6 Tempat Wisata di Makassar yang Akan Membuat Liburan Semakin Berkesan

Posted on

Tempat wisata di Makassar pasti belum banyak dikenal oleh sebagian besar orang, khususnya mereka yang tinggal di luar Pulau Sulawesi. Kalaupun ada yang mengetahui, pasti hanya beberapa destinasi wisata saja. Seperti Pantai Losari, Trans Studio Makasar dan Danau Tempe.

Padahal, Kota Makassar masih menyimpan segudang tempat menarik lainnya yang seru untuk dijelajahi selama liburan. Mulai dari lokasi hunting foto kekinian, wisata kuliner yang memanjakan lidah, tempat nongkrong cozy, wisata alam eksotis, sampai dengan peninggalan sejarah zaman dahulu.

Untuk mengeksplorasi tempat wisata di Makassar, tentu tidak cukup dalam satu hari. Nah daripada bingung ingin berkunjung kemana, Anda bisa mampir ke beberapa destinasi berikut.

Pantai Losari

Pantai Losari

Jika Manado memiliki Taman Laut Bunaken sebagai icon utama, maka tempat wisata di Makassar mempunyai Pantai Losari. Hampir semua orang pernah mendengar namanya, sehingga rugi banget jika ke Makassar tidak mampir ke Pantai Losari.

Berbeda dengan pantai-pantai pada umumnya yang dilengkapi hamparan pasir luas, Pantai Losari justru dikelilingi oleh beton. Nah, di pinggiran pantai ini biasa dimanfaatkan oleh pengunjung untuk bersantai sambil ditemani pesona keindahan laut yang menawan.

Selain bersantai, Anda juga bisa menghabiskan waktu dengan mencoba banana boat, berlayar diatas perahu, memancing dan naik sepeda air.

Jika perut sudah mulai keroncongan, Anda bisa mengisi energi dengan mencicipi beberapa kuliner khas Makassar. Seperti sop konro, pisang epe, es pallu buttu dan coto.

Jangan lupa berfoto di depan tugu Pantai Losari agar liburan Anda semakin berkesan. Menunggu sunset di sore hari bisa menjadi penutup liburan yang istimewa.

Trans Studio Makassar

Trans Studio Makassar

Hanya memiliki waktu liburan satu hari di Makassar namun kurang suka dengan keindahan pantai? Kalau begitu silahkan ajak keluarga tercinta seru-seruan di Trans Studio Makassar. Sejak resmi dibuka pada 2009 lalu, sampai sekarang Trans Studio Makassar menjadi tempat favorit pilihan keluarga untuk menghabiskan akhir pekan.

Anak-anak dijamin senang datang ke sini, karena Trans Studio Makassar dilengkapi 4 zona permainan dan 21 jenis wahana menarik. Zona permainan itu terdiri dari Cartoon City, Magic Corner, Lost City dan Studio Central.

Selagi musim liburan, silahkan nikmati dan puaskan waktu bersama keluarga tercinta dengan mencoba hal-hal seru. Nah, salah satu tempat wisata di Makassar ini siap menjadikan liburan Anda semakin menarik.

Trans Studio Makassar berlokasi di Jalan H. M Dg. Patompo – Metro Tanjung Bunga, Kota Makassar. Harga tiket masuknya sebesar Rp. 100.000 di hari biasa dan Rp. 175.000-Rp. 200.000 di akhir pekan.

Danau Tempe

Danau Tempe

Siapa disini yang belum pernah mendengar nama Danau Tempe? Admin rasa semua pasti sudah pernah mendengarnya, karena Danau Tempe merupakan wilayah produsen ikan air tawar terbesar di dunia. Nah, jika bertandang ke Kota Makassar jangan lupa mampir kesana ya.

Dijamin tidak akan rugi datang ke Danau Tempe, karena disana Anda bisa menyegarkan pikiran dengan memandangi panorama alam disekeliling yang indah. Sejauh mata memandang, kawasan Danau Tempe dipenuhi oleh rumah apung nelayan dan juga jala-jala untuk menangkap ikan.

Kurang seru jika hanya sebatas menonton, silahkan sewa perahu untuk berkeliling dan cobalah memancing ikan di danau penghasil ikan tawar terbesar di dunia. Pasti bisa menjadi aktifitas yang menyenangkan selama liburan di Makassar.

Setiap tanggal 23 Agustus, diselenggarakan ritual tahunan bernama Macerra Tappareng yang bertujuan menyucikan danau. Proses ini dilakukan dengan penyembelihan seekor sapi oleh kepala nelayan.

