8 Tempat Wisata di Padang Yang Paling Menarik Untuk di Kunjungi

Posted on

Tempat wisata di padang – Liburan adalah salah satu cara untuk melepas stres akibat rutinitas sehari – hari, tidak perlu jauh – jauh pergi keluar negri, sebab Indonesia juga memliki tempat wisata yang menarik salah satunya berada di Padang (Sumatra Barat). Di kota Padang ini banyak sekali keindahan alam indonesia yang tersembunyi.

Tempat wisata di Padang

Di Padang ini memiliki keberagaman budaya setiap daerah, masing – masing, memili adat yang bersandi sarak, dan sarak bersandi kitabullah itulah adalah semboyan bagi masyarakat minang yang sampai saat ini masih terjaga.

Dikota ini terdapat kuliner yang khas dan rasanya yang luar biasa. Namun kali ini saya bukan membahas kulinernya, akan tetapi saya akan membahas tentang tempat wisata atau keindahan alam kota padang ini. Dibawah ini ada beberapa tempat wisata di padang yang tak boleh terlewatkan.

Objek Wisata Lembah Harau

Objek Wisata Lembah Harau

Lembah harau sudah tidak asing lagi untuk masyarakat Sumatra Barat dan sudah dikenal oleh sebagian besar masarakat yang tinggal di Pulau Sumatra. Karena disini terdapat destinasi yang luar biasa. Kenapa disebut lembah harau? Karena disini adalah berupa hamparan tanah yang luas dan diapit oleh tebing tinggi dengan posisi tegak lurus dari permukaan tanah.

Lokasi tempat ini berada di kecamatan harau, kabupaten Limapuluhkota, provinsi Sumatra Barat. Begitu anda memasuki kawasan ini anda akan disuguhi suasana alam pegunungan yang memukau dan terdapat 5 buah air terjun memiliki ketinggian kurang lebih 100 m yang sangat memukau. Selain itu terdapat aliran air sungai yang sangat jernih dan bersih.

Destinasi Wisata Pantai Padang

Destinasi Wisata Pantai Padang

Lokasi pantai ini berada dikecamatan Padang Barat, kota Padang, Sumatra barat. Disni lokasinya cukup unik karena berada dikawasan pusat kota, dan disini terbilang berbeda dari pantai pada umumnya karena disini hanya beberapa area saja yang berhiaskan pasir. Namun yang terlihat hanya tumpukan batu yang besar. Dan batu besar ini memang sengaja diletakan disitu untuk mencegah abrasi air laut.

Dari bandar udara kita hanya menempuh perjalanan 30 menit atau sejauh 23 km. Begitu sampai dipesisir, keindahan alam yang bakal menyambut adalah gulungan ombak laut yang besar yang menghantam bebatuan. Garis pantai yang panjang semakin membuat pemandangan yang terlihat semakin eksotis dengan latar belakang gunung padang yang terlihat dari kejauhan.

Kesempurnaan akan lebih terasa waktu memasuki sore hari, waktu itu warna kuning keemasan yang dibiaskan oleh air, sehingga disuguhkan alam yang memukau.

Untuk harga masuk tiket kekwasan ini tak perlu khawatir disini sangat bersahabat, hanya dengan membayar parkir Rp. 2000 untuk pengendara roda dua dan untuk roda empat dikenakan ongkos parkir Rp. 5000, sangat ekonomis bukan? Disini juga tersedia berbagai fasilitas umum.

Berwisata di Museum Adityawarman

Berwisata di Museum Adityawarman

Berlibur bukan hanya wisata alam, namun bisa juga datang ketempat bersejarah. Selain pengalaman liburan kita juga bisa pulang dengan membawa ilmu, dan tentulah ilmu itu sangat bermanfaat untuk kita apalagi bagi pelajar.

Lokasi museum ini berada di jl. Diponegoro no 10, kota padang. Tepatnya berada dibelakang tangsi, Padang Barat.  Dan agar mempermudah untuk sampai kesini anda bisa menggunakan GPS. Jam bukanya pada waktu pagi sampai sore hari, dan untuk tiket masuknya bagi dewasa hanya perlu membeli tiket Rp. 2000 dan untuk anak – anak Rp. 1000.

Objek Wisata Indah di Pulau Cubadak

Objek Wisata Indah di Pulau Cubadak

Dipulau cubadak ini terdapat pulau – pulau kecil serta pantai dipesisir selatan, sehingga menarik perhatian pengunjung lokal maupun asing untuk tidak melewatkan tempat ini. Ditempat ini tersedia juga penginapan dan resort juga cottage yang menyajikan kenyamanan yang amat luar basa untuk para pengunjung.

Di tempat ini terdapat bibir pantai yang amat panjang kurang lebih sekitar 1,5 km disebelah selatan dari Padang, dan luasnya mencapai 40 km. Pantai ini dulunya merupakan pantai yang tidak terjamah karena kabarnya ada hewan liar dikawasan ini.

