9 Cara Merawat Rambut Keriting Agar Tetap Indah dan Sehat

Posted on

Cara merawat rambut keriting asli agar tidak mudah kusut, rontok, dan kering memang bisa dikatakan susah-susah gampang. Pasalnya, helaian rambut keriting itu memiliki bentuk yang lebih pipih jika dibandingkan rambut lurus. Sehingga, membuat rambut keriting mudah sekali patah.

Selain itu, distribusi minyak dari akar rambut juga tidak bisa merata dikarenakan bentuknya yang meliuk-liuk. Dalam hal ini, pemilik rambut keriting dituntut agar senantiasa menjaga kelembabannya. Inilah sebabnya merawat rambut keriting membutuhkan usaha ekstra.

Cara merawat rambut keriting

Apakah kalian sudah mencoba aneka merek shampo khusus rambut keriting namun belum juga memberi hasil memuaskan? Kalau begitu silahkan disimak ulasan lengkap dibawah ini.

Saya akan memberitahu langkah-langkah yang efektif dan ampuh dalam merawat rambut keriting agar tetap sehat, kuat, dan terlihat indah.

Gunakan Conditioner dan Kurangi Shampo

Merawat Rambut Keriting

Bagi pemilik rambut keriting, menggunakan shampo secara rutin adalah kesalahan besar. Pasalnya, shampo mengandung detergen atau Sodium Laureth Sulfate yang berfungsi menyatukan air dan minyak.

Sementara itu, jenis rambut keriting membutuhkan minyak alami di rambut agar tetap sehat, lembap dan tidak mudah kering. Jika minyak alami di rambut tercampur oleh air, itu berarti berpotensi memicu masalah pada rambut keriting.

Oleh sebab itu, cara merawat rambut keriting yang pertama adalah dengan membatasi penggunaan shampo. Idealnya gunakan shampo setiap tiga hari sekali. Jika kamu biasa keramas, maka gunakanlah air saja.

Supaya rambut keriting senantiasa terlihat bagus dan makin lembab, gunakan saja conditioner. Namun jangan sembarangan, pilihlah conditioner yang tidak mengandung silicone tapi mengandung kelapa.

Silicone adalah zat yang bisa merusak rambut, sedangkan kelapa ia bisa meningkatkan kelembaban rambut.

Menyisir Rambut Ketika Masih Basah

Cara Menyisir Rambut Keriting

Jika rambut lurus sebaiknya disisir saat sudah kering, namun beda halnya dengan rambut keriting. Jenis rambut ini justru lebih baik disisir dalam kondisi basah. Ketika menyisir gunakanlah sisir bergigi jarang. Mulailah menyisir dari ujung rambut kemudian ke atas.

Ada dua alasan mengapa rambut keriting tidak baik disisir saat kering. Pertama, rambut keriting bentuknya akan berubah sehingga tidak bisa mengembang seperti biasa. Kedua, akan membuat rambut keriting mudah kusut dan patah.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Ketombe yang Membandel Secara Alami

Hindari Penggunaan Produk Beralkohol

Rawat Rambut Keriting Dengan benar

Sebelum membeli produk perawatan rambut, sebaiknya cek dulu komposisinya dengan teliti. Apakah produk itu mengandung alkohol atau tidak. Penting sekali bagi pemilik rambut keriting untuk menghindari alkohol.

Sebab, alkohol itu bersifat menyerap air di sekitarnya. Jika tidak mau rambut keritingmu mudah kusut dan kering, sebaiknya hindarilah penggunaan produk beralkohol.

Ingat baik-baik ya cara merawat rambut keriting yang satu ini!

Jangan Terlalu Sering Mengusap Rambut

Mengusap Rambut Keriting

Poin nomor empat ini juga sangat penting untuk diketahui oleh semua pemilik rambut keriting. Karena rambut kesayanganmu jadi mudah kering, apabila terlalu sering diusap. Apalagi jika diusap menggunakan handuk.

Merawat rambut keriting memang bukanlah pekerjaan yang sepele, sehingga tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Buktinya saja, hal-hal remeh seperti mengusap rambut juga sangat diperhatikan.

Jika rambutmu basah, sebaiknya biarkan ia kering dengan sendirinya. Hindari penggunaan handuk, namun gunakan kaos yang sudah tidak terpakai. Ingat jangan mengusapnya, cukup ditempel-tempel secara perlahan agar air yang menetes berkurang.

Jika kamu terbiasa mengeringkan rambut menggunakan hair dryer, mulai sekarang coba deh memakai difusser. Tujuannya adalah agar panasnya lebih merata ke seluruh bagian rambut.

Meskipun merawat rambut keriting cukup ribet, namun semua itu harus kamu patuhi. Agar rambutmu tidak terkena masalah-masalah yang bisa mengurangi keindahannya.

