Manfaat Daun Sembung Yang Dikenal Obat Tradisional

Posted on

Manfaat daun sembung – Sembung atau blumea balsamifera adalah salah satu tanaman bersemak yang daunnya biasa dijadikan sebagai obat tradisional.

Daun sembung memiliki permukaan yang ditumbuhi bulu – bulu halus. Dan jika dikonsumsi, daun ini memiliki rasa sedkit pedas dan agak pahit, dan memiliki sensasi agak hangat dan sedikit harum.

Tanaman sembung ini memiliki kandungan yang sangat banyak kandungan, antara lain minyak astir (sineol dan borneol), kamper, zat samak (tatin). Daun sambung ini juga memiliki sifat anti radang, melancarkan perdaran darah, mempermudah pengeluaran keringat dan air seni, menghambat pertumbuhan kuman dan mengencerkan dahak.

Adapun manfaat daun sembung yang dikenal sebagai obat tradisional, simak ulasannya berikut ini.

Mengobati nyeri pada haid

Mengobati nyeri pada haid

Nyeri haid memang membuat rasa tidak nyaman, sehingga membuat akitvitas terganggu. Nyeri haid akan membuat perut bagian bawah keram dan bahkan bisa timbul gejala lainnya seperti mual, pusing, sakit punggung, dan berkeringat.

Menghilangkan nyeri bisa tanpa minum obat juga, tapi harus dilakukan dengan cara alami. Seperti menggunakan daun sembung sebagai obat alami.

Cara membuatnya

3 iris rimpang temulawak, 1/3 genggam daun sembung, 3 gelas air dan 8 butir biji kedawung, asam jawa dan gula aren secukupnya. Rebus biji kedawung terlebih dahulu yang sudah dimemarkan kurang lebih 5 menit kemudian masukan semua bahan sisanya tadi kecuali gula aren kurang lebih 10 menit dan terakhir menjelang rebusan mau diangkat tambahkan gula aren.

Obat demam

Obat demam

Demam muncul akibat adanya peradangan. Untuk menurunkan demam, rebus daun sembung sebanyak 3 lembar dengan segelas air selama kurang lebih 15 menit. Setelah dingin saringlah dan kemudian minum 2 kali dalam sehari.

Menambah nafsu makan

Menambah nafsu makan

Ketika nafsu makan kamu hilang, daun sembung bisa membantu mengatasinya. Cara membuat nafsu makan kembali normal dengan daun sembung adalah rebus 6 lembar daun sembung dengan air sebanyak 2 gelas, dan setelah air kira – kira tersisa 1 setengah gelas angkat dan kemudian saring dan minumlah dalam sehari 2 kali. Dan jika tidak ingin terlalu pahit bisa di tambahkan madu atau gula batu.

Mengobati diare

Mengobati diare

Daun sembung memiliki manfaat bagi pencernaan salah satunya adalah mengobati diare.

Cara membuatnya

Rebus segenggam daun sembung yang sudah diiris – iris dengan 3 gelas air, rebuslah sampai tersisa setengahnya. Kemudian saring dan minumlah. Bisa ditambahkan madu untuk menetralisir rasa pahit pada ramuan daun sembung ini.

Mengobati sakit maag

Mengobati sakit maag

Kandungan yang ada pada daun sembung akan menurunkan asam dalam lambung. Sehingga membantu mengurangi rasa ketidak nyamanan pada perut.

Cara membuatnya

Rebuslah daun sembung, kunyit, seruni putih, daun papaya dan daun pegagan. Kemudian ramuan ini minumlah dengan secara teratur.

Obat gatal – gatal

Obat gatal – gatal

Daun sembung memiliki kandungan antioksidan dan antibakteri. Sehingga dipercaya mengobati gatal – gatal. Caranya, dengan merebus 15 lembar daun sembung kering. Dan minumlah air rebusannya setiap hari dengan secara rutin.

Obat flu dan batuk

Obat flu dan batuk

Daun sembung memang dikenal sebagai obat flu dan batuk. Cara menggunakan daun sembung ini adalah rebeuslah seperempat daun sembung setengah sendok adas, sepertiga genggam daun bayam duri, dan pulo sari sebesar satu jemari dengan 4 gelas air dan minumlah secara rutin sampai flu batuk sembuh.

Mengobati beri – beri

Mengobati beri – beri

Beri – beri adalah penyakit yang kekurangan B1 yang bisa mempengaruhi banyak system pada tubuh. Cara mengobatinya bisa menggunakan daun sembung.

Cara membuatnya

Rebus seperempat genggam daun sembungm seperempat daun legundi, seperempat daun turi dan tiga buah cabe jawa dengan tiga gelas air sampai sisa setengahnya. Minumlah dua kali dalam sehari, sekali minum ¾ gelas saja.

Mengobati rematik

Mengobati rematik

Ternyata sembung juga bukan Cuma daunnya saja yang bisa digunakan bagi kesehatan, akarnya pun jadi. Akar sembung memiliki khasiat mengobati rematik.

Cara membuatnya

Rebus akar sembung sebanyak 30 gr dan daun gandarusa sebanyak 60 gr dengan 3 gelas air, dan biarkan sampai tersisa segelas air dan kemudian saring, minumlah dua kali dalam sehari. Minumlah kurang lebih 2 setengah gelas dalam sehari.

Itulah beberapa manfaat daun sembung yang dikenal sebagai obat tradisional yang telah kami ulas. Oleh karena itu budidayakan apapun yang bermanfaat bagi kesehatan. Daun sambung salah satu tanaman yang biasa tumbuh dimana saja dan kadang daun ini dibuang sia – sia. Pedahal pada dasarnya tumbuhan ini memiliki manfaat bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.