8 Tempat Wisata Di Mentawai Yang Paling Menarik Dan Wajib Dikunjungi

Posted on

Tempat wisata di Mentawai mungkin belum banyak diketahui oleh wisatawan asli Indonesia, namun potensi wisata di pulau Mentawai sudah sangat terkenal disejumlah negara. Kepulauan Mentawai dikenal sebagai daerah yang memiliki sejumlah spot surfing berskala internasional.

Mentawai adalah salah satu kabupaten di Sumatera Barat. Letaknya berada diseberang Pulau Sumatera, sehingga wisatawan harus menempuh perjalanan laut untuk bisa mencapai di Kepulauan Mentawai.

Tempat wisata di Mentawai didominasi oleh pantai-pantai indah dengan gulungan ombak yang menantang pecinta selancar. Disini Anda juga bisa menemukan pegunungan, air terjun dan danau yang masih sangat terjaga kealamiannya.

Bagi Anda pecinta wisata Pantai, nampaknya liburan nanti bisa menghabiskan waktu di Kepulauan Mentawai. Berikut adalah beberapa objek wisata mentawai yang bisa Anda kunjungi.

Pantai Awera

Pantai Awera

Pergi liburan ke Mentawai rasanya tidak jauh berbeda dengan liburan di Pulau Lombok. Kepulauan Mentawai sama-sama disusun oleh beberapa gugusan pulau. Jika di Lombok ada pulau-pulau indah yang disebut gili, di Kepulauan Mentawai juga demikian.

Salah satunya adalah Pulau Awera, yang berada didepan ibukota Tuapejat. Pulau kecil ini memiliki sebuah objek wisata yang disebut sebagai Pantai Awera. Daya tarik utamanya adalah spot diving yang benar-benar indah dan masih terawat. Ekosistem terumbu karang dan berbagai spesies ikan bisa Anda saksikan di Pantai Awera.

Spot divingnya semakin menarik, karena airnya yang berwarna biru jernih. Sehingga wisatawan bisa dengan jelas menyaksikan keindahan alam bawah laut Pantai Awera.

Pantai Nyangnyang

Pantai Nyangnyang

Di tengah-tengah Kepulauan Mentawai, Anda bisa menemukan sebuah pulau cantik bernama Pulau Nyangnyang. Lokasinya sendiri berada di Kecamtan Siberut Selatan, dengan waktu tempuh selama 2 jam perjalanan dari pusat kecamatan. Selain kapal, Anda juga bisa mengendarai transportasi laut lain, semisal speadboat.

Jika Pantai Awera cocok untuk pecinta diving, maka Pantai Nyangnyang berbeda. Karena ombak di pantai ini sangatlah besar dan tergolong sebagai ombak tertinggi di dunia. Tidak heran, apabila banyak sekali peselancar yang berbondong-bondong datang ke Pantai Nyangnyang.

Bagaimana dengan Anda, apakah juga suga berselancar? Memacu adrenalin di tengah-tengah ombak pantai kelihatannya cukup menarik.

Air Terjun Kulu Kubuk

Air Terjun Kulu Kubuk

Beralih sebentar dari pantai-pantai indah, sekarang mari kita eksplorasi tempat wisata di Mentawai yang menawarkan nuansa berbeda, yaitu Air Terjun Kulu Kubuk. Lokasinya sendiri berada di Desa Madobak, Siberu Selatan, Kabupaten Mentawai.

Terletak ditengah-tengah hutan Desa Madobak, membuat Air Terjun Kulu Kubuk masih sangat terjaga kealamiannya. Pemandangan asri khas alam, dengan pepohonan hijau disekelilingnya, membuat Air Terjun Kulu Kubuk setinggi 70 meteritu kian mempesona.

Udaranya sejuk dan lokasinya yang bersih, membuat wisatawan pasti tidak ingin segera pulang. Apalagi suasana yang tenang dan damai, cocok banget untuk melegakan pikiran sejenak.

Jika datang berkunjung, Anda bisa mencoba dingin dan segarnya air di Air Terjun Kulu Kubuk ini. Tepat diwabah air terjun, terdapat sebuah kolam alami yang biasa digunakan sebagai tempat berendam pengunjung.

Setelah puas bermain air dan berendam, jangan lupa menyempatkan diri untuk mengabadikan momen di Air Terjun Kulu Kubuk. Spot fotonya tidak kalah instagramable dan kekinian, teman-teman sosmed pasti pada penasaran.

