Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Alami

Posted on

Menghilangkan bau ketiak – Setiap orang pasti akan selalu tidak percaya diri, apabila memiliki bau badan yang sangat menyengat. Siapa sih yang betah dengan bau badan? Tentunya tidak akan nyaman bukan? Bau ketiak muncul akibat pori – pori kulit yang tertutup membuat keringat menjadi bau yang tidak sedap. Selain itu, keringat yang bau menimbulkan munculnya rasa tidak percaya diri.

Oleh karena itu, menjaga agar badan tetap wangi dan terhindar itu perlu. Namun, ada banyak metode yang perlu dilakukan untuk menghilangkan bau ketiak salah satunya adalah menghilangkan bau ketiak dengan cara alami. Nah, berikut ini sudah kami ulas beberapa cara menghilangkan bau ketiak secara alami.

Jahe

Jahe

Bau ketiak, tentunya membuat orang tidak percaya diri. Karena tubuh mengeluarkan bau yang tidak sedap dan sehingga menyebabkan bau ketiak pada tubuh kita.

Jahe adalah salah satu solusi menghilangkan bau yang berlebihan pada area ketiak kamu. Karena jahe mengandung minyak atsiri, bisabolene, zingiberol, gingerol, kurkumen, resin pahit dan filandrena. Namun, yang berguna bagi menghilangkan bau adalah minyak atsirinya. Caranya, dengan mengkonsumsi tiap malam sebelum tidur wedang jahe, maka bau ketiak kamu akan semakin berkurang.

Daun sirih

Daun sirih

Daun sirih memang sudah dikenal oleh banyak orang sebagai tanaman herbal yang memiliki segudang manfaat, terutama bagi kamu hawa. Daun yang memiliki aroma yang khas ini ternyata juga membantu menghilangkan bau ketiak pada tubuh.

Caranya, dengan mengkonsumsi air rebusan daun sirih setiap hari dan mengoleskan sesekali hasil tumbukan daun sirih pada ketiak maka bau badan akan berkurang.

Jeruk nipis

Jeruk nipis

Jeruk nipis terkenal dengan vitamin C nya tinggi dan asam sitrat. Namun tahukah kamu, jeruk nipis juga memiliki manfaat bagi menghilangkan bau ketiak. Asam sitrat inilah yang membantu membunuh bakteri akibat jamur yang bisa menyebabkan bau tak sedap pada tubuh kamu.

Caranya, siapkan jeruk nipis yang sudah matang. Kemudian potong jeruk nipis dan gosokkanlah pada ketiak kamu. Setelah itu, diamkan sampai kering sebelum mengenakan pakaian. Lakukanlah setiap hari dan jadikan pengganti deodorant.

Cuka apel

Cuka apel

Salah satu cara lainnya menghilangkan bau tak sedap pada ketiak adalah cuka apel. Cuka apel akan bekerja lebih baik dalam menghilangkan bau badanm karena bisa menghilangkannya dalam waktu yang cukup lama.

Caranya, rendam kapas secukupnya pada cuka apel. Kemudian usapkan pada ketiak dan diamkan sampai mengering. Setelah itu, bilas sampai bersih dan gunakan sabun agar menghilangkan bau cuka yang menyengat. Lakukan perawatan ini dengan rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal, minimal 3 kali dalam seminggu.

Memperbanyak minum air putih

Memperbanyak minum air putih

Banyak meminum air putih adalah solusi terbaik dan alami untuk menyembuhkan bau ketiak yang tidak sedap. Dengan meminum banyak air putih, maka racun dalam tubuh akan keluar melalui urin dengan begitu bakteri – bakteri jahat penyebab bau badan akan bye bye pergi. Hindari juga setres dan gerah yang akan memicu keringat berlebih.

Mencukur bulu halus yang ada pada daerah ketiak

Mencukur bulu halus yang ada pada daerah ketiak

Pada umumnya bagian ketiak akan mengeluarkan bau yang tidak sedap, hal ini dipicu akibat daerah tersebut memiliki bulu yang begitu lebat sehingga kelenjar apokrin bekerja lebih aktif.

Ada penemuan di hasil study, yang menunjukan pada orang yang memiliki bulu ketek yang banyak dan kemudian bulunya dihilangkan permanen dan disitu terlihat kalau kelenjar apokrin tidak berfungsi lagi sehingga secara alami mengecil, sehingga tidak keluar lagi bau yang menyengat pada bagian itu.

Bedak bayi

Bedak bayi

Bedak bayi ternyata selain memiliki manfaat untuk mengharumkan badan, juga memiliki manfaat menghilangkan bau badan. Caranya, dengan mengaplikasikan bedak bayi pada ketiak sebagai pengganti deodorant.

