10 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Wajib Diketahui

Posted on

Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan pasti sudah diketahui oleh hampir semua orang, karena ia memang biasa digunakan untuk memerahkan bibir, menyehatkan rambut, mengatasi wajah kusam, mengobati jerawat dan memutihkan wajah. Namun tahukah Anda, ternyata khasiat minyak zaitun juga memiliki peran yang sangat besar bagi kesehatan tubuh manusia.

Hal ini wajar, karena kandungan minyak zaitun terdiri dari berbagai macam nutrisi baik. Sebut saja Vitamin K, polifenol, Vitamin E, zat besi, asam lemak omega-3, omega-6, omega-9 dan masih banyak lagi.

Beragam manfaat minyak zaitun sangatlah sayang untuk dilewatkan, karena kita bisa mendapatkan banyak sekali hal menakjubkan. Tanpa panjang lebar lagi, langsung saja disimak ulasan tentang manfaat minyak zaitun untuk kesehatan, rambut dan kecantikan kulit selengkapnya dibawah ini.

Mencegah Stroke

Mencegah Stroke

Di negara-negara maju, stroke adalah penyakit berbahaya yang menjadi penyebab kematian nomor dua sesudah serangan jantung. Di Indonesia sendiri, jumlah penderita stroke sangatlah banyak dan terus bertambah.

Stroke adalah penyakit yang terjadi karena adanya gangguan pada aliran darah ke otak, baik itu disebabkan karena pendarahan atau pembekuan darah.

Sebuah studi membuktikan, apabila kandungan asam lemak tidak jenuh didalam minyak zaitun bermanfaat untuk mengurangi risiko terkena stroke. Itulah sebabnya, mengapa di sejumlah negara Mediterania stroke jarang ditemui.

Waspadalah bagi Anda yang malas olahraga, karena stroke bisa dipicu oleh kebiasaan buruk ini.

Mengatasi Masalah Kulit Kering

Mengatasi Masalah Kulit Kering

Berkat kandungan antioksidan dan Vitamin E didalamnya, minyak zaitun menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan kulit. Tidak tanggung-tanggung, fungsi body lotion yang biasa Anda beli di toko-toko bisa digantikan oleh minyak zaitun ini.

Cukup dengan mengoleskan minyak zaitun di seluruh tubuh, Anda akan mempunyai kulit lembap dan tidak perlu takut dengan serangan radikal bebas. Pasalnya, minyak zaitun juga diperkaya antioksidan sehingga mampu mengatasi serangan radikal bebas untuk menurunkan risiko peradangan kulit.

Untuk mengambil manfaat minyak zaitun kali ini, Anda hanya perlu menggunakannya sebagai body lotion. Selain lebih aman untuk kesehatan kulit, minyak zaitun juga tidak kalah efektifnya dari body lotion.

Mengobati Penyakit Alzheimer

Mengobati Penyakit Alzheimer

Alzheimer adalah penyakit yang disebabkan oleh penumpukan plat beta amiloid di sel otak manusia. Sama seperti stroke, alzheimer juga menjadi salah satu penyakit umum yang menyerang mayoritas orang diseluruh dunia. Anda tidak perlu takut, karena ada manfaat minyak zaitun yang berfungsi untuk mengobati dan mencegah penyakit alzheimer.

Sebuah studi berhasil membuktikan, apabila minyak zaitun mampu menghilangkan plak-plak beta amiloid dari sel otak. Untuk mendapat manfaat ini, Anda bisa menambahkan minyak zaitun kedalam menu diet sehat sehari-hari. Dengan begitu, risiko terkena penyakit ini bisa segera dikurangi.

Menghaluskan Wajah

Menghaluskan Wajah

Manfaat minyak zaitun untuk wajah berikutnya adalah membantu menghaluskan kulit. Untuk mendapat hasil lebih maksimal, Anda bisa mencampurkan minyak zaitun dan buah pepaya, kemudian memanfaatkannya sebagai masker wajah.

Kandungan enzim papain didalam pepaya bisa membantu meregenerasi kulit, sedangkan kandungan Vitamin E, Vitamin C dan Vitamin A nya berfungsi sebagai anti-oksidan untuk membantu melembapkan, menutrisi dan menghaluskan kulit wajah.

Cara pemakaian:

  • Tumbuk buah pepaya secukupnya
  • Tambahkan sedikit minyak zaitun, aduk rata
  • Gunakan sebagai masker
  • Diamkan 10-15 menit
  • Bilas dengan air bersih

Lakukan perawatan ini secara rutin, satu hari sekali untuk mendapat hasil secara optimal.

Menyehatkan Jantung

Menyehatkan Jantung

Seperti yang sudah diterangkan sebelumnya, minyak zaitun mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang sangat besar. Berkat kandungan ini, minyak zaitu lebih direkomendasikan sebagai saus salad dan minyak untuk memasak.

