6 Tempat Wisata di Kupang yang Paling Menarik dan Tidak Boleh Terlewatkan

Posted on

Tempat wisata di Kupang bisa menjadi tujuan plesir utama Anda sebelum akhirnya mengeksplorasi beragam surga tersembunyi di NTT. Kupang sendiri adalah ibukota Provinsi Nusa Tenggara Timur, yang dikenal oleh masyarakat dunia berkat Pulau Komodo.

Explore Kupang adalah kegiatan seru sekaligus menyenangkan bagi wisatawan pecinta keindahan pantai. Alasannya, karena tempat wisata di Kupang didominasi oleh pantai-pantai eksotis. Sajian sunset di sore hari tentu tidak kalah dari Lombok dan Bali.

Selain memiliki deretan pantai cantik, di Kupang wisatawan juga bisa menemukan objek wisata goa, air terjun, bukit indah, taman rekreasi, waterpark dan tempat nongkrong kekinian. Bagaimana, kedengarannya seru sekali bukan jalan-jalan di Kota Kupang?

Jika anda berminat ingin mengungjungi tempat wisata di Kupan ini, langsung saja kita simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pantai Lasiana

Pantai Lasiana

Pantai Lasiana adalah salah satu unggulan tempat wisata di Kupang yang wajib banget Anda kunjungi. Berbeda dengan pantai-pantai kebanyakan, Pantai Lasiana yang memiliki luas 3,5 hektar ini hadir dengan suasana unik dan menarik. Keunikannya hadir berkat deretan 230 pohon lontar dan 65 pohon kelapa di sepanjang pasir pantainya.

Keindahan Pantai Lasiana semakin terlihat sejuk dan asri, taktala menyaksikan perpaduan antara hamparan pasir putih dan birunya air laut. Dengan deburan ombak yang cukup tenang, bersantai di pinggiran pantai adalah kegiatan paling asyik.

Anda juga bisa mencoba aktifitas lain yang tidak kalah seru, seperti bermain sepak bola, bermain air, memancing, berenang dan bahkan karaoke. Harga tiket masuknya cukup Rp. 2.000/orang.

Dari pusat Kota Kupang, Pantai Lasiana berjarak 12 kilometer dan bisa ditempuh selama 15 menit perjalanan. Alamat lengkapnya berada di Kelurahan Lasiana, Kec. Kupang Tengah, Kupang.

Pantai Tablolong

Pantai Tablolong

Punya hobi memancing dan kebetulan sedang bertandang di NTT? Kalau begitu sekalian saja mampir ke tempat wisata di Kupang satu ini, yaitu Pantai Tablolong. Setiap tahunnya, Pantai Tablolong menjadi arena olahraga memancing berskala nasional dan internasional. Jadi bisa dibayangkan sendiri bagaimana serunya memancing disini.

Selain menjadi surga memancing, Pantai Tablolong adalah penghasil rumput laut terbesar di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Fasilitas di Pantai Tablolong sudah tergolong komplit. Mulai dari arena bermain anak, warung makan, gazebo tradisional (lopo), toilet dan kamar ganti. Setelah puas memancing, jangan buru-buru pulang. Karena sunset di Pantai Tablolong sangat sayang untuk dilewatkan. Terlihat begitu indah dan memanjakan mata, bisa jadi spot foto instagenic.

Pantai Tablolong berada di Desa Tablolong, Kecamatan Kupang Tengah, Kota Kupang. Dari pusat kota, bisa ditempuh selama 1,5 jam perjalanan dengan jarak sekitar 30 kilometer. Anda bisa naik ojek, sewa kendaraan ataupun sewa mobil.

Harga tiket masuk ke Pantai Tablolong sebesar Rp. 2.000/orang dan biaya parkir Rp. 1.000. Sangat murah bukan?

Air Terjun Oenesu

Air Terjun Oenesu

Tidak kalah menarik dari Pantai Lasiana dan Pantai Tablolong, tempat wisata di Kupang satu ini juga harus Anda sambangi. Mengapa demikian? Karena Air Terjun Oenesu seolah menjadi oase menyejukkan di tengah-tengah terik dan panasnya cuaca di Kota Kupang.

Air Terjun Oanesu memiliki empat lapisan aliran air dan dikelilingi oleh rerimbunan berbagai macam pepohonan menghijau. Selain airnya yang terasa menyegarkan, deretan pepohonan besar dan menjulang tinggi disekelilingnya juga membantu menyejukkan pikiran wisatawan.

