10 Oleh Oleh Khas Jogja dan Souvenir Murah Yang Paling Banyak Diminati Wisatawan

Posted on

Oleh oleh khas Jogja – yogyakarta adalah merupakan sebuah kota yang terletak di Pulau jawa yang memiliki segudang budaya dan sejarah yang menarik disimak. Tidak hanya itu, kota yang dijuluki dengan kota istimewa ini juga memiliki warga yang sangat rama dan santu terhadap turis yang datang kek kotanya, justru karena itu sangat banya para wisatawan sangat senang berkunjung ke Kota Yogyakarta ini.

Selain itu para wisatawan yang pernah datang ke Kota Jogja ini terlihat ingin terus bolak balik untuk terus berkunjung ke kota istimewa ini untuk menikmati wisata, kuliner, budaya unik yang dimiliki kota jogja ini.

Oleh Oleh Khas Jogja

Buat anda yang berminat untuk berwisata ke kota budaya ini, ada baiknya anda mencari tahu terlebih dahulu lokasi wisata mana yang cocok untuk anda, dan mengetahui apa saja oleh-oleh khas yang ada dikota ini yang bisa anda bawa pulang untuk diberikan kepada saudara atau orang terdekat anda.

Nah bagi anda yang penasaran apa saja oleh-oleh khas yang ada dijogja, dibawah ini saya sudah rangkum satu persatu untuk anda. Langsung saja simak artikelnya dibawah ini.

Bakpia

Bakpia Jogja

Jogja memang dikenal dengan makanan khasnya yaitu bakpia. Bakpia selain dijadikan oleh – oleh, juga bisa dijadikan buah tangan bagi para wisatawan. Karena semakin banyaknya permintaan pasar, maka semakin banyak pula produk baru yang bermunculan. Di Jogja ini ada beberapa kedai atau warung oleh – oleh yang masih melestarikan rasa khasnya, antara lain : bakpia kurnia sari berada di Jl. Glagahsari No. 91C, Warungboto, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, bakpia patok 25 di Jl. Aip II KS Tubun blok NG I No. 504, Kadipaten, Kraton, Kota Yogyakarta, bakpia merlino Jl. R. E. Mardinata blok B No. 24, Pakucen, Wirobrajan, Kota Yogyakarta, bakpia djava di Jl. Laksa Adisucipto KM 8,5, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kab. Sleman.

Gudeg Kering Yu Djum

Gudeg Kering Yu Djum

Gudeg merupakan salah satu khas joga yang tak boleh sampai terlewatkan, yang terbuat dari bahan utama nangka. Yang memiliki citarasa yang khas dan gurih, dan makanan ini cukup ramah kantong karena tidak terlalu mahal. Nasi gudeg, krecek dan telur harganya Rp. 10.000 saja kalau ada tambahan ayam dada harganya mencapai Rp. 30.000. Selain menikmati ditempat saja, anda juga bisa memesan untuk dijadikan oleh – oleh anda dapat memilih dibungkus menggunakan besek atau menggunakan kendil. Anda bisa mendapatkan gudeg yu djum ini dibeberapa tempat seperti : Jl. Kaliurang Km 4,5 Yogyakarta (timur MM UGM), Jl. Wijilan No. 167 Yogyakarta (sebelah timur alun – alun utara), Jl. Dagen No. 2C (Malioboro), Jl. Kaliurang Km. 5 Koncoran Gg. Sri Kraton 2, Jl. Laksda Adisucipto Km. 9 No. 6A (dekat bandara adisucipto), Jl. Wates Km 12 Kalakan, Bantul dan Jl. AM Sangaji No. 93 Monjali, yogyakarta(utara hotel tentrem).

Kaos Dagadu

Kaos Dagadu

Kaos dadagu hampir mirip dengan joger bali, keduanya sama memiliki kata – kata unik dan sama – sama produknya itu memiliki tiruan yang mengatasnamakan produk mereka. Dan untuk membeli produk kaos yang orisinal di Jogja hanya ada 3 tempat : Jl. Gedongkuning(Yogyatorium), Lower Ground Malioboro Mall dengan nama posyandu (pos pelayanan dadagu), dan posyandu 2 yang berada di pojok utara alun – alun.

Baju Batik

Baju Batik

Di Jogja terdapat keragaman motif batik yang memiliki keindahan dan makna yang berbeda dalam setiap modelnya. Salah satu contohnya adalah motif ceplok merupakan batik yang memiliki bentuk bunga mawar dan bintang yang memiliki tambahan garis geometris, dan batik kawung yang berbentuk empat lingkaran yang melambangkan empat mata angin. Dan kemudian ada motif parang ini sangat cocok untuk kaum lelaki karena memiliki bentuk pedang atau kris, lalu ada juga motif lereng, motif nitik, dan ada yang melambangkan cinta dan kasih sayang permaisuri itu adallan motif truntum dengan gambar bunga, motif semen dengan ornamen flora, fauna, yang berkaitan dengan air dan lautan, dan ada juga motif garda dan isen. Dengan keragaman motif batik itu tentunya kita sangat ingin membelinya untuk buah tangan atau semata untuk tambahan koleksi saja bukan?

