Tempat Wisata di Banyuwangi Terbaru 2019 yang Wajib Dikunjungi

Posted on

Tempat wisata di Banyuwangi yang terbentang luas dari wilayah bagian selatan sampai utara menawarkan sejuta pesona alam yang wajib dikunjungi saat musim liburan nanti. Di Banyuwangi, Anda bisa memuaskan diri untuk mengagumi keindahan alam sang pencipta, khususnya berbagai macam wisata pantai yang eksotis dan memiliki keunikan masing-masing.

Pantai Pulau Merah, Kawah Ijen, Taman Nasional Baluran dan Pantai Boom adalah sederet tempat wisata di Banyuwangi yang sudah pasti familiar dikalangan pelancong lokal dan mancanegara. Kabupaten Banyuwangi memiliki banyak sekali tempat hunting yang hits dan kekinian, cocok banget untuk menghiasi feed instagram.

Bagaimana, sudah siap memanjakan mata dengan berburu destinasi-destinasi wisata terbaru di Banyuwangi? Kalau begitu langsung saja disimak ulasan tempat wisata di Banyuwangi selengkapnya berikut.

Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah adalah objek wisata pertama yang harus Anda sambangi ketika liburan di Kabupaten Banyuwangi. Kata orang, kurang lengkap rasanya jika ke Banyuwangi belum mampir ke Pantai Pulau Merah. Ia berlokasi di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi.

Dinamakan demikian, karena di sekitar pantai terdapat sebuah pulau kecil setinggi 200 meter yang tanahnya berwarna merah. Oleh karena itu, wisata Banyuwangi kali ini disebut sebagai Pantai Pulau Merah.

Selain pulau merah, pantai ini juga terdapat sebuah pura hindu yang biasa digunakan oleh warga sekitar untuk menyelenggarakan upacara keagamaan. Namanya adalah Pura Tawang Alun.

Pantai Pulau Merah memiliki hamparan pasir putih sepanjang 3 kilometer. Terkadang, warna pasir tersebut berubah menjadi pink agak kemerah-merahan. Ombak di pantai ini cocok untuk peselancar pemula.

Tiket masuk Pantai Pulau Merah sebesar Rp. 8.000/orang. Untuk penginapan dan hotel di Pulau Merah, sudah tersedia banyak pilihannya.

Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran

Dari wilayah bagian selatan, mari kita menyeberang mengintip sajian tempat wisata di Banyuwangi utara. Kali ini ada Taman Nasional Baluran yang dinobatkan sebagai padang rumput atau savana paling luas di Pulau Jawa, dengan luas mencapai 10.000 hektar. Sehingga, datang ke sini serasa liburan ke benua Afrika.

Dari pusat Banyuwangi, Cagar Alam Baluran berjarak sekitar 35 kilometer. Anda dijamin puas memandang hamparan padang rumput menghijau sejauh mata memandang, lengkap dengan pepohonan pilang dan background Gunung Baluran. Sungguh luar biasa.

Taman Nasional Baluran melindungi hewan seperti rusa, kerbau, monyet berekor panjang, burung merak, banteng dan masih banyak lagi.

Biaya masuk ke Taman Nasional Baluran adalah Rp. 15.000 per orang ( wisatan lokal ) dan Rp. 150.000 per orang ( wisatawan asing ).

Dengan luas yang mencapai 25.000 hektar, tempat wisata di Banyuwangi ini menawarkan beragam destinasi menarik untuk pengunjung. Mulai dari Hutan Evergreen, Pantai Bama, Hutan Musim dan Padang Savana Bekol. Dijamin seru dan puas deh liburan ke sini.

Kawah Ijen

Kawah Ijen

Selain menjadi surga bagi penikmat wisata pantai, Kota Banyuwangi ternyata masih mempunyai banyak sajian menarik lain untuk wisatawan, salah satunya adalah Kawah Ijen. Kira-kira, apakah Anda sudah pernah mendengar nama Kawah Ijen blue fire? Jika belum, cari tahu maksudnya berikut ini.

Sebagai salah satu tempat wisata di Banyuwangi yang wajib dikunjungi, Kawah Ijen tentu saja memiliki daya tarik utama yang sayang banget untuk dilewatkan. Adalah blue fire atau api biru yang hanya ada dua di dunia.

Fenomena langka blue fire di Kawah Ijen biasa dimulai saat dini hari. Api berwarna biru yang memancar di kegelapan malam terlihat sungguh menakjubkan. Jangan lupa membawa kamera ketika datang berkunjung. Sunrise di pagi hari juga sayang untuk diabaikan begitu saja.

