13 Oleh Oleh Khas Padang yang Bercitarasa Lezat dan Wajib Dicoba

Posted on

Oleh oleh khas Padang memiliki banyak sekali jenisnya, mulai dari kuliner sampai camilan bercitarasa lezat. Pengunjung bisa berburu beraneka macam makanan menggugah selera ketika sedang berwisata di Padang untuk dibawa pulang. Selain makanan, Anda juga bisa membeli kaos bukittinggi dan mukena kerancang.

Padang adalah salah satu kota di Sumatera yang terkenal sebagai surganya makanan lezat. Disini wisatawan bisa memanjakan lidah mereka dengan olahan-olahan yang tidak ditemukan di tempat lain.

Selama ini Anda mungkin sudah mengenal rendang daging sapi dan cemilan khas padang dari singkong. Selain itu, ternyata masih ada banyak oleh oleh kas Padang lainnya yang tidak kalah menarik diwaba pulang. Yuk simak pembahasan lengkapnya berikut.

Rekomendasi Oleh Oleh Khas Padang Yang Sayang Dilewatkan

Kerupuk Jangek

Kerupuk Jangek

Kerupuk jangkek adalah kerupuk yang terbuat dari kulit kerbau atau sapi. Untuk menghilangkan bulu pada kulit, maka ia direbus kemudian dibakar terlebih dahulu baru kemudian dibuat kerupuk. Di daerah Jawa Timur, masyarakat menyebutnya sebagai kerupuk rambak.

Meskipun Anda bisa membeli kerupuk jangkek di rumah padang, namun tidak ada salahnya membeli langsung dari tempat asalnya. Perpaduan rempah dan bumbu yang digunakan mempersembahkan cita rasa khas Padang.

Sekarang Anda bisa membeli kerupuk jangkek balado, pedas manis dan rasa original. Cocok dijadikan teman ngopi ataupun lauk makan.

Keripik Sanjai

Keripik Sanjai

Ini dia oleh oleh khas Padang yang wajib banget buat dibeli setelah puas berwisata. Disebut keripik sanjai karena camilan ini berasal dari Desa Manggis Gantiang Sanjai. Ia terbuat dari bahan dasar singkong dan memiliki tiga varian rasa. Yaitu keripik sanjai asin, tawar dan balado.

Dari ke-tiga pilihan tersebut, keripik sanjai balado adalah yang paling recomended. Untuk bisa mencipipi kelezatan keripik sanjai, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya mahal. Harga keripik sanjai bervariatif, tergantung rasa dan ukuran yang Anda pilih.

Setiap pusat oleh-oleh Kota Padang pasti menjual keirip sanjai, sehingga mudah sekali untuk menemukannya.

Galamai

Galamai

Galamai mungkin terdengar asing karena namanya yang unik, namun sebenarnya ini adalah sejenis jenang atau dodol yang ada di Jawa. Untuk membuat galamai juga menggunakan bahan dasar yang sama, yaitu gula aren, tepung beras ketan dan santan.

Tunggu dahulu, jangan langsung menyamakannya lho ya. Karena ada pembeda diantara keduanya, yaitu penggunaan kacang tanah. Galamai dilengkapi kacang tanah untuk mencipakan rasa khas Padang dan sayang jika dilewatkan begitu saja.

Arai Pinang

Arai Pinang

Apakah Anda sedang mencari camilan tradisional khas Padang? Kalau begitu, jangan lupa membeli Arai Pinang. Ia terbuat dari rempah-rempah dan tepung beras yang bercitarasa gurih dan renyah ketika dimakan. Cocok untuk menemani waktu santai Anda di rumah atau selama perjalanan pulang.

Dakak-Dakak

Dakak-Dakak

Selain keripik, camilan khas padang dari singkong lainnya adalah dakak-dakak. Jajanan ini berupa singkong yang dipotong dadu, kemudian diolah menggunakan rempah. Soal citarasa, Anda tidak perlu tanya lagi, karena sudah pasti lezat dan gurih.

Dadiah

Dadiah

Dadiah merupakan oleh oleh khas Minangkabau berupa yoghurt susu kerbau. Proses pembuatannya sepenuhnya menggunakan cara tradisional, tanpa bantuan teknologi modern. Pertama-tama, susu kerbau diperas dan kemudian difermentasi menggunakan bambu ditutupi daun pisang.

Setelah 2-3 hari, dadiah siap dikonsumsi. Pusat oleh-oleh Padang banyak yang menjualnya, sehingga dadiah bukanlah jajanan yang sulit didapatkan. Harganya juga bersahabar dengan isi kantong Anda.

Kain Sulam Karancang

Kain Sulam Karancang

Selain makanan, oleh oleh khas Padang yang juga wajib dibawa pulang untuk diberikan kepada sanak saudara adalah kain sulam karancang. Kain dengan bordiran handmade ini biasa dibuat menjadi kerudung, sarung, mukena cantik dan lain sebagainya.

