Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang dan Gusi Bengkak Secara Alami

Posted on

Cara mengobati sakit gigi terdiri dari dua macam pilihan, yaitu secara alami dan membeli obat di apotik. Sakit gigi merupakan pertanda ada sesuatu yang tidak beres, bisa karena gusi bengkak atau gigi berlubang. Selain terjadi pada anak-anak, permasalah ini juga biasa dialami oleh ibu hamil, saat puasa, orang dewasa dan orang tua.

Jika gigi berlubang tidak segera ditangani, lubang akan membesar dan beresiko menimbulkan infeksi. Kemungkinan terburuknya yaitu gigi tanggal. Nah, supaya hal itu tidak Anda terjadi, silahkan disimak beberapa cara mengobati sakit gigi berikut.

Tinggal pilih sendiri, mau menerapkan metode dengan bahan alami atau obat sakit gigi di apotik. Dan apabila anda ingin menyumbuhkan gigi atau gusi anda secara alami, langsun saja kita baca ulasan tentang cara mengobati sakit gigi secara alami dibawah ini.

Berkumur Air Garam

Berkumur Air Garam

Salah satu cara mengobati sakit gigi yaitu dengan berkumur air garam. Cara yang satu ini sangat efektif untuk meredakan nyeri gigi. Menurut dokter spesialis gigi, efek kerja garam sebagai obat pereda radang masih menjadi kontroversi. Cara tersebut merupakan cerita turun temurun ataupun informasi dari buku pengetahuan praktis.

Air garam mampu memberi efek mengurangi tegangan permukaan sehingga nyeri gigi atau gusi yang mengalami infeksi akan berkurang. Meskipun begitu, air garam tidak mampu menghilangkan sumber penyakitnya.

Berkumur dengan Cuka

Berkumur dengan Cuka

Selain garam, Anda dapat memanfaatkan cuka sebagai cara mengobati sakit gigi. Cuka apel dan cuka dapur yang mengandung sifat antibakteri dan antimikroba ampuh membunuh kuman penyebab sakit gigi.

Tetapi Anda tidak diperbolehkan berkumur dengan cuka murni, karena asam dari cuka dapat merusak lapisan enamel gigi jika terpapar langsung. Larutkan setengah sendok cuka kedalam air hangat. Kemudian kumur dan tahan pada daerah gigi yang sakit kurang lebih selama 30 detik.

Mengunyah Bawang Merah Mentah

Mengunyah Bawang Merah Mentah

Cara mengobati sakit gigi secara alami yang selanjutnya yaitu mengunyah bawang merah mentah. Bawang merah yang memiliki sifat antimikroba dan antiseptik mampu mengendalikan rasa nyeri. Mengunyah bawang merah berarti membunuh bakteri penyebab infeksi gigi.

Jika Anda tidak dapat mengunyahnya, Anda dapat mengirisnya terlebih dahulu. Kemudian irisan bawang merah tersebut diletakkan pada daerah gigi yang terasa sakit. Ketika bawang terkoyak oleh gigim bawang akan melepaskan allicin, yaitu zat berminyak yang berfungsi membunuh bakteri.

Minyak Cengkeh

Minyak Cengkeh

Selama ini masyarakat mengenal cengkeh hanya sebatas rempah-rempah yang berfungsi sebagai bumbu masakan agar citarasanya semakin lezat. Namun sebenarnya, cengkeh bisa juga Anda manfaatkan untuk membantu mengatasi sakit gigi. Proses penyembuhan dipercaya bisa lebih cepat, ketika Anda memanfaatkan cengkeh.

Hal itu bisa terjadi karena didalam cengkeh terkandung eugenol. Yaitu sebuah kandungan yang diklaim berperan sebagai anestesi alami dan ampuh mengurangi rasa nyeri pada gigi. Cara penggunaannya cukup dengan meneteskan minyak cengkeh di akpas, kemudian tempelkan diatas gigi yang sakit.

Jahe

Jahe

Tidak jauh berbeda dengan cengkeh, Jahe adalah bumbu dapur yang tidak kalah ampuhnya digunakan sebagai obat sakit gigi dan gusi bengkak. Meski lebih banyak dimanfaatkan untuk penambah rasa masakan dan penghangat tubuh, Jahe juga bisa mengurangi rasa nyeri yang saat ini sedang Anda rasakan.

Jahe diketahui mengandung zat antibiotik yang sangat ampuh mengusir sakit gigi akibat infeksi bakteri dan kuman. Pertama, silahkan Anda tumbuh 1 siung jahe. Setelah itu tempelkan di gigi yang sakit. Diamkan 5 menit atau lebih sampai rasa sakitnya mulai menghilang.

