Cara Mengobati Amandel Pada Anak dan Orang Dewasa Tanpa Operasi

Posted on

Cara mengobati amandel yang dikenal oleh sebagian besar masyarakat mungkin hanya sebatas melakukan operasi. Padahal, masih ada alternatif lain yang bisa Anda coba untuk menyembuhkan amandel. Yaitu melakukan perawatan sendiri di rumah dan rutin mengonsumsi buah-buahan tertentu.

Bicara soal amandel, ternyata ini bukanlah penyakit yang sederhana. Pasalnya, beberapa bagian lain juga ikut terpengaruh seperti hidung, telinga, maupun tenggorokan. Amandel terjadi karena peradangan di area amadel yang disebabkan oleh virus maupun bakteri yang masuk lewat mulut.

Amandel bisa saja terjadi pada anak-anak dan orang dewasa. Bukan hanya mematuhi semua pantangan, Anda juga bisa melakukan beberapa cara mengobati amandel tanpa operasi berikut ini. Harapannya adalah supaya penyakit Anda bisa disembuhkan.

Gejala Penyakit Amandel yang Harus Anda Ketahui

Gejala Penyakit Amandel

Seseorang dapat dikatakan terserang radang amandel jika telah merasakan beberapa gejala yang signifikan. Gejala tersebut di antaranya tenggorokan saki, sulit menelan, demam, kelenjar di sekitar rongga mulut menjadi membengkak, hingga suara serak.

Perlu Anda ketahui, penyakit ini tidak hanya menyerang anak-anak saja, tetapi juga bisa menyerang orang dewasa. Beberapa penanganan bisa dilakukan untuk mengobati penyakit ini. Tanpa operasi, Anda sudah bisa sembuh dan beraktivitas biasa. Bagaimana caranya? Yuk ketahui cara mengobati amandel di bawah ini!

Beristirahat untuk Beberapa Saat

Beristirahat Untuk Beberapa Saat

Jika Anda sangat disibukkan dengan pekerjaan, jangan memaksakan diri untuk terus bekerja ketika penyakit ini menyerang. Anda perlu beristirahat sejenak agar proses penyembuhan menjadi cepat.

Jika Anda terlalu banyak beraktivitas, bukan malah sembuh, amandel Anda akan semakin parah. Hal ini dikarenakan ketika tubuh Anda terserang amandel, tubuh mengalami infeksi yang tentunya memerlukan banyak energi untuk membunuh bakteri.

Makan dan Minum Sesuatu yang Lembut

Makan dan Minum Sesuatu yang Lembut

Ketika Anda sudah merasa mengalami gejala di atas, jangan mengkonsumsi makanan yang kasar. Ini tentu akan memperparah keadaan. Anda bisa memilih makanan yang lembut untuk dimakan agar mudah menelannya.

Beberapa makanan yang disarankan seperti sup, bubur, nasi tim, ataupun kentang yang ditumbuk. Di samping itu, jangan makan makanan yang berminyak ataupun pedas karena akan menimbulkan iritasi.

Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam

Perlu Anda ketahui, aktivitas berkumur dengan air garam ini ternyata juga bisa meredakan peradangan yang terjadi. Ya, ini khusus untuk usia delapan tahun ke atas dan usia di bawahnya memiliki treatment sendiri. Air garam bisa menurunkan rasa nyeri dan sakit karena pembengkakan amandel.

Cara mengobati amandel dengan air garam sangatlah mudah. Siapkan saja gelas berisi air hangat dan tambahkan garam secukupnya atau 1 sdt. Lalu, aduk dan kumur-kumur larutan tersebut sekitar 30 detik sambil mendongak. Setelah itu, buang air kumuran itu dan lakukan aktivitas ini 2 kali sehari.

Minum obat pereda nyeri

Minum obat pereda nyeri

Radang amandel sering kali menyebabkan tenggorokan menjadi sakit dan nyeri. Tentu, bagi beberapa orang yang tidak tahan sakit akan merasa tersiksa. Nah, untuk meredakannya, Anda bisa meminum obat nyeri seperti ibuprofen ataupun paracetamol.

Untuk anak dengan usia di bawah lima tahun, harap sesuai dengan panduan doktor.

Jeruk nipis

Jeruk nipis

Bagaimana cara mengobati amandel dengan bahan alami? Tidak hanya penyakit jerawat yang bisa diobati dengan cara alami. Ternyata cara ini bisa dilakukan untuk mengobati penyakit amandel. Anda bisa menggunakan jeruk nipis yang diperas, lalu dicampur kapur sirih, diaduk dan langsung bisa diminum.

