Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami Dengan Mudah, Ampuh dan Cepat

Posted on

Bingung bagaimana cara menurunkan kolesterol dengan mudah? Yuk cek penjelasannya di bawah ini. Kolesterol adalah senyawa yang bersifat seperti lemak. Kolesterol ada di hampir semua bagian tubuh dan diproduksi oleh hati. Selain itu, kolesterol juga bisa didapat dari makanan.

Kolesterol baik (HDL) memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh. Namun di sisi lain, kolesterol jahat (LDL) yang terlalu tinggi merupakan salah satu penyakit mematikan. Hampir sama penyakit asam urat, kolesterol tinggi juga berbahaya.

Kolesterol berlebih bisa meningkatkan risiko penyakit jantung koronen, gagal jantung, stroke dan angina. Oleh sebab itu, admin akan membagikan beberapa cara menurunkan kolesterol secara alami yang sudah terbukti aman, ampuh dan tanpa perlu biaya mahal.

Jika kurang puas, Anda bisa membeli beberapa rekomendasi obat kolesterol terbaik berikut. Silahkan sesuaikan sendiri menurut kebutuhan masing-masing.

Penyebab Kolesterol dan Makanan Pantangan yang Harus Dihindari

Kolesterol tinggi biasa disebabkan karena sering mengonsumsi makanan tinggi lemak jenuh, malas berolahraga dan merokok. Bisa juga karena faktor keturunan dan akibat penyakit yang sedang diderita. Misalnya penyakit hipotiroidisme, diabetes, serta obesitas.

Adapun untuk jenis makanan pantangan kolesterol antara lain:

  • Gorengan
  • Ayam goreng
  • Martabak telur
  • Ampela
  • Jantung
  • Otak
  • Telur ayam
  • Udang
  • Junk food
  • Kikil
  • Sayap Ayam

Cara Menurunkan Kolesterol Tanpa Obat Dengan Cepat

Setelah mengetahui sedikit apa itu kolesterol, penyebab dan makanan pantangannya. Sekarang mari kita langsung menuju pembahasan inti yaitu cara menurunkan kolesterol dengan cepat.

Mengkonsumsi Buah Alpukat

Mengkonsumsi Buah Alpukat

Salah satu cara yang dianggap sangat efektif untuk menurunkan kolesterol adalah dengan sering mengkonsumsi buah-buahan. Dari sekian banyak buah, alpukat bisa menjadi rekomendasi utama bagi penderita kolesterol tinggi.

Jika Anda tidak suka mengkonsumsinya secara langsung, maka Anda bisa membuatnya menjadi jus. Alpukat layak dijadikan pilihan buah penurun kolesterol, karena ia mengandung beta-sistosterol.

Yaitu sejenis lemak nabati yang berkhasiat menurunkan jumlah kolesterol yang diserap tubuh dari makanan. Di sisi lain, alpukat juga bisa membantu menurunkan kolesterol jahat sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik.

Oatmeal dan makanan berserat tinggi

Oatmeal dan makanan berserat tinggi

Cara menurunkan kolesterol secara alami selanjutnya adalah dengan memperbanyak konsumsi oetmeal dan juga makanan yang mengandung serat tinggi.

Seperti yang diketahui oetmeal merupakan salah satu jenis makanan yang sering dikonsumsi oleh mereka yang ingin diet. Namun tahukah Anda bahwa selain dijadikan sebagai makanan diet, oetmeal ternyata juga termasuk makanan penurun kolesterol.

Oetmeal sangat baik untuk kesehatan karena mengandung serat yang dapat menurunkan LDL tubuh. Dengan mengkonsumsi 10 gram oetmeal setiap hari dapat mengurangi total kolesterol termasuk kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh atau LDL.

Mengkonsumsi Kacang-kacangan

Mengkonsumsi Kacang-kacangan

Kacang merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung serat larut yang sangat tinggi. Kandungan serat yang tinggi tersebut dapat membantu mengurangi kolesterol jahat pada tubuh.

Perlu diketahui bahwa mengkonsumsi kacang-kacangan seperti buncis, kacang panjang, kacang almond, kacang merah selama 6 minggu berturut-turut dapat menurunkan kolesterol hingga 10 persen lho!

Jeruk

Jeruk

Bukan hanya berwarna cantik dan bercitarasa segar, jeruk ternyata juga menjadi bagian dari deretan buah penurun kolesterol. Khasiat ini didapat berkat tingginya kandungan Vitamin C yang ada pada jeruk.

