Mengobati penyakit Jantung Lemah Yang Paling Ampuh

Posted on

Penyakit Jantung – Jantung lemah adalah kondisi ketika organ jantung tidak bisa memompa darah secara normal ke seluruh bagian tubuh. Bagi penderita jantung lemah, tidak semuanya bisa menormalkan detak jantung seperti semula. Kendati demikian, ada beberapa cara mengobati jantung lemah yang bisa mengendalikan kondisi ini dan membuat pasien hidup lebih lama.

Risiko mengalami lemah jantung pada wanita dan laki-laki sama, dengan penderita umumnya usia dewasa dan lansia. Beberapa faktor penyebab penyakit ini antara lain serangan jantung, darah tinggi, anemia, dan diabetes.

Bicara soal cara mengobati jantung lemah, Anda bisa membeli obat di apotik dan mengubah pola hidup sehari-hari. Untuk penjelasan lebih lengkap, silahkan disimak penjelasan berikut ini.

Apel

Apel

Bagi Anda yang ingin memiliki jantung sehat, dianjurkan supaya rutin mengkonsumsi buah apel. Apel mengandung flavonoid dan Vitamin C yang sangat bagus untuk kesehatan jantung. Flavonoid dapat membantu meningkatkan kekuatan jantung secara efektif.

Ini dilakukan dengan mengurangi adhesi arteri yang terdapat pada arteri. Sekaligus menurunkan kadar kolesterol, melebarkan dan mengistirahatkan arteri. Sebaiknya memilih buah apel yang terlihat mengkilap, tidak memar dan kusam.

Nanas

Nanas

Cara mengobati jantung lemah dengan alami berikutnya adalah memanfaatkan buah nanas. Siapa sangka, dibalik daging buah berwarna kuning terang dan bercitarasa segar ini mengandung Vitamin C yang sangat tinggi. Saking tingginya, bahkan bisa memenuhi kebutuhan tubuh secara 100%.

Jantung membutuhkan Vitamin C untuk menangkal serangan radikal bebas, sehingga kinerja jantung lebih kuat dan lebih baik.

Penting diingat, bahwasannya wanita tidak diperbolehkan terlalu banyak makan nanas. Pasalnya, bisa memicu keputihan.

Kiwi

Kiwi

Mirip seperti nanas, kiwi adalah buah yang diperkaya kandungan Vitamin C. Bahkan kandungan Vitamin C pada buah kiwi 2x lipat lebih banyak dibandingkan jeruk. Oleh sebab itu, mulai masukkan kiwi ke dalam list menu makan sehat harian Anda.

Tingginya Vitamin C di dalam buah kiwi berperan penting untuk melawan radikal bebas di tubuh. Sekaligus membuat pembuluh darah lebih elastis,  sehingga sirkulasi darah menjadi lancar dan organ jantung lebih kuat.

Alpukat

Alpukat

Sudah sejak lama, buah alpukat dikenal dengan beragam khasiatnya yang luar biasa untuk kesehatan tubuh. Kaitannya dengan kesehatan jantung, buah alpukat mengandung tinggi kalium dan rendah gula. Ini bermanfaat untuk menahan otot-otot jantung yang tegang, sehingga kinerja jantung semakin kuat.

Secara garis besar, alpukat mampu menghindarkan jantung dari berbagai penyakit berbahaya. Ada beberapa pilihan apabila Anda ingin mencoba cara mengobati jantung lemah dengan buah alpukat. Seperti dibuat jus, salad dan masih banyak lagi.

Melon

Melon

Buah-buahan lain yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi penyakit jantung lemah adalah melon. Didalam buah melon, kita bisa menemukan sejumlah nutrisi yang bagus untuk membantu kesehatan jantung. Seperti Vitamin B6, Potasium, Folat, Vitamin A dan C.

Melon memiliki citarasa manis dan lezat, sehingga cara mengobati jantug lemah ini bisa dilakukan oleh semua orang. Melon yang dipotong-potong dan sudah disimpan selama 5 hari bahkan tidak kehilangan manfaatnya sama sekali. Menarik bukan?

Bawang Putih

Bawang Putih

Beralih sejenak dari kelompok buah-buahan, sekarang mari kita bahas tanaman untuk mengobati lemah jantung. Yang pertama ada rempah-rempah dan biasa dimanfaatkan sebagai bumbu masakan, yaitu bawang putih.

Bawang putih diketahui mengandung anti-bakteri, anti-jamur dan anti-kanker, sehingga cukup efektif dalam mengatasi penyakit jantung. Tidak berhenti sampai disitu, kandungan antioksidan pada bawang putih juga sangatlah tinggi. Sehingga mampu mencegah penyakit jantung, dengan melawan serum lemak dan oksidasi.

