11 Manfaat Jahe Yang Menghatkan Bagi Kesehatan

Posted on

Manfaat Jahe Bagi Kesehatan-0Jahe merupakan tanampan rimpang, bagi kalangan masyarakat merupakan rempah – rempah untuk masakan atau dicampur kedalam teh hangat sebagai penghangat tubuh. Jahe selain bisa menghangatkan tubuh, kandungan gingerol yang terdapat dalam jahe sangat baik bagi kesehatan.

Namun jika kamu tidak punya jahe segar dirumah, kamu juga bisa menggunakan jahe bubuk. Dan jangan lupa untuk mengecek apakah jahe bubuk tersebut murni. Banyak dipasaran yang menjual minuman jahe yang sudah dicampur dengan gula. Untuk menyimpan jahe tersebut kedalam wadah dan tutup dengan rapat, dan simpan di tempat yang kering.

Mengatasi mual dan muntah

Mengatasi mual dan muntah

Tentu saja rasa mual atau rasa pengen muntah sangat mengganggu sekali aktivitas sehari – hari, namun tidak perlu kesal karena kamu bisa mencoba menggunakan jahe sebagai salah satu cara untuk mengurangi rasa mual.

Manfaat jahe bisa mengatasi rasa mual setelah operasi, mual sesudah kemo atau mual ketika hamil. Akan tetapi, jika kamu sedang hamil, maka harus berkonsultasi kedokter terlebih dahulu sebelum menggunakan jahe ini.

Mengontrol kadar gula darah

Mengontrol kadar gula darah

Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa jahe mampu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh dan mampu mengatur respon insulin pada penderita penyakit gula atau diabetes. Namun, penelitan Shahid Sadoughi di University of Medical Science di iran menemukan jika jahe menurunkan gula darah puasa pada khususnya dan memiliki kadar HbA1c dalam darah.

Namun para peneliti tidak tahu bagaimana pastinya jahe bekerja. Sejauh ini mereka beranggapan senyawa aktif dalam jahe menghambat enzim fosforilase hepatic untuk memecahkan glikogen.

Namun, jika kamu ingin menggunakan jahe sebagai obat diabetes, jangan terlalu banyak. Walaupun jahe tidak memiliki efek samping apapun, jahe memiliki efek pengencer darah yang meningkatkan resiko diare.

Ingat, jahe bukan pengganti terapi medis. Kamu juga harus tetap mengikuti saran dokter dan jika kamu mengalami gejala yang tidak biasa ketika memakai jahe, sebaiknya kamu berhenti menggunakan jahe. Dan agar aman bagi kamu, sebaiknya selalu konsul dengan dokter jika kamu ingin mengkombinasi jahe dengan pengobatan dari dokter.

Mengobati osteoarthritis

Mengobati osteoarthritis

Osteoarthritis dimana terjadinya pembengkakan pada persendian. Didalam jahe ditemukan, bahwa kandungannya mampu mengurangi pembengkakan dengan cara ditempelkan maupun dikonsumsi.

Menyembukan migran (sakit kepala sebelah)

Menyembukan migran (sakit kepala sebelah)

Jahe rupanya memiliki kandungan yang bisa mengobati migrain, karena pada umumnya obat sakit kepala mengandung jahe didalamnya. Disebuah penilitian menunjukan, bahwa suplemen ekstrak jahe 400 mg bisa mengurangi sakit kepala sebelah dari pada mengkonsumsi ketoprofen, dipenelitian sebelumnya sudah ditemukan bahwa bubuk jahe dapat mengurangi migran yang terkandung dalam obat sumatriptan.

Seakan tak pernah ada habisnya manfaat jahe, dengan mengoleskan gel jahe dibawah lidah mampu mengurangi durasi migran. Selain itu, mengoleskan minyak jahe pada pelipis juga dapat membantu mengurangi sakit kepala. Karena, aroma khas yang terkandung dalam jahe membuat kita merasa lebih rileks. Untuk penggunaan sehari – hari kamu bisa menggunakan kapas atau langsung dengan jari dan mengoleskan minyak jahe di dahi, pelipis dan belakang leher.

