8 Cara Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut

Posted on

Menjaga kesehatan gigi dan mulut – Sariawan, gusi bengkak, gigi berlubah hingga bau mulut merupakan contoh dari kesehatan gigi dan mulut yang sangat buruk. Masalah pada gigi ini sangat tidak membuat nyaman ataupun kesulitan makan dan berbicara.

Di sebuah study menunjukan kalau kesehatan gigi dan mulut yang terganggu dapat menimbulkan berbagai komplikasi penyakit yang sangat berbahaya. Oleh karena itu, kita harus rajin merawat kebersihan gigi dan mulut agar terhindar dari berbagai penyakit tersebut.

Berikut ini adalah tips dan cara menjaga kesehatan gigi dan mulut yang wajib diketahui, terutama bagi ibu hamil!

Mengkonsumsi keju

Mengkonsumsi keju

Seperti halnya kesehatan tulang, menambah mengkonsumi kalsium juga sangat baik bagi gigi. Menurut sebuah study dari Buffalo, mengkonsumsi kalsium sebanyak 800 mg setiap harinya akan mengurangi penyakit gigi dan gusi. Sekitar 99% kalsium ditubuh akan didistribusikan pada tulang dan gigi. Kamu bisa mendapatkan kalsium itu dengan mengkonsumsi keju.

Flossing sebelum menyikat gigi

Flossing sebelum menyikat gigi

Sebaiknya jika mau menggosok gigi tidak langsung menggosoknya dan lakukanlah flossing terlebih dahulu. Flossing adalah upaya menghilangkan sisa makanan yang ada dalam gigi dengan menggunakan benang. Dengan melakukan flossing ini akan membantu gigi lebih efektif.

Memanfaatkan tusukkan gigi

Memanfaatkan tusukkan gigi

Membersihkan sela – sela gigi biasanya menggunakan alat bantu sperti tusuk gigi. Tusuk gigi akan membantu mengangkat plak yang mungkin terbentuk dan tusuk gigi terbuat dari kayu ataupun pelastik. Tusuk gigi dapat membantu membersihkan permukaan gigi yang mungkin tidak terjangkau dan mengurangi penyakit gusi.

Kurangi memakan makanan yang manis – manis

Kurangi memakan makanan yang manis – manis

Melakukan perawatan gigi saja tidak cukup jika kamu tidak menjauihi makanan yang menyebabkan gigi berlubang. Misalnya makanan manis atau keripik. Ketika kamu mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis bakteri dalam mulut kamu akan memproduksi asam yang dapat merusak lapisan enamel gigi kamu.

Selain menghindari makanan manis perbanyaklah memakan buah dan sayuran atau makanan yang mengandung kalsium. Atau jika kamu pecinta permen bisa menggantinya dengan permen karet karena akan membantu mengangkat sisa makanan dalam mulut.

Rajin gosok gigi

Rajin gosok gigi

Kamu juga harus rajin menggosok gigi agar terjauh dari masalah kesehatan gigi dan mulut. Selain itu, jangan terlalu keras ketika menggosok gigi. Gosoklah gigi kamu dengan teratur dan gunakan pasta gigi yang berfluorida.

Pergi ke dokter untuk perawatan gigi

Pergi ke dokter untuk perawatan gigi

Melakukan pemeriksaan gigi dengan rutin bisa jadi salah satu cara menghindari gigi berlubang dan merupakan perawatan gigi terbaik. Dengan memeriksakan gigi secara rutin, gangguan pada gigi akan terdeteksi lebih awal dan mudah untuk ditangani.

Banyak minum air putih

Banyak minum air putih

Rutinlah meminum air putih setelah makan. Karena akan membuat sisa makanan yang ada didalam mulut terbawa dan ikut masuk kedalam tubuh. Namun jika kamu ingin kotorannya dikeluarkan bisa dengan berkumur – kumur.

Air putih punya manfaat baik bagi berbagai kesehatan salah satunya berguna sekali untuk daerah mulut. Jadi, diusahakan jika ingin bepergian tidak lupa untuk membawa mineral. Karena, jika terlalu meminum manis atau asam akan membuat gigi keropos.

Hindari merokok

Hindari merokok

Jika ingin sehat dan terjauh dari gangguan mulut dan gigi kamu harus hindari merokok. Karena uap rokok akan membuat mulut menjadi panas dan banyak sekali didalamnya radikal bebas yang ikut masuk. Selain itu, rokok membuat gigi kuning dan bahkan akan menjadi kehitaman.

Itulah beberapa cara menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan mudah. Apakah kamu sebelumnya belum mengetahuinya? Semoga setelah ini, kamu lebih tahu tentang bagaimana merawat gigi dan mulut dengan baik.