Kandungan Vitamin C tersebut dipercaya bisa membantu mencegah terjadinya penumpukan kadar kolesterol jahat, sekaligus menurunkan risiko penyakit jantung. Selayaknya buah penurun kolesterol yang lain, jeruk juga diperkaya kandungan serat larut air.

Serat larut air itu berguna untuk mengikat kolsterol yang ada di dalam makanan. Saking ampuhnya, jeruk juga menghadirkan kandungan d-limone. D-limone adalah senyawa kimia yang berfungsi untuk melarutkan kolesterol di dalam tubuh.

Cara menurunkan kolesterol dengan buah jeruk sangat simpel, cukup makan 2-3 jeruk secara rutin setiap hari. Bisa juga dengan 1 gelas jeruk per hari.

Apel

Apel

Apel adalah buah yang biasa disukai oleh anak-anak kecil. Apel sangatlah direkomendasikan bagi penderita kolesterol tinggi, karena mengandung pektin. Pektin ini berfungsi menyerap lemak dan kolesterol jahat dari makanan. Nantinya, kolesterol dan lemak jahat tadi dibuang dari tubuh dalam bentuk feses dan urine.

Bisa dibilang, pektin adalah serat larut pembilas kolesterol jahat. Selain dimanfaatkan sebagai salah satu cara menurunkan kolesterol secara alami, buah apel juga bisa menghindarkan seseorang dari risiko terkena penyakit jantung.

Berkat tingginya kandungan polifenol dan serat didalam apel.

Jambu Biji

Jambu Biji

Pilihan buah penurun kolesterol yang terakhir adalah jambu biji. Jambu biji dipilih karena didalamnya terkandung serat larut dan kalium yang sangat tinggi. Kedua kandungan ini berfungsi untuk menurunkan tekanan darah sekaligus kolesterol.

Bukan jambu biji namanya jika tidak memberi manfaat double. Secara bersamaan, kandungan mineral dan vitaminnya juga bisa meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh.

Menurut penelitian yang diterbitkan American Journal of Cardiology. Peserta penderita kolesterol tinggi yang rutin mengonsumsi jambu biji setiap ingin makan selama 12 minggu menunjukkan hasil luar biasa.

Peserta mengalami penurunan kadar kolesterol sampai 9,9% dan 8% peningkatan HDL atau kolesterol baik.

Rutin Olahraga

Rutin Olahraga

Ini dia cara menurunkan kolesterol yang tidak boleh Anda lewatkan. Sebagus apapun Anda mengatur gaya hidup dan pola makan, hasilnya pasti kurang maksimal jika tidak dibarengi dengan olahraga secara rutin.

Pilihan Obat Penurun Kolesterol

Jika Anda sudah mengkonsumsi makanan penurun kolesterol alami, namun kadar kolesterol LDL masih tetap tinggi. Mungkin sudah saatnya untuk Anda mengatasi dengan cara mengkonsumsi obat penurun kolesterol.

Namun perlu diingat bahwa sebelum mengkonsumsi obat penurun kolesterol, sebaiknya Anda mengkonsultasikan dulu dengan dokter. Beberapa jenis obat yang mungkin diresepkan seperti:

1. Statin

Statin merupakan salah satu jenis obat penurun kolesterol yang sudah digunakan selam lebih dari 20 tahun. Anda tidak perlu khawatir karena obat ini sangat aman dan efektif untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Sehingga tidak heran jika banyak dokter yang meresepkan obat Statin sebagai penurun kolesterol jahat atau LDL.

2. Niasin

Niasin atau biasa dikenal sebagai asam nikotinat merupakan obat penurun kolesterol selanjutnya yang bisa dicoba. Perlu diketahui bahwa Anda bisa menemukan kandungan Niasin secara alami pada berbagai makanan seperti susu, telur, ayam, daging sapi dan masih banyak lagi. Sebelum mengkonsumsi Niasin, ada baiknya untuk menanyakan apa saja efek samping yang ditimbulkan dari obat ini.

3. Fibrate

Bagi Anda yang memiliki adar triglyceride lumayan tinggi, maka obat fibrate ini bisa jadi pilihan yang sangat tepat. Umumnya dokter akan meresepkan obat fibrate ini sebagai penurun kolesterol fibrate.

Nah demikian ulasan singkat tentang bagaimana cara menurunkan kolesterol dengan cara alami. Namun jika kolesterol jahat Anda masih belum turun juga, Anda bisa mencoba mengkonsumsi beberapa obat penurun kolesterol dengan catatan wajib mengkonsulatasikan terlebih dahulu ke dokter. Semoga bermanfaat dan membantu!