Danau Rua Oinan

Danau Rua Oinan

Bergeser sedikit dari Desa Madobak, di dusun Saumanganyak Anda bisa menemukan sebuah tempat wisata yang sangat indah dan mempesona, yaitu Danau Rua Oinan. Bentuk danau ini mirip seperti muara, yang disekelilingnya terdapat deretan pohon besar seperti sagu.

Sebuah danau yang dikelilingi oleh pohon-pohon menghijau, adalah sajian utama Anda di sini. Begitu melihatnya, Anda pasti terkagum dan tidak ingin cepat-cepat pergi dari sini. Duduklah sejenak dipinggiran Danau Rua Oinan, untuk menyatu dengan alam dan mengusir segala penat didalam pikiran, bersama hembusan angin sepo-sepoi yang senantiasa setia menemani Anda.

Rugi banget apabila datang ke Kepulauan Mentawai, apabila sampai melewatkan Danau Rua Oinan.

Pantai Katiet Bosua

Pantai Katiet Bosua

Pilihan tempat wisata di Mentawai berikutnya adalah Pantai Katiet Bosua, yang wajib hukumnya untuk dikunjungi oleh pecinta selancar. Objek wisata ini berlokasi di Dusun Katiet, Desa Bosua, Kec. Sipora, Kepulauan Mentawai.

Jika Anda benar-benar pecinta surfing, maka boleh dicoba memacu adrenalin untuk menaklukkan ombak di Pantai Katiet Bosua yang ketinggiannya bisa mencapai 3-4 meter. Bagaimana, apakah Anda berani?

Selain menawarkan ombak besar, Pantai Katiet Bosua juga memiliki pesona keindahan yang sungguh cantik. Pasir putih dengan air laut jernih kebiru-biruan, semakin disempurnakan oleh jajaran pohon kelapa yang mengelilinginya.

Untuk bisa sampaidi lokasi Pantai Katiet Bosua, silahkan Anda menyewa transportasi laut dari kelurahan Tuapejat, baik itu speadboat atau kapal.

Air Terjun Bat Soumang

Air Terjun Bat Soumang

Lagi-lagi, Desa Madobak menawarkan sebuah objek wisata yang sayang dilewatkan, kali ini ada Air Terjun Bot Saumang. Jadi, rute liburan Anda bisa mengarah ke tiga tempat wisata di Mentawai sekaligus, yaitu air terjun bot saumang, air terjun kulu kubuk dan danau rua oinan. Paket wisata komplit untuk mengangumi keindahan alam ciptaan Tuhan.

Tidak jauh berbeda dengan air terjun kulu kubuk, disini pemandangannya hampir sama. Sebuah air terjun menjulang tinggi, dengan tumbuhan hijau rimbun disekelilingnya.

Bersantai sejenak dari rutinitas harian yang cukup membuat bosan, kelihatannya cocok sekali dilakukan di air terjun bot saumang. Apalagi tidak ada keramaian yang Anda dengar, melainkan suara gemuruh air dan sesekali nyanyian burung.

Pantai Pokai

Pantai Pokai

Masih belum puas mengeksplorasi keindahan tempat wisata di Mantawai? Sekarang saatnya Anda mampir ke Pantai Pokai yang berada di Desa Simalegi, Pulau Ciberut Utara. Pantai Pokai memiliki keunikan yang jarang ditemukan di pantai-pantai yang lain, yaitu pepohonan pinus di sepanjang pantai yang tumbuh menghijau dan subur.

Sehingga wajar saja, apabila udara di Pantai Pokai ini terasa begitu sejuk. Baru pertama kali menginjakkan kaki di pasir pantainya, wisatawan akan disambut langsung oleh kesejukan udaranya.

Untuk urusan ombak, Pantai Pokai menawarkan ombak yang tidak tenang, karena banyaknya angin. Sehingga peselancar seringkali melakukan pemanasan di Pantai Pokai.

Pantai Siruso

Pantai Siruso

Sebagai penutup daftar tempat wisata di Mentawai, Pantai Siruso adalah pilihan yang tepat. Objek wisata ini biasa dimanfaatkan oleh pecinta surfing untuk berolahraga. Dengan model ombak yang lumayan besar, Anda bisa puas memainkan papan selancar kesana kemari.

Pemandangan di Pantai Siruso juga cukup bagus, dengan kombinasi antara pasir putih dan air laut biru jernih. Siapapun dijamin suka ketika berkunjung ke Pantai Siruso, yang berada di Kec. Sikakap, Pulau Siruso.

Itu tadi adalah 8 tempat wisata di Mentawai yang wajib dikunjungi. Dari penjelasan diatas bisa disimpulkan, apabila Kepulauan Mentawai adalah pilihan liburan terbaik untuk mereka pecinta keindahan pantai dan surfing.