Jadi, tidak melulu soal membawa makanan lho ya. Kota Padang memiliki kerajinan tangan yang akan selalu mengingatkan Anda apabila pernah mampir kesana.

Roti Rendang

Roti Rendang

Semua orang pasti sudah mengerti betul betapa lezatnya rendang khas Padang. Coba bayangkan,  rendang tersebut dijadikan sebagai isian roti. Pasti menyuguhkan citarasa yang unik bukan? Kalau penasaran dan tertarik, jangan lupa untuk membeli roti rendang.

Tenang, Anda tidak perlu khawatir dengan kandungan minyak pada daging rendang. Karena daging tersebut sudah diolah sedemikian rupa sehingga minyaknya kesat dan sedikit. Pilihan menunya bukan hanya roti rendang ayam dan sapi, Anda juga bisa memilih varian roti rendang kacang merah.

Roti rendang umumnya dibanderol dengan harga Rp. 6.000 per biji. Banyak dijual di pusat oleh-oleh atau memesannya secara online. Cobain deh bagaimana jadinya tekstur roti berpadu dengan bumbu rendang.

Karak Kaliang

Karak Kaliang

Karak kaliang adalah jajanan kerupuk yang terbuat dari tepung ubi kayu berbumbu bawang putih dan garam, kemudian digoreng berbentuk mirip angka delapan. Meskipun terbuat dari bahan-bahan tradisional dan sederhana, citarasanya selalu berhasil membuat semua orang merasa ketagihan.

Anda bisa membeli oleh-oleh camilan khas padang ini dengan harga Rp. 5.000 per bungkus dengan datang langsung ke Kota Payakumbuh, pusatnya produksi Karak Kaliang. Karak Kaliang cocok dipilih apabila Anda sekeluarga hobi ngemil.

Bolu Batik

Bolu Batik

Jika sebelumnya ada beberapa camilan khas Padang yang masih terdengar asing ditelinga Anda, maka kali ini berbeda. Bolu adalah oleh-oleh khas di sejumlah daerah di Indonesia dan banyak dijual. Namun, Kota Padang memberikan sentuhan unik berpa motif batik, sehingga terlihat lebih unik dan menarik pembeli.

Citarasanya mungkin tidak jauh berbeda dari bolu-bolu pada umumnya. Harga bolu batik khas Padang dijual Rp. 60.000 per kotak. Wajar saja, karena untuk membuat motif batik diatas kue bolu membutuhkan proses rumit.

Dendeng Daun Singkong

Dendeng Daun Singkong

Masyarakat Padang kelihatannya memiliki banyak cara dalam menyuguhkan makanan unik, sebagaimana dendeng daun singkong ini. Bumbu dendeng yang lezat dan gurih sekarang bisa dinikmati oleh semua orang, tanpa khawatir dengan kandungan kolesterol pada daging.

Sebagai alternatif daging, Anda bisa menikmati daun singkong yang pastinya lebih sehat dan bebas kolesterol. Untuk membeli dendeng daun singkong, Anda perlu mengeluarkan uang sekitar Rp. 10.000-Rp. 20.000.

Kopi Kiniko Enterprise

Kopi Kiniko Enterprise

Rehat sejenak dari berburu cemilan, sekarang mari kita ngopi santai di Padang. Para pecinta kopi harus menyempatkan waktunya untuk mampir ke Batu Sangkar, Tanah Datar. Disana Anda bisa menikmati kopi khas yang disajikan diatas batok kelapa.

Apabila Anda suka dengan citarasanya, silahkan membawa pulang Kopi Kiniko Enterprise yang dijual Rp. 20.000 per bungkus. Sehingga bisa menikmati kopi khas Padang dimanapun dan kapanpun.

Rendang Suwir Ayam

Rendang Suwir Ayam

Karena tidak semua orang menyukai daging sapi, maka dihadirkanlah rendang suwir ayam. Sekarang Anda bisa mencicipi bumbu rendang yang lezat dan menggugah selera pada daging ayam. Secara sekilas bentuknya terlihat mirip seperti abon.

Rendang suwir ayam adalah salah satu oleh oleh khas Padang favorit wisatawan. Membawanya pulang bukanlah suatu masalah, karena memang makanan ini mampu bertahan lama. Setibanya di rumah, menyantap rendang suwir ayam bersama nasi hangat pasti sangat lezat. Harga rendang suwir ayam dijual Rp. 50.000 per kotak.

Demikianlah pembahasan tentang tiga belas oleh oleh khas Padang yang sayang dilewatkan. Silahkan pilih sendiri mana yang paling Anda sukai, bisa membeli makanan, camilan atau bahkan pakaiannya.