Cara Membersihkan Karang Gigi Dengan Cara Alami

Posted on

Membersihkan karang gigi – Karang gigi atau plak yang telah mengeras yang menempel pada gigi, yang biasa muncul pada sela – sela gigi dan juga terbentuk di bagian bawah gusi yang bisa menyebabkan iritasi pada gusi.

Selain merugikan bagi kesehatan, karang gigi juga akan mengurangi rasa percaya diri dan juga akan muncul bau yang tidak sedap serta gigi yang menguning.

Penyebab umunya karang gigi adalah akibat dari sisa makan yang tertinggal lama dalam gigi dan tidak segera dibersihkan, sehingga menyebabkan sisa makanan menumpuk. Air liur yang mengandung banyak mineral akan membantu sisa – sisa makanan menjadi mengeras dan menyebabkan munculnya karang gigi.

Jika karang gigi tidak cepat diatasi, maka akan memicu munculnya berbagai penyakit pada bagian mulut kamu. Misalnya muncul bau mulut yang tak sedap, gigi berlubang, radang gusi, dan periodontitis. Nah, untuk mengatasi itu semua kamu harus membersihkan karang gigi kamu. Berikut adalah cara membersihkan karang gigi dengan cara alami.

Cengkeh

cengkeh

Cengkeh kaya akan senyawa antibakteri yang membantu mencegah adanya infeksi pada mulut. Bahan yang diperlukan agar tidak terbentuknya plak adalah setengah sendok teh cengkeh dan satu gelas air. Kemudian, rendam cengkeh tersebut dalam segelas air selama kurang lebih 20 menit. Dan setelah itu baru berkumurlah dnegan menggunakan air rendaman tadi selama satu menit dan lakukan dua atau tiga kali dalam sehari.

Daun sirih

Daun sirih

Mungkin, kamu pernah melihat nenek atau uyut kamu yang mengunyah sesuatu? Sebenernya yang mereka kunyah adalah daun sirih. Daun sirih memiliki manfaat membersihkan karang gigi dan membuat gigi kuat. Selain itu, daun sirih juga mempunyai manfaat menghilangkan bau mulut.

Oleh karena itu orang jaman dulu selalu nyepah atau mengunyah daun sirih.

Cara menggunakannya

Ambil selempar daun sirih dan bisa juga ditambahkan 1 batang cengkeh. Kemudian, balut cengkeh tadi dengan daun sirih dan kunyah – kunyah.

Strowberi dan tomat

Strowberi dan tomat

Tomat dan strowberi sangat kaya akan vitamin C, sehingga sangat baik bagi kesehatan bagian mulut kamu. Salah satunya adalah menghilangkan karang gigi. Untuk menghilangkan karang gigi menggunakan buah yang kaya akan vitamin C ini, cukup dengan menggosokkan strowberi dan tomat dengan rutin.

Baking soda

Baking soda

Baking soda sudah dikenal dari dulu membantu membersihkan gigi dan memutihkan gigi. Untuk menghilangkan karang gigi dengan menggunakan baking soda ini adalah dengan memasukan sedikit bakinga soda kedalam wadah, kemudian basahi sikat gigi dnegan air, lalu tutupi sikat gigi dalam bubuk baking soda, dan setelah itu sikat gigi yang memiliki karang.

Lidah buaya

Lidah buaya

Lidah buaya selain memiliki manfaat bagi kesehatan rambut, ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan gigi. Untuk menggunakan lidah buaya ini sebagai perontok karang gigi adalah dengan cara membuat pasta dari lidah buaya ini.

Caranya

Satu gelas air, satu sendok the gel lidah buaya, setengah cangkir baking soda, empat sendok the gliserin sayuran dan satu sendok the minyak atsiri lemon dicampurkan. Kemudian sikat gigi dengan campuran tersebut, dijamin gigi akan lebih putih, bersinar dan lebih sehat.

Arang

Arang

Arang biasa digunakan oleh orang dahulu sebagai alat untuk menggosok gigi. Namun, trend itu kini kembali muncul dan digunakan sebagai alat untuk memutihkan gigi.