Masih ada kemampuan bawang putih lainnya, yakni melarutkan LDL (kadar kolesterol jahat) dan secara bersamaan meningkatkan HDL (kolesterol baik). Supaya Anda semakin rajin mengkonsumsi bawang putih, rempah tradisional ini mampu menurunkan gula darah, mengurangi tekanan darah tinggi dan mengobati gangguan pencernaan.

Rajin Berolahraga

Rajin Berolahraga

Bagi Anda yang ingin menormalkan detak jantung bermasalah, olahraga secara rutin menjadi kegiatan wajib sehari-hari. Dengan rutin olahraga selama 15 menit per hari, ini akan membantu meningkatkan sirkulasi, sehingga membuat detak jantung dan tekanan darah lebih stabil.

Bukan hanya membuat tubuh terasa segar, olahraga juga bisa membantu Anda terhindar dari risiko penyakit diabetes dan obesitas. Latihan olah fisik beruna meningkatkan kinerja jantung, sehingga membuat oksigen yang diedarkan ke seluruh bagian tubuh lebih banyak.

Cara mengobati jantung lemah bisa dimulai dengan jalan cepat, berenang, lari, bermain tenis, bersepeda, senam, lompat tali dan sebagainya.

Hentikan Kebiasaan Merokok

Hentikan Kebiasaan Merokok

Rokok adalah musuh utama bagi kesehatan jantung. Kebiasaan ini harus segera dihentikan, apabila Anda ingin memiliki jantung yang lebih sehat. Menghisap rokok sama saja memasukkan racun berbahaya ke dalam tubuh. Semakin sering Anda merokok, maka bahayanya juga semakin besar.

Salah satu efek negatif dari kebiasaan merokok adalah jantung lemah. Hal itu disebabkan oleh zat karbonmonoksida yang ada pada rokok. Karbonmonoksida ini bisa memicu terjadinya pengerasan di pembuluh koroner.

Nikotin dan Zat CO2 pada rokok juga bisa mengganggu kinerja jantung, karena secara berangsur-angsur menyempitkan pembuluh darah, meningkatkan tekanan darah dan menurunkan fungsi sel darah merah untuk memasok oksigen.

Sehingga, cara mengobati lemah jantung terbaik adalah segera menghentikan kebiasaan merokok.

Oatmeal

Oatmeal

Oatmeal bisa menjadi alternatif lain untuk membantu menormalkan detak jantung yang lemah. Makanan sehat satu ini mampu mengusir kolesterol jahat yang ada pada arteri. Selain itu, oatmeal juga diperkaya asam lemak Omega-3 untuk mempertahankan detak jantung agar tetap stabil.

Yogurt

Yogurt

Cara mengobati jantung lemah selanjutnya adalah dengan rutin mengkonsumsi yogurt. Yogurt diperkaya Vitamin B 12 yang berguna untuk membantu perkembangan sel-sel saraf dan akhirnya memperkuat sistem saraf dalam mengatasi stress.

Kurangi Asupan Lemak

Kurangi Asupan Lemak

Asupan lemak tinggi yang secara terus menerus diterima oleh tubuh bisa berakibat fatal, yaitu meningkatkan kadar kolesterol dan menimbun banyak lemak. Keduanya bisa mengganggu kesehatan jantung dan membuat aliran darah tidak lancar.

Karena asupan lemak tinggi biasa ditemukan pada daging, sebisa mungkin batasi konsumsi daging supaya lemah jantung tidak bertambah buruk.

Gejala dan Ciri-Ciri Jantung Bermasalah

Meskipun sebagian penderita jantung lemah tidak memiliki gejala apapun, akan tetapi seiring berkembangnya penyakit ini memunculkan beberapa gejala sebagai berikut:

  • Kepala pusing
  • Kelelahan
  • Kesulitan bernapas atau sesak napas, khususnnya ketika beraktivitas fisik yang berat
  • Batuk ketika berbaring
  • Perut kembung karena penumpukan cairan
  • Kenaikan berat badan
  • Aritmia (detak jantung tidak teratur)
  • Pingsan ketika beraktivitas
  • Kenaikan berat badan
  • Pembengkakan pada bagian tubuh tertentu (telapak kaki, pergelangan kaki, urat leher, perut dan kaki)
  • Nyeri dada setiap makan banyak atau sesudah beraktivitas berat.

Apabila Anda mengalami beberapa gejala diatas dan merasa khawatir, segera konsultasikan ke dokter.

Demikianlah sedikit pembahasan mengenai 11 cara mengobati jantung lemah, semoga bermanfaat.