10 Tempat Wisata di Banda Aceh yang Paling Indah dan Cocok Untuk Hunting Foto

Posted on

Tempat wisata di Banda Aceh memiliki keanekaragaman yang cukup komplit, meski belum begitu populer sebagai salah satu tujuan liburan keluarga. Di kota ini Anda bisa menemukan obyek wisata sejarah, wisata alam, deretan pantai indah, tempat nongkrong yang seru abis dan kuliner lezat.

Banda Aceh adalah ibukota Provinsi Aceh yang dijuluki Serambi Mekah. Oleh masyarakat luas, Banda Aceh lebih dikenal sebagai tempat penyebaran agama islam pertama di Indonesia dan terjadinya peristiwa bencana tsunami 2004 silam.

Namun disamping itu, potensi tempat wisata di Banda Aceh sangatlah mengesankan. Sebut saja pantai lampuuk, museum tsunami aceh, pantai lhoknga, bukit lhok eumoe dan masih banyak destinasi indah lainnya yang siap menjadikan liburan Anda semakin seru.

Daripada anda semakin penasaran, kalau begitu mari langsung saja kita simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Museum Tsunami Aceh

Museum Tsunami Aceh

Ketika pertama kali menginjakkan kaki di Kota Banda Aceh, obyek wisata yang harus segera Anda sambangi adalah Museum Tsunami Aceh. Museum ini dibuka untuk umum tanpa ada biaya tiket masuk, pengunjung hanya perlu membayar parkir kendaraan saja.

Museum Tsunami Aceh merupakan objek sejarah untuk mengingat kedahsyatan bencana tsunami 26 Desember 2004 silam. Lokasinya berada di Jalan Sultan Iskandar Muda. Terdapat beberapa ruangan yang bisa pengunjung lihat.

Seperti lorong tsunami, ruang kenangan, sumur doa, lorong cerobong dan jembatan harapan. Tepat di belakang Museum Tsunami Aceh ada pemakaman Militer Belanda. Sekitar dua ribu prjurit Hindia Belanda dan lokal dimakamkan di sini.

Pantai Lampuuk

Pantai Lampuuk

Setelah mengenang peristiwa duka tsunami, perjalanan Anda mengeksplorasi tempat wisata di Banda Aceh bisa dilanjutkan dengan menuju ke Pantai Lampuuk. Hampir setiap akhir pekan dan libur nasional, Pantai Lampuuk tidak pernah sepi pengunjung.

Dari pusat kota Banda Aceh, Pantai Lampuuk ditempuh sejauh 15 kilometer perjalanan. Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan, seperti surfing, menyaksikan wahana edukasi konservasi penyu, banana boat dan mencicipi seafood.

Tersedia pula cottage mewah dan losmen sebagai pilihan penginapan pengunjung.

Pantai Lhoknga

Pantai Lhoknga

Berjalan sedikit dari Pantai Lampuuk, silahkan menuju ke Pantai Lhoknga. Tempat wisata di Banda Aceh kali ini merupakan spot favorit bagi warga sekitar untuk menyaksikan keindahan sunset. Benar saja, panorama matahari terbenamnya sangat sayang untuk dilewatkan.

Tidak hanya mengagumi keindahan alam pantainya, wisatawan juga memiliki beberapa pilihan kegiatan seru seperti memancing, surfing dan bermain golf. Deburan ombak yang besar, membuat Pantai Lhoknga cukup populer di kalangan komunitas surfing internasional.

Bukit Lhok Eumpe

Bukit Lhok Eumpe

Beralih sejenak dari deretan pantai di Banda Aceh, sekarang mari kita coba menengok keindahan alam lainnya. Pilihan jatuh kepada Bukit Lhok Eumeo. Perbukitan ini merupakan tempat wisata di Aceh Besar yang menjadi incaran kaula muda pemburu spot foto instagramable.

Lokasi Bukit Lhok Eumpe berjarak sekitar 10 kilometer dari Banda Aceh. Cukup melakukan perjalanan selama 15 menit dengan medan yang tidak begitu terjal, wisatawan sudah bisa sampai di puncak.

Dari atas Bukit Lhok Eumpe, hamparan padang savana sekaligus pemandangan bukit barisan sudah siap memanjakan mata wisatawan.

Pantai Ulee Lheue

Pantai Ulee Lheue

Tidak hanya Pulau Bali, deretan pantai di Aceh juga banyak yang menghadirkan pemandangan indah nan eksotis. Salah satunya adalah Pantai Ulee Lheue. Pantai ini menjadi favorit warga sekitar untuk bersantai di akhir pekan, melepaskan lelah akibat beban pekerjaan.

