6 Tempat Wisata di Bedugul yang Paling Bagus dan Wajib Dikunjungi

Posted on

Tempat wisata di Bedugul adalah sisi lain dari Pulau Bali yang terkenal dengan deretan pantai eksotis dan menawannya. Meskipun di Bedugul Anda tidak bisa menemukan pantai indah seperti kuta dan sanur, namun bukan berarti liburan ke sana tidak menarik. Perjalanan Anda justru lebih berkesan, karena Bedugul memiliki panorama alam yang menjanjikan.

Tidak kalah dari wisata di Ubud, Bedugul juga menjadi salah satu kawasan pariwisata langganan semua orang. Di setiap musim liburan tiba, wisatawan lokal dan mancanegara selalu memadati Bedugul untuk mengeksplorasi keindahan yang tersaji.

Lantas, apa saja sih tempat wisata di Bedugul yang wajib dikunjungi selama liburan? Simak pembahasan lengkapnya dibawah ini.

Kebun Raya Bedugul

Kebun Raya Bedugul

Ini dia destinasi wajib yang tidak boleh Anda lupakan, apalagi jika datang liburan bersama keluarga tercinta. Kebun Raya Bedugul adalah tempat favorit bagi wisatawan lokal untuk menghabiskan waktu akhir pekan. Kawasan ini tidak pernah sepi dari pengunjung, karena memang tempatnya yang asyik untuk rekreasi.

Terletak di ketinggian 1.240 mdpl, Kebun Raya Bedugul menawarkan udara yang sangat sejuk. Luas yang mencapai 157 hektar, membuat kawasan hutan lindung ini benar-benar cocok untuk piknik. Apalagi disekelilingnya dipenuhi oleh pepohonan rimbun dan bunga-bunga indah, terlihat asri dan menyejukkan mata.

Selain itu, disana juga sudah tersedia fasilitas komplit yang membuat liburan kian seru. Seperti Traditional Balinese House, Kumbakarna Laga Statue, Usada Cafe, Roses Garden Lake Beratan View, Ramayana Boulevard dan Candi Bentar.

Tempat wisata di Bedugul ini memiliki satu aktifitas super seru dan wajib banget untuk dicoba, yaitu Bali Tretop. Kebun Raya Bedugul beralamatkan di Jalan Kebun Raya, Candikuning, Baturiti, Tabanan. HTM ke lokasi sebesar Rp. 12.000 per orang.

Pura Ulun Danu Beratan

Pura Ulun Danu Beratan

Jika Kebun Raya Bedugul merupakan tempat rekreasi favorit untuk berakhir pekan, maka Pura Ulundanu menjadi icon utama tempat wisata di Bedugul. Semua orang yang datang liburan ke Pulau Dewata pasti menyempatkan diri untuk mampir ke Pura Ulundanu.

Pura Ulundanu berlokasi di Jalan Raya Bedugul Singaraja, Desa Candikuning, Kec. Baturiti, Tabanan. Harga tiket masuknya sebesar Rp. 15.000/orang untuk anak-anak dan Rp. 20.000/orang untuk dewasa. Jam buka mulai 08.00-17.00.

Pura Ulundanu terlihat begitu unik dan menawan, karena ia berada di tengah-tengah Danau Beratan. Pemandangannya terlihat semakin sempurna, ketika sore hari dan sunset mulai terlihat dengan jelas. Spot foto di Pura Ulundanu tentu sayang untuk dilewatkan.

Selain berfoto-foto, ada aktifitas lain yang bisa dilakukan di objek wisata ini. Sebut saja sepeda bebek air, bola air, boat, memancing dan jetski mengagumi indahnya perbukitan sekitar.

Danau Beratan

Danau Beratan

Belum banyak pengunjung yang mengetahui, ternyata tempat wisata di Bedugul menawarkan paket 2 in 1 yang benar-benar menarik. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Pura Ulundanu berada ditengah-tengah Danau Beratan, sehingga Anda bisa sekalian mampir kesana. Jangan langsung pulang setelah puas berfoto-foto, silahkan rehat sejenak di Danau Beratan.

Dibandingkan destinasi wisata lainnya, Danau Beratan bisa dikatakan yang paling strategis. Sebab letaknya berada di pinggir jalan, sehingga Anda bisa sampai kesana dengan mudah. Selain disejukkan oleh pemandangan air danau dan perbukitan yang mengelilinginya, segarnya udara juga akan membuat Anda betah berlama-lama disini.

Jika bertanya aktifitas apa yang bisa dilakukan di Danau Beratan? Maka Anda bisa mencoba menyewa perahu milik nelayan lokal. Biayanya sekitar Rp. 100.000/1 putaran dan satu kapal bisa muat hingga 3 orang.

