Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh yang Bagus Agar Tidak Mudah Sakit

Posted on

Cara meningkatkan daya tahan tubuh atau sistem imunitas sebenarnya cukup mudah dilakukan. Bisa dimulai dengan mengubah pola hidup sehari-hari. Seperti pola makan, pola tidur, mengontrol stress, sampai mengkonsumsi obat vitamin atau suplemen agar kekebalan tubuh tetap prima. Mempertahankan daya tahan tubuh penting dilakukan untuk pria dan wanita, anak-anak sampai lansia.

Pengertian daya tahan tubuh adalah jaringan sel-sel, protein, antibodi dan organ yang berfungsi sebagai pelindung tubuh dari serangan virus, bakteri dan penyakit. Sistem kekebalan tubuh yang bagus membantu Anda agar tidak mudah sakit dan tertular penyakit.

Penasaran bagaimana cara meningkatkan daya tahan tubuh? Kalau begitu, simak penjelasan selengkapnya berikut.

Beragam Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Agar Tetap Prima

  • Memperbanyak Makanan yang Mengandung Antioksidan
Memperbanyak Makanan yang Mengandung Antioksidan

Langkah pertama yang penting Anda lakukan agar kekebalan tubuh tetap terjaga adalah lebih hati-hati dalam memilih makanan. Jangan sembarangan, Anda lebih dianjurkan agar memilih makanan dengan bumbu tinggi antioksidan. Seperti kunyit, bawang putih, cabai rawit, jahe, dan bawang bombay.

Disetiap makanan yang mengandung tinggi antioksidan dan antimikroba, itu akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

  • Tidur yang Cukup
Tidur yang Cukup

Seperti penjelasan diawal, usaha meningkatkan daya tahan tubuh itu tidak sulit. Anda bisa mengawalinya dengan membiasakan istirahat cukup selama 7 jam per hari. Sebab, itu bisa meningkatkan limfosit T atau sel T.

Sel-sel T adalah kelompok sel darah putih yang berperan penting pada kekebalan seluler. Setiap malam, pastikan Anda tidur cukup selama 7 jam agar tidak mudah sakit.

Menurut sebuah penelitian, tidur selama 4 jam dalam semalam bisa menurunkan sel-sel pembunuh alami di dalam tubuh sampai 70%. Oleh sebab itu, wajar apabila orang-orang yang hobi begadang rentan terkena penyakit.

  • Minum Teh Hijau
Minum Teh Hijau

Cara meningkatkan daya tahan tubuh selanjutnya adalah rutin minum teh hijau. Teh hijau mampu berperan aktif dalam menjaga sistem imunitas karena diperkaya antioksidan berupa polifenol. Polifenol pada teh hijau berguna untuk melawan infeksi.

Kendati demikian, Anda tidak diperbolehkan mengkonsumsi teh hijau secara berlebihan. Tetap imbangi dengan gaya hidup dan pola makan sehat.

  • Mengurangi Stress
Mengurangi Stress

Belum banyak orang yang mengetahui, antara sistem kekebalan tubuh dan otak itu saling berkaitan satu sama lain. Ketika sedang stress, otak akan memproduksi kortisol lebih banyak dan mempersiapkan tubuh menghadapi situasi darurat.

Kondisi tersebut membuat sistem imunitas tubuh menurun. Oleh sebab itu, penting sekali mengurangi stress dalam upaya meningkatkan daya tahan tubuh. Bisa dengan melakukan meditasi ataupun yoga di rumah.

  • Minum Air Putih yang Cukup
Minum Air Putih yang Cukup

Air putih dibutuhkan oleh tubuh untuk mengeluarkan bakteri dan racun penyebab penyakit. Namun, proses ini hanya bisa berlangsung ketika tubuh mendapatkan asupan air putih yang cukup. Menurut sejumlah ahli kesehatan, tubuh membutuhkan setidaknya 8 gelas air putih dalam sehari.

Apabila dalam sehari Anda minum kurang dari 8 gelas, maka proses pembuangan racun dan bakteri menjadi kurang maksimal. Bagaimana, kapan Anda mau mempraktekkan cara meningkatkan daya tahan tubuh ini? Tidak perlu menunda, karena sangat mudah dan murah.

Agar lebih efisien, buatlah jadwal minum air putih. Yaitu 2 gelas di pagi hari, 2 gelas siang, 2 gelas sore dan 2 gelas malam.

  • Minyak Esensial
Minyak Esensial

Untuk penanganan lebih lanjut, Anda bisa menyiapkan oil diffuser. Oil difusser merupakan sebuah alat yang berfungsi menyebarkan minyak esensial (essential oil) ke seluruh ruangan. Sebaiknya Anda memilih minyak esensial lemon dengan kandungan antibakteri.