Kemudian akan diadakan pertunjukan seni dan buaya yang sudah pasti sangat menghibur. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mampir ke tempat wisata di Makassar satu ini?

Kebun Teh Malino

Kebun Teh Malino

Malino adalah rekomendasi terbaik bagi setiap wisatawan yang sedang mencari lokasi hunting di Makassar. Untuk bisa sampai ke sini wisatawan membutuhkan waktu perjalanan cukup lama, karena dari pusat kota Makassar objek wisata Malino berjarak sekitar 90 kilometer.

Namun jangan buru-buru mengeluh, karena rasa lelah Anda akan segera terbayar lunas setibanya di Malino. Berada di ketinggian 1.050 meter diatas permukaan laut, membuat udara di Malino terasa sangatlah sejuk.

Sejuknya udara Malino segera menyambut kedatangan wisatawan, seolah-olah mencuci kembali otak yang sudah lusuh karena beban pekerjaan. Sepulang dari Malino, otak Anda pasti lebih fresh dan siap mengerjakan kembali tumpukan tugas di kantor.

Tidak hanya menawarkan udara bersih, sejuk dan menyegarkan, tempat wisata di Makassar ini juga menyuguhkan pemandangan yang luar biasa. Perpaduan antara kebun teh, perbukitan di sekeliling dan deretan pepohonan hijau benar-benar menyejukkan mata.

Pokoknya, Malino adalah tempat rekreasi terbaik untuk refreshing. Selama disana Anda juga bisa sekalian mengeksplorasi Air Terjun Takappala, Air Terjun Seribu Tangga, kebun stroberi, lembah biru, kebun teh dan lain sebagainya.

Pulau Samalona

Pulau Samalona

Ingin liburan di Kota Makassar yang lebih berkesan dan antimainstream? Kalu begitu, bagaimana jika menghabiskan waktu dengan mengeksplorasi keindahan alam bawah laut. Apabila Anda merasa tertarik, cobalah berkunjung ke Pulau Samalona.

Pulau Samalona berada di Selat Makassar dan ukurannya tidak terlalu besar. Dari dermaga Kota Makassar, Pulau Samalona berjarak sekitar 2 kilometer dan bisa ditempuh selama 30 menit dengan perahu motor.

Pulau Samalona adalah salah satu tempat wisata di Makassar yang selalu ramai pengunjung. Setiap hari selalu ada saja yang datang kesini, baik wisatawan lokal ataupun mancanegara. Setibanya disana, Anda akan langsung disuguhi pemandangan eksotis, perpaduan antara pasir putih lembut dan air laut yang jernih.

Snorkeling adalah aktifitas utama di Pulau Samalona yang seru abis. Keindahan alam bawah lautnya siap memanjakan Anda dan memberikan kesan yang tidak pernah bisa dilupakan.

Menariknya, fasilitas wisata di Pulau Samalona sudah tergolong komplit. Mulai dari kedai, kamar bilas, penginapan dan sewa peralatan diving.

Benteng Fort Rotterdam

Benteng Fort Rotterdam

Setelah puas mengeksplorasi keindahan alamnya, mari kita tutup daftar tempat wisata di Makassar kali ini dengan Benteng Ujung Pandang atau Fort Rotterdam. Lokasinya yang dekat dengan Pantai Losari, sehingga Anda bisa sekalian mampir kesini.

Fort Rotterdam adalah sebuah benteng bersejarah peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo. Benteng ini dibangun oleh Imanrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung, Raja Gowa X, pada tahun 1545.

Silahkan datang berkunjung bagi Anda yang ingin menyaksikan secara langsung peninggalan sejarah zaman dahulu. Ketika datang ke Benteng Fort Rotterdam, Anda bisa menyaksikan 5 buah menara dan 13 bangunan. Destinasi wisata ini buka mulai jam 08.00-12.30.

Walaupun bangunan tua, Fort Rotterdam jauh dari suasana angker dan menyeramkan. Lokasi ini terlihat begitu rapi, bersih dan terawat, karena dimanfaatkan sebagai perkantoran dan Pusat Kebudayaan Makassar.

Demikianlah ulasan singkat mengenai 6 tempat wisata di Makassar yang paling menarik untuk dikunjungi. Semoga bisa memberikan manfaat untuk Anda semua, khususnya yang sedang berencana liburan di Kota Makassar.