Cara Mengobati Flu Secara Alami Paling Ampuh

Posted on

Cara Mengobati Flu – Flu adalah infeksi virus yang menyerang bagian hidung dan tenggorokan. Sakit flu biasanya datang bersama batuk, pilek dan pusing. Untuk mengatasi flu dengan cepat, kebanyakan orang lebih suka minum obat-obatan. Sayangnya, hal itu tidak diperbolehkan pada ibu hamil dan bayi. Sehingga, ada beberapa cara mengobati flu secara alami sebagai alternatif.

Obat-obatan bukanlah pilihan yang baik untuk mengatasi flu saat hamil, karena dikhawatirkan bisa membahayakan kesehatan bayi. Sehingga, Anda harus beralih ke metode pengobatan tradisional.

Tidak perlu bingung, silahkan mencoba beberapa cara mengobati flu secara alami berikut. Kabar baiknya, metode tradisional berikut ini sudah terbukti dan dipercaya selama ribuan tahun. Langsung saja disimak ulasan selengkapnya di bawah.

Bawang Putih

Bawang Putih

Bawang putih adalah bumbu dapur yang diperkaya antioksidan dan nutrisi. Berkat kandungan baik didalamnya, bawang putih dimanfaatkan sebagai obat flu tadisional oleh nenek moyang kita sejak dahulu. Sehingga Anda tidak perlu meragukan lagi keampuhannya.

Sejumlah penelitian juga membuktikan bahwa bawang putih mengandung efek antivirus yang berguna untuk mencegah flu atau pilek, sekaligus mempercepat penyembuhan penyakit. Tidak cukup sampai disitu, bawang putih juga mengandung minyak allicin yang dipercaya mampu melawan pilek dan flu secara ampuh.

Makan bawang putih mentah merupakan salah satu cara mengobati flu secara alami yang paling bagus. Kurang menyukai rasanya? Anda tinggal mencampurkan rajangan bawang putih ke menu masakan.

Air Putih Hangat

Air Putih Hangat

Merasa terganggu dengan gejala flu seperti hidung tersumbat dan bersin-bersin? Kalau begitu, segera atasi dengan satu langkah mudah, yaitu memperbanyak minum air putih. Ini adalah cara yang paling manjur dan dianjurkan oleh nenek moyang sampai dokter modern.

Setiap malam menjelang tidur, coba minum satu gelas air putih hangat. Kemudian minum segelas air putih hangat di pagi hari sesudah bangun tidur. Air hangat dipilih karena bisa membantu mengencerkan lendir penyumbat hidung, meredakan peradangan pada jaringan hidung dan tenggorokan, sekaligus mencegah dehidrasi.

Teh Hijau

Teh Hijau

Cara mengobati flu secara alami yang tidak kalah ampuh adalah rutin minum teh hijau. Ini adalah metode yang dilakukan oleh masyarakat Tiongkok sejak ratusan tahun lalu dan sudah didukung oleh sejumlah penelitian medis modern.

Salah satunya adalah penelitian yang dimuat pada Journal of Synthetic Chemistry and Natural Product Chemistry. Peneliti menjelaskan bahwa teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang bisa membantu meningkatkan sistem daya tahan tubuh terhadap infeksi flu.

Orang yang secara rutin minum teh hijau dilaporkan mempunyai sistem imun lebih baik. Sel-sel didalam tubuh mereka bekerja lebih efisien dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit.

Apabila Anda berencana menjadikan teh hijau sebagai obat flu untuk anak, dianjurkan supaya hanya memberi secangkir kecil teh hijau hangat per hari. Karena mengandung kafein, sehingga tidak boleh dikonsumsi banyak oleh anak-anak.

Madu

Madu

Selain bawang putih dan teh hijau, obat flu alami lainnya yang sudah terbukti ampuh adalah madu. Madu memiliki sifat antimikroba untuk melawan kuman penyakit, termasuk virus dan bakteri penyebab flu. Selain itu, madu juga dipercaya mampu membantu meredakan gejala yang biasa hadir bersama flu, seperti batuk dan pilek.

Cara meredakan flu tradisional menggunakan madu tidaklah sulit, cukup melarutkan 2 sdm madu ke segelas air hangat. Minum setiap pagi dan menjelang tidur malam. Madu tidak dianjurkan untuk bayi berusia dibawah 1 tahun.

