10 Tempat Wisata di Asahan yang Paling Kece dan Wajib Dikunjungi

Posted on

Tempat wisata di Asahan memiliki daya tarik tersendiri berupa keindahan alam yang mempesona dan mengagumkan. Meski lebih populer sebagai salah satu spot arung jeram terbaik di dunia, namun Asahan masih menyimpan segudang surga tersembunyi lain yang dari waktu ke waktu mulai populer dikalangan wisatawan.

Asahan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Utara yang berjarak sekitar 160 KM dari Medan. Ibukotanya bernama Kisaran. Meski hanya memiliki luas 3,733 km2, akan tetapi wisatawan bisa menemukan banyak tempat indah yang masih sangat asri dan alami.

Beberapa tempat wisata di Asahan yang sudah cukup populer antara lain Air Terjun Simonang Monang, Pantai Simallo, wisata Tanjung Balai, Asahan River Rafting dan Waduk Sigura-Gura. Mau tahu ulasan lengkapnya? Simak artikel ini sampai habis ya.

Pesona alam Asahan cocok banget dijadikan sebagai spot foto selfie ala anak hits kekinian. Dijamin nggak bakalan nyesel ketika Anda mencoba mengeksplorasi Kabupaten Asahan.

Jika anda berminta untuk berkunjung ke tempat wisata yang ada di Asahan ini dan ingin dimana saja tempat yang bagus untuk berwisata keluarga, langsung saja simak ulasannya dibawah ini.

Air Terjun Ponot

Air Terjun Ponot

Sebagai pilihan pertama, admin merekomendasikan Air Terjun Ponot untuk mengawali liburan Anda di Kabupaten Asahan. Bersiaplah menyaksikan betapa megahnya air terjun setinggi 250 meter ini. Pemandangan sekeliling yang masih sangat asri, membuat liburan terasa semakin spesial.

Lokasi Air Terjun Ponot berada dekat dengan PT Inalum, tepatnya di Desa Tangga. Meski lumayan jauh dari pusat kota, namun akses jalan menuju kesana mudah. Bahkan kendaraan roda dua atau empat bisa tiba di lokasi.

Waduk Sigura-Gura

Waduk Sigura-Gura

Salah satu icon tempat wisata di Asahan adalah Waduk Sigura-Gura. Setiap wisatawan pasti mampir ke sini, karena liburan di Kabupaten Asahan terasa kurang lengkap jika sampai melewatkan pesona keindahan Waduk Sigura-Gura.

Waduk Sigura-Gura berada di hulu sungai Asahan. Di sekeliling terdapat bukit-bukit cantik yang dipenuhi pepohonan menghijau. Memandang dari kejauhan sudah mampu menyejukkan mata. Selain mengagumi keindahan, kegiatan lain yang tidak boleh dilewatkan adalah berfoto selfie.

Spot yang ditawarkan sungguh menakjubkan.

Rafting di Sungai Asahan

Rafting di Sungai Asahan

Jika membahas tempat wisata di Asahan, maka kegiatan yang langsung terbesit dipikiran banyak orang pasti rafting atau arung jeram. Hal itu wajar, mengingat Sungai Asahan adalah spot rafting terbaik posisi ke-tiga di dunia.

Kabupaten Asahan sering menjadi lokasi penyelenggaraan lomba arung jeram nasional dan bahkan sempat beberapa kali menggelar event olahraga internasional. Spot rafting di Sungai Asahan kurang recomended bagi pemula, karena lintasan yang teramat panjang dan arusnya cukup deras.

Dari ibukota Kisaran, berjarak kurang lebih 89 kilometer dan membutuhkan waktu sekitar dua jam.

Pansur Napitu

Pansur Napitu

Pansur Napitu adalah pemandian alam yang sempat viral di media sosial belum lama ini. Spot foto yang ngehits, membuat semakin banyak orang merasa penasaran dan berbondong-bondong ke sana. Setiap akhir pekan, Pansur Napitu selalu ramai pengunjung, khususnya kalangan kaula muda.

Pemandian alam ini unik, karena airnya sangat jernih dan terasa menyegarkan. Cocok banget untuk merileksasikan otot-oto tubuh yang kaku dan merefresh kembali pikiran. Lokasi Pansur Napitu berada di Desa Gunung Berkat, Kecamatan Bandar Pulo.

Wisata Bedeng 7

Wisata Bedeng 7

Tidak kalah populer dari Pansur Napitu, tempat wisata di Asahan lain yang menjadi favorit warga sekitar adalah Bedeng 7. Ada banyak keseruan yang siap menemani aktifitas Anda sekeluarga selama liburan.