Daun Jambu Biji

Daun Jambu Biji

Semua orang pasti sudah mengetahui, jika buah jambu biji adalah obat ampuh untuk membantu menaikkan kadar trombosit. Namun masih sedikit yang paham, bahwasannya daun jambu biji merupakan salah satu cara mengobati sakit gigi alami.

Daun jambu biji mengandung antimikroba, analgesik dan anti-radang yang efektif untuk menghilangkan rasa sakit dan nyeri akibat gigi berlubang. Anda cukup menumbuk 3-4 daun jambu biji sampai halus, kemudian campur sedikit air.

Rebus campuran ini sampai mendidih, kemudian gunakan untuk berkumur 2-3 kali sehari secara rutin. Lakukan terapi daun jambu biji ini sampai sakit gigi hilang.

Jeruk Lemon

Jeruk Lemon

Bukan hanya sekedar menjadi buah yang baik untuk diet dan merawat kecantikan wajah, jeruk lemon juga bisa membantu mengatasi sakit gigi. Lemon mengandung asam yang berguna sebagai alkali alami supaya kadar pH didalam mulut bisa seimbang.

Tidak hanya itu, lemon juga berperan sebagai antibakteri yang ampuh untuk mengusir bakteri pemicu gigi berlubang. Cara penggunaan, cukup peras 1 buah lemon dan campurkan pada segelas air hangat.

Kumur-kumur dengan ramuan ini 3 kali sehari, supaya bakteri hilang tak tersisa.

Belimbing Wuluh

Belimbing Wuluh

Cara mengobati sakit gigi secara alami yang terakhir adalah dengan belimbing wuluh. Buah mungil bercitarasa asam ini diketahui mengandung sifat antibakteri yang ampuh dan efektif untuk membasmi bakteri di dalam mulut.

Anda hanya perlu menumbuk dua biji belimbing wuluh sampai halus, kemudian oleskan di gigi yang sakit. Oh iya, pilihlah belimbing wuluh yang belum matang ya.

Nah, dan buat anda yang ingin menggunakan cara yang praktis untuk mengibati sakit gigi yang anda derita, dibawah ini saya sudah siap 5 rekomendasi obat apotek yang sangat ampuh untuk mengobati sakit gigi.

Naproxen

Naproxen merupakan obat pereda sakit yang sering dikonsumsi untuk mengatasi sakit gigi berlubang. Naproxen tersedia dalam bentuk kaplet yang dapat Anda beli di Apotik terdekat. Meskipun obat ini cukup ampuh, tetapi ada beberapa efek samping yang mungkin Anda alami. Misalnya perut kembung, perut terasa mulas, diare, penglihatan kabur dan lain-lain. Maka, untuk pemakainnya sebaiknya menggunakan resep dokter.

Ibuprofen

Ibuprofen merupakan obat sakit gigi ampuh untuk mengatasi gigi berlubang. Obat tersedia dalam bentuk sirup dan kaplet. Mengonsumsi obat yang satu ini sebaiknya menggunakan resep dokter agar pemakaian tepat.

Acetaminophen yaitu obat golongan NSAID yang dapat meredakan sakit akibat gigi berlubang. Acetaminophen atau paracetamol juga memiliki kandungan yang mampu meredakan dan menghilangkan rasa nyeri ketika sakit gigi menyerang.

Dentasol

Dentasol yaitu obat gigi berlubang yang aman dikonsumsi oleh anak-anak. Obat gigi yang satu ini berbeda dengan obat sakit gigi yang lainnya. Wujud dari obat yaitu adalah bentuk cairan atau gel yang dapat digunakan untuk meredakan sakit gigi berlubang.

Paracetamol

Paracetamol adalah jenis obat-obatan yang paling sering digunakan oleh masyarakat. Bahkan saking seringnya, paracetamol sampai dibuat persediaan untuk berjaga-jaga ketika ada anggota keluarga yang sakit. Bukankah Anda juga demikisn?

Siapa yang menyangka, paracetamol ternyata juga bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi. Paracetamol sendiri merupakan golongan NSAID yang berguna untuk mengurangi rasa nyeri akibat peradangan.

Jika keadaan darurat, Anda bisa memanfaatkan paracetamol untuk mengobati sakit gigi.

Ada berbagai cara mengobati sakit gigi yang dapat menjadi pilihan Anda. Anda dapat memilih pengobatan mana yang menurut Anda cocok untuk digunakan. Sebelum sakit gigi terjadi, alangkah baiknya jika Anda mencegahnya daripada mengobati.