Manfaat Coklat Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui

Posted on

Manfaat coklat – Coklat tidak hanya digemari karena rasanya yang manis dan melezatkan saja. Namun, coklat juga memiliki kandungan yang cukup baik bagi kesehatan. Kandungan didalamnya memiliki begitu banyak manfaat.

Coklat pertama kali tidak dijadikan makanan, pada dahulu kala coklat dijadikan sebagai minuman. Memang sejak dari jaman dahulu coklat ini sudah dikonsumsi oleh orang – orang Amerika Selatan. Coklatpun pertama dibudidayakan didaerah ini. Pada kala itu, coklat dianggap hal yang mewah.

Kokoa juga dianggap sebagai minuman para bangsawan dan sejak dari dulu coklat atau kokoa sering dijadikan sebagai hadiah.

Coklat memiliki berbagai zat seperti lemak, protein, karbohidrat dan alkanoid yang bermanfaat bagi tubuh. Berikut adalah manfaat coklat untuk kesehatan yang jarang diketahui.

Melawan kanker

Melawan kanker

Coklat mengandung antioksidan yang tinggi yang bisa menghentikan pertumbuhan sel kanker. Dengan menyebabkan protein tertentu dalam tubuh, maka sesuatu yang menghasilkan sel – sel tumor akan tidak berfungsi.

Menurunkan tekanan darah

Menurunkan tekanan darah

Sama halnya seperti sayuran yang memiliki warna gelap, coklat juga memiliki manfaat dan sifat yang mirip. Coklat mengandung flavonoid yang merupakan antioksidan. Antioksidan membantu menurunkan tekanan darah dengan memproduksi oksida nitrat, hal ini juga membuat hormon dalam tubuh menjadi lebih seimbang.

Meningkatkan gairah

Meningkatkan gairah

Coklat mengandung senyawa yang bersifat perangsang. Coklat dikenal sebagai penambah gairah memang dikenal sejak dulu. Kaisar Montezuma dan Suku Aztec mengonsumsi biji coklat dalam jumlah berlebih agar gairah meningkat dan romantisme pada istrinya.

Membuat awet muda

Membuat awet muda

Selain berguna untuk kesehatan, coklat juga membuat kamu menjadi awet muda loh! Kandungan antioksidan yang terkandung didalamnya sangat berguna untuk kesehatan badan dan kulit kamu.

Menghindari gigi rusak

Menghindari gigi rusak

Sebuah peneliti di Jepang menemukan kalau biji coklat memiliki manfaat untuk mencegah kerusakan pada gigi dan mencegah tumbuhnya bakteri di dalam mulut. Selain itu, biji kakao juga memiliki efek anti bakteri pada mulur dan membantu mencegah pembentukannya plak yang membuat kerusakan pada gigi.

Jenis coklat yang bermanfaat untuk kesehatan gigi adalah dark chocolate yang memiliki rasa sedikit pahit, namun memang kandungan coklatnya lebih tinggi. Coklat jenis ini mengandung tannin yang bisa menghancurkan plak. Dan kandungan polyphenol dan flavonoidnya juga berguna sekali untuk kesehatan gigi dan mulut.

Menghilangkan setres

Menghilangkan setres

Coklat mengandunga molekul psikoaktif yang membuat siapa saja yang memakannya merasa nyaman. Beberapa kandungan yang didalamnya seperti theobromine, caffeine, phenylethylalanine dan methyl-xanthine dipercaya memperbaiki mood dan mengurangi kelelahan sehingga coklat disebut anti depresi.

Menghindari serangan jantung

Menghindari serangan jantung

Coklat hitam kaya akan antioksidan seperti flavonoid sehingga bermanfaat juga untuk menghindari serangan jantung.

Sebuah study telah menunjukan kalau mengkonsumsi kacang coklat lima kali per minggunya memiliki resiko 57% lebih rendah.

Mengatasi diare

Mengatasi diare

Coklat memiliki kandungan yang bisa meredakan gejala diare. Karena kandungan flavonoid yang ada didalamnya bisa menghambat salah satu jenis protein usus yang disebut CFTR. CFTR adalah protein yang mengatur sekresi cairan di usus halus. Dengan terhambatnya CFTR, kehilangan cairan pada saat diare dapat dicegah.

Berguna untuk ibu hamil

Berguna untuk ibu hamil

Coklat memiliki zat yang berguna untuk ibu hamil yaitu :

  • Bisa menghindari ekslampsia, yaitu salah satu pemicu yang bisa menimbulkan persalinan premature dan tekananan darah tinggi sepanjang kehamilan.
  • Coklat juga bisa memberikan hal yang membuat bayi dalam kandungan lebih Bahagia, hal itu dikarenakan selama kehamilan terkadang ada saja yang membuat ibu hamil tidak merasa nyaman dan membuatnya tidak bahagia. Sehingga, si janin dalam perut ibu hamil juga mengalami setres. Namun, dengan mengkonsumsi coklat beberapa gram setiap harinya akan menurunkan resiko setres pada janin dan ibu hamil.
  • Coklat juga sangat berguna sekali bagi meningkatkan respon sicabang bayi dalam perut bunda.

Ada banyak manfaat coklat untuk kesehatan tubuh kita seperti yang telah tercantum diatas. Demikian mengenai manfaat coklat untuk kesehatan, semoga memberikan penambahan wawasan mengenai makanan yang sehat untuk tubuh kita.