Cara Mengobati Sariawan di Lidah Dengan Cepat dan Tidak Perih

Posted on

Cara mengobati sariawan sebenarnya bisa dimulai dengan memanfaatkan bahan-bahan alami disekitar, tanpa harus membeli obat atau salep di apotek. Sariawan merupakan luka di dalam mulut yang menimbulkan rasa sakit. Nama medis dari sariawan yaitu stomatitis aftosa (apthous stomatitis) atau canker sore.

Luka dari sariawan biasanya berbentuk oval atau bulat, berwarna putih atau kuning dengan tepian berwarna merah. Penyakit ini umumnya terjadi pada bagian dalam bibir, pipi ataupun permukaan gusi dan lidah dengan ukuran yang berbeda-beda.

Meski bukan tergolong sebagai penyakit berbahaya, sariawan sangatlah mengganggu aktifitas harian. Makan jadi tidak enak dan bicara pun juga susah. Oleh sebab itu, admin ingin membagikan beberapa cara mengobati sariawan secara alami dan tidak perih berikut ini.

Penyebab Sariawan

Penyebab Sariawan

Sebelum masuk ke pembahasan inti, bukankah sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa saja faktor penyebab sariawan. Dengan mengetahui penyebab, kita bisa melakukan beberapa cara pencegahan supaya sariawan tidak muncul.

  1. Kondisi medis meliputi kekurangan vitamin B12 atau zat besi dan sistem imunitas yang lemah menyebabkan terjadinya sariawan. Misalnya akibat dari HIV dan penyakit lupus. Selain itu, sariawan juga disebabkan oleh infeksi virus seperti pilek, kaki, mulut dan penyakit tangan.
  2. Kerusakan atau cedera pada lapisan dalam mulut biasanya terjadi karena bibir tergigit secara tidak sengaja, memakai kawat gigi, gigi terlalu tajam atau mengunyah makanan terlalu keras.
  3. Sariawan juga dapat disebabkan karena efek samping mengonsumsi obat ataupun metode pengobatan yang dijalani. Misalnya nicorandil, penghambat beta, kemoterapi, obat anti insflamasi non steroid (AINS), dan radioterapi.
  4. Adanya perubahan hormon yang biasanya dialami oleh wanita. Wanita biasanya mengalami sariawan bersamaan dengan masa menstruasi. Kadang sariawan juga muncul ketika seseorang merasa gelisah atau stres.

Penyebab sariawan yang lainnya yaitu mengonsumsi makanan atau minuman tertentu misalnya makanan pedas dengan minum kopi. Usahakan Anda menjauhi semua kegiatan yang bisa memicu sariawan.

Jika sudah terlanjur, maka simak sampai habis beberapa cara pengobatan sariawan di bawah ini.

Cara Mengobati Sariawan dengan Bahan Alami

Mengobati sariawan bisa dibilang tidak terlalu sulit, nah buat anda yang ingin tau bagaimana cara menbobati sariawan dengan bahan alami, langsung saja disimak ulasan dibawah ini.

Air Garam

Cara Mengobati Sariawan

Cara Mengobati Sariawan yaitu menggunakan air garam. Garam yang memiliki kandungan antiseptik, menenangkan, dan membersihkan menjadi obat alami untuk masalah mulut. Membilas dengan air garam mampu meredakan gejala sariawan. Caranya yaitu larutkan setengah sendok teh garam dalam segelas air hangat. Kumur-kumur atau bilas air garam tersebut kedalam mulut Anda, kemudian keluarkan.

Yoghurt

Yoghurt

Yoghurt mengandung bakteri baik yang membantu mengobati sariawan. Yoghurt probiotik ini juga dapat mengembalikan keseimbangan yang baik antara bakteri jahat dan baik di mulut. Karena yoghurt cukup lembut, makanan ini mudah dimakan dan tidak kesulitan ketika menelannya. Pilihlah yoghurt yang tidak ada pemanis karena jamur penyebab sariawan akan tumbuh subur ketika ada gula.

Daun Sirih

Daun Sirih

Daun sirih dapat menjadi obat efektif untuk mengobati sariawan. Anda dapat menggunakannya dengan cara dikunyah. Daun sirih sebagai antioksidan, antibakteri dan anti radang. Daun sirih juga digunakan sebagai herbal untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Baking Soda

Baking Soda

Baking soda merupakan bubuk pengembang kue yang bermanfaat untuk mengatasi sariawan. Caranya yaitu larutkan baking soda dengan air hangat sehingga berbentuk seperti krim. Oleskan krim baking soda tersebut pada bagian sariawan.

