8 Tempat Wisata Di Agam Yang Eksotis Dan Tidak Boleh Anda Lewatkan

Posted on

Tempat wisata di Agam adalah salah satu pesona keindahan alam Sumatera Barat yang wajib untuk Anda singgahi. Di Kabupaten Agam, Anda bisa menemukan berbagai macam objek wisata yang menyuguhkan pemandangan ciamik. Deretan perbukitan yang masih terawat dengan baik, menjadikan udaranya terasa begitu sejuk menyegarkan. Benar-benar cocok untuk merelaksasikan tubuh dan pikiran.

Tempat wisata di Agam masih didominasi oleh jajaran wisata alam, seperti danau, air terjun dan pantai. Sehingga, Anda dan keluarga akan diajak seru-seruan bermain di alam bebas, sembari mengagumi keindahan alam sang pencipta.

Bagi Anda yang sedang berencana liburan ke Kabupaten Agam, Sumbar, silahkan disimak beberapa rekomendasi objek wisata terbaik berikut ini.

Air Terjun Lakuik Tamiang

Air Terjun Lakuik Tamiang

Berada di sebelah barat Gunung Singgalang, Kecamatan Malalak, Air Terjun Lakuik Tamiang disebut-sebut sebagai surga tersembunyi di Agam. Liburan kesini dijamin sangat menyenangkan, karena wisatawan akan disuguhi sebuah pesona alam yang menjanjikan.

Seperti yang diketahui, Malalak adalah surganya air terjun cantik di Ranah Minang, karena letak geofrafisnya berada di kaki Gunung Singgalang.

Air Terjun Lakuik Tamiang berada jauh dari pemukiman warga, tepatnya di pedalaman hutan. Oleh karena itu, disini Anda bisa merasakan suasana yang benar-benar tenang dan damai. Gemuruh air terjun adalah satu-satunya suara yang menjadi teman liburan Anda.

Lakuik Tamiang mempunyai ketinggian mencapai 100 meter, dengan lima buah air terjun. Wisatawan juga bisa menyegarkan diri di kolam airnya, yang terasa sejuk dan dingin.

Air Terjun Gadih Ranti

Air Terjun Gadih Ranti

Surga tersembunyi lain di Kabupaten Agam yang wajib Anda kunjungi adalah Air Terjun Gadih Ranti. Jika Anda mengaku sebagai pecinta wisata alam sejati, maka jangan sampai lupa untuk mampir kesini, dijamin tidak mengecewakan.

Menurut legenda yang beredar di masyarakat sekitar, air terjun ini dulunya menjadi lokasi pemandian seorang putri bernama Gadih Ranti. Dari legenda itulah, tempat ini dinamakan Air Terjun Gadih Ranti.

Kata pertama yang akan Anda ucapkan begitu tiba di lokasi Air Terjun Gadih Ranti adalah amazing. Perasaan takjub sekaligus kepuasan batin pasti menyelimuti Anda. Pemandangan alam yang dihadirkan benar-benar sangat menakjubkan, sehingga siapapun dijamin tidak akan merasa kecewa.

Selain menyaksikan kemegahan air terjun gadih ranti, lengkap dengan hijaunya alam sekitar. Ternyata disini juga dimanfaatkan sebagai tempat pemandian. Cobalah Anda merasakan kesejukan dan kesegaran airnya, di kolam alami yang sudah tersedia.

Lawang Park (Puncak Lawang)

Lawang Park (Puncak Lawang)

Lawang Park adalah tempat wisata di Agam yang cocok dipilih untuk mengusir kejenuhan dan stress, karena pemandangan alam yang tersaji benar-benar menyejukkan mata dan pikiran. Objek wisata ini berada diketinggian 1.210 mdpl, yang menjadi spot terbaik untuk menyaksikan keindahan Danau Maninjau.

Dari Puncak Lawang, wisatawan bisa menyaksikan Danau Maninjau yang dikelilingi oleh pepohonan hijau dan jajaran perbukitan. Pesona keindahannya sangatlah memanjakan setiap mata yang memandang, sedangkan hembusan udaranya yang sejuk membuat acara santai Anda semakin sempurna.

Setiap akhir pekan dan musim liburan, Lawang Park senantiasa ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Pecinta olahraga paralayang juga sering datang berkunjung, karena Puncak Lawang menjadi salah satu spot paralayang terbaik di Asia Tenggara.

Kejuaraan internasional juga sering diadakan di Lawang Park. Rugi banget jika sudah tiba di Kabupaten Agam, namun tidak mengunjungi objek wisata Puncak Lawang.

Masjid Raya Bayur

Masjid Raya Bayur

Jika diatas kita sudah mengeksplorasi tiga wisata alam di Kabupaten Agam yang eksotis dan menakjubkan, sekarang saya akan mengajakan Anda untuk mengunjungi wisata budaya sekaligus wisata religi, yaitu Masjid Raya Bayur.

