Membersihkan Hidung Bayi Yang Tersumbat

Posted on

Membersihkan Hidung Bayi-Hidung tersumbat yang diakibatkan filek atau lendir yang mengumpul pada hidung semakin banyak yang membuat bayi semakin tidak nyaman dan tersiksa. Bahkan ketika menyusuipun tidak nikmat. Oleh karena itu lakukan beberapa cara untuk membersihkan hidung yang tersumbat, supaya bayi tidak mengalaminya dalam waktu yang panjang.

Meskipun filek itu bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, hidung tersumbat akan membuat bayi lebih rewel. Namun, kamu dirumah tidak perlu bersedih hati karena dibawah ini ada beberapa cara membersihkan hidung bayi yang tersumbat.

Menggunakan Humidifier

Menggunakan Humidifier

Humidifier sendrii dapat membantu meredakan gejala pilek atau hidung tersumbat, terasa sesak dan perasaan yang tidak nyaman. Terlebih lagi, hidung bayi sangat mungil membuat hidungnya cepat tersumbat.

Kelembapan yang dihasilkan dari humidifier sendiri sangat efektif membuat bayi lebih nyaman.

Menyusui

Menyusui

Walaupun sedang bayi sedang mengalami filek, proses menyusui sebaiknya harus diusahakan untuk tetap berjalan.

Karena pada sebenarnya, asi dapat berfungsi sebagai antibody untuk bayi, yang nantinya bertugas membangun sebagai system kekebalan tubuh agar se kecil tak mudah kena serangan penyakit pada kemudian hari.

Menggunakan Tetes Saline

Menggunakan Tetes Saline

Kamu bisa membeli saline di apotik atau took obat. Caranya cukup meneteskan beberapa tetes pada lubang hidung si kecil, kemudian gunakan jarum penghisap lendir untuk mengeluarkan lendir dari hidung bayi.

Cara ini disarankan untuk bayi yang usianya dibawah 6 bulan. Namun, tidak masalah juga jika kamu menggunakannya untuk bayi diatas 6 bulan. Akan tetapi kamu tidak perlu lagi menggunakan penghisap jarumnya. Karena lendirnya akan keluar dengan sendirinya.

Pijat

Pijat

Memijat dengan lembut bagian hidung, alis, garis rambut, bagian bawah kepala, dan tulang alis akan memberikan rasa tenang pada si kecil.

Hidung tersumbat pada bayi akan hilang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Proses ini memakan waktu hingga seminggu.

Menjaga Kualitas Udara Dirumah

Menjaga Kualitas Udara Dirumah

Agar kualitas udara dirumah selalu bersih, pastikan untuk tidak ada yang merokok dalam rumah dan dekat bayi. Bersihkan juga rumah dengan rutin menggunakan penyedot debu. Kemudian pastikan rumah memiliki sirkulasi dan filter udara yang baik.

Mandi Air Hangat

Mandi Air Hangat

Mandi menggunakan air hangat bisa menjadi salah satu cara efektif membantu menjaga kesehatan kamu salah satunya hidung tersumbat.

Rasa nyaman yang ditimbulkan air hangat akan membuat bayi lupa akan hidung mampetnya. Ditambah lagi dengan uap air yang membuat hidung bayi lebih plong.

Namun perlu diingat jika peningkatan produksi lender adalah cara tubuh membersihkan diri dari virus dan itu bukanlah suatu masalah. Kecuali, jika kondisi tersebut sangat mempengaruhi akan kemampuan bayi dalam menyusu dan bernafas.