Untuk lokasinya bagi para pengunjung yang dari luar daerah bisa memilih penerbangan bandara minangkabau, Padang. Dari bandara bisa melanjutkan perjalanan dengan kendaraan umum atau travel. Dan pilihlah tujuan ke arah pantai carocok, kota Painin dan bisa dilanjutkan dengan menyewa speedboat yang biasanya dikenakan tarif Rp 150 ribu yang hanya membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit.

Dan bagi wisatawan yang berlabuh di pelabuhan mandeh, pelabuhan ini terdapat di kabupaten Pesisir Utara, dari pelabuhan ini juga para wisatawan bisa menggunakan kapal wisata dimana hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit saja.

Keindahan Wisata Kelok Sembilan

Keindahan Wisata Kelok Sembilan

Pada waktu liburan menikmati wisata alam mungkin sudah tidak asing lagi terdapat dibanyak tempat, namun menikmati keindahan arsitektur sangat jarang bukan? Dan konstruksi itu sangat rumit di balantara hutan dengan keindahan alam yang tidak mudah dapat ditemui.

Disini bisa dijadikan tempat peristirahatan bagi para pemudik waktu lebaran atau yang sengaja berkunjung ketempat ini, untuk sekedar berfoto, bakar jagung atau hanya sebatas minum sembari menikmati pemandangan dan menghirup udara yang sejuk.

Disini sangatlah ramai, apalagi kalau musim mudik tiba. Jembatan ini menghubungkan Riau dan Padang.

Objek Wisata di Sitinjau Lauik

Objek Wisata di Sitinjau Lauik

Di Pulau sumatra ini tempatnya berbukit – bukit, membuat banyak ruas jalan yang ekstrim dan berbahaya. Salah satunya adalah Sitinjau Lauik yang merupakan jalan satu – satunya yang menghubungkan antara kota Padang dengan Solok, dan berbatasan dengan jl raya indarung, Padang. Karena tempatnya berada diketinggian kurang lebih 220 m diatas permukan air laut, disekitaran ini hawanya dingin. Meskipun jalanan ini terbilang ekstrim namun tempat ini tidak pernah sepi dari kendaraan yang melintas dan sering terjadi kemacetan karena tidak sedikit kendaraan yang melintas tempat ini mengalami kecelakaan. Meskipun begitu, disini memiliki keindahan alam yang sangat memukau dan dijadikan tempat wisata. Diperbukitan ini terdapat pendangan yang sangat spektakuler dan tidak mungkin ditemukan ditempat yang lain.Disebut dengan sitinjau lauik, karena dikawasan ini siapapun dapat menikmati pemandangan laut yang merupakan bagian dari samudara hindia.

Terdapat 2 pos dikawasan ini, pos pertama lokasinya tidak terlalu tinggi namun lebih cukup untuk dapat menikmati pemandangan perbukitan. Dan dipos kedua ditandai dengan ada bangunan gazebo bentuknya seperti rumah adat minang dan disini disebut dengan padang scenic point, karena dari sini akan tersuguh pemandangan kota Padang dari kejauhan yang berhias perbukitan yang masih terjaga alamnya dan birunya lautan.

Jembatan Siti Nurbaya

Jembatan Siti Nurbaya

Waktu yang pas untuk ketempat ini adalah waktu matahari mulai terbenam, karena anda bisa melihat pemandangan yang memukau pada saat itu. Disekitar tempat ini dipenuhi oleh pedagang kaki lima yang menawarkan makanan khas padang dengan harga yang bersahabat dan tidak ketinggalan ada juga disini ada penjual jagung bakar dan berbagai minuman. Jembatan ini merupakan peninggalan belanda.

Tempat Wisata di Lembah Anai

Tempat Wisata di Lembah Anai

Cagar alam lembah anai ini termasuk kedalam kawasan hutan lindung di Sumatra Barat. Disini menyuguhkan keindahan hutan hujan tropis yang memiliki anekaragam fauna dan flora, dan terdapat 2 air terjun. Dimana air terjun paling terkenal adalah air terjun lembah anai padangi, sedangkan air terjun lainnya tersembunyi karena letaknya yang tertutup oleh hutan. Oleh karenanya air terjun yang lainnya tidak dikenal oleh kebanyakan masyarakat. Untuk parawisatawan yang ingin ke air terjun ini, harus menempuh perjalanan kurang lebih 15 menit.

Baca Juga : 8 Tempat Wisata di Tasikmalaya yang Wajib Anda Kunjungi

Nah itula beberap destinasi tempat wisata di padang yang tidak boleh anda lewatkan ketika berkunjung ke kota padang ini, mungkin sekian dulu ulasang tempat wisata menarik yang dapat saya ulaskan untuk anda semuanya.