Tempat Wisata di Ciwidey yang Paling Menarik Dan Wajib Dikunjungi

Posted on

Tempat wisata di Ciwidey selama ini dikenal sebagai salah satu alternatif terbaik untuk menghabiskan weekend. Dengan pesona keindahan alam sekitar yang memukau dan udara sejuk khas pegunungan, sehingga wajar apabila banyak orang yang berbondong-bondong ke Ciwidey untuk menikmati akhir pekan mereka.

Ciwidey adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Bandung, yang berjarak sekitar 33 kilometer ke arah selatan dari Kota Bandung. Selain kawah putih, pemandian air panas, taman kelinci dan glamping lakeside, ternyata masih ada sejumlah tempat wisata di Ciwidey lainnya yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Liburan Anda semakin puas, karena sudah banyak penginapan dan hotel di Ciwidey dengan harga bervariatif. Sehingga Anda tidak perlu repot dan kebingungan untuk mencari tempat bermalam bersama keluarga.

Apabila anda berminat untuk pergi berwisata ke ciwidey, langsung saja simak tempat wisata di ciwidey yang tidak boleh anda lewatkan.

Kawah Putih

Kawah Putih

Kawah Putih adalah icon tempat wisata di Ciwidey yang sudah terkenal hingga berbagai penjuru dunia. Setiap wisatawan yang datang ke Bandung pasti menyempatkan diri untuk mampir ke Kawah Putih, karena merasa penasaran ada apa sih disana?

Kawah Putih adalah sebuah danau yang terbentuk akibat letusan Gunung Patuha abad ke-10 lalu. Berbeda dengan danau kebanyakan, air di Kawah Putih ini warnanya berubah-ubah sesuai kadar belerang. Airnya terkadang berwarna putih, namun juga biasa berubah menjadi hijau.

Selain itu, tanah yang ada disekitar danau juga berwarna putih. Inilah spot foto yang banyak diburu oleh muda-mudi dan juga dimanfaatkan sebagai foto pre-wedding.

Banyak wisatawan dari kota-kota besar yang betah berlama-lama di Kawah Putih, karena disini mereka dimanjakan oleh kesejukan udaranya dan panorama bukit disekeliling yang terlihat begitu asri.

Kawah Putih Ciwidey beralamat di Jl. Raya Ciwidey Patengan KM 11, Bandung, Jawa Barat.

Glamping Lakeside Ciwidey

Glamping Lakeside Ciwidey

Ingin memanjakan diri di akhir pekan dengan menikmati panorama alam yang tidak ada duanya? Kalau begitu, tempat wisata di Ciwidey kali ini harus masuk kedalam agenda liburan Anda. Namanya adalah Glamping lakeside yang berada di dekat Situ Patenggang dan Batu Cinta.

Glamping Lakeside berlokasi di Jalan Situ Patengan, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Bandung.

Daya tarik utama yang ditawarkan oleh Glamping Lakeside adalah sebuah hamparan panorama alam yang sangat eksotis. Perpaduan antara eksotisme Situ Patenggang, perkebunan teh Rancabali dan pegunungan hijau disekelilingnya.

Tidak hanya diberkahi pemandangan alam luar biasa, Glamping Lakeside juga berhawa sejuk karena berada di ketinggian 1.600 mdpl. Kombinasi keduanya benar-benar cocok untuk refreshing setelah sepekan berkutat dengan kerjaan.

Di Glamping Lakeside, sudah tersedia Tent Resort sebagai pilihan penginapan yang asyik dan Pinisi Resto sebagai tempat untuk mencicipi berbagai macam kuliner lezat.

Taman Kelinci

Taman Kelinci

Selain Glamping Lakeside, tempat wisata di Ciwidey lainnya yang menghadirkan konsep liburan keluarga adalah Taman Kelinci. Destinasi kali ini bertemakan edukasi yang menjadikan binatang kelinci sebagai icon utama dan daya tarik kepada pengunjung.

Taman Kelinci berlokasi di Jl. Raya Ciwidey – Rancabali KM 33.7, Cikembang, Panundaan, Ciwidey.

Ini adalah pilihan terbaik untuk memanjakan anak-anak, karena si kecil bisa bermain dan berinteraksi dengan sekawanan kelinci. Anak-anak dijamin merasa senang dan lebih bahagia, karena jarang-jarang bisa bermain bersama kelinci yang imut dan lucu.

Ada berbagai macam jenis kelinci yang bisa ditemui oleh pengunjung, mulai dari kelinci lokal sampai kelinci mancanegara.

