10 Tempat Wisata di Cianjur yang Lagi Hits dan Paling Menarik

Posted on

Tempat wisata di Cianjur memiliki daya tarik tersendiri yang mampu menghadirkan sejumlah pilihan terbaik untuk membuat liburan Anda terasa lebih menyenangkan. Berkunjung ke Kota Cianjur dijamin tidak kalah seru dari liburan di Bogor, puncak, Sukabumi, ataupun Bandung.

Sebagai daerah yang didominasi oleh pegunungan, tentu ada banyak keindahan alam yang bisa Anda eksplorasi. Hal itu terasa lebih menyenangkan karena sebagian besar obyek wisata masih belum dipoles industri pariwisata setempat. Sehingga masih sangat asri dan alami.

Jika membahas tempat wisata di Cianjur, sebagian orang pasti langsung menyebut Kota Bunga, Kebun Teh Sukanagara dan Pantai Jayanti. Karena memang namanya sudah cukup populer bagi warga Jawa Barat.

Selain itu, masih ada banyak lagi sejumlah destinasi wisata yang tidak kalah menarik dan cocok banget dikunjungi selama liburan ke Kota Cianjur. Daripada penasaran, mari simak ulasan lengkapnya berikut.

Pantai Jayanti

Pantai Jayanti

Sebagai pembuka liburan di Cianjur, Pantai Jayanti menjadi obyek wisata pertama yang bisa Anda kunjungi bersama. Lokasinya sendiri berada di Desa Cidamar, Kecamatan Cidaun. Setiap musim libur nasional dan akhir pekan, Pantai Jayanti selalu dipadati wisatawan.

Alasannya sudah bisa ditebak, karena Pantai Jayanti menyuguhkan pemandangan yang sangat indah. Perpaduan antara hamparan pasir hitam, bebatuan karang raksasa dan deburan ombak besar, sukses melukiskan sebuah pemandangan menawan.

Ketika sore hari, pengunjung bisa melihat secara langsung bagaimana keindahan sunset. Selain berburu spot foto, aktifitas lain yang juga tidak boleh dilewatkan adalah berburu aneka seafood. Sebab di Pantai Jayanti ada kawasan khusus pasar ikan dan pelabuhan nelayan.

Wachi Cianjur

Wachi Cianjur

Ini dia tempat wisata di Cianjur selatan yang sempat booming 2018 kemarin. Namanya adalah Wachi, singkatan dari wisata alam celak indah. Jika Anda adalah pengguna aktif Instagram, pasti sudah sering dong melihat foto obyek wisata yang menghadirkan keindahan alam dari ketinggian ini.

Sebelum sampai di puncak, pengunjung harus melakukan sedikit trekking terlebih dahulu. Begitu tiba di puncak, Anda bisa menyaksikan hijaunya lembah-lembah di sekeliling perbukitan Wachi. Untuk memuaskan hasrat fotografi wisatawan, pihak pengelola sudah mempersiapkan gardu pandang berbentuk papan bintang, bunga matahari dan love.

Wachi berlokasi di Desa Pagermaneuh, Kecamatan Tanggeung.

Pokland

Pokland

Belum puas hunting foto di Wachi? Kalau begitu Anda bisa melanjutkan perjalanan eksplorasi tempat wisata di Cianjur dengan berkunjung ke Pokland. Pokland adalah kawasan hutan pinus yang dihiasi berbagai macam spot unik dan kekinian.

Lokasi Pokland berada di Desa Haurwangi, Kecamatan Haurwangi. Untuk berburu foto instagramable, sudah disediakan spot berbentuk rumah terbalik, payung tergantung, love dan gardu pandang.

Liburan semakin seru karena disediakan pula area bermain anak, motorcross, sepeda trail, rumah pohon, glamping, camping ground dan garder party. Kedengarannya menarik sekali bukan? Tunggu apa lagi, segera ajak keluarga tercinta liburan di Pokland Cianjur.

The Little Venice Kota Bunga

The Little Venice Kota Bunga

Sudah pernah dengar belum jika ada wisata Cianjur rasa eropa? Itu yang dimaksud adalah The Little Venice Kota Bunga. Sebuah kawasan yang didesain sedimikian rupa sehingga mirip kota Venezia di Italia. Keunikan tempatnya sukses menarik perhatian banyak orang, mulai dari remaja sampai orang tua.

Setibanya di Kota Bunga, Anda bisa menyaksikan deretan bangunan mirip gedung khas Eropa, lengkap dengan kanal-kanal instagramabel. Tersedia juga gandola dan taman untuk dijadikan spot foto ala anak hits kekinian.

