Tips Mencegah Anemia Pada Ibu Hamil

Posted on

Mencegah Anemia – Anemia adalah suatu kondisi dimana tubuh kekurangan sel darah merah sehat yang berfungsi membawa oksigen keseluruh jaringan tubuh. Sehingga saat tubuh kekurangan oksigen, kinerja organ akan menjadi lambat.

Anemia yang terjadi kepada ibu hamil harus diwapadai karena bisa menyebabkan bayi akan lahir dengan berat badan yang rendah, bayi prematur dan kematian pada sang ibu.Ibu hamil memiliki resiko yang sangat tinggi, karena sebagian darahnya digunakan untuk mencukupi nutrisi dari si cabang bayi dalam kandungan. Oleh karena itu perlu itu ibu hamil harus mencegah anemia dengan sebaik – baiknya. Berikut ini adalah tips mencegah anemia ibu hamil yang wajib kamu ketahui.

Melakukan Memeriksa Kesehatan

Melakukan Memeriksa Kesehatan

Untuk mencegah anemia saat hamil, sebaiknya kamu harus rajin memeriksa kesehatan kehamilan dengan rutin.

Di rumah sakit atau puskesmas kamu bisa mengecek kadar hemoglobin untuk mengetahui apakah kamu terkena anemia atau tidak.

Jangan ragu untuk sering berkonsultasi dengan rutin pada bidan atau dokter kandungan agar kamu bisa terus memantau perkembangan kesehatan diri dan calon buah hati.

Konsumsi Asam Folat

Konsumsi Asam Folat

Asam folat memiliki fungsi memproduksi sel – sel darah merah pada tubuh. Oleh karena itu hal ini sangatlah penting selama kehamilan karena kamu cenderung menjadi anemia. Asam folat akan membantu jumlah sel darah merah dalam tubuh menjadi stabil.

Konsumsi vitamin B12 dan vitamin C

Konsumsi vitamin B12 dan vitamin C

Anemia bisa membuat kamu pusing, pucatm lemas,sakit kepala hingga sesak nafas. Oleh karena itu kamu harus mencegahnya dengan rajin mengkonsumsi vitamin B12 dan vitamin C.

Vitamin B12 dan vitamin C akan membantu kamu menaikkan hemoglobin, hal tersebut akan mengubahnya menjadi sel darah. Oleh karenanya harus tercukupi asupan vitamin B12 dan vitamin C nya.

Nah, makanan apa saja yang mengandung vitamin B12 dan vitamin C? Makanan tersebut adalah paprika, kiwi, pepaya, jambu, jeruk, leci, stroberi, susu, ikan tuna, ikan salmon dan lain sebagainya.

Konsumsi Makanan Yang Tinggi Akan Zat Besi

Konsumsi Makanan Yang Tinggi Akan Zat Besi

Mengkonsumi makanan yang tinggi akan zat besi akan membantu menambah darah dalam tubuh bumil. Nah makanan apa saja yang mengandung zat besi yang baik untuk kesehatan ibu hamil? Seperti : kurma, buah delima, biji jambu, kacang – kacangan , dan pisang.

Menilai Kondisi Dan Gejala

Menilai kondisi dan gejala

Gejala anemia pada ibu hamil bisa tidak terlihat sehingga tak jarang akan diabaikan begitu saja. Namun dengan seiring bertambahnya usia kandungan, gejalanya akan semakin memburuk.

Oleh karena itu harus menilai kondisi dan gejala yang sedang dialami oleh bumil. Gejala anemia yang biasanya umum terjadi adalah : pusing, tubuh akan berasa lemas, letih lesu dengan terasa terus menerus, sesak nafas, detak jantung berdetak kencang, nyeri pada bagian dada, sulit berkonsentrasi, tangan dan kaki dingin dan terlihat lebih pucat.

Itulah beberapa tips mencegah anemia pada ibu hamil yang telah kami rangkum untuk kamu dirumah. Semoga bermanfaat dan semoga cepat teratasi.

Namun jangan lupa juga untuk selalu memeriksa kesehatan kamu dengan bidan atau dokter agar kamu dan sicabang bayi tetap sehat dan selamat sampai launching nanti.