Cara Mengobati Cacar Air Dengan Cepat dan Agar Tidak Berbekas

Posted on

Cara mengobati cacar air dengan cepat dan tanpa bekas pasti ingin diketahui oleh semua orang. Seperti yang kita tahu cacar air merupakan salah satu jenis penyakit menular yang sering terjadi pada anak-anak yang berusia di bawah 10 tahun.

Namun tidak jarang penyakit cacar ini juga dapat terjadi pada ibu hamil remaja, dewasa dan orang-orang yang memiliki ketahanan imun lumayan rendah. Pada sebagian penderita, cacar air menjadi penyakit ringan, namun bagi mereka yang terjangkit biasanya perlu dilakukan karantina di rumah.

Tujuannya agar virus tersebut tidak semakin menular pada orang-orang di sekitarnya. Lalu bagaimana cara mengobati penyakit cacar air agar tidak berbekas? Nah untuk lebih jelasnya, silahkan simak ulasan berikut ini.

Cara Mengobati Cacar Air Pada Anak

Cara Mengobati Cacar Air

Untuk mengatasi cacar air dan mengurangi rasa gatal akibat penyakit tersebut, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Tapi tidak bisa melupakan pentingnya bantuan tenaga medis. Bagaimana caranya ? Ikuti langkah demi langkah berikut.

Pergi ke dokter

Ketika terkena cacar air, Anda akan mengalami beberapa gejala seperti kehilangan selera makan, sakit kepala dan demam. Kondisi ini terus berlanjut sampai munculnya benjolan berwarna merah dan terasa gatal di seluruh anggota tubuh.

Cara mengobati cacar air yang pertama adalah ke dokter untuk meminta resep. Nantinya, dokter memberi Anda obat-obatan jenis valacyclovir, acyclovir ataupun famciclovir. Meski bisa melakukan pengobatan secara alami, namun peran dokter sangat dibutuhkan untuk mengurangi gejala-gejalanya.

Cukupi kebutuhan air

Setelah berobat ke dokter, cara mengobati cacar air berikutnya yaitu memperbanyak minum air putih. Air putih berguna banget untuk memastikan tubuh terhidrasi dengan baik dan pada akhirnya membuat proses penyembuhan lebih cepat.

Tidak masalah jika Anda jadi lebih sering buang air kecil, yang paling penting penyakit cacar air bisa segera diobati.

Berendam air dingin

Penyakit cacar air membuat seseorang merasakan gatal-gatal. Bahkan saking tidak tahan, banyak sebagian dari mereka yang menggaruk-nggaruk sampai terasa perih. Untuk membantu meringankan gatal, Anda sebaiknya berendam di air dingin.

Mengapa harus menggunakan air dingin? Dalam hal ini air dingin berfungsi sebagai kompres yang dapat meringankan rasa gatal dan kemerahan akibat cacar air. Berendam menjadi satu hal yang aman dilakukan karena cacar hanya menular melalui udara saja bukan melalui air.

Belum banyak orang yang mengetahui cara mengobati cacar air satu ini, sehingga Anda boleh langsung mempraktekkan.

Berikan makanan dingin

Selain muncul di area badan ternyata bentol akibat cacar air ini juga di temukan pada bagian dalam mulut dan juga tenggorokan. Rasa panas dan tidak nyaman akan menyebabkan anak sulit untuk makan. Oleh karena itu Anda perlu memberikan makanan yang halus dan dingin.

Dalam kondisi seperti ini, sebaiknya Anda menghindari untuk memberikan makanan asing dan buah-buahan asam karena dapat berpengaruh terhadap penyakit cacar nya.

Madu Murni

Banyak orang yang bertanya bagaima sih cara mengobati cacar air pada anak secara tradisional? Jawabannya adalah dengan memanfaatkan madu murni. Pastikan Anda benar-benar memilih madu murni, bukan yang mengandung bahan kimia dan pengawet.

Madu sudah terbukti ampuh dalam mengatasi berbagai macam keluhan pada kulit. Semisal meringankan bekas cacar air.

Lemon

Lemon adalah buah dari keluarga jeruk yang diperkaya Vitamin C dan menawarkan banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya membantu menyembuhkan penyakit cacar air.

