Cara Mengobati Nyeri Sendi Pada Lutut Secara Alami Dengan Bahan Tradisional

Posted on

Nyeri sendi adalah keluhan yang biasa dialami oleh semua orang, khususnya para lansia. Selain umur, penyebab nyeri sendi lainnya seperti cedera, gerakan tubuh yang tidak biasa, kesleo dan beberapa penyakit tertentu. Meskipun ada banyak obat-obatan di apotik, tidak ada salahnya mencoba cara mengobati nyeri sendi secara alami.

Penggunaan bahan tradisional tentu lebih direkomendasikan, karena sudah pasti aman dan tidak menimbulkan efek negatif bagi tubuh. Bahan tradisional juga mudah untuk didapat, tanpa khawatir harus merogoh kocek mahal.

Untuk membantu mengurangi rasa sakit di tangan, di lutut ataupun pinggang, silahkan mempraktekkan salah satu cara mengobati nyeri sendi secara alami dibawah.

Teh Hijau

Teh Hijau

Bahan alami pertama yang bisa Anda manfaatkan untuk membantu mengatasi peradangan dan nyeri sendi adalah teh hijau. Tidak hanya baik untuk metabolisme dan kesehatan tubuh, teh hijau ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai obat nyeri sendi di lutut, punggung dan tangan.

Anda hanya perlu minum teh hijau secara rutin sebelum tidur malam untuk mendapat hasil maksimal.

Kayu Putih

Kayu Putih

Seperti yang kita ketahui bersama, kayu putih adalah tanaman yang dimanfaatkan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Selain membantu menghangatkan tubuh dan mengurangi rasa sakit karena gigitan serangga, minyak kayu putih juga bagus untuk mengobati nyeri sendi.

Didalam minyak kayu putih, terdapat kandungan tanin yang berkhasiat mengurangi pembengkakan dan rasa sakit pada sendi.

Jahe

Jahe

Jahe merupakan rempah tradisional yang biasa diandalkan untuk menyembuhkan batuk dan menghangatkan tubuh. Namun sudah tahukah Anda, ternyata jahe juga bisa berperan sebagai obat alami untuk membantu mengurangi rasa nyeri pada sendi tangan ataupun lutut.

Jahe diketahui mengandung gingerol yang bersifat anti peradangan. Kandungan gingerol pada jahe berguna untuk meringankan rasa sakit dan meredakan peradangan pada sendi. Cara mengobati nyeri sendi dengan jahe sangatlah mudah, cukup meminum air rebusan jahe secara rutin 2x sehari.

Lidah Buaya

Lidah Buaya

Sudah banyak orang yang mengetahui bahwasannya lidah buaya sangatlah ampuh dalam meringankan nyeri sendi. Ini dilakukan dengan menurunkan gejala peradangan yang terjadi di dalam tubuh.

Kemampuan lidah buaya untuk mengurangi nyeri sendi tersebut tidak lepas dari kandungan antiradangnya. Ia bekerja dengan mencegah pelepasan dan produksi enzim pemicu radang ke darah. Lebih dari itu, lidang buaya juga terkenal akan sifat analgesik.

Sifat analgesik yang ditemukan didalam lidah buaya berguna untuk menurunkan nyei sendi akibat rematik, osteoarthritis, dan cedera olahraga. Berikut adalah cara mengobati nyeri sendi dengan lidah buaya:

  • Petik beberapa batang lidah buaya
  • Ambil bagian gelnya dan dinginkan
  • Oleskan gel secara merata ke bagian yang terasa nyeri
  • Tunggu selama beberapa menit
  • Bilas air bersih

Bubuk Kunyit

Bubuk Kunyit

Dibandingkan tanaman herbal yang lain, kunyit adalah pilihan terbaik untuk mengurangi masalah nyeri sendi. Ini didapatkan berkat sifat antiradang yang berasal dari kandungan curcumin di dalam kunyit.

Teori ini tentu tidak sembarangan, melainkan sudah dibuktikan oleh National Center for Complementary and Alternative Medicine. Kendati demikian, bukti penelitian satu ini baru didapat dari pengujian terhadap tikus lab.

Nanas

Nanas

Mau tahu kumpulan obat tradisional nyeri lutut dan kaki yang lainnya? Pastikan Anda membaca artikel ini sampai habis. Setelah ada lidah buaya dan kunyit, sekarang mari beralih ke buah nanas. Selain segar dirujak, nanas ternyata juga ampuh dan mujarab untuk memerangi gejala nyeri sendi.

