8 Tempat Wisata Di Payakumbuh Dan Sekitarnya Yang Paling Indah

Posted on

Tempat wisata di Payakumbuh mulai dikenal oleh wisatawan lokal dari berbagai daerah, bahkan oleh kalangan turis mancanegara. Selain memiliki objek wisata nge-hits di Padang dan Bukittinggi, Sumbar ternyata masih memiliki banyak sekali tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, diantaranya yang berada di Payakumbuh dan Kabupaten 50 kota.

Liburan Anda kali ini dijamin antimainstream, karena bisa berkunjung ke berbagai objek wisata yang unik dan keren, seperti air terjun lubuak bulan, padang mangateh ala New Zaeland, wisata Payakumbuh ala Korea di lembah harau dan masih banyak lagi.

Karena memang berdekatan dengan Payakumbuh, ada beberapa objek wisata di Kabupaten Lima Puluh Kota yang saya masukkan ke dalam daftar sekalian.

Objek Wisata Lembah Harau Payakumbuh

Wisata Lembah Harau Payakumbuh

Harau adalah sebuah lembah indah yang berada di ketinggian 500-850 mdpl. Lembah harau diapit oleh dua bukit cadas dan terjal setinggi 150 meter. Kedua bukit inilah yang membuat pemandangan alam lembah harau terasa semakin sempurna.

Lembah harau sendiri berlokasi di Desa Tarantang, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Dimasukkan ke dalam daftar tempat wisata di Payakumbuh, karena lokasinya yang memang tidak jauh.

Lembah harau adalah pilihan yang paling tepat untuk menyegarkan kembali pikiran, karena disamping kanan dan kirinya diapit oleh persawahan, tebing-tebing tinggi, serta deretan pepohonan rimbun yang menghijau.

Disini Anda juga bisa menemukan beberapa sungai kecil dan air terjun. Pokoknya, ada banyak sekali kegiatan seru dan menarik yang bisa Anda lakukan di objek wisata Payakumbuh ala Korea ini.

Wisata Bukik Bulek Taram

Bukik Bulek Taram

Masih berlokasi di Kabupaten Lima Puluah Kota, rekomendasi objek wisata selanjutnya adalah Bukik Bulek Taram. Dari Kota Payakumbuh, ia hanya berjarak sekitar 11,5 kilometer saja. Sehingga Anda bisa sampai dilokasi dengan cepat.

Bukik Bulek Taram adalah sebuah bukit yang berbentuk bundar, dengan puncaknya yang sangat terjal dan menonjol. Ditumbuhi oleh pepohonan hijau yang rimbun, membuat Bukik Bulek Tarem pas banget dijadikan sebagai spot foto hits dan kekinian.

Di kaki Bukik Bulek Tarem ada sebuah hamparan tanah yang ditumbuhi oleh rerumputan. Walaupun bukan padang rumput, namun tanah lapang ini cukup luas. Di sekitar Bukit Bulek Taram, ada rawa-rawa yang dijadikan sebagai lokasi memancing oleh warga sekitar, karena memang banyak ikannya.

Wisata Kelok 9 Sumbar

Kelok 9 Sumbar

Pilihan tempat wisata di Payakumbuh yang menarik untuk dikunjungi selanjutnya adalah kelok 9. Ini adalah ruas jalan sepanjang 300 meter yang menjadi penghubung antara provinsi Sumatera barat dan Riau.

Selain menarik karena memiliki ruas jalan yang berkelok-kelok, pemandangan disekitar kelok 9 juga membuatnya semakin indah. Bagaimana tidak, ruas jalan dengan tikungan tajam selebar 5 meter ini dihimpit oleh dua perbukitan cagar alam yang asri nan menghijau, yaitu Cagar Alam Harau dan Cagar Alam Air Putih.

Renovasi yang dilakukan oleh pemerintah setempat juga berhasil membuat kelok 9 semakin indah dan keren. Datanglah saat malam hari, jika Anda ingin melihat pemandangan yang jauh lebih menarik di kelok 9.

Renovasi yang dilakukan oleh pemerintah setempat juga berhasil membuat kelok 9 semakin indah dan keren. Datanglah saat malam hari, jika Anda ingin melihat pemandangan yang jauh lebih menarik di kelok 9.

Wisata Padang Mengatas

Padang Mengatas

Mengeksplorasi tempat wisata di Payakumbuh rasanya kurang lengkap, apabila belum mampir ke New Zaeland-nya Indonesia, yaitu Padang Mengatas. Dikalangan wisatawan, tempat ini lebih dikenal dengan sebutan Padang Mangateh.

