Cara Mengobati Sakit Kepala Secara Alami

Posted on

Mengobati Sakit Kepala – Sakit kepala adalah permasalahan yang sering mengganggu aktifitas sehari-hari. Ada beberapa macam sakit kepala, mulai dari migrain sampai pusing di bagian belakang atau depan. Dari sekian banyak cara mengobati sakit kepala, minum obat-obatan menjadi pilihan favorit sebagian besar orang. Pasalnya, minum obat bisa menghilangkan sakit kepala dengan cepat dan membuat kondisi segera pulih.

Namun harus diingat, bahwasannya minum obat bukanlah pilihan yang bagus apabila dilakukan secara berlebihan. Bahan kimia didalamnya bisa mempengaruhi kesehatan tubuh. Obat sebaiknya juga dihindari untuk menyembuhkan sakit kepala pada ibu hamil, karena dapat mengganggu janin.

Agar lebih aman, silahkan disimak cara mengobati sakit kepala tanpa obat berikut ini.

Minum Air Putih

Minum Air Putih

Ketika kepala mulai terasa pusing, sebaiknya jangan buru-buru untuk minum obat. Bisa jadi itu hanyalah pertanda bahwa tubuh Anda sedang kekurangan asupan air atau dehidrasi. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya mencoba memperbanyak minum air putih.

Teori ini juga sudah dibuktikan oleh sejumlah penelitian. Menurut sebuah studi, dehidrasi bisa membuat pembuluh darah yang ada di otak kesulitan mengontrol kadar cairan tubuh. Sehingga, dehidrasi membuat anda merasakan sakit kepala.

Oleh karenanya, cara mengobati sakit kepala yang bisa segera dilakukan adalah mencukupi kebutuhan air tubuh.

Menggigit Cabai Rawit

Menggigit Cabai Rawit

Bagi Anda yang saat ini sedang merasa kesal dengan sakit kepala sebelah kanan atau kiri, maka bisa mencoba menggigit cabai merah.

Menurut penjelasan ahli gizi dari Nuffield Health, Lily Soutter, bahan aktif yang ada di dalam cabai bernama capsicin sudah terbukti ampuh dalam meredakan sakit kepala penderita migrain. Kira-kira, berani mencobanyak tidak?

Mencium Aromaterapi

Mencium Aromaterapi

Aromaterapi bisa Anda gunakan untuk membantu meredakan sakit kepala yang tergolong ringan. Contohnya adalah sakit kepala yang disebabkan kurang jam tidur. Aromaterapi akan membantu melemaskan saraf-saraf yang tegang, sekaligus mengurangi gejala nyeri sakit kepala.

Dari sekian banyak pilihan essential oil, dianjurkan memilih yang beraroma mint dan lavender. Cara mengobati sakit kepala kali ini lebih mudah, karena cukup menciumnya saja. Selain itu, Anda juga bisa memijit bagian kepala menggunakan minyak esensial.

Kentang Rebus

Kentang Rebus

Makan kentang rebus adalah salah satu cara mengobati sakit kepala secara alami yang keampuhannya tidak perlu diragukan lagi. Menurut dr. George Obikoya, seorang ahli vitamin,kalium mampu membantu meredakan nyeri secara efektif. Salah satunya sakit kepala.

Maka dari itu, tidak heran apabil tubuh yang kekurangan asupan kalium ternyata bisa menjadi penyebab sakit kepala dan sejumlah keluhan lain. Kentang dipilih karena didalamnya terkandung kalium yang sangat tinggi.

Untuk membantu menghilangkan sakit kepala, kentang tidak boleh digoreng dan harus direbus.

Makanan Tinggi Magnesium

Makanan Tinggi Magnesium

Apakah selama ini Anda mengandalkan obat-obatan untuk membantu meredakan sakit kepala? Jika benar demikian, mulai sekarang coba deh beralih ke bahan alami. Khususnya makanan yang mengandung tinggi magnesium.

Dibandingkan obat yang mengandung bahan kimia, kandungan magnesium dipercaya lebih ampuh dalam menyembuhkan sakit kepala. Penuhi asupan magnesium tubuh sebanyak 200-600 mg per hari. Ini akan membantu Anda terhindar dari beragam sakit kepala.