Selain sunrise dan blue fire, panorama di wisata kawah Ijen pada dasarnya memang sangat indah. Keindahannya semakin epic ketika penambang belerang sedang beraktifitas dilokasi. Hunting foto adalah aktifitas wajib yang tidak boleh dilewatkan oleh wisatawan.

Pantai Boom Banyuwangi

Pantai Boom Banyuwangi

Pilihan destinasi wisata pantai di Banyuwangi selanjutnya adalah Pantai Boom, yang berada di Kampung Mandar, Kecamatan Banyuwangi. Wisatawan bisa dengan mudah sampai ke lokasi Pantai Boom, karena lokasinya yang strategis dan berada di pusat Kota Banyuwangi. Cukup jalan kaki, naik becak atau bersepeda, Anda sudah bisa datang ke sini.

Pantai Boom bukanlah pantai berpasir putih, melainkan berpasir hitam. Walaupun begitu, bukan berarti Pantai Boom kurang menarik lho ya. Justru, bersantai di Pantai Boom jauh lebih menangkan karena tidak ada sampah berserakan.

Sejauh mata memandang, Anda akan melihat hamparan laut luas, kapal-kapal nelayan yang diparkir dengan rapi dan background Pulau Bali yang terlihat samar-samar dari kejauhan. Agar lebih nyaman, Anda bisa menyewa payung teduh. Jika merasa bosan, Anda bisa menyusuri Pantai Boom dengan berkuda.

Harga tiket masuk ke Pantai Boom adalah cuma-cuma alias gratis, wisatawan cukup membayar biaya parkir sekitar Rp. 2.000- Rp. 8.000 saja.

Di penghujung tahun, akan ada festival bertajuk Sewu Gandrung. Ini adalah event besar tarian tradisional gandrung yang diikuti oleh 1.000 penari. Ada juga event JAZZ pantai satu-satunya di Indonesia yang hanya diselenggarakan di Pantai Boom, yaitu Banyuwangi Beach JAZZ Festival.

Dengan semua itu, tidak heran apabila Pantai Boom masuk ke daftar tempat wisata di Banyuwangi yang wajib dikunjungi.

Objek Wisata Teluk Hijau Banyuwangi

Objek Wisata Teluk Hijau Banyuwangi

Teluk ijo dan dan Pulau Merah diibaratkan sebagai dua saudara yang membuat nama Kabupaten Banyuwangi semakin dikenal oleh para wisatawan. Oleh sebab itu, Anda jangan sampai lupa untuk mengajak keluarga datang ke objek wisata Teluk Hijau atau yang biasa disebut Green Bay Banyuwangi ini.

Teluk Hijau adalah sebuah pantai indah yang memiliki warna air laut kehijauan dan hamparan pasir putih nan lembuat. Panorama alam yang tersaji dijamin bisa memuaskan mata Anda dan membantu menenangkan pikiran sejenak dari penatnya rutinitas sehari-hari.

Keunikan tempat wisata di Banyuwangi ini tidak hanya datang dari airnya yang berwarna kehijauan saja, namun disana Anda juga bisa menemukan sebuah air terjun setinggi 8 meter, lengkap dengan bebatuan karang epic. Background foto yang ditawarkan jangan sampai terlewat dari jepretan lensa Anda.

Suasana asri berpadu sempurna dengan semilir angin Pantai Teluk Hijau yang begitu menangkan. Menghabiskan liburan bersama keluarga di sini pasti tidak akan mengecewakan. Lokasinya terletak di Dusun Krajan, Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran

Pantai Plengkung

Pantai Plengkung

Daftar tempat wisata di Banyuwangi yang wajib dikunjungi kali ini akan ditutup dengan Pantai Plengkung atau bisa dikenal sebagai G-Land. Lokasinya berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Dusun Purworejo, Desa Kaliapit, Kecamatan Tegaldlimo.

Pantai Plengkung terkenal dengan deburan ombaknya yang besar dan cocok sekali bagi pecinta surfing. Dikelilingi oleh hutan asli khas Taman Nasional Alas Purwo, menjadikan panorama di Pantai Plengkung kian eksotis.

Selain selancar, di Pantai Plengkung wisatawan juga bisa melakukan aktifitas lain seperti memancing dan bersepeda.

Itulah tadi beberapa tempat wisata di Banyuwangi yang wajib dikunjungi, semoga ulasan kali ini bisa memberikan untuk anda, khususnya yang sedang ingin liburan ke Kota Banyuwangi.