Pantai Ulee Lheue menjadi tempat wisata di Banda Aceh yang paling populer karena memiliki fasilitas hiburan lengkap dan deburan ombak tenang. Di sore hari, Anda akan melihat banyak wisatawan yang duduk santai di pinggir pantai menikmati senja sambil makan jagung bakar.

Pantai Iboih

Pantai Iboih

Tahukah Anda, Iboih adalah pantai dengan pemandangan paling indah yang ada di Aceh. Perjalanan mengelilingi tempat wisata di Banda Aceh akan terasa kurang jika belum mampir ke Pantai Iboih. Keindahannya pasti membuat liburan Anda sekeluarga semakin berkesan.

Setibanya di Pantai Iboih, wisatawan akan disambut dengan hamparan pasir putih lembut dan warna air laut yang sangat jernih, perpaduan biru cerah serta hijau toska. Semilir angin laut membuat suasana di Pantai Iboih terasa begitu menenangkan.

Liburan di Pantai Iboih terasa semakin spesial, karena keindahan alam bawah lautnya cocok banget dijadikan spot snorkeling.

Taman Sari Gunongan

Taman Sari Gunongan

Gunongan Historical Park atau Taman Sari Gunongan adalah icon tempat wisata di Banda Aceh yang selalu menjadi buruan wisatawan lokal. Siapapun yang sedang liburan ke Aceh, pasti tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan untuk berfoto di depan Taman Sari Gunongan.

Bangunan ini diciptakan oleh Sultan Iskandar Muda, sebagai hadiah yang diberikan kepada Putri Kamaliah, sang permaisuri. Taman Sari Gunongan dimaksudkan sebagai tempat menyepi Putri Kamailah dan melepas kerinduan terhadap kampung halaman.

Desain Taman Sari Gunongan sangatlah indah dan unik. Ia terdiri dari tiga tingkat yang warnanya serba putih.

Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Batiturrahman adalah masjid dengan arsitektur paling indah di Indonesia. Masjid ini dibangun pada tahun 1612 oleh Sultan Iskandar Muda. Masjid Raya Batiturrahman memiliki bangunan utama berwarna putih dan kubah warna hitam.

Sebagian dari Anda pasti pernah mendengar ceritanya, dimana Masjid Raya Baiturrohman tetap tegak berdiri ketika tsunami dahsyat 2004 silam dan menyelamatkan semua orang yang berada di atas masjid.

Jika singgah di Aceh, maka jangan sampai lupa untuk mampir ke Masjid Raya Baiturrahman.

Pulau Rubiah

Pulau Rubiah

Pulau Rubiah adalah tempat wisata di Banda Aceh yang cocok banget dijadikan pilihan bulan madu atau libur bersama keluarga tercinta. Sebab, di Pulau Rubiah suasananya sangatlah tenang. Waktu berkumpul bersama orang-orang terkasih jadi semakin menyenangkan.

Apalagi Pulau Rubiah dikelilingi oleh laut berair jernih. Deburan ombaknya tidak terlalu besar, sehingga Anda dan keluarga bisa puas bermain air. Tidak cukup sampai disitu, ada sekitar 14-15 biota laut yang siap memanjakan aktivitas snorkeling wisatawan.

Rindangnya pepohonan sekitar membuat liburan tambah berkesan. Nggak bakalan rugi deh mengajak pasangan dan buah hati untuk quality time di Pulau Rubiah.

Air Terjun Blang Kolam

Air Terjun Blang Kolam

Akhiri liburan Anda di Banda Aceh dengan mengunjungi serpihan surga tersembunyi lainnya, kali ini bernama Air Terjun Blang Kolam. Dari pusat kota, lokasinya bisa ditempuh sekitar 30 menit perjalanan. Berada di Desa Sidomulyo, Aceh bagian utara.

Sebutan lain dari obyek wisata ini adalah air terjun kembar, karena ada dua aliran air terjun setinggi 75 meter. Kemegahan air terjun tersebut semakin disempurnakan oleh hijaunya pemandangan alam sekitar.

Tempat ini recomended banget buat melepas penat dan menyegarkan kembali pikiran. Disana Anda bisa memanjakan diri dengan bermain airnya yang menyegarkan, udara sejuk dan keindahan sekeliling yang membuat mata adem.

Suara gemuruh air terjun seolah-olah membantu menggugurkan pikiran-pikiran yang membosankan.

Demikianlah ulasan singkat mengenai 10 tempat wisata di Banda Aceh yang tidak boleh terlewatkan. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi referensi bagi liburan Anda sekeluarga selama liburan di Serambi Mekah.