Cara Mengobati Asam Urat Tanpa Obat di Apotik, Mudah Dilakukan dan Terbukti Ampuh

Posted on

Cara mengobati asam urat sebenarnya tidak hanya mengandalkan bantuan obat di apotik saja, melainkan juga bisa secara tradisional. Meskipun asam urat tidak dapat disembuhkan total, tapi gejala dari penyakit ini dapat dikendalikan. Penyakit ini merupakan kondisi yang dapat menyebabkan gejala nyeri, pembengkakan bahkan rasa panas pada area persendian.

Asam urat yang diderita oleh perempuan biasanya timbul setelah mengalami menopause. Rasa sakit yang dialami bisa berlangsung selama rentan waktu 3 hingga 10 hari dengan perkembangan gejala yang begitu cepat.

Sebagai langkah awal untuk menyembuhkan asam urat, Anda harus menjauhi semua pantangan termasuk makanan penyebab asam urat. Memperhatikan pola makan sehari-hari sudah terbukti efektif dalam mencegah asam urat kambuh.

Jika Anda sudah berhasil mengendalikan pola makan, sekarang gilirannya untuk segera mempraktekkan beberapa cara mengobati asam urat berikut ini.

Banyak Minum Air Putih

 Banyak Minum Air Putih

Sebelum membahas lebih jauh, sebaiknya Anda memahami satu poin penting terlebih dahulu. Ingat, asam urat tidak dapat disembuhkan, namun kita bisa mengurangi gejalanya. Banyak minum air putih adalah salah satu cara mengobati asam urat yang paling mudah.

Setidaknya minum delapan sampai sepuluh gelas air putih setiap hari. Agar anda terhindar dari kekurangan air atau dehidrasi dan menjaga urine tetap encer. Kristal asam urat tidak akan terbentuk dengan mudah ketika urine encer.

Bagi penderita asam urat, disarankan supaya menjaga kebutuhan cairan tubuh tetap terpenuhi. Hal sederhana semacam ini sangatlah penting diperhatikan, khususnya jika Anda tidak ingin asam urat kambuh.

Minum Cuka Apel Organik

Minum Cuka Apel Organik

Cuka apel organik yang tinggi kalium dapat membantu mekanisme keseimbangan asam basa dalam tubuh manusia. Meskipun cuka sari apel organik mengandung asam asetat, tetapi mampu membantu dalam merangsang cairan pencernaan meliputi karbohidrat.

Selain itu, sebuah studi ilmiah membuktikan apabila sari cuka apel tergolong sebagai bahan yang bisa mengurangi peradangan. Pada akhirnya, ini berfungsi untuk mencegah terjadinya penumpukan asam urat pada sendi.

Mengkonsumsi Buah Ceri

Mengkonsumsi Buah Ceri

Mengonsumsi buah ceri dapat mengurangi kadar asam urat. Reputasi ceri dan kemampuan untuk menurunkan kadar asam urat telah didukung dengan studi yang dilakukan pada tahun 2003.

Ceri dipilih karena mengandung sifat antioksidan dan anthocyanin. Kandungan itu berkhasiat untuk mengurangi peradangan sekaligus meminimalkan kekambuhan asam urat. Berikut adalah cara mengobati asam urat dengan buah ceri:

  • Rutin mengonsumsi 15-20 ceri per hari
  • Minum satu gelas jus ceri hitam setiap hari, bisa juga mencampurkan beberapa siung bawang putih cincang ke dalamnya

Mengurangi Makanan yang Tinggi Purin

Mengurangi Makanan yang Tinggi Purin

Jika Anda telah mengidap penyakit asam urat maupun gejala asam urat, sebaiknya mengurangi makanan yang tinggi purin. Kadar purin tertinggi terkandung dalam jeroan. Misalnya ginjal, otak, hati, daging merah dan alkohol. Beberapa sayuran yang mengandung purin yaitu asparagus, kacang-kacangan, jamur, kembang kol dan bayam.

Mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C

Mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C

Mengonsumsi makanan maupun minuman yang mengandung vitamin C dapat mengurangi kadar asam urat. Mengonsumsi 1.000 mg vitamin C pada awal hingga rasa sakit akibat asam urat reda. Anda dapat mengonsumsi 500 hingga 3.000 mg vitamin C setiap hari untuk mencegah dan menurunkan kadar asam urat.

Agar tidak cepat bosan, Anda bisa membuatnya menjadi jus segar. Tidak melulu harus dalam bentuk buah utuh, namun bisa juga menjadikan jus.