Di setiap lapisan aliran airnya, Air Terjun Oanesu memiliki kolam pemandian alami. Setiap pengunjung yang datang tentu saja tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan ini dengan bermain air dan berendam disana.

Air yang mengalir di objek wisata Kupang ini sangatlah jernih dan tidak pernah kering walaupun musim kemarau. Sehingga Anda bisa datang berkunjung kapanpun saja.

Selain dimanfaatkan untuk tempat menyegarkan diri, Air Terjun Oenesu juga sering dipakai untuk foto pre-wedding. Fasilitas yang tersedia seperti MCK, gazebo, kamar ganti dan tempat parkir.

Dari pusat Kota Kupang, Air Terjun Oenesu berjarak sekitar 20 kilometer. Lokasinya berada di Desa Oanesu, Kecamatan Kupang Barat, Kupang.

Gua Kristal Kupang

Gua Kristal Kupang

Objek wisata gua di Kupang juga ikut menghadirkan sajian epic dan menawan kepada wisatawan yang cocok untuk menikmati liburan. Kali ini Kota Kupang mempersembahkan Gua Kristal yang dari namanya saja sudah kedengaran begitu menarik.

Gua Kristal berlokasi di Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kota Kupang. Dari pusat kota, Gua Kristal berjarak 20 kilometer dan bisa ditempuh selama 30 menit perjalanan.

Walaupun namanya Gua Kristal, namun bukan berarti disini Anda bisa menjumpai batu perhiasan. Nama itu adalah kiasan untuk menggambarkan bebatuan kristal dan sumber air didalam goa yang membentuk seperti kolam renang.

Kolam renang alami tersebut memiliki air yang sangat jernih, bahkan dasar goa bisa terlihat jelas dari atas. Tidak hanya jernih, airnya juga terasa sangat menyegarkan tubuh. Selain berenang, berfoto selfie adalah kegiatan wajib bagi wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata di Kupang ini.

Bukit Cinta

Bukit Cinta

Jika Gua Kristal dan sunset di Pantai Tablolong menghadirkan spot foto instagramable dan kekinian, begitupun dengan apa yang ditawarkan oleh Bukit Cinta. Ini adalah sebuah bukit menghijau seluas belasan hektar yang menjadi tempat nongkrong di Kupang favorit muda-mudi.

Setiap menjelang sore hari, Bukit Cinta selalu dipenuhi oleh anak-anak muda yang sudah siap menghabiskan waktu bersama pasangan masing-masing. Mencari spot foto juga menjadi agenda mereka datang ke salah satu tempat wisata di Kupang ini.

Di Bukit Cinta, mata wisatawan akan dimanjakan oleh hamparan padang rumput hijau yang terlihat menyejukkan mata bak permadani raksasa. Bagi yang ingin jogging atau lari-lari sore, gundukan di Bukit Cinta adalah trek terbaik.

Selain anak-anak muda, fotografer adalah pengunjung yang selalu hadir ke sini. Lanskap alam yang ditawarkan oleh Bukit Cinta benar-benar memanjakan setiap jepretan lensa kamera.

Hobi berpetualang? Silahkan jelajah goa-goa peninggalan Bangsa Belanda yang tersebar di sekitar Bukit Cinta.

Jika tertarik untuk berburu foto atau jogging di Bukit Cinta, silahkan datang ke Jalan Prof. Dr. Herman Johanes, Kelurahan Penfui, Kec. Kupang Tengah. Berjarak sekitar 2 kilometer dari Bandara El Tari.

Taman Rekreasi Goa Monyet

Taman Rekreasi Goa Monyet

Diatas sudah ada pantai, air terjun, bukit indah dan goa dengan kolam renang, maka pilihan tempat wisata di Kupang yang terakhir adalah taman rekreasi. Destinasi kali ini benar-benar cocok dijadikan pilihan sebagai wahana seru liburan bersama keluarga.

Di taman rekreasi ini, wisatawan bisa menjumpai ratusan ekor monyet dari empat jenis kelompok berbeda. Jangan takut ya, karena monyet-monyet disini tidak suka mengganggu pengunjung. Mereka ramah tamah dan senang diajak bermain.

Jika hanya melihat sekawanan monyet yang berlarian kesana kemari, tentu saja kurang menarik. Anda bisa mencoba memberikan mereka buah-buahan dan kacang. Pasti menjadi pengalaman berharga.

Setelah itu, lepaskan penat dan nikmati waktu santai bersama keluarga di area taman yang tersedia.

Demikianlah 6 tempat wisata di Kupang yang paling menarik untuk dikunjungi. Semoga ulasan kali ini bisa memberikan manfaat kepada Anda semua.