Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami dan Cepat, Paling Jitu!

Posted on

Cara menurunkan darah tinggi / hipertensi bukanlah sesuatu yang bisa dilakukan secara instan. Membutuhkan komitmen yang kuat untuk mulai mengubah pola hidup sehari-hari. Bukan hanya sebentar, namun waktu cukup lama agar bisa mendapatkan hasil maksimal. Bagaimana, apakah Anda sudah siap?

Darah tinggi adalah penyakit yang disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah. Ini menyebabkan tekanan darah menjadi naik. Risiko jika tidak segera ditangani sangatlah berbahaya, baik serangan jantung ataupun stroke.

Darah tinggi bisa menyerang wanita hamil, orang dewasa dan orang tua. Selain menjauhi makanan penyebab hipertensi, Anda juga harus mau mempraktekkan beberapa cara menurunkan tekanan darah tinggi secara alami berikut.

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Tanpa Obat yang Dijamin Ampuh

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika hendak mengurangi tekanan darah tinggi. Cara menurunkan tekanan darah tinggi yang pertama adalah menjaga berat badan stabil dan normal.

Biasanya penderita hipertensi adalah penderita obesitas. Jadi jaga berat badan supaya stabil dan tidak bertambah. Lakukanlah diet sehat dan tidak ekstream, supaya tubuh mendapatkan nutrisi yang cukup.

Cara diet pun tidak sebaiknya diet ketat. Tetapi makan seperti biasa, hanya saja perbanyak olahraga. Tetapi jika tubuh cukup lemah untuk berolahraga, dapat melakukan cara yang lain. Cara tersebut adalah dengan berpuasa.

Kunci utama dalam menurunkan hipertensi adalah dengan melakukan pola hidup sehat. Jaga kesehatan tubuh dengan asupan nutrisi cukup dan olahraga dengan teratur.

Tips Makanan yang Sebaiknya Rutin Dikonsumsi Penderita Hipertensi

Setelah memahami betapa pentingnya menjaga pola hidup sehat, pasti Anda bertanya-tanya makanan seperti apa sih yang sebaiknya dikonsumsi. Anda bisa mengatasi permasalahan ini secara tradisional dengan rutin minum jus penurun hipertensi dan makanan tertentu.

Bagaimana, merasa penasaran? Simak ulasan lengkapnya berikut.

Low salt food dan non vetsin

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Garam merupakan bahan utama dalam setiap masakan. Begitu pula dengan vetsin. Kedua bahan tersebut menjadi bahan yang harus ada dan untuk membuat rasa makanan menjadi enak.

Namun bagi penderita hipertensi, sebaiknya kurangi konsumsi garam dalam setiap masakan. Sedangkan bagi yang sering memanfaatkan vetsin, sebaiknya buang jauh – jauh bahan masakan tersebut dan hentikan konsumsi vetsin selamanya.

Buah bit

Buah bit

Buah bit adalah buah yang tergolong ke dalam umbi – umbian dan masih ke dalam jenis sayur. Buah ini mempunyai bentuk seperti kentang. Warna dari buah ini adalah ungu kemerahan.

Buah ini mempunyai kandungan karbohidrat yang tinggi. Tetapi mempunyai kandungan lemak, protein dan kalori yang rendah. Sehingga sangat disarankan untuk diet, khususnya untuk diet penderita hipertensi. Buah ini mempunyai rasa manis yang terkandung dalam karbohidrat dan tidak mengandung glukosa sama sekali.

Cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan buah bit bisa beragam pilihannya. Dapat dijadikan sebagai jus dan dapat juga direbus. Dengan konsumsi buah bit dapat memperlancar program diet tanpa menahan rasa lapar.

Dark chocolate

Dark chocolate

Sekilas makanan ini sangat bertolak belakang dengan program diet. Karena coklat sendiri merupakan salah satu makanan yang dapat menyebabkan obesitas paling tinggi.

Tetapi dalam coklat ini memiliki kandungan antioksidan flavonoid 2 kali lipat dari coklat biasa. Kandungan tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Serta dapat membuat aliran darah menjadi lancar. Dengan aliran darah lancar, dapat mengembalikan tekanan darah ke dalam kondisi normal.