Sup Ayam

Sup Ayam

Sup ayam boleh terdengar klise sebagai obat flu, namun kenyataannya memang benar demikian. Sejumlah penelitian medis membuktikan bahwa sup ayam bisa membantu meredakan peradangan penyebab gejala flu dan pilek.

Kuah sup dipercaya mampu mencairkan lendir didalam tenggorokan, hidung dan paru-paru, sehingga membuat napas lebih lega. Agar cara mengobati flu secara alami ini lebih lezat, Anda bisa menambah potongan sayur dan mie kuning.

Daging Tanpa Lemak

Daging Tanpa Lemak

Daging tanpa lemak adalah asupan yang sangat bagus untuk membantu memenuhi kebutuhan zat besi dalam tubuh. Fungsi dari zat besi sendiri adalah berperan penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Zat besi pada daging tanpa lemak mudah sekali diserap tubuh.

Selain itu, daging tanpa lemak juga memiliki kandungan zinc dan mineral lain yang efektif mencegah infeksi. Ketika hidung mulai berair dan sedikit mampet, segera makan sepotong daging unggas, daging merah tanpa lemak, kerang atau ikan.

Asupan tadi berguna untuk membantu tubuh melawan kuman.

Jahe

Jahe

Cara mengobati flu secara alami berikutnya adalah rutin minum wedang jahe. Ini merupakan cara yang paling praktis dan sederhana, sekaligus sangat ampuh untuk mengatasi pilek. Jahe berguna untuk melemaskan otot-otot saluran pernapasan, sehingga hidung terasa lebih lega.

Selain itu, jahe juga bisa menghangatkan tubuh dan mengurangi rasa mual ketika tidak enak badan karena flu. Konsumsi jahe secara rutin juga akan membantu memperkuat daya tahan tubuh.

Cara membuat obat flu tradisional berbahan jahe:

  • Siapkan jahe merah secukupnya, geprek
  • Rebus di dalam panci mendidih
  • Saring air rebusan jahe, tambah sedikit madu atau perasan lemon
  • Minum.

Ingin yang lebih praktis? Cukup menyeduh teh hangat dan beberapa iris jahe.

Perbanyak Istirahat di Rumah

Perbanyak Istirahat di Rumah

Sebenarnya, cara mengobati flu secara alami yang paling baik adalah istirahat di rumah. Sebab, flu terolong sebagai penyakit yang mudah menular. Virus penyebab penyakit flu dapat menyebar melalui udara ketika Anda batuk, berbicara dan bersin.

Memaksakan diri tetap beraktivitas seperti biasa justru merugikan orang lain, karena membuat mereka cepat tertular flu.

Gunakan Bantal Tambahan

Gunakan Bantal Tambahan

Susah tidur merupakan salah satu permasalahan yang biasa dialami oleh penderita flu. Agar lebih nyenyak, Anda bisa menggunakan bantal tambahan. Seperti yang sudah dijelaskan oleh Len Horovitz, salah satu dokter di Lenok Hill Hospital, New York. Ia adalah dokter spesialis paru-paru.

Dengan menyelipkan satu bantal lagi di bawah kepala, membuat lendir mengalir lebih lancar. Sehingga, tidur lebih nyenyak dan napas lebih lega. Meskipun begitu, bantal jangan terlalu tinggi supaya leher tidak sakit.

Kumur Air Garam

Kumur Air Garam

Tidak perlu diragukan, banyak penelitian yang membuktikan bahwa air garam mampu mencegah flu semakin parah. Orang-orang di berbagai belahan dunia sudah membuktikan sendiri bagaimana ampuhnya air garam sebagai alternatif cara mengobati flu secara alami.

Menurut penelitian University of Michigan Medical Center, Amerika Serikat, menjelaskan jika berkumur air garam bisa melegakan hidung tersumbat dan tenggorokan sakit akibat membuang dahak terus menerus.

Disisi lain, orang sehat yang berkumur air garam bermanfaat untuk mencegah tertular virus flu.

Berendam Air Hangat

Berendam Air Hangat

Nah, obat flu alami satu ini sangatlah mudah didapat. Anda hanya perlu menyiapkan air hangat dan berendam didalamnya. Sekain merelaksasikan tubuh, uap hangatnya juga bisa melemaskan saluran hidung bengkak dan mengencerkan lendir. Sehingga, Anda dapat bernapas lebih lega.

Itu tadi adalah ringkasan mengenai beberapa cara mengobati flu secara alami, semoga bermanfaat.