Gentian Violet

Gentian Violet

Gentian Violet merupakan pewarna sintesis yang berwarna violet dengan sifat antijamur. Pewarna sintesis ini menjadi pengobatan rumahan ketika sariawan. Anda dapat membeli produk ini di apotek maupun toko-toko online. Cara menggunakannya yaitu mengoleskan gentian violet ke area yang sakit dengan bantuan kapas. Anda dapat melakukan secara rutin dua atau tiga kali sehari.

Madu

Madu

Madu menjadi salah satu cara efektif untuk mencegah infeksi dan membantu menyembuhkan luka termasuk luka akibat sariawan. Caranya mudah yaitu mengoleskan madu sebanyak 4x sehari dan memilih madu yang tidak dipanaskan dengan suhu tinggi.

Baca Juga : Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang dan Gusi Bengkak Secara Alami

Lidah Buaya

Lidah Buaya

Pernah nggak sih Anda menyadari jika satu sariawan di gusi atau di lidah bisa membuat semua bagian mulut terasa panas dan tidak nyaman? Jika pernah mengalaminya, tidak perlu bingung-bingung.

Cukup siapkan lidah buaya, kupas dan ambil gelnya. Gunakan gel lidah buaya untuk mengolesi bagian yang mengalami sariawan. Diamkan selama 1-2 jam, ulangi 2 atau 3 kali sehari.

Cara mengobati sariawan di lidah ini sudah terbukti ampuh, dengan khasiat utama sebagai pereda nyeri dan antiperadangan secara alami.

Kelapa

Kelapa

Jika di sekitar Anda tidak ada lidah buaya, maka bisa mencari alternatif lain yang tidak kalah ampuh dan lebih mudah didapat. Sebagai obat sariawan di lidah, Anda bisa memanfaatkan khasiat kelapa.

Kelapa berfungsi untuk mengurangi rasa sakit akibat sariawan dan mencegah peradangan luka semakin parah. Lebih dari itu, kelapa dipercaya juga bisa membantu mengurangi panas tubuh, yang menjadi salah satu penyebab sariawan pada beberapa kasus.

Cara mengobati sariawan dengan kelapa cukup mudah, Anda tinggal mencampurkan susu kelapa dengan madu. Oleskan campuran ini di bagian luka sariawan, tunggu 10-15 menit. Ulangi 3-4 kali selama sehari sampai sariawan terlihat mengempis.

Es Batu

Es Batu

Sariawan adalah luka yang tidak boleh dibiarkan begitu saja, karena dari hari ke hari bisa semakin membengkak dan menyakitkan. Untuk mengobati sariawan di gusi, Anda bisa mencoba mengompres dengan es batu.

Bungkus es batu dengan kain lembut, kemudian kompres pada gigi. Jika ingin lebih berkashiat, silahkan taruh es batu di dalam mulut. Jangan terlalu besar, usahakan yang sekiranya bisa masuk ke mulut dan nyaman.

Es batu berkhasiat untuk mengempeskan sariawan dengan cepat.

Temu Kunci

Temu Kunci

Cara mengobati sariawan secara alami selanjutnya adalah mengunyah temu kunci. Bumbu dapur yang biasa digunakan sebagai bumbu tambahan sayur bening ini ternyata memiliki khasiat cukup besar bagi sariawan.

Pertama-tama, ambil temu kunci secukupnya dan kunyah pada luka sariawan. Ulangi metode ini 2 atau 3 kali dalam sehari.

Bubuk Kopi

Bubuk Kopi

Pasti belum banyak orang yang menyadari apabila bubuk kopi sebenarnya bisa dimanfaatkan sebagai obat sariawan di lidah dan gusi. Berkat kandungan nutrisi baik didalamnya, bubuk kopi dipercaya mampu membantu mempercepat proses penyembuhan sariawan.

Berikut adalah cara mengobati sariawan dengan bubuk kopi:

  • Siapkan 1 sendok kecil bubuk kopi
  • Bubuhkan diatas luka sariawan
  • Biarkan selama 5 menit
  • Bilas menggunakan air bersih

Beberapa Cara Mengobati Sariawan bisa Anda praktekkan ketika mengalami sariawan. Hampir seluruh orang tentu pernah mengalami sariawan. Meskipun sariawan dianggap menjadi penyakit atau luka sepele, tetapi sariawan membuat para penderitanya merasa tidak enak ketika makan.

Jika merasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa membagikan ke sosial media Anda. Supaya semua orang mengetahui apa saja bahan alami di sekitar yang bisa dimanfaatkan sebagai obat sariawan. Sehingga tidak perlu repot-repot pergi ke apotek.