Asalkan Anda tahu, memenuhi suatu ruangan dengan aroma essential oil lemon dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

  • Rutin Berolahraga
Rutin Berolahraga

Ini dia cara meningkatkan daya tahan tubuh yang memberikan pengaruh sangat besar. Olahraga bisa dibilang menjadi salah satu kunci agar tubuh tidak mudah terkena penyakit. Sebab, kurang lengkap rasanya apabila pola tidur dan pola makan sehat tanpa diimbangi dengan olahraga secara rutin.

Dianjurkan supaya Anda berolahraga selama 30 menit per hari. Olahraga secara rutin mampu membantu tubuh melawan infeksi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara efektif. Siapa bilang olahraga itu sulit dan mahal?

Ada lho olahraga yang mudah dilakukan dan murah, yaitu berjalan kaki.

  • Memperbanyak Buah dan Sayur
Memperbanyak Buah dan Sayur

Buah dan sayur adalah menu makanan sehari-hari yang sangat baik untuk mencegah datangnya penyakit. Sudah sejak lama, salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh secara ampuh dan efektif adalah memperbanyak konsumsi buah dan sayur.

Banyak penelitian yang membuktikan bahwasannya memperbanyak konsumsi buah dan sayur mampu mencegah datangnya penyakit. Orang-orang yang rutin mengkonsumsi buah dan sayur cenderung tidak mudah sakit.

Pasalnya, buah dan sayur mengandung mineral dan vitamin yang mampu memperkuat sistem imunitas tubuh untuk melawan bakteri dan virus penyebab penyakit.

  • Menjauhi Alkohol dan Rokok
Menjauhi Alkohol dan Rokok

Selain begadang, pola makan sembarangan dan malas olahraga, faktor lain yang bisa menurunkan daya tahan tubuh adalah alkohol dan paparan asap rokok secara berlebihan. Para perokok berisiko tinggi mengalami infeksi paru-paru. Seperti pneumonia dan bronkitis.

Sementara itu, perokok sekaligus pecandu alkohol memiliki risiko lebih besar terkena infeksi paru-paru.

Rekomendasi Obat Daya Tahan Tubuh yang Bagus

Jika diatas sudah dijelaskan beberapa cara meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengubah kebiasaan sehari-hari, maka sekarang kita bisa mencoba mengkonsumsi vitamin atau suplemen khusus.

Suplemen dibawah berguna untuk melengkapi pola makan sehari-hari yang kurang bernutrisi. Tidak perlu merasa bingung, berikut adalah beberapa rekomendasi obat terbaik untuk membantu meningkatkan sistem imunitas.

  • Suplemen Echinacea

Dari sekian banyak obat daya tahan tubuh yang bagus, suplemen echinacea merupakan pilihan terbaik. Echinacea adalah kandungan yang berfuna untuk antiradang, antivirus, antioksidan dan pastinya membantu meningkatkan sistem imunitas.

Disamping itu semua, suplemen echinacea mampu membantu tubuh mengontol tekanan darah, kadar gila, meningkatkan pertumbuhan sel dan melawan virus penyebab flu.

  • Vitamin C, E dan B6

Di apotik, ada berbagai macam pilihan vitamin yang bisa dibeli. Saking banyaknya pilihan, tidak jarang justru membuat kita bingung memilih obat vitamin untuk membantu sistem kekebalan tubuh tetap prima.

Nah, sekarang Anda bisa membeli Vitamin C, E dan B6. Ketiga jenis vitamin tadi berguna untuk mempertahankan kekebalan tubuh agar tetap kuat sehingga tidak mudah sakit. Cara meningkatkan daya tahan tubuh ini tentu wajib buat Anda coba.

  • Daun Meniran atau Phylantus

Walaupun membutuhkan studi lebih lanjut, daun meniran dipercaya mengandung ragam senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah antioksidan, yang berguna untuk melawan radikal bebas sekaligus memperkuat sistem kekebalan tubuh.

  • Buah Mengkudu

Mengkudu adalah salah satu buah yang mengandung beragam zat penting untuk tubuh. Sebagaimana kalium, yang berfungsi meningkatkan kekebalan dan stamina tubuh, sekaligus memperbaiki kerusakan sel-sel.

Penting untuk diingat, bahwasannya orang yang mempunyai riwayat penyakit jantung, ginjal dan liver dianjurkan untuk menghindari suplemen mengkudu.

Demikianlah pembahasan ringkas mengenai cara meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit, semoga bisa bermanfaat.