14 Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan

Posted on

Manfaat Daun Salam Daun salam merupakan salah satu remah – rempah yang pada umumnya digunakan untuk masakan. Ternyata rempah ini selain bisa dijadikan untuk masakan, bisa juga dijadikan sebagai obat alami untuk berbagai penyakit. Karena daun salam ini mengandung karbohidrat, kalori, mineral dan serat, banyak orang sudah membuktikan bahwa daun salam ini mampu meredakan nyeri pada beberapa penyakit contohnya diabetes dan asam urat. Daun salam ini memiliki manfaat bagi penyakit ringan ataupun berat, baik itu daun salam segar atau daun salam yang sudah dikeringkan dua – duanya memiliki manfaat yang begitu besar bagi kesehatan.

Ingin tahu apa saja manfaat daun salam bagi kesehatan? Berikut telah kami rangkum beberapa manfaat daun salam bagi kesehatan.

Mengatasi masalah pada pencernaan

Mengatasi masalah pada pencernaan

Daun salam memiliki efek yang sangat baik bagi pencernaan, karena bisa dijadikan uretic sebagai perangsang buang air kecil, mampu merangsang muntah ketika racun masuk kedalam tubuh, dan menurunkan toksisitas tubuh.

Senyawa organic dalam daun salam, sangat efektif untuk mengendapkan sakit perut, mengurangi gejala celiac dan sindrom usus yang mudah tersinggung. Enzim daun salam juga ditemukan sebagai pelancar pencernaan dan asupan nutrisi yang efisien.

Obat cacing alami

Obat cacing alami

Methanol yang terdapat dalam daun salam ternyata bisa dijadikan sebagai obat cacing alami.

Menyehatkan bagi mata

Menyehatkan bagi mata

Daun salam selain rempah tambahan bagi masakan juga bisa membantu menyehatkan mata.

Infeksi antijamur

Infeksi antijamur

Dari penelitian, daun salam memiliki sifat anti jamur yang mengatasi infeksi caninda dan mampu mencegah adhesi caninda, dengan demikian mampu menjaganya agar tidak menembus membrane. Daun salam ini sangat berguna untuk mengusir jamur yang ada pada tubuh. Untuk menggunakannya rendamlah bagian tubuh yang terkena jamur kedalam rebusan daun salam dan biarkan mongering secara alami. Ulangi peroses tersebut sampai jamurnya pergi.

Mengobati infeksi batu ginjal dan mencegah batu ginjal

Mengobati infeksi batu ginjal dan mencegah batu ginjal

Daun salam juga dipercaya sebagai obat batu ginjal. Ekstrak pada daun salam mampu mengurangi penyebab beberapa gangguan (urease) dalam tubuh.

Kesehatan rambut

Kesehatan rambut

Daun salam juga ditemukan mampu meningkatkan kesehatan folikel rambut dan mampu mengurangi rasa gatal pada kulit kepala. Untuk menggunakannya rebuslah daun salam dan kemudian setelah air rebusannya dingin gosokkanlah pada kulit kepala setelah keramas. Bahan kimia dan bahan yang mudah menguap mampu membantu hilangnya ketombe dan kulit kering.

Penyakit asam urat

Penyakit asam urat

Daun salam bisa dijadikan salah satu obat asam urat, karena kandungan antioksidan, asam larut, vitamin A, flavonoid dan vitamin C yang ada daun salam ini bisa membantu meredakan rasa nyeri pada malam hari yang menyerang persendian kaki.

Cara membuatnya : rebuslah 10 lembar daun salam dengan air 2 gelas, setelah mendidih tuangkan kedalam gelas dan kemudian minumlah selagi hangat. Minumlah 2 hari sekali secara teratur agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

Menurunkan berat badan (diet)

Menurunkan berat badan (diet)

Tahukah anda kalau daun salam sangat cocok bagi orang yang sedang diet? Dengan mengkonsumsi daun salam kamu bisa meluruhkan lemak dalam tubuhmu. Kamu bisa memakannya langsung atau bisa juga dengan dioalah terlebih dahulu.

Penyakit diabetes

Penyakit diabetes

Daun salam di percaya sebagai penurun kadar gula darah, sehingga sangat membantu bagi penderita diabetes. Akan tetapi, daun salam menyebabkan hipoglikemia yang membuat kadar gula darah turun berlebihan dan tidak terkontrol.

Jadi, sebelum anda menggunakan daun salam ini untuk penyakit anda sebaiknya untuk konsul terlebih dahulu kepada dokter.

Pencegah kanker

Pencegah kanker

Penilitian telah menunjukan bahwa daun salam mampu mencegah adanya pertumbuhan sel kanker dalam lambung. Karena didalam daun salam mengandung zat caffeic, catechin,eugenol dan quercetin.

Obat tidur alami

Meminum rebusan daun salam sebelum tidur, ternyata mampu membuat tidur lebi cepat . Dan anda juga bisa mengonsumsi ekstrak daun salam dicampur dengan air.

Meredakan setres

Meredakan setres

Seperti the herbal pada umumnya, daun salam juga bersifat menenangkan saraf dan mencegah rasa cemas yang berlebihan.

Steam wajah kulit lelah

Steam wajah kulit lelah

Daun salam selain untuk kesehatan, ternyata sangat berguna juga bagi kecantikan. Salah satunya berguna untuk menyegarkan wajah dan mengatasi mata lelah. Untuk menggunakannya anda cukup merebus beberapa lembar daun salam hingga mendidih dan gunakanlah uapnya sebagai facial steam.

Meringankan gejala flu dan batuk

Meringankan gejala flu dan batuk

Jika anda mengalami gejala flu dan batuk yang membuat anda tidak betah, maka sebaiknya anda mencoba ramuan daun salam. Rebuslah daun salam sebanyak 2 lembar dengan segelas air dan sampai mendidih. Dan setelah dingin kita cukup merendam kain bersih pada ramuan tersebut dan usapkan pada dada.

Resep menggunakan daun salam dicampur dengan sereh.

Rebus 5 lembar daun salam, 1 batang sereh dan 1 ruas jahe kedalam air sebanyak 200 ml. Minum air rebusannya dan boleh ditambahkan madu untuk menambah rasa, minum sehari 2 kali.

Resep diatas bisa membantu meredakan sakit maag, perut kembung dan penambah nafsu makan.

Resep menggunakan daun salam dan daun sirsak

Rebuslah 5 – 7 lembar daun sirsak kering dan daun salam hingga mendidih kurang lebih selama 10 – 20 menit. Air rebusan daun ini hanya bertahan kurang lebih 8 jam, dan minumlah 30 menit sebelum makan.

Itulah 14 manfaat daun salam bagi kesehatan yang bisa kamu coba lakukan dirumah. Namun, dengan begitu kamu juga harus memperhatikan efek sampingnya. Karena, obat herbal sebagai alternatif saja. Konsultasikanlah terlebih dahulu kedokter sebelum menggunakannya atau jika kamu ingin memberhentikannya.