orang yang mengetahui keberadaan air terjun cantik satu ini, bahkan masyarakat Pemalang sekalipun.

Curug Duwur terletak di Dusun KarangPucung, Kecamatan Bantarbolang. Lokasinya lumayan tersembunyi, sehingga ketika berkunjung kesana Anda akan mendapat ketenangan. Perpaduan sempurna antara air terjun, bebatuan sungai dan pepohonan disekelilingnya terlihat begitu menarik.

Jika ingin bermain air, Curug Duwur sudah menyediakan kolam alami. Airnya terasa sejuk dan menyegarkan, cocok untuk melepas penat sehabis perjalanan. Jangan lupa berfoto-foto ria, untuk mengabadikan momen Anda disini.

Hutan Mangrove Pemalang

Hutan Mangrove Pemalang

Sedang pergi liburan di Kota Pemalang bersama keluarga tercinta? Jika demikian, maka hutan mangrove bisa menjadi pilihan yang tepat sebagai tujuan utama. Lokasinya berada di Desa Mojo, Kecamatan Ulujami. Suasana yang ditawarkan sangatlah pas untuk mengusir penat akibat beban pekerjaan dan rutinitas sehari-hari.

Hutan bakau yang membentang luas berbatasan langsung dengan laut utara Pulau Jawa. Keasriannya masih terjaga baik, yang menyuguhkan angin sepoi-sepoi kepada setiap wisatawan. Deburan ombak yang tidak henti-hentinya berbisik, terdengar begitu nyaring dan menenangkan.

Berkat pesona keindahan Hutan Mangrove Pemalang yang tidak ada duanya, maka jangan sampai Anda melewatkan destinasi satu ini.

Telaga Indah Gambuhan

Telaga Indah Gambuhan

Telaga Indah Gambuhan adalah salah satu dari sekian banyak deretan tempat wisata di Pulosari Pemalang yang keindahannya sangat menarik untuk dieksplorasi. Apalagi jika Anda menginginkan liburan yang menyatu kembali dengan alam, maka Telaga Indah Gambuhan tidak boleh luput dari daftar kunjungan.

Telaga eksotis ini memiliki luas yang mencapai 2,5 hektar dan tidak pernah kering walaupun musim kemarau tiba. Selain dikelilingi oleh kawasan perbukitan, disekeliling Telaga Indah Gambuhan menjadi lahan pertanian warga. Membuat panorama alamnya semakin cantik.

Destinasi wisata satu ini cocok sekali untuk menemani akhir pekan Anda, khususnya yang sedang menginginkan kedamaian, ketenangan dan kesejukan.

Rainbow Rafting Sungai Comal

Rainbow Rafting Sungai Comal

Ingin mencoba bagaimana sisi lain tempat wisata di Pemalang yang tidak hanya sebatas wisata alam saja? Maka silahkan pacu adrenalin Anda dengan berkunjung ke Rainbow Rafting Sungai Comal. Keberanian Anda akan diuji untuk menaklukkan medan sungai yang berliku dan sangat menantang.

Lokasinya berada di Jalan Randudongkal-Moga, Desa Kecepit, Kecamatan Radudongkal. Buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam setengah 5 sore.

Sembari menguji keberanian, kejernihan air di sungai comal dan keindahan alam sekitar akan menemani keseruan Anda selama arung jeram.

Bukit Samoan

Bukit Samoan

Karena mengetahui jika tidak semua orang menyukai tantangan, maka Kota Pemalang menawarkan alternatif lain yang sama-sama menarik untuk menghabiskan waktu akhir pekan. Silahkan manjakan diri Anda dengan menikmati keindahan di Bukit Samoan.

Lokasi Bukit Samoan terletak di Desa Siremeng, Kecamatan Pulosari. Dari sini Anda bisa menyaksikan seluruh wilayah Pemalang dan puncak Gunung Slamet. Spot foto yang instagenic, senantiasa tidak luput dari jepretan kamera DSLR pengunjung.

Curug Bengkawah

Curug Bengkawah

Rekomendasi tempat wisata di Pemalang yang terakhir adalah Curug Bengkawah. Pesona keindahan alamnya tidak kalah menarik dari yang ditawarkan Bukit Samoan ataupun Telaga Silating. Curug Bengkawah beralamatkan di Jalan Sikasur – Sumpur, Karangmulyo, Desa Sikasur, Kecamatan Belik.

Curug Bengkawah adalah air terjun tersembunyi di tengah-tengah hutan yang memiliki ketinggian mencapai 20 meter dan kedalaman kolam 3 meter. Uniknya, air yang mengalir di Curug Bengkawah tidak pernah habis dan sangat jernih.

Rimbunnya pepohonan di sekitar menambah eksotisme pemandangan yang tersaji di Curug Bengkawah.

Demikianlah 10 daftar tempat wisata di Pemalang terbaik yang sedang hits dan wajib untuk anda dikunjungi jika berkunjung di kota pemalang ini. Semoga apa yang sudah saya sampaikan diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang tempat wisata yang ada di pemalang ini.