Padang Mengatas adalah sebuah padang rumput hijau seluas 289 hektare, yang sekaligus dimanfaatkan sebagai sentra peternakan sapi. Sehingga jangan heran, apabila di padang rumput yang cantik nan indah ini Anda bisa menemukan ribuan ekor sapi.

Selain dimanjakan oleh panorama padang rumputnya, mata wisatawan semakin betah berada disini, berkat pemandangan alam disekeliling yang tidak kalauh hijau dan asri. Pemandangan disini benar-benar amazing.

Keindahan yang ditawarkan berhasil menjadikan Padang Mengateh sebagai salah satu spot foto instagramable di Payakumbuh. Kaula muda penggila swafoto, tidak mau menyia-nyiakan kesempatannya untuk mengabadikan momen di Padang Mengateh.

Kapalo Banda Taram

Kapalo Banda Taram

Kapalo Banda Taram adalah sebuah danau cantik yang dikelilingi oleh perbukitan hijau dan areal persawahan disekitarnya. Pemandangan alam yang berada di Kapalo Banda Taram benar-benar sempurna, apalagi lokasinya yang dekat dengan hutan.

Sebelum menjadi tempat wisata di Payakumbuh yang ramai dikunjungi oleh wisatawan seperti sekarang, Kapalo Banda Taram dulunya hanya sebatas saluran irigasi untuk sawah warga sekitar. Begitu melihat adanya potensi sebagai objek wisata, akhirnya Kapalo Banda Taram dibuka untuk umum.

Liburan ke Kapalo Banda Taram memang sangatlah pas, karena disini Anda bisa bersantai ditemani udaranya yang sejuk dan keindahan alam yang luar biasa. Dengan bentang alam yang masih terawat, siapapun pasti betah untuk berlama-lama disini.

Tidak hanya duduk santai, di Kapalo Banda Taram Anda bisa mencoba mendayung rakit dari bambu disekitar danau. Warga sekitar menyewakan kepada wisatawan dengan tarif Rp. 10.000 per 1 kilometer.

Ajaklah keluarga Anda untuk menikmati ketenangan alam di Kapalo Banda Taram, sembari mengayuh dayung kesana kemari. Lokasi objek wisata ini berada di 11,5 kilometer dari pusat kota Payakumbuh.

Baca Juga : Tempat Wisata di Berastagi Terbaru Yang Instagramable

Wisata Ngalau Indah

Wisata Ngalau Indah

Ngalau Indah adalah sebuah goa alam yang memiliki banyak sekali stalagmit dan stalagtit yang keren. Dari pusat Kota Payakumbuh, Ngalau Indah berjarak 4 kilometer dan 31 kilometer dari pusat Kota Bukittinggi.

Selain memiliki berbagai macam stalagmit dan stalagtit, Ngalau Indah juga mempunyai beberapa mulut goa, yang bisa dijadikan sebagai pintu masuk dan keluar.

Yang paling menarik dari Ngalau Indah adalah ia memiliki sebuah batu khas dan berbentuk unik, bernama batu gong. Batu ini bentuknya menyerupai lonceng dan menjadi icon wisata dari Ngalau Indah.

Aia Baba Halaban

Aia Baba Halaban

Karena masih belum terlalu ramai didatangi oleh wisatawan, sehingga wajar apabila tempat wisata di Payakumbuh banyak yang menawarkan suasana sunyi, cocok untuk santai dan menenangkan pikiran. Salah satu contohnya adalah Aia Baba Halaban.

Ini adalah sebuah kolam pemandian yang memiliki air dingin menyegarkan, karena mengalir langsung dari mata air di sebuah bukit. Konsep Aia Baba Halaban semakin menarik, karena wisatawan bisa menyegarkan diri ditemani oleh pemandangan alam yang sungguh luar biasa.

Dari Aia Baba Halaban, Anda bisa menyaksikan sebuah air terjun setinggi 100 meter yang membuatnya semakin menarik.

Wisata Air Terjun Lubuak Bulan

Air Terjun Lubuak Bulan

Dari pusat kota Payakumbuh, air terjun Lubuak Bulan bisa Anda tempuh selama 4-5 jam perjalanan. Walaupun sedikit lebih lama, namun perjalanan Anda akan dibayar oleh pemandangan air terjun setinggi 50 meter yang terlihat begitu megah.

Benar saja wisatawan banyak yang penasaran dengan air terjun eksotis ini, karena keindahan memang sangat luar biasa. Namun sayang, Anda tidak bisa berenang ataupun berendam air disini.

Itu tadi adalah rekomendasi 8 tempat wisata di Payakumbuh yang wajib Anda kunjungi. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat, jangan lupa bantu share supaya objek wisata yang berada di Payakumbuh dan sekitarnya semakin dikenal oleh wisatawan didunia.