Cara mengobati sakit kepala bisa dimulai dengan mengkonsumsi biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran hijau, coklat, daging dan olahan susu.

Es Batu

Es Batu

Sakit kepala sebelah atau migrain pasti terasa sangat mengganggu, sehingga harus segera dipulihkan. Meskipun di toko-toko banyak dijual obat sakit kepala, namun tidak ada salahnya Anda mempertimbangkan metode-metode yang lebih alami dan aman. Salah satu cara mengobati sakit kepala yang paling mudah adalah menggunakan es batu.

Es batu mampu meregangkan saraf-saraf yang tegang pemicu sakit kepala. Siapkan es batu secukupnya, kemudian celupkan tangan ke dalam es batu. Mengapa harus tangan? Karena di tangan ada sebuah saraf yang terhubung langsung ke pusat sakit kepala.

Hal ini juga sudah dijelaskan oleh Dr. Jacqueline Darna, seorang pakar naturopati dengan latarbelakang anastesiologi. Ia juga pendiri NoMo Nausea.

Selain merendam tangan ke es batu, metode lain yang bisa Anda lakukan adalah mengusapkan es batu mulai dari atas kepala sampai garis rambut, dilanjutkan ke dua sisi telinga. Lakukan dengan gerakan menurun.

Menekan Ibu Jari Kaki

Menekan Ibu Jari Kaki

Selain minum obat dan mengkonsumsi makanan tertentu, menghilangkan sakit kepala bisa juga dilakukan dengan pijatan. Salah satu metode yang sudah terbukti ampuh adalah menekan ibu jari. Hal ini tentu bukan tanpa alasan, karena menurut ilmu refleksologi bagian jempol kaki berhubungan dengan saraf kepala.

Memijat Pelipis

Memijat Pelipis

Sakit kepala yang terasa nyut-nyutan memang sangat mengganggu. Terlebih lagi ketika Anda sedang bekerja. Fokus menjadi hilang dan semua pekerjaan berantakan. Jangan khawatir, karena Anda bisa menghilangkan sakit kepala dengan melakukan peregangan kecil dan memijat area pelipis.

Cukup selama beberapa menit, maka otot-otot Anda terasa lebih rileks.

Jahe

Hampir semua orang pasti sudah mengetahui, jahe adalah salah satu rempah yang mengandung segudang manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Selain berguna sebagai bumbu penyedap masakan, jahe ternyata juga bisa dijadikan alternatif obat sakit kepala herbal.

Hal itu berkat kandungan gingerol yang ditemukan pada jahe. Gingerol sendiri sudah terbukti mampu melancarkan peredaran darah di dalam tubuh. Ketika sirkulasi peredaran darah menuju ke otak berjalan lancar, bisa mengurangi risiko mengalami sakit kepala.

Cara mengobati sakit kepala dengan jahe tidaklah sulit, Anda hanya perlu minum air jahe hangat yang dicampur madu dan lemon. Ingin membuat rasanya lebih mantap? Tambahkan juga daun serai, bunga pekak, dan kayu manis.

Kopi

Kopi

Siapa sangka, kopi yang dikenal mengandung kafein ternyata juga bisa membantu menyembuhkan beberapa masalah kesehatan, salah satunya adalah sakit kepala. Tentu dengan dosis yang pas dan tidak boleh berlebihan. Maksimal minum kopi 2 gelas per hari.

Dalam takaran wajar, efek kafein untuk tubuh adalah membantu menenangkan sistem saraf saat terserang sakit kepala. Inilah cara mengobati sakit kepala yang paling mudah dan lezat.

Makan

Makan

Alexis Poole, salah satu ahli gizi terkemuka menjelaskan, otak manusia membutuhkan energi cukup agar bisa berfungsi secara normal. Ketika kadar glukosa didalam tubuh turun terlalu rendah, maka bisa memicu sakit kepala.

Demikianlan ulasan singkat tentang 11 cara mengobati sakit kepala secara alami, yang mudah kamu lakukan. Semoga bisa bermanfaat.