Masjid Raya Bayur memiliki bentuk yang indah dan unik, karena desainnya hasil perpaduan antara budaya Minangkabau dan Thailand. Setiap pengunjung yang datang kesini, tidak mau melewatkan momen unik ini untuk berfoto.

Di bagian tengah bangunan utama Masjid Raya Bayur, terdapat kubah persegi empat. Di setiap sudut kubah utama, dipasangi empat menara. Sedangkan diatas mihrab, dipasangi kubah kecil.

Selain melihat-lihat keindahan Masjid Raya Bayur, dari sini Anda juga bisa menyaksikan pesona keindahan Danau Maninjau.

Wisata Kelok 44

Wisata Kelok 44

Jika di Payakumbuh ada objek wisata kelok 9, maka Kabupaten Agam juga tidak mau kalah, ia memiliki kelok 44 yang tidak kalah cantik. Walaupun demikian, melewati kelok 44 ini bisa dikatakan sedikit ekstrim, karena ada banyak tikungan yang cukup tajam.

Lokasi kelok 44 tidak jauh dari Danau Maninjau, sehingga Anda bisa mampir sekalian ke sini ketika sedang liburan di Danau Maninjau. Soal keseruan liburan di Danau Maninjau, akan saya ulas selengkapnya dibawah ini.

Objek Wisata Danau Maninjau

Objek Wisata Danau Maninjau

Danau Maninjau adalah icon tempat wisata di Agam, yang namanya sudah tidak asing lagi dikalangan wisatawan lokal dan mancanegara. Hal ini bisa dibuktikan, dengan membludaknya jumlah wisatawan yang datang ke Danau Maninjau ketika musim liburan dan weekend.

Danau Maninjau merupakan sebuah kaldera yang terbentuk dari letusan besar gunung api. Danau ini berlokasi di Kecamatan Rayaini, dengan ketinggian 461,59 mdpl. Danau Maninjau sangatlah cocok untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga tercinta.

Sesampainya di lokasi Danau Maninjau, wisatawan akan langsung disambut oleh sebuah danau yang terhampar sangat luas, dengan pepohonan hijau dan perbukitan disekelilingnya. Pesona keindahan Danau Maninjau terasa semakin sempurna, ketika kabut pagi menyelimuti sebagian wilayahnya.

Sebagai tempat wisata di Agam yang terkenal, fasilitas di Danau Maninjau tergolong cukup komplit. Bahkan, disekitar Danau Maninjau Anda bisa memilih tiga model penginapan, yaitu Hotel Mutiara, Hotel Maninjau Indah dan Pasir Panjang Permai Hotel.

Tidak hanya duduk santai di tepian danau, wisatawan juga bisa menyewa perahu dan wisata kuliner. Liburan Anda kali ini dijamin lebih istimewa dan berkesan.

Wisata Pantai Tiku

Wisata Pantai Tiku

Bagi wisatawan yang menyukai keindahan pantai, Kabupaten Agam memiliki sajian menarik untuk dieksplorasi, yaitu Pantai Tiku. Belum banyak orang yang datang ke sini, sehingga suasana yang tersaji di Pantai Tiku benar-benar tenang dan damai.

Selain itu, pesona keindahannya juga begitu memikat. Hamparan pasir putih dengan terumbu karang di lokasi pantainya, merupakan perpaduan sempurna yang tidak mudah untuk ditemukan. Liburan ke Pantai Tiku, terasa seperti liburan di pulau pribadi.

Wisata Bonto Royo

Wisata Bonto Royo

Bonto Royo adalah tempat wisata di Agam terbaru yang belum lama ini diresmikan, yaitu pada tanggal 28 Oktober 2018 kemarin. Bonto Royo memiliki luas sekitar 6,2 hektar, yang wilayahnya didominsi oleh perairan.

Panorama alam yang tersaji di Bonto Royo terlihat begitu asri, karena wilayahnya dikelilingi oleh perbukitan hijau. Objek wisata ini semakin menarik, karena ada banyak sekali wahana permainan yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Sebut saja flying fox, kolam air, seluncur air dan kolam lumpur.

Fasilitasnya juga sudah lengkap, baik itu kamar ganti, toilet, restoran dan mushola. Tahukah Anda, ternyata 30% hasil penjualan tiket masuk disumbangkan ke masjid-masjid sekitar.

Demikianlah informasi singkat mengenai 8 tempat wisata di Agam yang paling menarik untuk dikunjungi. Sebenarnya masih ada beberapa objek wisata lain di Kabupaten Agam, namun diatas adalah rekomendasi terbaiknya.

Semoga liburan Anda di Agam terasa berkesan dan menyenangkan.