6 Tempat Wisata di Manado Penuh Pesona yang Wajib Dikunjungi

Posted on

Tempat wisata di Manado boleh saja masih sangat jarang diketahui oleh para pelancong. Namanya juga belum sepopuler beberapa destinasi wisata yang ada di Jogja, Bandung ataupun Lombok. Kendati demikian, di Manado sebenarnya ada banyak potensi tempat wisata yang mempesona dan siap memanjakan liburan Anda bersama orang-orang terkasih. Penasaran ada apa saja disana?

Jika melihat peta wisata di Manado, maka kita akan menemukan beberapa tempat menakjubkan yang menawarkan pesona alam mengagumkan. Sebut saja Gunung Tumpa, Laut Bunaken, Rumah Alam Manado Adventure Park dan lain-lain.

Bagi Anda yang sekarang sedang di Pulau Sulawesi? Cobalah menuju ke sebelah utara dan mengeksplorasi beragam tempat wisata di Manado berikut ini.

Taman Laut Bunaken

Taman Laut Bunaken

Taman laut Bunaken adalah icon tempat wisata di Manado yang berhasil menarik perhatian wisatawan dari seluruh penjuru dunia. Pada tahun 2005, ia ditetapkan sebagai situs warisan oleh UNESCO. Setiap musim liburan tiba, kawasan ini tidak pernah sepi dari pengunjung lokal dan mancanegara.

Taman laut Bunaken terdapat di Provinsi Sulawesi Utara, tepatnya di utara teluk Manado. Berada di kawasan Segitiga Terumbu Karang, Taman Laut Bunaken menawarkan 390 spesies terumbu karang yang bisa Anda eksplorasi lewat 39 titik penyelamannya.

Lebih kerennya lagi, disini juga terdapat sekitar 300 spesies ikan, reptil, mamalia laut dan beragam moluska. Kegiatan yang menjadi favorit wisatawan saat berkunjung ke Taman Laut Bunaken adalah snorkeling, menyelam dan fotografi laut.

Untuk harga tiket masuk ke Taman Laut Bunaken, Anda harus merogoh kocek sebesar Rp. 50.000 per orang. Akses menuju lokasi bisa dengan naik perahu motor dari Teluk Manado.

Rumah Alam Manado Adventure Park

Rumah Alam Manado Adventure Park

Bagi kaula muda yang gemar berburu spot foto instagenic, Kota Manado memiliki satu persembahan spesial yang sayang banget untuk dilewatkan, yaitu Rumah Alam Manado Adventure Park. Ini berlokasi di Jalan Ring Road Manado II, Kairagi Satu, Mapanget, Manado.

Destinasi wisata kali ini berupa area terbuka seluas 10 hektar, dengan sajian utama berupa keindahan alam pegunungan yang menghijau dan mempesona. Seluas mata memandang, wisatawan akan dimanjakan dengan panorama indah dan terlihat begitu asri.

Selain indah dan menawan, Rumah Alam Manado Adventure Park juga sudah dilengkapi berbagai macam fasilitas wisata yang komplit. Seperti tujuh kolam renang anak, dua kolam renang dewasa, rumah main untuk anak-anak, ATV, trampolin, extreme rapeling, Flying Fox dan zorbing.

Spot foto instagramable dan kekinian sudah disebar di berbagai titik dengan bentuk unik dan menarik. Jika ingin liburan lebih lama, Anda dan keluarga bisa bermalam di sejumlah penginapan yang sudah tersedia.

Pantai Malalayang

Pantai Malalayang

Tempat wisata di Manado selanjutnya yang tidak boleh lupa untuk dikunjungi adalah Pantai Malalayang. Tidak kalah dari Taman Laut Bunaken, disini Anda juga bisa mengeksplorasi keindahan alam bawah laut yang mengesankan. Lebih menarik lagi. Pantai Malalayang hanya berjarak sekitar 4 kilometer dari pusat Kota Mando.

Lokasi Pantai Malalayang terletak di Jalan Laut Sulawesi, Malalayang Dua, Malalayang, Manado. Buka selama 24 jam penuh, sehingga Anda bisa datang kesini kapapun. Bagi masyarakat sekitar, Pantai Malalayang adalah tempat rekreasi favorit di akhir pekan.

Ada banyak gegiatan di Pantai Malalayang yang bisa Anda coba. Pertama, wisatawan bisa duduk santai menikmati sajian panorama alam indah dan deburan ombak tenang.

