Cara Mengobati Hernia Secara Alami Dengan Bahan Tradisional yang Ampuh dan Efektif

Posted on

Hernia adalah penyakit yang terjadi karena melemahnya otot atau jaringan pada bagian tubuh tertentu. Kondisi ini menyebabkan organ disekitarnya menekan dan mencuat keluar. Secara umum, penderita hernia menyembuhkan keluhannya dengan operasi. Mengingat biaya operasi hernia yang lumayan mahal, tidak semua orang mampu melakukannya. Oleh sebab itu, ada beberapa cara mengobati hernia secara alami.

Disisi lain, operasi hernia juga baru dilakukan apabila penyakit ini sudah berusia 4-5 tahun dan tidak kunjung sembuh. Apabila Anda belum lama menderita hernia, tidak ada salahnya mempertimbangkan ramuan herbal atau tradisional.

Cara mengobati hernia secara alami yang sudah populer antara lain dengan daun sirih, daun jarak, daun bakung dan daun miana. Untuk penjelasan lebih lengkap, mari disimak ulasan di bawah ini.

Penyebab Hernia

Sebelum membahas lebih detail tentang obat hernia, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa saja penyebab hernia. Itu antara lain:

  • Kondisi otot yang melemah dan tertarik
  • Batuk kronis
  • Umur
  • Cedera
  • Bersin yang lama
  • Komplikasi dari operasi di area perut
  • Rutinitas mengangkat beban terlampaui berat
  • Obesitas
  • Penumpukan cairan di rongga perut
  • Sembelit yang membuat penderitanya harus mengejan setiap buang air besar

Cara Mengobati Hernia Tanpa Operasi

Rutin Berolahraga

Rutin Berolahraga

Menurut penelitian American Journal of Sports Physical Therapy, hernia bisa disembuhkan dengan rutin berolahraga. Penelitian ini dilakukan sesudah mengamati pemain hockey yang menderita hernia, ia melakukan pengobatan dengan olahraga rutin dan peregangan secara teratur.

Olahraga yang fokus pada penguatan otot perut sudah terbukti mampu melindungi jaringan otot perut dari tekanan-tekanan yang disebabkan berbagai macam aktivitas. Cara mengobati hernia dengan olahraga bisa menjadi pilihan yang paling mudah dan murah untuk Anda lakukan.

Yoghurt

Yoghurt

Yoghurt adalah produk olahan susu yang dikenal memiliki beragam manfaat baik untuk kesehatan. Salah satunya adalah berperan sebagai obat alami untuk membantu menghilangkan nyeri akibat hernia. Pastikan Anda memilih yoghurt dengan kandungan rendah lemah.

Selain dibanderol murah, yoghurt juga mudah didapatkan. Mengingat keampuhannya yang tidak perlu diragukan lagi, yoghurt senantiasa dimasukkan ke menu diet harian penderita hernia hiatus.

Mengubah Pola Hidup

Mengubah Pola Hidup

Begitu mengalami gejala-gejala hernia, langkah pertama yang paling tepat untuk dilakukan adalah segera mengubah pola hidup tidak sehat. Gejala hernia antara lain konstipasi, benjolan di selangkangan, rasa tidak nyaman dan berat di perut, nyeri di benjolan, dan ukuran benjolan yang semakin membesar.

Obat hernia yang mudah dilakukan adalh diet, khususnya bagi Anda penderita obesitas. Penelitian sudah membuktikan adanya perubahan pada penyakit hernia hiatal ketika seseorang melakukan diet.

Hindari makanan yang bisa memicu rasa panas di perut dan asam lambung.

Tanaman Adas

Tanaman Adas

Di Indonesia, tanaman adas bisa dijumpai dengan sangat mudah di lingkungan sekitar. Tanaman satu ini menawarkan banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Salah satu khasiat adas adalah mengobati hernia.

Beberapa nutrisi baik yang menjadi kandungan adas antara lain pinen, minyak atsiri, fenkon, anetol, asam anisa, felandren, dan minyak lemak. Tanaman adas memiliki obat hernia herbal pada bagian buahnya.

Anda hanya perlu memetik buah adas yang sudah masak, kemudian jemur sampai kering. Dari buah adas tersebut, kita bisa mendapatkan minyak adas. Khasiat lain yang ditawarkan minyak adas adalah antelmintik, antibakteri, stimulan, dan karminatif.

Daun Sirsak

Daun Sirsak

Daun sirsak adalah salah satu herbal yang sudah sejak lama dimanfaatkan oleh masyarakat di seluruh dunia sebagai pengobatan tradisional. Daun sirsak diketahui mengandung karbohidrat yang tinggi, seperti Vitamin C, fruktosa, Vitamin B1 dan B2.