Menjaga Berat badan

Menjaga Berat badan

Seseorang yang mengalami obesitas memiliki resiko lebih tinggi kemungkinan terkena asam urat. Anda dapat mengonsumsi buah, sayuran dan gandum utuh. Hindari makanan seperti permen, kue manis, minuman manis, dan produk yang mengandung gula fruktosa.

Jangan lupa juga untuk selalu rutin berolahraga, supaya berat badan Anda tetap dalam batas normal. Penting diketahui, apabila malas berolahraga bisa mengundang beragam penyakit menyerang tubuh.

Jangan hanya duduk manis di depan komputer, malas-malasan melihat tv dan melupakan pentingnya olahraga pagi. Coba deh luangkan waktu 15 menit per hari. Bisa jogging, lompat tapi, jalan santai atau bersepeda.

Intinya sih Anda harus aktif bergerak, walaupun itu hanya sebentar.

Jeruk Lemon

Jeruk Lemon

Cara mengobati asam urat secara alami berikutnya adalah dengan rutin minum jus lemon. Ini adalah buah yang menawarkan paket komplit untuk penyakit Anda. Lemon diketahui mengandung kalium dan Vitamin C tinggi.

Vitamin C berfungsi sebagai pereda rasa sakit akibat asam urat. Sedangkan kalium berguna untuk menjaga kadar pH darah sekaligus fungsi ginjal. Pada akhirnya, hal ini akan mencegah terjadinya kristal asam urat.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda cukup mencampurkan perasan lemon dan segelas air hangat. Minum ramuan tersebut di pagi hari.

Jahe

Jahe

Jahe adalah rempah dengan sejuta manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah membantu mengobati gejala asam urat. Jahe berfungsi sebagai zat anti peradangan. Itu artinya, jahe bisa meredakan rasa nyeri dan mencegah pembentukan kristal asam urat.

Zat anti peradangan pada jahe terdiri dari shogaol dan gingerols. Kedua kandungan itu terbukti efektif mengurangi peradangan yang muncul. Cara mengobati asam urat dengan jahe:

  • Siapkan jahe secukupnya, potong kecil
  • Rebus dengan air sampai mendidih
  • Diamkan sebentar
  • Minum air rebusan jahi selagi hangat atau sudah dingin

Pisang

Pisang

Ingin mengetahui bagaimana cara mengobati asam urat tanpa obat di apotik dan sudah terbukti keampuhannya? Kalau begitu silahkan coba makan pisang. Pisang diketahui mengandung kalium tinggi. Kalium tersebut bisa membantu mencairkan kristal asam urat yang ada di persendian.

Kristal asam urat dikeluarkan dalam bentuk urin. Untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan akibat asam urat, Pisang memiliki kandungan Vitamin C. Dapatkan semua manfaat ini dengan rutin makan 1-2 buah pisang per hari.

Ini adalah solusi paling mudah dan murah untuk membantu menyelesaikan permasalahan Anda. Di pasar tradisional ada banyak sekali jenis pisang yang bisa dipilih dan dijual murah.

Penyebab Asam Urat

  1. Makanan yang berzat purin tinggi menjadi salah satu penyebab seseorang menderita asam urat. Misalnya mengonsumsi jeroan hewan, daging merah dan hidangan laut.
  2. Mengonsumsi minuman dengan gula yang tinggi dan minuman yang beralkohol.
  3. Mempunyai riwayat penyakit asam urat pada anggota keluarganya.
  4. Menggunakan obat-obatan jenis tertentu. Misalnya sislosporin, aspirin, obat penghambat enzim dan obat-obatan kemoterapi.

Gejala Asam Urat

Setelah mengetahui apa saja penyebab dan cara mengobati asam urat, sekarang mari cari tahu gejala-gejala yang ditimbulkan oleh penyakit satu ini.

  1. Sendi mendadak terasa sangat sakit.
  2. Sendi yang sakit akan membuat Anda kesulitan berjalan dan merasa sakit apalagi ketika malam hari.
  3. Nyeri pada sendi akan berkembang cepat hanya dalam beberapa jam saja. Tidak hanya nyeri hebat, tetapi juga terjadi pembengkakan, rasa panas dan berwarna kemerahan pada daerah kulit sendi.
  4. Ketika gejala mereda dan bengkak kembali mengempis, kulit sekitar sendi akan bersisik, gatal dan terkelupas.

Demikianlah ulasan singkat mengenai gejala, penyebab dan cara mengobati asam urat tanpa obat. Semoga bisa memberikan manfaat kepada Anda semua.