Ramuan ini bisa diminum secara teratur supaya mendapatkan hasil maksimal.

Madu dan mengkudu

Madu dan mengkudu

Selanjutnya, Anda juga bisa menggunakan mengkudu beserta madu. Kandungan pada buah ini memiliki banyak manfaat, yang salah satunya untuk meredakan penyakit amandel.

Cara pembuatan obat ini adalah dengan memarut buah mengkudu, lalu disaring ampasnya . Tambah air panas dan madu. Lalu, bisa langsung diminum.

Bawang putih

Bawang putih

Mungkin banyak dari kita yang kurang memahami apabila bawang putih juga tergolong ampuh mengatasi amandel, tidak kalah dari obat amandel apotik. Sejak ribuan tahun lalu, bawang putih dipercaya mampu memperkuat sistem imun tubuh, berkat kandungan antiviral, antibakteri dan antioksidan.

Kandungan yang ada didalam bawang putih sangatlah bagus untuk melawan virus flu, pilek dan radang amandel. Khasiat itu bisa Anda peroleh dengan memakannya utuh. Tidak kuat menahan rasa dan aroma yang menyengat? Tenang, ada kok alternatifnya.

  • Siapkan dua bawang putih, geprek
  • Rebus dengan secangkir air selama 5 menit
  • Angkat air rebusan dan saring
  • Tambahkan satu sendok makan madu, kemudian minum

Kunyit

Kunyit

Tidak mau kalah dari bawang putih, bumbu dapur selanjutnya yang juga sangat ampuh dalam menyembuhkan amandel adalah kunyit. Kunyit mampu berperan sebagai zat antiseptik dan anti-inflamasi alami yang kuat.

Berkat kandungan tersebut, kunyit bisa membantu melegakan gejala amandel sekaligus melawan infeksi amandel secara efektif. Cara mengobati amandel dengan kunyit menjadi lebih mudah dan lezat ketika dicampur dengan segelas susu hangat.

Resepnya adalah mencampur sejumput lada hitam, 1 sdt bubuk kunyit dan segelas susu hangat. Ramuan ini dianjurkan untuk diminum 2-3 hari rutin setiap malam menjelang tidur.

Cara Mengobati Amandel Dengan Buah-Buahan

Cara Mengobati Amandel

Dari sekian banyak buah-buahan yang bisa dimanfaatkan untuk membantu menyembuhkan amandel, nanas menjadi yang paling populer. Anda pasti sudah sering dong mendengar ungkapan nanas obat amandel.

Sebenarnya, buah nanas tidak bisa menyembuhkan peradangan tenggorokan dan amandel secara langsung. Namun ia hanya membantu meringankan peradangan dan rasa sakit saja. Ini berkat kandungan sifat anti-inflamasi didalamnya.

Anda hanya perlu mengonsumsi nanas secara rutin saja. Disamping itu, ada buah jambu biji dan buah tin yang sama-sama berkhasiat mengobati amandel.

Namun ingat ya, jangan hanya mengandalkan buah-buahan untuk menyembuhkan amandel. Konsultasi dengan dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut, khususnya jika kondisi sudah parah.

Pantangan Amandel yang Wajib Dihindari

Pantangan Amandel

Mengetahui cara mengobati amandel saja tidaklah cukup, apabila Anda belum memahami pantangan-pantangan penyakit amandel. Sebab, jika pantangan ini masih dilanggar maka bisa memperparah peradangan dan rasa sakit di tenggorokan.

Untuk minuman, sebaiknya Anda menghindari sari buah yang mengandung asam tinggi, minuman berkafein tinggi, minuman suhu panas dan berkarbonasi. Terlebih ketika amandel sedang membengkak.

Dari segi makanan, sebaiknya Anda menghindari tipe makanan bertekstur keras dan bersifat asam. Sebagai contoh beragam jenis roti kering kue, kacang, makanan digoreng garing, camilan renyah, buah kalengan, acar dan lain-lain.

Nah, itu tadi adalah cara mengobati amandel yang tanpa operasi. Cara tersebut dapat dilakukan jika penyakit Anda belum parah. Jika tidak ada perubahan yang terjadi, maka Anda disarankan untuk mengonsultasikan nya ke dokter segera.

Jangan lupa juga mematuhi semua pantangannya. Semoga bermanfaat! Bagikan artikel ini ke teman-teman Anda di sosmed agar mereka juga mengetahuinya.