Memancing adalah aktifitas lain yang bisa Anda coba di Danau Beratan. Harga sewa alat pemancingan adalah Rp. 15.000 plus umpan. Jika kurang tertarik, Anda cukup menikmati momen bersama keluarga di pinggiran danau saja.

Danau Tamblingan

Danau Tamblingan

Danau Tamblingan adalah sebuah danau kecil yang berada di lereng Gunung Lesung. Destinasi wisata ini beralamatkan di Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng. Berkunjung kesini saat akhir pekan dan hari libur adalah agenda yang tepat, karena perpaduan antara pesona keindahan alam dan kentalnya nuansa spiritual terasa begitu menenangkan pikiran.

Danau Tamblingan berada di ketinggian 1.270 mdpl dan wilayahnya dikelilingi oleh kawasan hutan tropis. Sehingga wajar saja apabila suhu udara yang ada disini terasa sangat sejuk dan menyegarkan. Setiap kali kabut menyelimuti Danau Tamblingan, keindahannya terlihat semakin sempurna.

Sebagai fasilitas pendukung, Danau Tamblingan dilengkapi oleh beberapa spot foto kekinian yang tentu saja mampu menarik perhatian setiap wisatawan. Disekitar Danau Tamblingan Anda bisa mencoba Ayunan Wanagiri, berjelajah di Desa Munduk atau melihat beberapa pura suci yang ada disana.

Keindahannya tidak perlu diragukan lagi, karena sudah banyak pasangan yang memanfaatkan Danau Tamblingan sebagai lokasi foto pre-weeding. Oh iya, harga tiket masuk ke Danau Tamblingan adalah Rp. 10.000/orang.

Danau Buyan

Danau Buyan

Terletak ditengah-tengah Danau Beratan dan Danau Tamblingan, ternyata masih ada satu lagi tempat wisata di Bedugul yang bertemakan danau dan sayang untuk dilewatkan. Namanya adalah Danau Buyan yang beralamatkan di Desa Pancasari, Kec. Sukasada, Kabupaten Buleleng.

Danau Buyan memiliki daya tarik utama berupa pesona keindahannya yang luar biasa. Danau ini berada di kawasan konservasi alam dan dikelilingi oleh hutan tropis yang rindang. Dengan kealamian yang masih terjaga dengan baik, membuat panorama alam yang tersaji benar-benar indah.

Selain itu, Danau Buyan juga selalu diselimuti oleh kabut. Berada di ketinggian 1.350 mdpl, membuat udaranya terasa sangatlah sejuk. Apalagi udaranya bersih khas alam dan bebas dari polusi, Anda pasti tidak akan berhenti menghirup udaranya.

Danau Buyan adalah pilihan asyik dan menarik untuk refreshing di akhir pekan, karena disini sudah tersedia area khusus berkemah. Anda bisa camping di pinggiran danau, dengan udara sejuk, suasana tenang dan teduh karena dibawah pepohonan rindang tinggi menjulang. Bagaimana, kelihatan seru sekali bukan?

Kebun Strawberry Bedugul

Kebun Strawberry Bedugul

Sebagai penutup daftar tempat wisata di Bedugul kali ini, admin merekomendasikan Strawberry Farm and Restaurant untuk Anda kunjungi bersama keluarga. Lokasinya berada di Jalan Raya Baturiti Bedugul, Br Taman Tanda Baturiti, Bedugul, Bali. Harga tiket masuk sangatlah terjangkau, yaitu Rp. 2.000 per orang.

Strawberry Farm and Restaurant memiliki luas mencapai 5.000 meter persegi. Ini adalah surga bagi pecinta strawberry, karena mereka bisa memetik secara langsung buah strawberry sepuasnya. Harga buah strawberry per kilo adalah Rp. 30.000 dan Rp. 15.000 per porsi minuman stroberi. Menu minuman yang tersedia seperti Ice Cream, Strawberry Cake dan Strawberry Milk Shake.

Mengajak keluarga mampir ke Strawberry Farm and Restaurant bisa menjadi agenda pelengkap selama liburan di Bedugul. Biarkan anak-anak bermain-main sepuasnya di kebun stroberi dan memetik sendiri buah kesukaannya.

Itu tadi adalah 6 tempat wisata di Bedugul yang paling menarik untuk dikunjungi. Semoga bisa membantu Anda dalam memilih tempat rekreasi. Memiliki pengalaman seru dan menarik liburan di Bali? Silahkan bagikan di kolom komentar.