Manfaat Daun Pepaya Yang Harus Diketahui

Posted on

manfaat daun pepaya – Kalau tentang pepaya, pasti yang diinget adalah buahnya yang memiliki manfaat buat kesehatan dan kecantikan. Namun, daunnya juga memiliki manfaat bagi kesehatan.

Menurut sejarah, pepaya berasal dari Meksiko, Amerika Utara. Daun papaya memiliki kandungan vitamin A, vitamin B1, vitamin C, kalori, lemak, protein, karbohidrat, air dan kalsium. Daun pepaya memiliki zat ppain yang tinggi sehingga menjadikannya memiliki rasa pahit, akan tetapi zat ini berguna bagi meningkatkan nafsu makan.

Mau tahu apa saja manfaat daun pepaya? Silahkan simak ulasannya sebagai berikut :

Meredakan sakit pada haid

Meredakan sakit pada haid

Daun pepaya tidak hanya dimanfaatkan sebagai bahan masakan dan jamu saja loh! Daun yang memiliki rasa pahit ini juga mampu membantu meredakan nyeri pada haid.

Pada daun pepaya memiliki getah (ditemukan juga pada batang dan buah), getah tersebut mengandung enzim yang bernama papain.

Caranya dengan mencuci satu lembar daun pepaya, kemudian tumbuk dan ambil airnya dengan cara memerasnya, kemudian tambahkan sedikit garam sedikit untuk menghilangkan rasa pahitnya. Minumlah pada saat rasa sakit haid datang.

Anti-malaria

Anti-malaria

Daun papaya memiliki kandungan yang membuat konsejtrasi tinggi, sehingga semakin banyak kita mengkonsumsi daun pepaya, maka pertumbuhan plasmodium semakin rendah.

Namun, peneliti sudah meneliti kalaupun menkonsumsi daun pepaya dengan rendah pun akan membantu pertumbuhan plasmodium turun. Dengan hasil itu Johanis memiliki pendapat kalau ekstrak daun pepaya memiliki potensi sebagai obat anti-malaria.

Menurunkan kadar gula dalam darah

Menurunkan kadar gula dalam darah

Jus daun papaya membantu meningkatkan daya tokssik insulin dan membantu mengatur kadar glukos. Selain itu, kandungan penguatan sel yang tinggi membantu mengurangi bahaya kerusakan hati dan ginjal.

Mencegah jantung kroner

Mencegah jantung kroner

Kadar kolestrol yang tinggi dalam darah adalah factor terbesr bagi penyakit jantung. Cara yang paling aman mengurangi resiko penyakit jantung menurut pakar kesehatan adalah dengan mengkonsumsi daun pepaya. Karena daun pepaya dapat menurunkan kadar kolestrol yang ada dalam darah.

Daun pepaya memiliki vitamin C, yang membantu mencegah penegendapan kolestrol dalam plak arteri, yang akhirnya membantu mengurangi resiko penyakit jantung kroner.

Anti-kanker

Anti-kanker

Daun papaya dipercaya sebagai anti – kanker karena daun pepaya memiliki getah yang mampu mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

Membantu masalah pada haid

Membantu masalah pada haid

Membantu menghilangkan nyeri pada haid. Caranya dengan merebus satu lembar daun pepaya, dan dibarengi dengan asam jawa dan garam secukupnya saja. Lalu setelah mendidih angkat dan diamkan hingga hangat dan setelahnya minumlah. Meminum ramuan ini dalam keadaan hangat sangat membantu mempercepat reaksi dalam perut, sehingga rasa nyeri akan cepat teratasi.

Menyembuhkan emfisema

Menyembuhkan emfisema

Emfisema adalah salah satu penyakit yang mematikan, yang terdiri dari penyakit paru obstruktif kronik. Penyakit ini selalu banyak dikaitkan dengan kerusakan jaringan paru – paru dengan bertahap, termasuk penghancurang alveoli.

Untuk menyembuhkan penyakit ini, mamerlukan mengkonsumsi yang mengandung banyak vitamin D. nah, oleh karenanya kenapa daun papaya adalah obat pertama yang ditujukan untuk penyekit ini? Karena daun pepaya memiliki banyak vitamin D yang akan melindungi tubuh kamu dari penyakit yang berhubungan dengan paru – paru emfisema.

Mengatasi keputihan

Mengatasi keputihan

Keputihan memang normal dan biasa dialami oleh setiap wanita. Namun yang tidak normal itu jika kepeutihan muncul dengan gejala – gejala yang tidak wjar seperti : timbul rasa sakit pada perut bagian bawah, gatal – gatal, wajah pucat dan gairah seks turun derastis.

Jika hal tersebut dialami oleh mu, segera mengatasinya terlebih dahulu dengan obat tradisional. Kenapa merekomendasikan obat tradisional? Karena selain hemat dikantong, obat tradisional tidak memiliki efek samping apapun.

Caranya

Dengan merebus 3 tangkai daun pepaya yang masih muda, 5 gram pulosari dan 10 batang alang – alang dengan dua gelas air, kemudian setelah mendidih angkat dan diamkan sampai hangat, setelah itu minumlah. Lakukan cara ini dengan sekali dalam sehari.

Obat cacing

Obat cacing

Cacingan tergolong dalam sebuah masalah kesehatan yang kerap kali datang tanpa diketahui. Namun tahukah kamu kalau daun papaya berfotensi sebagai obat cacing? Protein dalam daun pepaya membantu menghilangkan cacing yang menyerang pada anda dan juga membuat dinding usus dan lambung tidak akan bisa digunakan lagi oleh cacing untuk tempat menempel lagi lho.

Efek samping daun pepaya

Dibalik manfaat daun papaya yang begitu banyak. Kamu juga harus memperhatikan pantangan memakan daun pepaya untuk mencegah efek yang tidak diinginkan.

  • Jus daun papaya tidak disarankan bagi ibu hamil karena bisa menimbulkan keguguran.
  • Jus daun papaya juga tidak disarankan bagi wanita yang sedang menjalani program kehamilan karena akan mempersulit pembuahan.
  • Yang memiliki alergi pada papaya juga harus bisa waspada karena bisa menimbulkan ruam, iritasi lambung dan mual – mual.

Itulah manfaat daun papaya yang harus diketahui. Pohon pepaya sangat mudah tumbuh di Indonesia jadi kamu bisa dengan mudah menanamnya. Dengan tanamamn sendiri, kamu bisa mendapatkan daun pepaya kapanpun kamu perlukan. Namun, tetap saja jika kamu ingin terhindar dari penyakit tersebut. Kamu harus memiliki pola hidup yang sehat.