Adapun aktifitas yang bisa dilakukan juga beragam, seperti naik kapal, sepeda air, buble ball, perahu naga, rubber boat dan masih banyak lagi.

Curug Citambur

Curug Citambur

Dari sekian banyak tempat wisata di Cianjur, Curug Citambur menjadi salah satu surga tersembunyi yang tidak boleh terlewatkan. Sebab, Anda akan disuguhi kemegahan air terjun setinggi 100 meter yang dikelilingi perbukitan hijau. Debit airnya tergolong deras, sehingga menimbulkan uap air yang terlihat seperti kabut tipis.

Curug Citambur berlokasi di Desa Karang Jaya, Kecamatan Pasirkuda. Bagi kaula muda pemburu foto instagenic, spot yang ada di Curug Citambur sayang banget untuk diabaikan begitu saja.

Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara

Jika Anda sedang mengeksplorasi tempat wisata di Cianjur bersama keluarga, Taman Bunga Nusantara adalah pilihan terbaik. Disini Anda dan keluarga bisa menyaksikan keindahan bunga warna-warni, sekaligus berbagai macam wahana hiburan.

Taman Bunga Nusantara terletak di Jalan Mariwati KM. 7, Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi. Obyek wisata ini terdiri dari tiga taman, yaitu taman Labirin, jam dan Perancis. Beberapa wahana permainannya terdiri dari ATV, bom bom boat, berkuda, super go cart, kincir sundul langit dan sebagainya.

Fasilitas yang bisa dinikmati oleh pengunjung juga komplit, mulai dari toilet, restoran, toko souvenir, tempat ibadah, ATM, cafe dan pusat oleh-oleh.

Kebun Teh Sukanagara

Kebun Teh Sukanagara

Akhir pekan adalah momen untuk merileksasikan tubuh dan pikiran sejenak dari rutinitas sehari-hari yang melelahkan. Tidak perlu jauh-jauh ke puncak, Anda bisa memilih Kebun Teh Sukanagara sebagai destinasi weekend nanti. Lokasinya berada di Desa Sukanagaram Kecamatan Sukanagara.

Di Kebun Teh Sukanagara, Anda akan disambut oleh hamparan luas pepohonan teh yang terlihat begitu asri dan meneduhkan mata. Lengkap dengan udara sejuk nan menyegarkan. Bukan sekedar berfoto-foto ria, pengunjung bisa ikut memetik dan menyeduh teh.

Kelihatannya seru bukan?

Pantai Lugina

Pantai Lugina

Pantai Lugina mungkin belum begitu populer sebagai salah satu tujuan favorit tempat wisata di Cianjur. Baru sedikit orang yang mengetahui keberadaannya, sehingga wajar apabila jumlah pengunjung tidak begitu ramai.

Namun jangan salah, meski lokasinya tersembunyi dan belum dimaksimalkan pemerintah setempat, Pantai Lugina menyuguhkan pemandangan yang luar biasa indahnya. Spot foto instagramable yang banyak diburu muda-mudi berada di atas bukit.

Pantai Lugina juga menjadi salah satu spot terbaik untuk menyaksikan sunset.

Curug Cibeureum

Curug Cibeureum

Curug Cibeureum adalah air terjun setinggi 40 meter yang terletak di area Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Ada dua air terjun lain di sekitar Curug Cibeureum, yaitu Curug Cidendeng dan Curug Cikundul.

Dengan ketinggian mencapai 40 meter dan debit air deras, Curug Cibeureum menyuguhkan pemandangan alam yang begitu epik. Lokasinya berada di Desa Sindangjaya, Kecamatan Cipanas.

Curug Cikondang

Curug Cikondang

Masih belum puas menjelajahi tempat wisata di Cianjur yang memiliki pesona keindahan alam mengagumkan? Kalau begitu silahkan mampir ke Curug Cikondong. Sebuah air terjun eksotis yang berada di area persawahan dan perkebunan teh.

Membutuhkan usaha yang cukup berat agar bisa tiba di Curug Cikondong. Namun rasa capek segera terganti dengan kepuasan, begitu menyaksikan kemegahan air terjun dan bebatuan raksasa di sekeliling.

Spot fotonya terlihat begitu dramatis, sehingga tidak boleh luput dari jepretan kamera Anda.

Demikianlah postingan singkat mengenai 10 rekomendasi tempat wisata di Cianjur yang paling pas untuk menghabiskan liburan. Dengan pesona alamnya yang indah, pastu Anda ingin kesini lagi dan lagi.