Tidak terlalu sulit, karena cara mengobati cacar air agar tidak berbekas dengan jeruk lemon sangatlah sederhana. Cukup mengoleskan perasan lemon di bagian bekas cacar. Hindari paparan sinar matahari langsung ketika Anda mencoba metode satu ini.

Kacang Hijau

Selain gejalanya yang membuat badan terasa tidak enak, penyakit cacar air juga sangat mengganggu lantaran bekas yang sulit hilang. Jika dibiarkan, tentu hal itu sangat mengganggu penampilan.

Untuk menghilangkan bekas cacar air, Anda bisa memanfaatkan khasiat kacang hijau. Berkat beragam nutrisi baik didalamnya, bekas cacar sangat mudah untuk dihilangkan. Cara penggunaan mudah.

Pertama, rendam kacang hijau di dalam air selama satu malam. Kemudian saring kacang hijau dan haluskan. Tambahkan sedikit air hangat, aduk-aduk sampai menjadi pasta. Oleskan di tubuh dan wajah secara merata.

Lidah Buaya

Oleskan gel lidah buaya di bekas cacar, diamkan 5-10 menit dan bilas dengan air bersih. Agar hasil maksimal, lakukan pengobatan secara rutin. Lidah buaya berkhasiat menghaluskan bekas luka, menghilangkan kemerahan dan noda hitam di kulit.

Minum Obat Antihistamin

Antihistamin adalah obat yang berguna untuk mengurangi rasa gatal berlebih dan menyakitkan. Minum obat ini agar Anda tidak tergoda untuk menggaruk-nggaruk cacar air.

Konsumsi Makanan Bergizi

Penyakit cacar air membuat sistem imun tubuh menurun. Supaya sistem pertahanan Anda kembali pulih, jangan lupa untuk rutin mengonsumsi makanan bergizi secara rutin setiap hari.

Hindari dari paparan sinar matahari

Seperti yang diketahui cacar merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan kulit terasa gatal dan panas. Oleh karena itu sebaiknya Anda menghindarkan langsung terkena sinar matahari yang dapat membuat cacar semakin panas dan gatal. Jika memungkinkan, pastikan untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan agar penyakit cacar pada anak tidak semakin parah.

Lebih baik istirahat dahulu di kamar selama proses penyembuhan penyakit cacar air. Metode ini membuat Anda lebih mudah sembuh.

Berikan Acyclovir

Selanjutnya Anda bisa memberikan obat Acyclovir. Seperti yang diketahui Acyclovir merupakan sebuah obat antivirus oral yang seringkali digunakan untuk mengatasi masalah penyakit cacar.

Namun perlu diingat bahwa obat ini hanya akan membantu jika mulai diberikan dalam waktu sekitar 24 jam setelah gejala muncul. Untuk bisa menggunakan obat ini, pastikan terlebih dahulu berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

Cara Mencegah Cacar Air Pada Anak

Cara Mencegah Cacar Air

Mencegah lebih baik dari mengobati. Oleh karenanya jika ada cara pencegahan maka pastikan untuk melakukana sebelum terkena penyakitnya. Sama halnya dengan penyakit lainnya, penyakit cacar ini juga bisa dilakukan pencegahan.

Bagaimana caranya? Pencegahan penyakit cacar air ini bisa dilakukan dengan cara memberikan vaksin cacar atau imunisasi. Selain itu vaksin juga boleh diberikan agar meringankan tingkat keparahan penyakit cacar air ini pada anak.

Pastikan untuk memberikan vaksin paling tidak lima hari setelah muncul gejala cacar pada hari pertama. Untuk bisa mendapatkan vaksin ini, Anda bisa langsung menghubungi atau berkonsultasi dengan dokter Anda.

Demikian beberapa informasi terkait cara mengobati cacar air dan bagaimana cara mencegah agar anak Anda tidak terkena penyakit menular ini. Semoga informasi di atau bermanfaat dan membantu Anda ke depannya!

Jika merasa bermanfaat, jangan lupa membagikan artikel ini kepada teman-teman di sosial media.