Cara Mengobati Asma Secara Alami yang Aman dan Ampuh

Posted on

Cara mengobati asma secara alami- Asma adalah salah satu gangguan paru-paru yang tergolong ke dalam penyakit kronis atau akut. Penderita asma akan mengalami sesak napas atau sulit untuk bernapas saat kambuh. Di luar sana, ada begitu banyak tips mengobati asma yang bisa Anda pilih. Mulai dari minum obat asma tablet, melakukan terapi, sampai memanfaatkan bahan-bahan tradisional.

Asma bukanlah penyakit yang hanya menyerang orang dewasa dan lansia, melainkan juga bisa menjadi penyakit pada anak-anak dan ibu hamil. Supaya pengobatan lebih aman dan tidak berbahaya, maka dianjurkan supaya mengatasi asma secara alami.

Selain lebih aman, cara mengobati asma tanpa obat juga lebih murah dan bahannya mudah didapat disekitar. Kalau begitu langsung saja disimak pembahasan selengkapnya berikut.

Penanganan Asma Tanpa Inhaler

Penting bagi Anda mengetahui bagaimana penanganan asma yang tepat ketika tiba-tiba kambuh, sedangkan tidak ada inhaler. Sebab, penyakit asma bisa kambuh di mana saja dan kapan saja. Berikut ini langkah-langkah yang sebaiknya Anda lakukan:

Duduk Tegak

Duduk Tegak

Cara yang paling mudah untuk meredakan gejala asma adalah duduk tegak. Posisi ini bisa membantu saluran udara Anda agar terbuka lebih lebar. Hindari posisi tidur berbaring, karena membuat gejala asma semakin memburuk.

Tenang

Tenang

Setelah mengambil posisi duduk tegak, sekarang Anda perlu menenangkan pikiran. Tidak perlu panik apabila Anda lupa membawa inhaler. Kepanikan justru membuat Anda cemas dan stress, sehingga semakin memperburuk gejala asma.

Carilah tempat yang sejuk dan redup , supaya pikiran lebih tenang. Pikiran yang tenang sudah terbukti mampu meringankan gejala asma.

Perbaiki Nafas

Perbaiki Nafas

Saat kambuh, napas penderita asma menjadi tidak stabil dan lebih cepat. Untuk membantu meringankan gejala sesak napas, cobalah bernapas lebih stabil dan lambat. Bisa menerapkan teknik pernapasan Papworth atau Buteyko.

Papworth adalah teknik mendorong hidung dan diafragma agar bernapas lebih dalam. Sementara itu, Buteyko adalah teknik menarik napas secara perlahan lewat hidung, bukan mulut.

Menghindari Pemicu

Menghindari Pemicu

Agar bisa mengatasi gejala asma tanpa inhaler, penting menjauhi berbagai macam pemicunya. Beberapa diantaranya sebagai berikut:

  • Asap rokok
  • Kelelahan
  • Binatang berbulu
  • Obat-obatan seperti ibuprofen, beta-blocker, atau aspirin

Gunakan humidifier di dalam ruangan untuk menjaga udara tetap lembap dan senantiasa terapkan pola hidup sehat.

Segera Hubungi Layanan Medis Darurat

Segera Hubungi Layanan Medis Darurat

Apabila semua usaha meringankan gejala asma tanpa inhaler di atas masih belum bisa memulihkan kondisi Anda, segera hubungi bantuan medis darurat di nomor 119.

Cara Mengobati Asma Secara Alami

Madu

Madu

Madu adalah bahan alami pertama yang bisa Anda manfaatkan sebagai obat tradisional untuk meredakan gejala. Madu dipercaya mampu mengencerkan lendir penghambat saluran pernapasan secara efektif. Dengan demikian, lendir lebih mudah dikeluarkan.

Cara mengobati asma dengan madu sangatlah mudah. Anda hanya perlu mencampurkan 2-3 sendok makan madu ke dalam segelas air hangat. Agar khasiatnya semakin besar, silahkan beri ½ sendok teh bubuk kayu manis dan ¼ sendok teh bubuk kunyit.

Bawang Putih

Bawang Putih

Bawang putih mungkin lebih populer sebagai salah satu bumbu penyedap masakan, dibandingkan bahan alami yang mengandung beragam manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Khususnya sebagai obat penyakit kardiovaskular, berkat sifat anti-peradangan didalamnya.

Karena asma adalah salah satu penyakit radang, sehingga masuk akal jika memanfaatkan bawang putih sebagai obat asma alami. Kendati demikian, Anda tidak diizinkan menggunakannya secara terus menerus.

Terkait hal ini, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Jahe

Jahe

Selain bawang putih, bumbu dapur lain yang sama-sama ampuh untuk mengatasi penyakit asma adalah jahe. Sebuah studi membuktikan, bahwasannya jahe mampu mencegah kontraksi sekaligus mengurangi peradangan yang terjadi di saluran pernapasan.