Daun kemangi

Daun kemangi

Menghilangkan bau badan selanjutnya adalah dengan daun kemangi. Cara menggunakannyapun cukup mudah. Berikut adalah cara – caranya :

  • Cara pertama Remas – remas beberapa helai daun kemangi, kemudian gosokkan pada bagian ketiak dan biarkan sampai kering. Setelah itu, baru kamu bisa memasang baju kamu.
  • Cara kedua haluskan daun kemangi dan berilah sedikit air dan kemudian oles – oles pada bagian ketiak kamu selama 1 menit. Kemudian lap dengan tisu atau handuk kering.
  • Cara ketiga dengan memakan daun kemangi setiap hari ( sarapan, makan siang dan makan malam ) maka bau ketiak kamu akan hilang.

Baking soda

Baking soda

Baking soda dikenal sebagai soda bikarbonat yang menrupakan senyawa kristal dan putih. Baking soda juga memiliki manfaat bagi kesehatan salah satunya adalah menghilangkan bau ketiak.

Baking soda mampu menyerap kulit lembab agar tetap kering dan mencegah munculnya bau ketiak dan mampu membunuh bakteri yang ada pada tubuh.

Cara – cara menggunakan baking soda :

Air dan baking soda

Sapukan sedikit baking soda di bawah lengan dan biarkan menyerap keringat, diamkan kurang lebih 10 menit dan bersihkan dengan air.

Tepung maizena dan baking soda

Campurkan secangkir tepung maizena, secangkir air dan satu sendok makan baking soda.

Pastikan tercampur rata, kemudian oleskan campuran tadi saat kamu mandi dan biarkan mengering. Kemudian bilas. Lakukan caara ini sekali sehari.

Lemon dan baking soda

Peras satu buah lemon dan kemudian masukan baking soda, dan tambahkan sedikit air agar tercampur rata. Kemudian oleskan pada ketiak dan diamkan kurang lebih 20 menit dan bilas.

Minyak kelapa dan baking soda

Campurkan 3 sdt minyak kelapa dengan 3 sdt baking soda. Gunakan campuran ini sebagai pengganti deodorant.

Bunga kecombrang

Bunga kecombrang

Bunga kecombrang hanya dikenal oleh beberapa orang saja dan hanya ada beberapa orang yang menyukai bunga kecombrang ini. Bunga kecombrang memiliki bau yang khas. Namun, tahukah kamu kalau bunga kecombrang memiliki manfaat menghilangkan bau ketiak?

Kecombrang juga memiliki kandungan yang kaya akan anti oksidan dan zat – zat yang bermanfaat sekali bagi tubuh yaitu zat fenolik, saponin, tannin, alkaloid, flavonida, glikosa, triterpenoidm polifenol, antimikrobam mineral dan vitamin. Zat – zat tersebut sangat bermanfaat bagi menghilangkan bau ketiak.

Caranya dengan menumbuk kasar bunga kecombrang dan batangnya, kemudian jadikan sebagai pengganti sabun mandi. Lakukan setiap kali mandi agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Daun beluntas

Daun beluntas

Tanaman beluntas juga salah satu pengobatan secara alami menghilangkan bau ketiak.

Caranya

  • Cara pertama dengan merebus 10 sampai 15 lembar daun beluntas yang sudah dibersihkan dengan dua gelas air, dan biarkan sampai tersisa satu gelas. Dan setelah itu, angkat dan biarkan dingin. Kemudian, minum air rebusan tersebut.
  • Cara kedua tumbuklah daun beluntas kurang lebih 10 lembar sampai keluar getahnya, kemudian balurkan getah daun beluntas tadi pada ketiak dan jadikan sebagai pengganti deodorant.

Mentimun

Mentimun

Mentimun memiliki kandungan air yang tinggi dan memiliki kandungan vitamin K, vitamin C, magnesium, kalsium, fosfor, seng, tembaga, zat besi, folat, asam pantotenat, thiamin, rioboflavin, B6, vitamin A dan mangan. Kandungan tersebut juga bermanfaat bagi menghilangkan bau ketiak.

Caranya

  • Cara pertama kamu hanya perlu menggunakan mentimun ini sebagai masker.
  • Cara kedua dengan menggosokkan irisan mentimun pada area ketiak setiap kali sudah mandi dan kurang lebih 15 menit.

Adapun tips – tips dari dr Irma dan dr Nila untuk mengatasi bau badan:

  • Mengurangi makanan yang spicy dan makanan yang berbau tajam seperti jengkol, petai, bawang putih dan konsumsilah banyak sayur.
  • Menjaga kebersihan diri dengan mandi secara teratur, hindari cuaca lembab dan panas, tidak menggunakan celana yang berbahan jeans berkali – kali.
  • Mencukur bulu ketiak agar tidak terlalu lebat sehingga kelenjar apokarin tidak aktif.
  • Jika cara sebelumnya tidak juga berhasil, maka dianjurkan untuk menggunakan tawas atau formalin 10 persen. Namun hanya memberikan efek sementara saja.
  • Jika cara diatas sudah semua dilakukan namun tidak juga berhasil, maka bisa dilakukan botox untuk merileksasikan otot sehingga keringat berkurang atau operasi untuk mengangkat kelenjarnya.

Itulah bebrapa cara menghilangkan bau ketiak secara alami. Mau cara mana yang kamu coba?