Sebagai salah satu wahana rekreasi ternama, Taman Kelinci tentu sudah didukung oleh sejumlah fasilitas komplit. Seperti mushola, perkebunan sayuran, restoran, lapangan hijau dan toilet. Sehingga wisatawan bisa liburan lebih aman dan nyaman.

Untuk tiket masuk ke Taman Kelinci, wisatawan dikenakan biaya Rp. 15.000 per orang. Harga tersebut sudah termasuk dua wortel berukuran besar yang bisa Anda berikan kepada kelinci di taman ini.

Kedengarannya seru dan menarik sekali bukan?

Pemandian Air Panas Ciwalini

Pemandian Air Panas Ciwalini

Dengan suhu udara di Kota Bandung yang terasa dingin, berendam di kolam air panas untuk melemaskan kembali otot-otot yang kaku, kelihatannya bisa menjadi salah satu agenda menarik di akhir pekan nanti. Jika Anda tertarik, silahkan datang ke Pemandian Air Panas Ciwalini.

Berkunjung ke tempat pemandian ini, wisatawan akan disuguhkan 2 buah kolam air panas. Berendam di Pemandian Air Panas Ciwalini terasa lebih spesial, karena letaknya yang berada di bawah perkebunan teh walini dan dikelilingi oleh perbukitan. Udaranya terasa sejuk dan pemandangannya sangatlah indah.

Setelah berendam, wisatawan juga bisa mencoba wahana lain seperti ATV ride dan flying fox. Sudah tersedia banyak penjaja makanan yang siap mengisi kembali perut Anda yang keroncongan. Sepulang dari sini, tubuh dan pikiran Anda pasti lebih segar dan siap bekerja kembali dengan lebih maksimal.

Situ Patenggang

Situ Patenggang

Pilihan tempat wisata di Ciwidey selanjutnya yang tidak kalah menarik untuk menyegarkan akhir pekan Anda adalah Situ Patenggang. Namanya tidak kalah populer dari Kawah Putih dan Glamping Lakeside Rancabali, sehingga wajar jika destinasi ini selalu menjadi langganan wisatawan yang sedang plesir di wilayah Bandung Selatan.

Situ Patenggang adalah sebuah danau cantik yang memiliki luas sekitar 450 kilometer. Masyarakat setempat juga sering menyebutnya sebagai Situ Patengan. Liburan ke sini dijamin terasa sangat seru dan menarik, karena nuansa alam yang ditawarkannya benar-benar luar biasa.

Dikelilingi oleh kebun teh dan pepohonan hijau menjulang tinggi, membuat pesona keindahan Situ Patenggang semakin eksotis. Sejauh mata memandang hanyalah hijaunya pepohonan sekitar, yang membuat mata terasa adem dan damai. Belum lagi sebuah gunung yang terlihat dari sini, kian membius setiap wisatawan.

Jangan hanya duduk-duduk di gazebonya saja, silahkan ajak keluarga untuk berkeliling Situ Patenggang dengan menyewa perahu. Pokoknya, akhir pekan ini tema liburan Anda dan keluarga adalah back to nature.

Taman Wisata Alam Cimanggu

Taman Wisata Alam Cimanggu

Supaya agenda liburan Anda mengeksplorasi deretan tempat wisata di Ciwidey terasa lengkap, maka jangan lupa mampir ke Jalan Raya Ciwidey-Patenggang, KM.13 Patengan, Rancabali. Disana Anda bisa menemukan Taman Wisata Alam Cimanggu, yang merupakan primadona kolam pemandian air panas.

Bukan tanpa alasan, banyak orang datang ke kolam pemandian di Taman Wisata Alam Cimangu karena dipercaya mampu mengobati berbagai macam penyakit. Jadi selain relaksasi, Anda dan keluarga bisa sekalian melakukan pengobatan.

Bukan hanya sekedar itu saja, destinasi wisata ini ternyata juga berada di kawasan hutan lindung. Sehingga kita bisa sekalian mampir untuk melihat-lihat beberapa hewan dan tumbuhan langka. Sebut saja rusa, kumbang, berbagai macam burung, Pohon Pinus, Pohon Baros dan Pohon Rasamala.

Demi memanjakan akhir pekan atau waktu liburan Anda, Taman Wisata Alam Cimangu juga sudah dilengkapi beragam jenis wahana permainan. Semisal saja ATV, penyewaan kuda, Flying Fox, Playing Ground, High Rope dan Kayak.

Itu tadi adalah tempat wisata di Ciwidey yang paling menarik dan wajib dikunjungi. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua yang sedang berencana ingin berkunjung ke Bandung Selatan, khususnya Kecamatan Ciwidey