Activated charcoal atau arang aktif dipercaya membersihkan kotoran sehingga membantu gigi kamu lebih putih dan berkilau.

Arang aktif yang biasa digunakan untuk menggosok gigi adalah arang dari batu bara, tempurung kelapa atau kayu yang dipanaskan dengan gas, karena jika dipanaskan menggunakan gas, maka arang akan lebih berpori. Menurut salah satu perpustajaan di Amerika Serikat, pori – pori yang ada pada arang mampu membantu menangkap bahan kimia aktif, sehingga sangat efektif mengobati keracunan.

Obat kumur

Obat kumur

Berkumur dengan menggunakan obat kumur menjadi salah satu cara tepat menghilangkan karang gigi. Obat kumur membantu merontokkan karang gigi, kotoran dan sisa makanan yang menempel dipermukaan gigi.

Namun, jangan salah pilih menggunakan obat kumur! Kamu harus dengan jeli membacanya terlebih dahulu komposisinya dan hindari obat kumur yang mengandung alcohol yang bisa menyebabkan mulut kering. Selain itu, pastikan pula memilih obat kumur yang sudah tertulis dalam BPOM agar terjamin keamanannya.

Berkumurlah sesuai dosisnya, karena jika berlebih maka akan menimbulkan overdosis yang kurang baik.

Jus lemon

Jus lemon

Jus lemon memiliki kandungan sifat alkalin dan antibakteri yang membantu mendisinfeksi gigi yang terkena karang gigi.

Dengan mengaplikasikan jus lemon pada gigi kamu maka membantu memutihkan bintik – bintik kuning dan membantu mengurangi bau mulut.

Bahan yang diperlukan adalah seperempat gelas air dan jus lemon dari setengah buah lemon. Kemudian panaskan air campuran tadi. Dan setelah dingin jadikan sebagai obat kumur.

Kulit jeruk

Kulit jeruk

Cara yang sederhana membersihkan karang gigi adalah dengan menggunakan kulit jeruk. Jeruk adalah buah yang kaya akan vitamin dan nutrisi.

Cara menggunakannya

Sebelum kamu menggunakan kulit jeruk, sebaiknya berisihkan dulu kulit jeruknya. Kemudian gosokkan pada gigi dengan merata, jangan langsung berkumur – kumur, biarkan semalaman dan keesokkan harinya baru boleh berkumur – kumur. Lakukan cara ini setiap hari sebelum tidur agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Cuka putih

Cuka putih

Cara ampuh bersihkan karang gigi berikutnya adalah dengan menggunakan cuka. Walaupun tidak akan enak dimulut, namun sangat ampuh membersihkan gigi dan tanpa harus merusak gigi.

Caranya

Campurkan satu sendok the garam, dua sendok the cuka dan sedikit air sampai ngebentuk menjadi pasta. Setelah menjadi pasta gosokkan ke gigi dan lakukan selama beberpa hari agar mendapakan hasil yang maksimal.

Perbedaan karang gigi dan karies

Karang gigi adalah plak yang mengeras. Lapisan yang terdiri dari bakteri akibat dari sisa makanan dan kotoran yang menempel pada permukaan gigi.

Pada awalnya, plak berwarna putih kekuningan dan jika dibiarkan menumpuk warnanya akan menjadi hitam. Dan pada lama kelamaan plak akan tampak menghitam seperti batu karang yang menepel pada gigi.

Kalau karies adalah istilah medis yang digunakan untuk menggambarkan kerusakan pada gigi atau gigi berlubang. Kondisi dimana lapisan luar gigi terkikis dan lama kelamaan gigi menjadi berlubang.

Itulah beberapa cara membersihkan karang gigi dengan cara alami, namun selain mengikuti cara diatas kamu juga harus rajin menggosok gigi dengan benar, rajin meminum air putih, tidak merokok dan tidak memakan makanan dengan sembarangan. Namun, jika dengan cara alama tidak berjalan dengan baik. Maka sebaiknya pergi ke dokter agar mendapatkan perawatan yang lebih baik.