Manfaat minyak zaitun sangatlah menarik, karena bisa mencegah penyakit jantung dan membuatnya lebih sehat. Sebuah studi membuktikan, apabila negara-negara di kawasan Mediterania memiliki angka penderita penyakit jantung yang kecil.

Khasiat minyak zaitun yang baik bagi kesehatan jantung semakin tidak terbantah, lantaran nutrisi didalamnya mampu mencegah penggumpalan darah, melancarkan fungsi lapisan pembuluh darah dan melindungi LDL ( lemak jahat ) dari oksidasi.

Sehingga tidak ada salahnya untuk beralih ke minyak zaitun sebagai minyak masak sehari-hari.

Mencerahkan Bibir

Mencerahkan Bibir

Bagi Anda yang mengalami masalah bibir hitam, maka tidak perlu bingung-bingung mencari obatnya. Sebab, Anda bisa mengambil manfaat minyak zaitun yang sudah terbukti ampuh mampu mencerahkan bibir secara alami.

Khasiat ini didapat berkat kandungan Vitamin K dan Vitamin E didalam minyak zaitun. Cara pemakaiannya cukup mudah, Anda tinggal mengoleskan minyak zaitun ke seluruh permukaan bibir secara rutin setiap hari.

Menebalkan Alis

Menebalkan Alis

Lagi-lagi berkat kandungan Vitamin E didalamnya, selain mencerahkan bibir minyak zaitun juga bisa dimanfaatkan untuk membantu menebalkan alis secara alami dan ampuh. Dengan perawatan minyak zaitu, memiliki alis tebal bukanlah sesuatu yang sulit didapat.

Cara penggunaan:

  • Oleskan minyak zaitun di alis Anda setiap kali ingin tidur malam
  • Biarkan sampai keesokan hari
  • Baru kemudian dibilas menggunakan air bersih

Baca Juga : Cara Menghilangkan Jerawat Dan Bekasnya Dengan Cepat Dan Mudah

Menghilangkan Jerawat

Menghilangkan Jerawat

Dikalangan anak-anak remaja, jerawat adalah masalah yang paling sering terjadi dan membuat mereka sangat kesal. Jika berbagai macam cara mengatasi jerawat sudah Anda coba namun tidak kunjung berhasil, maka bisa beralih ke minyak zaitun.

Manfaat minyak zaitun untuk wajah berjerawat memang tidak perlu diragukan lagi, karena kandungan antibakteri dan sifat anti-inflamasi didalamnya bisa mengusir jerawat di wajah secara optimal.

Berikut cara penggunaannya:

  • Siapkan minyak zaitun, kira-kira 1 sendok makan
  • Oleskan dibagian wajah berjerawat
  • Berikan pijatan lembut selama 2 menit
  • Diamkan selama 15 menit
  • Ambil kain lap bersih untuk membersihkan minyak zaitun tadi, jika kurang bersih bisa juga menggunakan air hangat

Lakukanlah perawatan dengan minyak zaitun ini setiap hari menjelang tidur malam, sampai jerawat di wajah Anda hilang.

Zat Antikanker Alami

Zat Antikanker Alami

Agar Anda semakin semangat untuk rutin mengonsumsi minyak zaitun, maka harus mengetahui khasiat yang satu ini. Minyak zaitun diketahui mengandung senyawa yang bisa membantu melawan sel-sel kanker didalam tubuh.

Kandungan antioksidan didalam minyak zaitun sudah terbukti secara ilmiah bisa mengurangi risiko oksidatif yang disebabkan radikal bebas. Seperti yang diketahui, radikal bebas adalah penyebab utama penyakit kanker.

Jadi bisa disimpulkan, manfaat minyak zaitun selanjutnya adalah mencegah penyakit kanker.

Melancarkan Persalinan

Melancarkan Persalinan

Salah satu manfaat minyak zaitun untuk ibu hamil adalah membantu kelancaran selema proses melahirkan. Hal ini berkat kandungan Vitamin K didalam minyak zaitun yang berpotensi tinggi mendukung proses koagulasi darah.

Inilah mekanisme yang bisa membantu bunda ketika persalinan nanti.

Selain itu, kandungan Vitamin C yang ditemukan pada minyak zaitun berguna untuk membantu melancarkan sirkulasi darah, sehingga peredaran oksigen ke otak dan bagian tubuh lainnya tidak terganggu.

Jika sudah demikian, itu artinya Anda bisa melahirkan dengan sehat.

Demikianlah postingan singkat saya kali ini tentang 10 manfaat minyak zaitun untuk kesehatan dan kecantikan, semoga bisa memberikan manfaat kepada Anda semua.