Gerabah Jogja

Gerabah Jogja

Jogja merupakan salah satu kota wisatawan dan disebut juga sebagai kota pelajar, tidak hanya sejarahnya saja, di Jogja ini juga terkenal dengan keindahan alamnya yang memiliki daya tarik tersendiri untuk para wisatawan lokal maupun asing. Di Jogja ini juga terdapat salah satu kerajinan yakni kasongan dan banyak wisatawan yang minat untuk ketempat ini. Dulu ada desa yang merupakan tempat tinggal para gundi (sebutan pengrajin tanah liat), grabah yang dibuat oleh para pengrajin ini yang sudah terkenal baik diIndonesia maupun mancanegara. Selain kita bisa melihat pembuatannya, kita juga bisa membeli hasil kerajinan ini dan lokasinya tidak sulit ditemukan, berada di Pedukuhan Kajen, Desa Bangunjiwo, kec. Kasihan, Bantul, di Yogyakarta.

Mamahke Jogja

Mamahke Jogja

Jika yang selama ini anda kenal khas jogja itu hanya gudeg dan bakpia, kini telah hadir mamahke. Mamahke adalah jenis makanan berupa kue yang memiliki rasa yang unik dan memiliki rasa yang begitu khas.

Untuk mendapatkan kue ini memang dibutuhkan perjuangan sekali, bagaimana tidak? Karena anda harus mengantri sampai 8 jam. Mungkin karena baru buka dan langsung menjadi momok masyarakat setempat dan parawisatawan sehingga tempat ini sangat padat. Walaupun harus mengantri lama, jangan khawatir karena harga dari kue ini cukup terjangkau untuk varian double chocolate, red velvet, tiramizu dan choco banana harganya Rp. 55.000/ kotaknya. Dan untuk varian cheese dan green tea dengan harga Rp. 60.000.

Untuk lokasinya sendiri mamahke jogja terletak sangat trategis karena berada didalam lingkungan keraton ngyogyakarta. Alamat lengkapnya adalah Patehan, Keraton, Yogyakarta. Lokasinya juga berdekatan dengan wisata tamansari tepatnya berada sebelah selatan dari situs pemandian keraton.

Geplak Jogja

Geplak Jogja

Kalau berlibur ke Jogja memang tidak apdol kalau tanpa oleh oleh, salah satu kue khas jogja yang tidak boleh terlewatkan adalah geplak. Geplak memiliki khas legit tapi kalau sudah digigit jadi pengen nambah lagi dan lagi, dengan memiliki bentuk yang parian menjadikan makanan ini lebih istimewa lagi.

Geplak berbentuk bulat terbuat dari daging kelapa yang disajikan dengan rasanya yang manis. Geplak yang paling terkenal di Bantul adalah geplak mbok tumpuk yang berlokasi di Jl. KH. Wahid Hasyim No. 104 Yogyakarta.

Yangko

Yangko

Yangko merupakan salahsatu makanan khas dari Yogyakarta yang menjadi bahan baku utama adalah tepung ketan, dan berbentuk kotak – kotak kecil yang dibaluri tepung ketan, dan kalau digigit itu kenyal, memiliki rasa yang manis. Yangko pada dasarnya dicampur dengan kacang dan hampir mirip dengan moci, namun bedanya kalu moci lebih kenyal dan lebih lembek ketimbang yangko. Pada jaman era modern seperti sekarang ini yangko memiliki rasa varian buah buahan seperti durian, melon dan stawberry, yangko mudah ditemukan didaerah Kotagede, Yogyakarta.

Coklat Monggo

Coklat Monggo

Coklat pada umumnya identik dengan rasa yang manis, namun bagi anda yang sedang menjalani diet sangat takutkan untuk mengonsumsi coklat? Eits jangan khawatir karena coklat monggo ini dijamin aman untuk diet anda. Kini coklat ini sudah dijadikan oleh – oleh khas Jogja, yang berlokasi di Kota Gede.

Gantungan Kunci Khas Jogja

Gantungan Kunci

Selain makanan yang dijadikan sebagai oleh oleh, di Jogja ini terdapat cendramata yang bisa dijadikan oleh oleh selain awet, harganya pun murah adalah gantungan kunci. Gantungan kunci ini dibuat dengan berbagai model dan terbuat dari bahan kayu. Untuk mendapatkan gantungan kunci ini anda bisa mendapatkannya di Pasar Malioboro.

Diatas merupakan 10 oleh oleh khas jogja yang bisa dijadikan pilihan utama saat berkunjung ke Jogja nanti. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat untuk anda semua, selamat berwisata dan jangan lupa untuk mencicipi setiap kuliner di Jogja ya guys.