Lebih hebatnya lagi, jahe juga bermanfaat untuk meningkatkan relaksasi otot asma dan saluran pernapasan. Berikut adalah cara mengobati asma secara alami menggunakan jahe:

  • Siapkan jahe secukupnya, kupas dan bersihkan
  • Potong jahekecil-kecil
  • Rebus sampai mendidih
  • Tunggu sebentar, minum air rebusan jahe 2x sehari

Bunga Kenanga Kering

Bunga Kenanga Kering

Bunga kenanga adalah tanaman bunga hias yang sangat mudah ditemukan di sekitar pekarangan. Tidak sulit kok menemukan bunga kenanga, sehingga cara mengobati asma secara alami ini wajib untuk dicoba.

Bunga kenanga bisa membantu meredakan penyakit asma, tanpa khawatir menimbulkan efek berbahaya. Silahkan ikuti beberapa langkah dibawah:

  • Ambil 1 bunga kenanga kering
  • Rebus menggunakan air 1 gelas, sampai mendidih
  • Angkat air rebusan dan tunggu sampai dingin
  • Minum secara rutin 1x sehari

Buah Cermai

Buah Cermai

Mengobati asma dengan bahan tradisional memang menarik untuk dicoba. Selain murah dan mudah, bahan alami juga relatif lebih aman. Sekarang Anda bisa memanfaatkan buah cermai untuk membantu meredakan asma.

Belum banyak orang yang mengetahui, bahwasannya buah cermai bisa meredakan sesak napas dengan cepat. Keampuhannya sebagai obat asma tradisional sudah tidak perlu diragukan lagi.

Berikut adalah cara mengobati asma menggunakan buah cermai:

  • Siapkan 6 biji buah cermai, cuci sampai bersih
  • Tumbuk buah cermai bersama 1 genggam akar kara dan 1 siung bawang merah
  • Rebus semua bahan menggunakan 1 gelas air dan tunggu mendidih
  • Angkat, diamkan sebentar sampai dingin
  • Saring air rebusan dan minum 2x sehari

Kunyit

Kunyit untuk asma

Menurut sejumlah penelitian, kunyit diketahui mengandung beberapa sifat anti-alergi. Oleh karena itu, kunyit diperkirakan memiliki efek pada histamin pemicu peradangan. Namun tetap saja, masih membutuhkan banyak penelitian untuk menetapkan kunyit sebagai obat asma alami yang efektif dan aman.

Buah Ara

Buah Ara

Cara mengobati asma menggunakan buah ara bisa dibilang yang paling praktis dan simpel. Siapapun dijamin bisa mempraktekkannya di rumah. Anda hanya perlu merendam buah ara di dalam air selama satu malam. Setelah itu, minum air rendaman tersebut dan makan buah ara keesokan harinya.

Kopi

Kopi untuk asma

Fakta mengejutkan lain datang dari secangkir kopi. Ternyata, kopi juga bisa digunakan sebagai obat asma tradisional. Hal ini berkat kandungan kafein yang ditemukan didalam kopi. Kafein tersebut berguna untuk membersihkan saluran hidung, sehingga bisa membantu mengobati penyakit pernapasan. Salah satunya adalah asma.

Ketika saluran hidung bersih dan bebas dari kotoran, penderita asma lebih mudah untuk bernapas.

Minyak Kayu Putih

Minyak Kayu Putih

Cara mengobati asma secara alami yang terakhir adalah memanfaatkan kayu putih. Minyak kayu putih yang dikenal berkhasiat untuk menghangatkan tubuh, ternyata juga bisa membantu meredakan sesak napas akibat gejala asma.

Menurut penelitian, didalam minyak putih terkandung eucallyptol yang berguna untuk memecah lendir. Sehingga, minyak kayu putih sangatlah ampuh mengatasi sesak napas.

Tips Pencegahan Asma yang Terbukti Efektif

Selain memanfaatkan bahan-bahan tradisional, pencegahan penyakit asma juga bisa dilakukan dengan menerapkan pola hidup dan pola makan sehat. Salah satu terapi asma adalah latihan teknik pernapasan dalam.

Yoga akan membantu mereleksasikan otot, sehingga bisa meningkatkan fungsi paru-paru lebih baik lagi. Selain mengurangi gejala asma, yoga juga berguna untuk mengurangi stres. Olahraga lain yang dianjurkan bagi penderita asma antara lain berenang, bersepeda, joging dan aerobik.

Hindari makanan yang mengandung bahan pengawet dan perhatikan asupan kalori. Penuhi menu makanan harian Anda dengan sayuran, buah dan makanan mengandung asam lemak omega-3.

Demikianlah ringkasan mengenai cara mengobati asma secara alami, penanganan dan tips pencegahan supaya tidak mudah kambuh.