Menyehatkan otak

Menyehatkan otak

Manfaat jahe tidak hanya menyehatkan bagian pencernaan saja loh, tapi juga mampu meningkatkan fungsi otak dan berfungsi sebagai obat penyakit Alzheimer. Kandungan kognotif dalam jahe mampu melindungi saraf otak.

Mengurangi nyeri otot

Mengurangi nyeri otot

Jahe memiliki kandungan antiradang yang berfungsi sebagai pereda nyeri dan sakit pada otot. Namun, manfaat jahe untuk nyeri otot ini tidak langsung berfungsi diperlukan beberapa hari untuk bisa menyembuhkannya.

Mencegah kanker usus

Mencegah kanker usus

Didalam beberapa penelitian telah membuktikan bahwa jahe mampu menghambat kanker dan menangkal kanker. Kandungan gingerol pada jahe bisa menjadi salah satu alternatif sebagai penyembuhan untuk penderita kanker.

Mencegah kebotakan

Mencegah kebotakan

Ternyata manfaat jahe selain untuk mengobati berbagai masalah pencernaan, jahe juga mampu mencegah kebotakan loh! Karena, kandungan jahe sangat baik untuk kepala. Seperti : jahe mampu menutrisi rambut karena kandungan asam lemak yang terkandung dalam jahe mampu menjaga kesehatan pada rambut kamu, jahe juga mampu meningkatkan sirkulasi dalam darah di kulit kepala,jahe juga bisa mengatasi masalah rambut kering, mengendalikan ketombe dan mencegah adanya rambut rontok.

Meredakan nyeri pada haid

Meredakan nyeri pada haid

Air jahe memiliki nutrisi dan vitamin yang dipercaya meredakan nyeri pada haid, dengan melacarkan pencernaan dan membuat perut terasa lebih hangat.

Untuk membuat air jahe ini cukuplah mudah, siapkan satu rimpang jahe, cuci bersih kemudian parut. Siapkan 2 gelas besar air dan kemudian didihkan. Masukan parutan jahe ke dalam air yang mendidih dan tunggu hingga matang. Kemudian angkat dan saring, minum selagi hangat. Jika kamu tidak suka minum jahe tawar bisa ditambahkan madu.

Meredakan tenggorokan

Meredakan tenggorokan

Jahe dipercaya mampu meredakan tenggorokan, flu, demam dan masalah pada pencernaan. Untuk meredakan tenggorokan kamu bisa mencoba membuat teh dicampur dengan jahe, atau bisa juga menggunakan jahe dengan madu.

Mengurangi masalah pada wajah

Mengurangi masalah pada wajah

Jahe selain berfungsi sebagai kesehatan juga memiliki manfaat untuk kecantikan wajah dan kulit kamu loh! Kandungan antioksidan dan sifat antiinflamasi pada jahe mampu mengurangi masalah pada wajah kamu. Seperti : mengatasi jerawat,menenangkan kulit kering, mempercepat menyembuhkan luka,mengatasi sunburn akibat terlalu lama terpapar sinar matahari, mengontrol minyak pada wajah,mencerahkan kulit, menyamarkan bekas luka dan memperlambat penuaan dini.

Itulah beberapa manfaat jahe bagi kesehatan yang bisa kami ulaskan untuk kamu dirumah. Banyak cara menggunakan jahe untuk kesehatan seperti dengan meminumnya, mengoleskannya atau bisa dicampurkan dengan masakan. Terapi menggunakan jahe ini lakukanlah secara rutin kalau ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Melakukan pengobatan dengan menggunakan bahan alami memang harus dilakukan dengan sabra, namun menggunakan bahan alami lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping. Selamat mencoba!