Sisir Rambut Memakai Jari

Sisir Rambut Keriting dengan jari

Tips merawat rambut keriting selanjutnya juga tidak kalah penting agar diperhatikan, yaitu mengenai sisir yang digunakan untuk merapikan rambut. Ketahuilah, apabila penggunaan brush atau sisir bisa mengakibatkan kerusakan pada ikal alami rambut keritingmu.

Maka dari itu, sebaiknya gunakan saja jari-jari tangan setiap kali ingin merapikan rambut. Sehingga, rambut keriting alamimu akan terhindar dari kerontokan dan terlihat tetap indah.

Berikan Vitamin Pada Rambut

Vitamin Buat Rambut Keriting

Rutin memberikan vitamin adalah cara merawat rambut keriting asli yang sangat ampuh untuk mempertahankan keindahannya. Memang tidak bisa dipungkiri lagi, apabila vitamin adalah nutrisi terbaik untuk semua anggota tubuh, begitu pula terhadap rambut keriting.

Jika rambut keriting kalian mudah sekali kering, sebaiknya berikan ia tambahan nutrisi yang cukup dengan cara rutin memakai vitamin. Pilihlah jenis vitamin yang mengandung ekstrak Vitamin E, karena ia berfungsi untuk melembabkan rambut.

Kalau sudah ketemu, silahkan aplikasikan vitamin itu pada rambutmu. Mulai dari tengah sampai ke ujung rambut. Jika kamu rutin melakukannya, hal ini akan membantu mencegah rambut bercabang dan rambut tidak terlihat kaku.

Memakai Creambath Alami

Memakai Creambath Alami

Salah satu model rambut keriting yang akhir-akhir ini sedang diminati oleh remaja adalah rambut keriting gantung. Model seperti ini konon mampu menjadikan penampilannya terlihat lebih eksklusive dan dewasa.

Disamping bentuknya yang kelihatan indah, rambut keriting gantung biasanya juga mudah sekali terlihat kaku dan berantakan. Pemiliknya dituntut untuk melakukan perawatan yang tepat supaya keindahan rambut tidak terganggu.

Cara merawat rambut keriting gantung sebenarnya tidak terlalu ribet kok, gunakan saja creambat alami yang terbuat dari bahan-bahan disekitar kita seperti santan kelapa, aloe vera dan lidah buaya. Aloe vera cocok sekali dipilih karena akan membantu menghaluskan dan melembabkan rambut.

Cara penggunaan:

  • Cuci rambut menggunakan air biasa, kemudian tunggu sebentar sampai agak mengering.
  • Ketika kondisi rambut masih agak lembab, oleskan aloe vera, lidah buaya atau santan kelapa ke seluruh bagian rambut.
  • Jika sudah merata, tutup rambut keritingmu dengan shower cap atau handuk yang sudah dicelupkan didalam air hangat.
  • Diamkan selama 30 menit, lalu bilas rambut menggunakan air sampai bersih.

Creambath alami ini berkhasiat untuk membantu rambut keriting jadi lebih lembut, halus, dan mudah diatur.

Ketika Tidur Ikat Rambut Gaya Cepol

Cara Mengikat Rambut Keriting

Sebagai pemilik rambut keriting, kamu pastinya sudah tidak asing lagi dengan beberapa permasalahan rambut yang membuatmu jengkel ketika bangun tidur. Pasalnya, kalian mendapati rambut keriting tiba-tiba saja berubah bentuk, menjadi kusut, dan rontok di bantal ataupun kasur.

Jika selama ini kamu dipusingkan dengan hal ini, maka tidak perlu khawatir lagi. Kalian bisa mengatasinya dengan cara mengikat rambut dengan gaya cepol setiap kali tidur.

Gaya cepol akan membantu menjaga bentuk rambut keritingmu dan membuatnya agar tidak bergesekan dengan bantal.

Rutin Merawat Rambut Memakai Minyak Zaitun

Minyak Zaitun Buat Rambut Keriting

Cara merawat rambut keriting yang terakhir yakni rutin memakai minyak zaitun. Sebab, minyak zaitun mampu menutrisi rambutmu secara maksimal dan berfungsi untuk melembabkannya secara maksimal.

Asal kalian tahu saja, minyak zaitun ternyata memiliki karakteristik yang sangat mirip dengan minyak alami didalam tubuh.

Cara perawatannya juga cukup mudah, kamu tinggal mengoleskan minyak zaitun ke seluruh rambut beberapa jam sebelum mandi atau setiap menjelang tidur malam.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Ketombe yang Membandel Secara Alami

Mungkin cukup sampai disini dulu pembahasan saya kali ini tentang 9 cara merawat rambut keriting asli yang baik dan benar. Silahkan terapkan didalam keseharianmu agar kesehatan dan keindahan rambut tetap terjaga.