Pertama, sudah disediakan berbagai macam spot foto menarik. Mulai dari sarang burung dan bahkan jembatan jantung. Setelah puas narsis, pengunjung bisa melanjutkan dengan berenang di aliran sungai jernih nan dingin.

Seru banget deh berkunjung ke Wisata Bedeng 7. Pemandangan alam disekitarnya terlihat sangat asri dan menghijau. Jembatan gantung di Wisata Bedeng 7 memiliki panjang yang lumayan. Keramaian pengunjung membuat liburan semakin seru dan menyenangkan.

Danau Kelapa Gading

Danau Kelapa Gading

Masih mencari tempat wisata di Asahan yang cocok untuk berakhir pekan? Kalau begitu jawabannya adalah Danau Kelapa Gading. Ini merupakan kawasan danau buatan cantik, yang cocok sekali untuk santai menghabiskan akhir pekan. Ada beragam pilihan kuliner lezat yang siap memanjakan lidah Anda.

Pihak pengelola sudah meyewakan bebek-bebekan, sehingga wisatawan bisa berkeliling danau dengan cara yang antimainstream. Fasilitas lainnya adalah gazebo kecil. Danau Kelapa Gading beralamatkan di Kelurahan Kisaran Naga, Kec. Kisaran Barat.

Pantai Simallo

Pantai Simallo

Siapa sangka, pilihan tempat wisata di Asahan juga ada lho yang menyuguhkan panorama alam pantai eksotis. Bagi warga sekitar, Pantai Simallo adalah lokasi liburan favorit untuk memanjakan diri saat weekend.

Pantai Simallo terletak di Pinggiran Sungai Piasa, bukannya laut. Tidak hanya itu, keunikan Pantai Simallo juga datang dari perbukitan hijau menjulang tinggi di sekelilingnya, sekaligus aliran air sungai cukup deras.

Dengan panorama yang begitu indah, sayang sekali jika liburan ke Kabupaten Asahan dan belum mampir ke Pantai Simallo. Lokasinya berada di Desa Aek Nangali, Kecamatan Bandar Pulau.

Wisata Puncak Galau

Wisata Puncak Galau

Bagi kalian pemburu keindahan matahari terbenam dan terbit, kelihtannya wajib banget deh untuk mampir ke Wisata Puncak Galau. Dari sini pengunjung bisa menyaksikan sungai Asahan dan lanskap kota yang terlihat begitu dramatis dan epik. Sejauh mata memandang, hanya terlihat panorama alam menghijau yang begitu meneduhkan mata dan menenangkan pikiran.

Setiap akhir pekan, Wisata Puncak Galau selalu diburu oleh anak-anak muda yang doyan foto selfie. Spot yang instagramable dan kekinian, tentu menjadi alasan tersendiri. Oh iya, di Wisata Puncak Galau pengunjung juga bisa memasang tenda.

Sekali-kali menyatu dengan alam dan melupakan sejenak semua tumpukan tugas yang bikin pusing, nampaknya bisa menjadi kegiatan seru saat weekend nanti.

Air Terjun Turunan Bolon (Turbo)

Air Terjun Turunan Bolon (Turbo)

Air Terjun Turunan Bolon adalah salah satu surga tersembunyi yang ada di Asahan. Belum banyak wisatawan yang datang berkunjung, karena akses jalan menuju ke lokasi cukup menantang. Lokasinya berada di Desa Tomuhan Holbung, Kec. Bandar Pasir Mandoge.

Dari tempat parkir, siapkan tenaga lebih karena Anda akan berjalan sekitar 2 jam. Namun usaha itu segera terbayar lunas, begitu menyaksikan kemegahan Air Terjun Turbo setinggi 30 meter. Aliran airnya sangat deras, sehingga kurang recomended untuk bermain air.

Nikmatilah lukisan alam yang luar biasa, perpaduan air terjun megah dan tebing-tebing hijau disekeliling. Spot fotonya sudah pasti sangat kece.

Masjid Agung H Ahmad Bakri

Masjid Agung H Ahmad Bakri

Lengkapi perjalanan Anda mengeksplorasi tempat wisata di Asahan dengan berkunjung ke Masjid Agung H Ahmad Bakri. Lokasinya cukup dekat dengan alun-alun kota, sehingga mudah untuk diakses.

Masjid Agung H Ahmad Bakri memiliki bangunan yang terlihat begitu indah, megah dan mewah. Lebih dari itu, di sekelilingnya juga sudah tersedia taman indah. Bawaannya bikin hati tambah adem dan tenang. Banyak kaula muda yang datang berkunjung untuk memburu spot foto.

Demikianlah informasi singkat mengenai 10 tempat wisata di Asahan yang paling cocok untuk liburan. Semoga bisa menjadi bahan referensi Anda sekeluarga yang ingin berkunjung ke Kabupaten Asahan.