Hobi snorkeling atau menyelam? Pantai Malalayang sudah menyiapkan sebuah taman laut eksotis yang dihuni berbagai jenis spesies ikan dan koral warna-warni. Jangan lupa mencicipi kuliner khasnya, yaitu sambal Dabu-Dabu yang melegenda.

Sudah tersedia banyak pilihan penginapan di sekitar wisata Pantai Malalayang Manado, sehingga Anda dan keluarga bisa menghabiskan waktu liburan lebih lama disini.

Oh iya, Keunikan dari pantai ini adalah terdapat bebatuan hitam di sepanjang bibir pantai, batu tersebut mirip batu sungai.

Air Terjun Kima Atas

Air Terjun Kima Atas

Selain menyuguhkan pesona keindahan alam bawah laut, tempat wisata di Manado juga menyuguhkan sederet air terjun cantik dan eksotis kepada wisatawan, salah satunya adalah Air Terjun Kima Atas. Lokasinya berada di Desa Kima Atas, Kecamatan Mapanget. Berjarak sekitar 15 KM dari pusat Kota Manado.

Air Terjun Kima Atas adalah tempat pelarian terbaik untuk menyingkir sejenak dari hiruk pikuk kehidupan perkotaan. Disini Anda benar-benar diajak kembali ke alam, dengan pesona keindahan alam yang asri dan suasana tenang mendamaikan pikiran.

Air Terjun Kima Atas terdiri dari tiga tingkat, yang airnya mengalir tidak terlalu deras. Ada kolam pemandian alami yang aman untuk bermain air. Sembari menyegarkan tubuh, Anda akan ditemani oleh pepohonan hijau disekeliling yang terlihat begitu menyejukkan mata.

Danau Tondano

Danau Tondano

Sedang menjelajahi tempat wisata di Manado bersama keluarga tercinta? Kalau begitu silahkan mampir ke Danau Tondano yang akan memberikan suasa hangat liburan keluarga, dengan sajian panorama alamnya yang indah.

Danau Tondano Manado memiliki luas mencapai 4.000 hektar dan terbentuk karena aktivitas vulkanis gunung purba. Ia diapit oleh Gunung Masarang, Gunung Tampusu dan Gunung Kaweng. Sehingga jangan heran, apabila pemandangan yang tersaji mampu membuat mata Anda terbelalak.

Setibanya di lokasi, wisatawan akan segera menyadari betapa indahnya Danau Tondano yang dihuni oleh deretan karamba dan rumah terapung milik warga sekitar, lengkap dengan jajaran perbukitan hijau yang mengelilinginya.

Beberapa jenis ikan yang menjadi penghuni Danau Tondano adalah ikan mujair, payangka wiko ( udang kecil ), pior/kabos, gurame, lobster hitam, ikan Payangka ( spesies endemik ) dan masih banyak lagi.

Di sekitar Danau Tondano, Anda dan keluarga bisa menjelajahi beberapa destinasi wisata populer seperti Gua Tikus Tasuka, Resort Wisata Bukit Pinus, Sumaro Endo dan lain-lain.

Deretan pepohonan rindang disekitar dan udaranya yang sejuk menyegarkan, membuat liburan di Danau Tondado terasa benar-benar berkesan. Sudah siap mengeksplorasi tempat wisata di Manado ini? Jangan lupa ajak orang-orang terkasih ya.

Arung Jeram Sawangan

Arung Jeram Sawangan

Arung Jeram Sawangan adalah pilihan tempat wisata di Manado yang recomended banget untuk Anda pecinta olahraga ekstrem dan memacu adrenalin. Sungai Sawangan menawarkan lintasan arung jeram sepanjang 9 kilometer dan arus yang cukup deras.

Dengan rute perjalanan tersebut, maka Anda harus mempersiapkan keberanian lebih untuk menyusuri Sungai Sawangan. Sepanjang perjalanan, Anda bisa menyaksikan pemandangan alam yang asri dan menghijau di pinggiran sungai.

Tertarik untuk mencoba? Maka siapkan budget sebesar Rp. 180.000. Selain dikenal wisatawan lokal, bahkan juga banyak wisatawan asing yang mencoba keseruan Arum Jeram Sawangan.

Demikianlah 6 pilihan tempat wisata di Manado yang sayang banget untuk dilewatkan. Kira-kira, destinasi mana yang ingin Anda kunjungi saat berkunjung ke Kota Manado nanti? Jika sudah memiliki pengalaman menarik, jangan ragu-ragu untuk membagikannya di kolom komentar.