Meskipun sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Namun makanan ini tidak sepatutnya dikonsumsi dalam jumlah besar untuk sekali makan. Untuk konsumsi maksimal dark chocolate hanya 30 gram per hari.

Yoghurt

Yoghurt

Selain sangat berguna bagi kesehatan pencernaan, yoghurt juga sangat efektif dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Yoghurt ini merupakan olahan susu fermentasi yang dapat menghasilkan protein dan baik.

Dengan konsumsi yoghurt dapat menyeimbangkan metabolisme tubuh, khususnya dalam proses pencernaan makanan. Selain itu dapat memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh.

Pisang

Pisang

Cara menurunkan tekanan darah tinggi berikutnya adalah dengan rutin mengonsumsi buah pisang. Pisang cocok sebagai obat alami hipertensi karena mengandung kalium yang cukup tinggi.

Kandungan kalium pada buah pisang dipercaya mampu menyeimbangkan kadar natrium didalam tubuh. Efek yang ditawarkan adalah tekanan darah bisa dikurangi secara efektif. Meski dikenal sebagai buah murah meriah, pisang ternyata juga kaya manfaat.

Mudah bosan jika harus mengonsumsi dalam bentuk buah? Anda bisa membuatnya menjadi jus atau sebagai teman yogurt dan sereal.

Kentang

Kentang

Siapa sangka, ternyata kentang bisa dijadikan salah satu cara menurunkan tekanan darah tinggi. Pasalnya, kentang mengandung magnesium dan kalium tinggi. Keduanya dipercaya mampu membantu mengatasi hipertensi secara efektif.

Lebih dari itu, kandungan serat didalam kentang juga sangat bermanfaat bagi tubuh. Mengonsumsi kentang bisa membantu perut merasa kenyang lebih lama. Sehingga, nafsu makan menurun dan terhindar dari obesitas.

Bukankah sudah saya sampaikan diatas, jika menjaga berat badan ideal adalah kunci utama dari penanganan hipertensi.

Ikan

Ikan

Berkat kandungan Vitamin D didalamnya, ikan bisa menjadi alternatif lain bagi Anda yang sedang mencari cara menurunkan tekanan darah tinggi. Beberapa jenis ikan yang direkomendasikan kepada penderita hipertensi antara lain ikan salmon, ikan trout dan lain sebagainya.

Menurut sejumlah penelitian, kandungan lemak omega-3 pada ikan mampu membantu mengurangi darah tinggi secara efektif.

Kendati demikian, manfaat itu bisa saja hilang ketika Anda salah mengolahnya. Hindari penggunaan garam dan digoreng. Lebih baik mengolesi ikan dengan minyak zaitun dan menambahkan sedikit lada hitam.

Jika sudah siap, panggang ikan hingga matang.

Buah Berry

Buah Berry

Buah-buahan yang tergolong ke dalam keluarga berry bisa Anda pilih sebagai cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan mudah dan lezat. Adapun buah yang dimaksud antara lain strawberry, raspberry dan blueberry.

Khasiat ini didapat karena buah berry mengandung flavonoid tinggi. Berdasarkan sebuah studi, flavonoid pada buah berry mampu mencegah sekaligus mengatasi masalah hipertensi.

Jus Seledri

Jus Seledri

Bagi Anda yang sedang mencari jus penurun darah tinggi, maka bisa mencoba rutin minum jus seledri. Sudah sejak lama, selederi dimanfaatkan oleh orang China untuk mengobati hipertensi secara tradisional.

Seledri diketahui mengandung antioksidan, mineral dan kalium tinggi. Ada pula kandungan berupa senyawa 3-N-Butilphthalide (BNP) yang bermanfaat meleberkan otot dinding arteri. Sehingga, peredaran darah bisa berjalan lancar.

Bawang Putih

Bawang Putih

Yang terakhir, cara menurunkan tekanan darah tinggi adalah dengan rutin mengonsumsi bawang putih. Bumbu dapur ini mengandung senyawa alisin yang berguna untuk mencegah pembekuan darah dan melebarkan pembuluh darah.

Selain itu, bawang putih juga sangat ampuh menghancurkan kolesterol jahat dan lemak. Sehingga secara tidak langsung menghindarkan Anda dari masalah darah tinggi.

Itulah cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan efektif. Serta daftar makanan pendukung yang sangat berguna untuk mengembalikan tekanan darah dalam kondisi normal.