Didalam nanas terdapat kandungan bernama bromelain yang berguna untuk meredakan peradangan dan pembengkakan akibat nyeri sendi. Bromelain juga bisa membantu memproduksi zat-zat pencegah rasa sakit sekaligus memecah molekul protein kompleks.

Cara mengobati nyeri sendi dengan nanas bisa dilakukan dengan mengkonsumsinya secara rutin setiap hari.

Air Garam Epsom

Air Garam Epsom

Alih-alih menggunakan garam dapur yang biasa dipakai untuk bumbu penyedap, dalam kasus ini kita memanfaatkan garam epsom. Garam epsom dipilih karena diklaim memiliki kandungan magnesium yang bisa terserap ke dalam kulit dengan mudah, untuk membantu meredakan nyeri.

Baik nyeri sendi pada lutut, kaki, tangan, ataupun siku. Cara mengobati nyeri sendi dengan garam cukup sederhana, ikuti langkah demi langkah berikut:

  • Siapkan satu baskom air hangat bersuhu 380
  • Masukkan garam epsom secukupnya, kemudian aduk sampai merata
  • Celupkan bagian tubuh yang nyeri
  • Tunggu selama bebera saat

Alternatif lain adalah menggunakan waslap atau handuk untuk mengompres bagian yang terasa nyeri. Mudah sekali bukan?

Cuka Apel Sider

Cuka Apel Sider

Cara mengobati nyeri sendi secara alami selanjutnya adalah memanfaatkan cuka apel sider. Bahan tradisional ini dipilih karena sejumlah penelitian berhasil membuktikan bahwasannya cuka apel sider mengandung anti peradangan.

Berkat kandungan tersebut, cuka apel sider mampu membantu mengurangi sakit kronis. Salah satunya adalah arthritis. Tidak cukup sampai disitu, cuka apel juga berfungsi untuk mengisi kembali lubrikasi yang ada di persendian.

Sehingga, bisa meringankan rasa sakit dan membuat kaki lebih mudah bergerak.  Cukup mencampurkan ½ cangkir cuka apel dan air, kemudian minum setiap sebelum tidur malam.

Cabe Rawit

Cabe Rawit

Tidak hanya berguna untuk memberikan citarasa pedas pada makanan, cabe juga memiliki sejumlah kandungan baik untuk kesehatan. Salah satunya adalah berperan sebagai pereda rasa sakit alami. Ini didapatkan berkat komponen aktif didalam cabe yang bernama capsaicin.

Cara mengobati nyeri sendi menggunakan cabe:

  • Pertama, campurkan 2 sendok minyak zaitun dan 1 sendok cabai rawit
  • Aduk secara merata, sampai menjadi pasta
  • Oleskan pada jari tangan, pergelangan tangan, kaki, ataupun lutut yang terasa nyeri
  • Beri pijatan lembut supaya cepat reda

Pijat Menggunakan Minyak Esensial

Pijat Menggunakan Minyak Esensial

Nyeri sendi pada lutut adalah pengganggu kelancaran aktifitas sehari-hari yang harus segera diobati. Jika sebelumnya Anda buru-buru minum obat, mulai sekarang ubah kebiasaan itu ke yang lebih sehat. Yaitu memijat menggunakan minyak esensial.

Menurut sebuah penelitian, minyak esensial jeruk dan jahe bisa membantu menghilangkan nyeri dan mengurangi sakit di bagian lutut atau sendi.

Borage Oil

Borage Oil

Starflower atau tanaman borago diketahui mengandung asam lemak omega-6 yang sangat tinggi. Kandungan ini biasa disebut dengan istilah GLA (gamma linolenic acid). Selama metabolisme berlangsung, GLA bisa berubah menjadi penyebab prostaglandin untuk mengontrol respons imun di dalam tubuh.

Sebuah penelitian pada tahun 2011 membuktikan, bahwasannya minyak evening primrose, minyak biji  blackcurrant dan minyak bii borage mempu berperan sebagai obat alami nyeri sendi. Borage oil akan bekerja dengan menghilangkan rasa sakit di bagian persendian. Baik sendi pada lutut, kaki, siku dan tangan.

Demikianlah ulasan ringkas mengenai cara mengobati nyeri sendi secara alami, semoga artikel ini bisa bermanfaat berguna untuk anda.