Senyawa aktif didalamnya juga berperan penting dalam menghambat dan melawan pertumbuhan sel-sel kanker. Daun sirsak dikenal mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit, salah satunya adalah hernia.

Berikut cara mengobati hernia dengan daun sirsak:

  • Ambil 20 helai daun sirsak, cuci sampai bersih
  • Masukkan ke dalam panci, kemudian tambah air secukupnya
  • Tunggu selama beberapa menit, sampai air tersisa ½
  • Angkat panci dan saring air rebusan daun sirsak
  • Minum 3x sehari

Daun Ciplukan

Daun Ciplukan

Sudah tahu belum apa itu ciplukan? Ciplukan adalah tanaman yang biasa tumbuh liar di pekarangan rumah. Meskipun mudah ditemukan, ternyata ada segudang manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh ciplukan. Yaitu sebagai bahan alami untuk mengobati beragam jenis penyakit. Salah satunya adalah turun berok atau hernia.

Cara mengobati hernia dengan daun ciplukan:

  • Siapkan satu genggam daun ciplukan, cuci bersih
  • Haluskan daun ciplukan
  • Oleskan di bagian hernia yang sakit
  • Balut dengan perban
  • Ganti 2x sehari

Daun Bakung

Daun Bakung

Setelah daun sirsak dan daun ciplukan, herbal lain yang tidak kalah ampuh untuk membantu mengobati penyakit hernia adalah daun bakung. Mungkin sebagian besar masyarakat sudah mengetahui bagaimana cara mengobati hernia dengan daun bakung. Jika belum paham, ikuti tutorial lengkapnya dibawah:

  • Petik daun bakung segar secukupnya, kira-kira bisa menutup pinggang
  • Cuci bersih daun bakung
  • Oleskan minyak kelapa pada daun bakung
  • Panaskan diatas api kecil, tunggu sampai layu
  • Balutkan daun bakung, seperti memakai pampers

Lidah Buaya

Lidah Buaya

Bagi orang-orang yang menderita penyakit hernia, sangat dianjurkan untuk rutin minum jus lidah buaya. Tidak perlu banyak-banyak, cukup meminumnya setiap pagi hari. Lidah buaya dipilih karena mengandung zat penenang dan senyawa anti-inflamasi alami.

Daun Jarak

Daun Jarak

Daun jarak atau Ricinus Communis merupakan tumbuhan liar yang biasa tumbuh di hutan, tanah kosong, dan daerah pantai. Perlu Anda ketahui, didalam minyak jarak terkandung zat ricin. Yaitu sejenis racun mematikan.

Orang-orang zaman dahulua sering menggunakan minyak biji jarak sebagai campuran pelumas. Beberapa waktu belakangan, daun jarak diketahui mampu membantu pengobatan penyakit. Salah satunya adalah hernia.

Cara mengobati hernia dengan daun jarak sama sekali tidak rumit. Berikut langkah-langkah yang harus Anda lakukan:

  • Siapkan beberapa daun jarak segar, kemudian cuci bersih
  • Haluskan daun jarak
  • Beri garam secukupnya, remas-remas
  • Tempelkan ramuan herbal ini di titik tengah telapak kaki

Jangan Mengangkat Beban Berat

Jangan Mengangkat Beban Berat

Penderita hernia tentu dianjurkan untuk mengindari aktifitas angkat beban berat. Pasalnya, ini bisa memperburuk hernia yang Anda alami. Dengan menghindari beban berat, penyakit hernia lebih mudah diatasi.

Apabila Anda menjadi member gym, pilih fasilitas yang sekiranya tidak mengangkat beban. Masih ada banyak jenis olahraga yang tidak mengharuskan Anda mengangkat beban berat.

Teknik Pemijatan Rempah

Agar tips kali ini lebih variatif dan tidak monoton, poin terakhir ditutup dengan cara menyembuhkan hernia dengan pijat. Teknik pemijatan dilakukan di bagian lambung, rektum, usus besar, telinga atau usus halus.

Anda bisa memanfaatkan beberapa macam rempah seperti rumput mutara, temu putih, pegagan, umbi kecil, dan sambiloto.

Demikianlah sedikit pembahasan tentang cara mengobati hernia secara alami, semoga bisa memberikan manfaat kepada Anda semua. Selain menerapkan poin-poin diatas, jangan lupa untuk berhenti merokok, kurangi makanan berlemak, dan perbanyak makanan tinggi serat.