Mengatasi Haid Yang Tidak Teratur Dengan Bahan Alami

Posted on

Mengatasi haid – Siklus haid yang normal biasanya adalah 28 sampai 35 hari. Namun nyatanya ini tidak terjadi pada semua perempuan. Banyak macamnya yang membuat haid tidak teratur. Haid yang tidak teratur bisa juga diakibatkan karena setres, sedang program diet (penurunan berat badan yang derastis), tiroid, penyakit, dan hormon tidak seimbang.

Untuk tahu cara apa saja yang dilakukan ketika haid tidak teratur. Simak ulasan berikut cara mengatasi haid yang tidak teratur dengan bahan alami.

Air kelapa hijau

Air kelapa hijau

Kebanyakan wanita beranggapan bahwa meminum air kelapa hijau bisa memicu keputihan dan aliran darah makin deras. Pedahal air kelapa tidak ada kaitannya dengan itu semua. Volume darah haid yang banyak diakibatkan karena tidak keseimbangan hormone sehingga dinding lapis Rahim berkembang lebih tebal dan aliran darah haid makin deras dari biasanya.

Air kelapa memiliki kandungan vitamin B kompleks, mineral dan vitamin C. Banyak nutrisi yang terkandung dalam air kelapa ini menjadikan munuman ini sangat baik dikonsumsi kala sedang haid, karena membantu meringankan gejala PMS dan nyeri haid yang datang menghampiri.

Jus wortel

Jus wortel

Wortel dikenal sebagai sayuran yang memiliki fungsi sebagai hormone dan sangat baik bagi kesehatan mata. Sayuran wortel kaya akan vitamin K, vitamin A, kalium, molybdenum, vitamin B6, vitamin C, serat, kalium, fosfor, niacin, vitamin B2, zat besi, asam pantotenat, vitamin E dan folat.

Dengan meminum segelas jus wortel yang tidak ada campuran lainnya setiap pagi hari, maka akan menormalisasi siklus haid yang tidak teratur.

Kunyit

Kunyit

Kunyit adalah salah satu bumbu bagi masakan seperti gulai atau bisa dijadikan sebagai pewarna makanan alami. Kunyit memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi atau disebut juga sebagai kurkuminoid.

Kandungan yang terdapat dalam kunyit membantu berbagai masalah pada haid, seperti dapat membantu masalah haid tidak teratur salah satunya.

Jahe

Jahe

Jahe dipercaya membantu membuat haid menjadi lancar. Kamu bisa menjadikannya sebagai minuman yang berkhasiat bagi melancarkan haid, dengan menambahkan jahe ini pada minuman teh.

Anggur

Anggur

Rutin meminum jus anggur setiap hari dapat membantu mencegah haid yang tidak teratur. Selain itu, dengan mengkonsumsi secara langsung bisa membantu melancarkan siklus haid.

Daun papaya

Daun papaya

Telat datang bulan bisa juga dikarenakan sedang mengalami gangguan hormone dan memiliki gangguan kesehatan lainnya. Telat haid satu sampai dua hari memang tergolong normal, karena siklus haid itu selama 22 sampai 35 hari. Namun jika kamu mengalami haid lebih dari seminggu atau bahkan sebulan, maka ini pasti ada yang tidak beres dan perlu diobati.

Untuk mengatasi itu semua cobalah dengan menggunakan daun papaya. Walaupun daun papaya sangat pahit rasanya, namun memiliki manfaat yang sangat besar bagi melancarkan siklus haid.

Caranya cukup mudah, rebuslah beberapa lembar daun papaya sampai mendidih. Setelah mendidih bisa ditambahkan asam dan garam, kemudia aduk dengan rata. Dan telah itu angkat dan tunggulah sampai hangat, lalu minumlah.

Itulah beberapa cara mengatasi haid yang tidak teratur dengan bahan – bahan alami. Namun harus kamu ketahui, selain meminum atau mengkonsumsi makanan diatas, semua itu juga harus dibarengi dengan olahraga seperti yoga atau yang lainnya, menjaga berat badan, lebih banyak istirahat, juga menambah asupan makanan yang bervitamin dan bergizi, istirahat yang teratur dan rajin meminum air mineral.